Mengetahui Usia Kehamilan Dengan USG

Cara yang lazim dalam mengetahui usia kehamilan adalah dengan mengitungnya berdasar HPHT (Hari pertama Haid Terakhir). Bila ibu ingat HPHT-nya bisa menggunakan Kalkulator Kehamilan di sini.

Namun kadangkala ibu hamil lupa mencatat kapan HPHT-nya. Untuk itu diperlukan sebuah cara yang dirasakan cukup akurat untuk menentukan usia kehamilan ibu hamil.

Pemeriksaan USG

Dengan USG usia kehamilan bisa ditentukan dengan akurat. Paling akurat jika dilakukan USG maksimal pada minggu ke 12. Jadi lakukan pemeriksan USG pada awal-awal kehamilan.

Jika dilakukan pada kehamilan muda maka selisih ketelitiannya paling besar hanya 1 minggu jika dibandingkan dengan perhitungan menggunakan HPHT.

Cara Menghitung

Cara menghitung usia kehamilan dengan USG adalah dengan kombinasi parameter:

  1. BPD: Biparietal Diameter. Yaitu ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan
  2. FL: Femur Lenght. Yaitu ukuran panjang tulang paha bayi
  3. HC: Head Circumferensial. Yaitu panjang lingkaran luar kepala
  4. AC: Abdominal Circumferencial. Yaitu ukuran lingkaran perut bayi




Dari kombinasinya didapatkan usia kehamilan (Weeks Gestation) dalam hitungan minggu seperti di bawah.

Banyak manfaat lain jika pemeriksaan kehamilan menggunakan USG, tidak cuma menghitung usia kehamilan saja. Jadi jangan ragu-ragu untuk segera periksa di kehamilan awal.

367 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Wiraksini Naditya on 25 Agustus 2016 at 00:05
    • Balas

    Dok, kalau berbeda 2 minggu antara perhitungan usg dan hpht bagaimana? ( usg 32w, hpht 30 w) apakah normal dok? Terima kasih

    1. Normal kok Bu, patokan melahirkan kan bukan hpht saja.

        • Rosalina on 12 Juni 2019 at 14:38
        • Balas

        Saya jg begitu dok menurut usg sekarang sudah 40 mggu klau hpht bru 38 mggu jd gimana baiknya? Disuruh lahiran sekarang belum ada kontraksi..

        1. Ikut kata dokter (USG) Bu

            • Vida on 24 November 2019 at 07:30

            Dok kalo Selisih HPHT&USG hampir 6 Minggu Bagaimana solusinya?

          1. Kalau kasus ini bisa ditanyakan sejelas2nya ke dokter yg meng usg. Bisa krn banyak faktor. Silakan baca ini bu http://www.harris-spog.com/?p=973

        • Lusiana nurhidayati on 6 Februari 2021 at 10:03
        • Balas

        Halo Dok, usia kandungan saya 39 minggu, tapi uk FL pada janin 68, kurang banyak atau masih normal Dok?

        1. 39w rata2 fl 75

            • selvy on 10 Maret 2021 at 10:48

            dok klo kasus spt itu tidak masalah kan? fl msh bisa dlm pertumbuhan pas sudah lahiran?

          1. Bisa bu

    • Wiro on 20 September 2016 at 03:53
    • Balas

    Mau tanya, terakhir haid 07/08/16. Sekarang telat haid, tapi keluar flek coklat yg mendekati siklus haid tp sedikit. Trs sy kira mau haid. Tp mulai tgl 10/09/16- 17/09/16 itu ternyata tidak haid tp flek coklat tua tua mulai banyak. Sy lira keputihan, tp kok g berbau juga vagina tidak gatal. Trs sy coba test pack tgl 18/09/16 ternyata positif. Lalu sy Periksa ke obgyn, di us tidak terlihat kantong dlm rahim. Selanjutnya usg lewat vagina, terlihat kantong dlm rahim tp blm jelas. Disuruh kembali 2 minggu lagi. Tgl 20/09/16 sy test pack lagi hasilnya positif. Apakah itu normal?

    1. Normal saja, tunggu hasil pemeriksaan 2 minggu berikutnya sesuai saran dokter Bu.

    • Elsa qweena on 27 September 2016 at 17:35
    • Balas

    Maaf mau tanya dokter.
    Saya haid terakhir 3 agustus 2016. Hasil tp (+)
    Saya usg tapi hasilnya belum ada janinnya, hanya ada kantung kehamilan.
    Kata dokternya bisa jadi salah hitung perkiraannya atau bo.
    Kalau di usg trans.v apa bisa membantu melihat janinnya ?
    Untuk biaya trans.v berapa ?
    Terima kasih

    1. Kalau umur 9 mg blm kelihatan, bisa jadi BO

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:36
    • Balas

    Saya udah 4x tespek celup hasilnya (+). Tp tadi kontrol udah 8 minggu di usg dan usg vagina g ada kantong. Di sarankan tespek tetes. Hasil tespek tetes di rsia ttp (+), akhirnya disuruh lab darah. Obgyn bilang kesalahan dari urine, gimana?

    1. Percayalah sama dokternya Bu

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:41
    • Balas

    BO itu apa?

    1. Silakan baca ini bu
      http://www.harris-spog.com/?p=684

    • elita on 4 Oktober 2016 at 14:37
    • Balas

    Dok kalo ukurannya dibawah angka dlm tabel itu normal gak dok?
    22mgu Bpd 4.80cm; fl 3.98cm; ac 17.36cm
    trimakasih

    1. Berarti usia janinnya menyesuaikan, gak harus sama persis Bu

        • Laili on 29 Maret 2019 at 07:37
        • Balas

        Dok mau tanya berapa selisih batas normal BPD dan AC

        Hpht 38w4d

        Hasil USG:
        BPD: 96,35mm (39w2d)
        AC: 304,43mm (34w2d)
        EFW : 2982 gr

        Apakah dlm kategori masih normal dok. Terimakasih atas jawabannya

        1. Artinya lingkar perutnya lebih kecil daripada rata2 janin. Tapi itu bukan masalah Bu, yang di tabel itu kan nilai rata2, faktanya sangat bervariasi.

          • Desi on 11 September 2019 at 18:28
          • Balas

          Bu.. Boleh minta no wa tuk sharing?

            • Tia on 2 Mei 2021 at 21:14

            Bu boleh minta no wa nya ? Untuk sharing, saya sedang mengalami fl janin rendah

    • Woro on 4 Oktober 2016 at 22:07
    • Balas

    B-HCG kuantitatif serum 6.634,0
    Apa artinya? Hanya sy kl aktivitas yg dibawah normal ttp keluar flek. Tp kl cuma duduk n tiduran aktivitas Hampir nol g ada flek.

    1. Hormon hCG (= human chorionic gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi selama masa hamil.
      Kadar hCG kurang dari 5mIU/ml dinyatakan tidak hamil (negatif) jika kadarnya diatas 25mIU/ml kemungkinan positif suatu kehamilan

    • Wiro on 5 Oktober 2016 at 14:59
    • Balas

    Terus dr Hasil lab tersebut saya hamil dipastikan hamil apa tidak?

    1. Belum bisa dipastikan, krn hasil lab belum mengarah ke ‘pasti hamil’

    • woro on 7 Oktober 2016 at 16:07
    • Balas

    Saya merasakan kedutan dan sering kentut. Ini pertanda apa? Apakah hal ini wajar? Karena sblmnya tidak pernah mengalami hal ini.

    1. Seperti halnya sakit kepala dan sakit panas, penyebabnya bisa banyak, harus diperiksa dulu.

      • Dian rahayu on 11 Juli 2020 at 22:17
      • Balas

      Dok kalau usia kandungan pas trsemester pertma sama trisemester ke 3 berbeda,
      Hpl e ikut yang mna ya yang paling akurat ?

      1. Yg pertama

    • Atika sari dewi on 30 Oktober 2016 at 22:16
    • Balas

    Dok, saya mau inseminasi buatan… Kira2 biayanya brp ya dok?

    1. Mahal Bu, ‘nanamnya’ saja dulu 40jt, itu blm lain2

    • Fanny on 24 November 2016 at 13:25
    • Balas

    Dok mau tanya,utk usia khmilan 17mnggu. Ap boleh utk di USG 4D dan apa sdh bisa klhatan jnis klaminnya ?

    1. Sebaiknya sedari awal sudah kontrol ke dokter Bu
      Untuk kelamin janin bisa baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=714

    • Riri on 25 November 2016 at 13:54
    • Balas

    Dok mau tanya, HPHT saya 30 sep 2016, Tgl 23 Nov 2016 saya periksa ke dr.spog dan di usg transV hanya kelihatan kantung janinnya usia 5w6d dok dg ukuran SG 2,01cm janinnya belum terlihat. kata dokternya dikhawatirkan BO. apakah benar dok ? dan 2minggu lagi disuruh check up ulang. mohon penjelasannya dok.

    1. Jika janin tidak nampak, kemungkinan memang BO

      • Qurrotul aini on 16 April 2019 at 23:55
      • Balas

      Dok kmren saya usg
      BPD : 53,13mm
      Ac : 161,69 mm
      Efw : 445 g
      Apakah itu normal dok ?

      1. Umur janin brp?

          • Ana on 11 Agustus 2020 at 16:50
          • Balas

          Selamat sore dok, dok saya mau tanya BPD janin saya lebih kecil dari tabel BPD normal dan dari usia kehamilan sayaYaitu BPD 6,56 cm , usia kehamilan saya 26w3d dan EFW saya 1002g. apakah itu masih tergolong normal dok? Terimakasih

          1. Selisih seminggu msh normal

    • rini on 5 Desember 2016 at 16:04
    • Balas

    dok hpht sy 30 oktober memang saat itu sy belom telat dan memang haid sy ga teratur . saat itu sy ga enak badan keklinik dan dianjurkan kbidan krn ciri2 pusing dan mual.. dr bidan ditp positif kmudian 3 hari setelahnya diusg pada tgl 28 november belom kelihatan apa2 . tp dr kmren2 smpai skrng sy test pack sendiri knp negatif dok?

    1. Coba saya periksa Bu

    • eka on 6 Desember 2016 at 09:47
    • Balas

    selamat pagi dokter . dok saya mau tanya, apakah usia kehamilan 22-23 minggu sudah terlihat jenis kelaminnya dok jika di USG ?
    maaf dok, biaya USG 4D berapa ya dok ?, trim’s banyak dokter

    1. Sudah bisa kelihatan, tp tergantung posisi janinnya.

      Saya email ya

    • Uut on 15 Desember 2016 at 12:32
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di graha masyitoh, usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter…

    1. Saya email Bu

        • Shinta Agustriyani on 4 Maret 2020 at 16:18
        • Balas

        Boleh minta juga dok

        1. Kalau bercaknya banyak dan lama, periksa ke dokter ya Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:27
    • Balas

    Dok email saya jg dok.. saya sama kek dia

    1. Saya email Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:30
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter

    Tlg dok. Ni anak saya pertama

    1. Saya email Bu

        • Rina on 3 April 2017 at 00:11
        • Balas

        Dok email saya juga ya. Saya sama kayak kasus ini. Mksih

        1. Saya email ya

          • putri on 18 Januari 2018 at 10:07
          • Balas

          sy jg dok

          1. Saya email ya

            • tiwi on 13 Februari 2018 at 06:32

            Saya juga mau di email dok, kejadiannya sama
            Mksh

          2. Saya email ya

    • Lina on 9 Februari 2017 at 10:05
    • Balas

    Dok sy ingin bertanya, skrg sy hamil uk 35 week. Saya punya riwayat sakit ambeien dok dan sudah keluar anus, kebetulan saat sy menulis ini ambeien sy kambuh dok. Yang ingin sy tanyakan bahayakah kalo nanti saya melahirkan normal sdg hpl sdh dekat? Terima kasih

    1. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=674

      • Norhayati on 30 Mei 2019 at 11:40
      • Balas

      Dok semalam saya usg ke dokter. Hasilnya ada kantung janin 1,39cm. Tapi di tespek sama dokternya negatif dok. Hpht saya 31 maret berarti sudah 8minggu 3 hari. Sedangkan di usg usia kehamilan 5 minggu 2 hari. Apakah itu normal dok?

      1. Biasanya dokter meminta untuk kontrol bbrp minggu lagi.

    • Intan on 11 Februari 2017 at 18:45
    • Balas

    Dok kalo sy ingin USG 4D di usia kehamilan 30 minggu apa bisa dok?tetapi sy br sja priksa USG 2D di usia khmilan 28 minggu.atau sebaiknya sy mnunggu usia kehamilan 32/33 mnggu dok?sy ingin priksa 4D tp rmh sy jauh soalnya.trmksih

    1. Gpp Bu, USG itu aman kok

      • Qhaira thalib on 17 Juli 2020 at 21:27
      • Balas

      Dok sy mau tanya,hpht sy tgl 15 september 2019 tp kok skrg di bln juli 2020 usia kandungan sy baru 34 minggu,mhon pnjelasannya dok…

      1. Kl mnrt hpht sdh 43 w 5 d, sdh dikonsulkan ke dokternya?

    • nita pratiwi on 25 April 2017 at 12:58
    • Balas

    dr. mau nanya 10bulan lalu saya kuret & saya kuret nya ke dr.haris alhamdulillah sekarang sudah hamil lagi dr tapi dikehamilan yang sekarang pinggul sy knp sakit bgt ya dokter kadang sampe ga bisa jalan

    1. Coba periksa saja Bu

    • Anggun Dwi on 19 Agustus 2017 at 21:54
    • Balas

    Dok sy mw tanya…
    Kmrin pas usia 12week..sy usg dgn dr yusuf…

    Yg mw saya tanyakan…
    umur kehamilan segitu apa sdh tumbuh anggota badan dari bayinya…??

    Krn saat di USG kata dr yusuf bayix baik n normal…

    Tp pas tampilan yg 4D…
    Sy hax bisa melihat kepala n badan bayi.nya sj…
    tp sy tdk melihat tangan n kakix…

    Itu bgaimana dok…??

    1. Msh 4 bulan ya blm jelas lah Bu anggota badannya. Jangan terlalu khawatir Bu, yg penting sehat

    • Inggit on 9 September 2017 at 12:52
    • Balas

    Dok, sy mau tanya, tgl 18 agustus 2017 sy sakit flu (pilek dan batuk) kemudian sy konsul ke dr spog sy dan usg trnyata tidak ada masalah. Hasil usg waktu itu menunjukkan usia kehamilan sy 7 week. Kemudian tgl 7 september 2017 adalah memang jadwal kontrol kedua sy n hasil usg menunjukkan usia kehamiln 8w5d, apakah usia itu sesuai dok? Krn kalau diliat secara awam dari tgl 18/8/17 ke tgl 7/9/17 itu sekitar 2 minggu lebih tp knp usia kehamilan sy baru 8w5d..mohon penjelasannya dok.tks

    1. Kalau umur versi USG tergantung ukuran janinnya. Normal saja itu Bu

    • Aliani on 25 September 2017 at 20:40
    • Balas

    Dok saya hamil usia 8 minggu. Setelah usg kok blm ada gambar dedenya ya?

    1. Yg baru kelihatan kantung kehamilan

        • Yusuf on 26 Juli 2020 at 04:45
        • Balas

        Selamat pagi dok.kemarin saya usg.
        hasilnya BPD 2.44 cm(14w1d).
        FL 1.27cm(13w5d).
        kenapa ada selisih ya dok?yg Bpd 14w1d sedangkan FL13w5d.
        Terima kasih dok.

        1. Selisih 3 hari wajar

    • Fitri on 6 Oktober 2017 at 21:26
    • Balas

    Dok saya hamil 23w di tes urin hasil nya + infeksi saluran kencing, itu berbahaya ga dok?

    1. Infeksinya harus disembuhkan. Umumnya sakit panas tinggi

    2. Dok mau tanya kalo usia kandungan telat 1 minggu dari usia kehamilan apakah itu wajar? Saat ini 36 weeks

      AC : 30.71 cm
      FL : 6.74 cm
      EFW : 2523 gram

      Tks

      1. Gpp Bu

    • Ahmad fatoni on 10 Oktober 2017 at 02:08
    • Balas

    Dok,mw tanya perihal kehamilan pertama istri saya,pada hr Sabtu pg istri saya kaget /kecapekan,,,trus siang nya kluar darah,sore saya bawa k bidan,katanya gpa” & dikasih obat penguat kandungan,mlam hrinya smpe Minggu malam disertai nyeri diperut bawah,trus aq bawah USG 2D Senin sore ,n hasilnya katanya janin belum terlihat,kantong ada,,sAma dok.d anjurkan d kuret,,apa ni hamil BO dok,,usia kandungan 7w0d ,GS 2.05cm,,,tolong pencerahannya dok.makasih

    1. Kalau ada kantung, tapi janin tdk ada berarti BO.

    • Widi on 4 November 2017 at 17:53
    • Balas

    Dok ,apakah usia kehamilan bisa lompat walo pake usg? Saat tgl 20/10/17 usia 36w tp knp saat tgl 27/10/17 hitungan menjadi 40w..apakah bisa seperti itu dok ?

    1. Normalnya tidak, tapi tergantung juga beberapa parameter pengukuran saat dilakukan USG

    • yuli on 19 November 2017 at 12:51
    • Balas

    dok, saya hamil +-5w
    kmrn saya di usg trans v, dan hasilnya kantung janin saya bentuknya pipih/irreguler yg mana normalnya bundar.
    kemudian saya disarankan dokter balik lg 1 minggu kemudian apabila tdk ada perubahan, makan kandungan harus diluruhkan..
    itu gmn ya dok?

    1. Maaf Bu, kemungkinan pernyataan dokternya benar.

        • yuli on 21 November 2017 at 09:11
        • Balas

        tapi tidak pernah terjadi dlek dok..
        apa ada kemungkinan kantung janinnya normal lagi?

        1. Tidak selalu flek. Coba nanti kondisinya dilihat saat periksa berikutnya ya Bu

            • yuli on 21 November 2017 at 10:27

            itu biasanya penyebabnya kantung janin pipih apa ya dok?

          1. Penyebabnya bisa dibaca di sini: http://www.harris-spog.com/?p=684

    • melan on 25 November 2017 at 15:57
    • Balas

    dok, saya mau tanya ini penting bgt buat saya dok karena bbrp hari ini saya stress memikirkannya.
    tgl 22 nov kemaren saya kontrol USG dengan kehamilan 33 minggu dari HPTH , dengan hasil:

    BPD : 9.09 cm
    GA 36 w6d

    AC 27.08 cm
    GA 31w1d
    EFW 2143g
    GA 32w6d

    FL 7.24
    GA 37w0d

    yg ingin saya tanyakan dok, kenapa perhitungannya bisa ke usia kandungan 36 w dan 37 w? apa ada kelainan dg janin saya dok atau dokter yg memeriksa saya waktu itu slah ukur??
    sy tunggu jawaban dokter. terimakasih banyak dok atas penjelsannya.

    1. Beda hasil umur USG dengan HPHT itu biasa Bu, kalau USG berdasar parameter ukuran janin

      • Athira on 3 Desember 2020 at 17:21
      • Balas

      Jadi bagaimana selanjutnya bu? Saya hampir sama pertanyaannya dengan ibu

    • Galuh on 5 Desember 2017 at 21:12
    • Balas

    Saya sedang hamil dr pemeriksaan usg usia kandungan 16week3days BPD 33,75 mm.detak jantung janin 153/menit..normal gak janin saya dok?

    1. Normal saja, silakan dicocokkan dengan ini http://www.harris-spog.com/?p=791

    • Benny lestari on 23 Desember 2017 at 19:02
    • Balas

    Dr saya mau tnya nih apakah usg umur 5w dr perhitungan hpht memang belom kelihatan janinya ya dok.saya 2bulan lalu habis kuret krn masalah BO…apakah BO itu bisa berulang ya dok?

    1. Tidak selalu dan tidak sama untuk setiap kasus kehamilan.
      BO tidak selalu berulang, artinya tidak berhubungan dengan BO sebelumnya

    • Dewi on 7 Januari 2018 at 02:29
    • Balas

    Slamat malam dok, sekarang usia kehamilan saya menginjak 40 minggu dan 30 persen plasenta sudah mengalami pengapuran minggu ini harus segera dilahirkan tpi BPD bayi saya 9.09cm seperti usia 36-37 minggu… Apa itu masih bisa dibilang normal dok saya, itu bukan tanda2 hidrochephaly kan dok…

    1. Kalau hidrosefalus malah besar.

    • Ny. Wibowo on 19 Januari 2018 at 05:58
    • Balas

    Dok saya menikah tgl 26 desember 2017
    Lalu haid terakhir saya sekitar tgl 5 desember 2017
    Setelah menikah saya gak haid.. Periksa tgl 17 januari
    Kata dokter saya di usg usia kehamilan saya 4 mg tapi usia pernikahan saya belum 1 bulan dok
    Itu gimana yah dok? Apa perhitungan Usg yg tidak cocok?

    1. Cocok Bu, USG ngukurnya berdasar GS

        • Fia on 14 Mei 2020 at 08:33
        • Balas

        Dok, saat ini usia kandungan 36w2d

        BPD : 9.30 cm (37w6d)
        HC : 32.37 cm (36w4d)
        AC : 29.43 cm (33w3d)
        FL : 6.45 cm (33w2d)

        EFW : 2.349 kg (33w6d)

        Perutnya lebih kecil dok, padahal saya sudah maman banyak. Dan adakah case yg sama seperti ini namun ketika lahir bayinya normal? Saya worry karena selisihnya jauh, dan bbj janin cenderung kurang juga. Mohon penjelasannya dok

        1. Jangan terlalu khawatir Bu, itu wajar saja

    • Tanty on 12 Februari 2018 at 15:21
    • Balas

    Hallo dok..
    Dok haid terakhir saya tagl 13 agustus 2017, kalau di hitung usia kandungan saya sudah 25 minggu tapi waktu di usg tgl 5 feb baru 20 week,, kenapa bisa beda jauh ya dok? Sy jadi khawatir sx dok,
    Mohon pencerahannya dan balasannya

    1. Gpp, kalau USG dasarnya GS

    • Fakentine on 18 Februari 2018 at 21:51
    • Balas

    Dok saya mau tanya .. HPHT saya kan tgl 16 Juni 2017 , jadi HPL bidannya tgl 23 Maret .. Saya usg pertama itu kan tgl 5 Agustus dan hasilnya janin baru 5w2d jadi HPLnya tgl 5 April , Dan saya disuruh balik 1 bulan lagi karna takutnya janin tidak berkembang ..
    Tgl 16 sep saya usg yg kedua , dan disitu terlihat usia kandungan saya 12w0d Lalu HPL maju jadi 31 maret , dan alhamdulilkah janin saya sehat kata dokternya .. Setelah itu saya usg berturut2 HpLnya tgl 31 maret dok ..
    Yg ingin saya tanyakan , lebih akurat HPL yg mana ya dok ?? Yg dari HPHT , atau Usg yg 5w Apa justru yg 12 w ..?? Mohon dijawab ya dok .. Trimakasih

    1. Sama2 akurat, cuman kalau USG (Dokter) parameter penentuan usia kehamilan memakai dasar perkembangan janin

        • Wanti lestari on 4 April 2021 at 06:20
        • Balas

        Hai dok ..saya mau tanya ..kemarin saya usg 29 week2d
        BPD 8.12cm (32w4d)
        HC 28.60cm (31w3d)
        AC 27.26cm (31w2d)
        FL 5.90 cm (30w5d)

        kira kira apa itu masih normal dok ? Tapi dokter usg bilang perut janin cenderung besar ? mohon tanggapan nya juga dok 21

        1. normal kok bu

    • Renida on 28 Februari 2018 at 19:37
    • Balas

    Dok sy mau tanya.sy hbs prg usg tuk pertama kali.hpht tgl 11 sep 17 brarti sdh 24w2d tp kata dokter yg usg baru skitar 22- 23 mingguan.ap kah ini normal.dokter td yg memeriksa lg terburu2 krn ad pasien yg mau d operasi,jd sy tdk bs bertanya byk.d suruh dtg 4 minggu lg.mohon penjelasannya dok …

    1. Gpp normal saja itu Bu, kalau USG dasar perhitungannya ukuran janin

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 13:09
    • Balas

    aslamualaikum dok.dok saya mau nyak saya hamil usia kehamilan 30 minggu dan ank yg pertama cesar skrang ank yg pertama umur 3,5 dan skrang saya pnya asma hmbir stiap hri kmbuh ap bsa lahir normal dok.

    1. Tergantung kondisi asmanya bgmn Bu. Harus diperiksa dulu. Kalau berat & tiap hr kambuh, sebaiknya sc

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 14:25
    • Balas

    soalnya td mlm tu kmbuh dok dan klau gk di buat batuk nafas saya sesak bgt smpai muntah” dan sakingg saya buat batuk sama muntah tak ada hentinya perut saya sakit sampai sakrang. krna saya gk tahan akirnya saya pergi ke dokter di priksa dan di ksih obt asma smpek rmh saya minum dan agak mendingan skrang.

    1. Semoga segera membaik ya Bu

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 14:54
    • Balas

    iya mksih dok.tp nti saya tgl 7 mau kontrol di rs puraraharja dok ap nti yg nagani dokter jg.trimakasih.

    1. Bisa, daftar ke poli ya Bu

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 17:41
    • Balas

    iya mksih bnyak dok

    • ayuu on 6 Maret 2018 at 15:14
    • Balas

    dok, hpht sy 19 des 2017. sudah seminggu ini ngeflek sdikit2, ttpi perut tdk terasa sakit. ketika di usg abdomen, kantung kehamilan berukuran 28,6mm ttpi janin tidak terlihat. 2 minggu lagi disuruh kembali kontrol, apakah ada kemungkinan janin terlihat dok? atau sy hrus coba usg transV? terimakasih.

    1. Tunggu 2mg lagi Bu. Sepertinya USG perut sdh cukup

    • Eka on 27 Maret 2018 at 05:27
    • Balas

    Selamat pagi dok
    Saya mau tanya dok, untuk HPHT saya tgl 27 september 2017, saya USG tgl 26 maret 2018. Dari hasil USG UK 22 – 23 mgg, tpi kalau di hitung dari HPHT untuk UK saya 25 – 26 mgu, di sini ada perbedaan 3 mgguan dok. Pada saat itu dokter bilang janinnya dalam keadaan sehat tetapi masih belum bisa menentuka HPLnya, dan saya disuruh periksa 4 mggu lgi. Yg saya tanyakan apa dg UK dri hasil USG dan perhitungan HPHT yang selisih sampai 3 mggu, kemungkinan bisa terjadi IUGR dok?

    1. Gpp, jangan terlalu risau. Ikut kata dokter saja Bu

    • Vany on 3 April 2018 at 07:53
    • Balas

    Dok saya mau tanya saya tgl 25febuari saya mengalami keguguran dan berlangsung satu minggu, lalu saya berhubungan dengan suami saya satu kali dan mengeluarkan diluar. Bulan maret ini saya belum mendapatkan mens dan saya pun tp hasil – terus ke dokter spog gak hamil sudah di usg. Uterus nya 6.78cm katanya normal. Terus sya dikasih obat norelut katanya udh menstabilkan hormon. Apakah saya hamil dok? Saya mau kirim hasil usg saya kemana ya

    1. Kemungkinan gak hamil Bu, kl habis abortus kadang memang haid jadi mundur. Boleh diemail ke saya

      • Okta on 23 Juli 2019 at 05:49
      • Balas

      Dok sy mw tnya usia kandungan sy 13 mnggu brdasarkan htungan sy, tp td usg k dokter maju jd 14mnggu dgn
      bpd 2.42 cm
      hc 9.21 cm
      ac 7.30 cm
      fl 1.27 cm
      efw 77 gram

      Apa itu normal dok ? Sy sdh bca2 artikel efw janin sy berat bgt dok… sy ud worry bgt dok

      1. Itu relatif Bu, tidak usah terlalu khawatir. Dilihat perkembangannya USG berikutnya ya

    • lelen on 3 April 2018 at 08:29
    • Balas

    dok ,,dari hpht usia kehamilan sy 9minggu6hari namun secara usg usia janin baru 7minggu6hari,ukuran janin sesuai dengan usia nya 7w6d,,namun dokter bilang kalau janin tidak berkembang dan menyuruh sy kuret besok pagi. apa yg sebaiknya dilakukan dok??

    1. Kalau memang tdk ada janin harus dikuret Bu, ikuti saran dokternya

        • lelen on 9 April 2018 at 08:04
        • Balas

        janin nya ada dok,,cuma antara usia kehamilan dan usia janin ada perbedaan 2minggu, usia janin lebih kecil 2minggu daripada usia kehamilan. apakah berbahaya dok

        1. Tidak apa2 Bu, dipantau terus ya (rajin kontrol)

    • Tya on 7 April 2018 at 23:50
    • Balas

    Dok, kalo bentuk janin usia kehamilan 3 ato 4 minggu lonjong, normal g y dok?
    Terima kasih dok

    1. Normal saja Bu

      • Kartika on 4 April 2019 at 23:16
      • Balas

      Dok saya mau tanya..?
      Hpht 31 jan 2019 saya usg tgl 14 feb 2019 usia kandungannya 4w4d
      Sedangkan kalo ikut hitungan hpht udah 5mingguan
      Apakah itu normal dok?

      1. Normal sekali itu Bu, gak usah khawatir

    • Larasati on 3 Mei 2018 at 06:26
    • Balas

    Dok usia kandungan saya masuk 36w 2d di cek bpdny 9,8 apa itu normal y? Soalny kata dokter spog ny itu msh trmasuk normal, mohon pencerahanny y

    1. Dicocokkan juga BB janinnya Bu: coba lihat ini http://www.harris-spog.com/?p=905

    • Nur Annisa on 16 Mei 2018 at 11:15
    • Balas

    Dok, kalau menurut hpht, HPL sy 18 mei 2018, beararti usia kandungan sy saat ini 38w. Sudah USG 4D di dokter spog usia 38w & berat janin 2,4kg.
    Lalu di usg di RS 3D, operator USG bilang usianya baru 34w. Itu berdasarkan ukuran janin.
    Lalu HPL sy ikut yg mana dok?

    1. Kalau umur kandungan sdh tua ikut USG

    • Liestianti P on 12 Juni 2018 at 22:28
    • Balas

    Aslkm. Dok saya d hpht hamil 28 w, tapi di usg sdh 32 w. Berat bayi pas saya cr tau cocoknya mmang untuk brat 32 w sih. Jadi yg betul yg mana ya? Takutnya krna saya terlalu bnyk kegiatan jadi perkiraan lahirnya lbh cepat. Trmksh

    1. Wa alaikum salaam. Ikut USG Bu

  1. mlm dok. mau tanya kmrin habis usg hasilnya
    BPD:8,77 / 35w3d
    AC:30,81 / 34w5d
    FL:6,75 /34w5d
    EFW:2645 /36w6d
    uk hpht 37-38w
    apa itu normal yah dok?

    1. Normal Bu, kurang lbh sama dg di tabel artikel saya

    • Indri on 3 Agustus 2018 at 20:32
    • Balas

    Dok,saya hamil 37 mgg. Hasil USG saya saat itu :
    BPD 88,6
    AC 319
    FL 66,5
    TBJ 2600-2700 gr
    Normalkah itu dok ? Karena dokter saya saat itu bilang,mgkin anak saya nanti lahirnya pendek.
    Sependek apa kira2 dok ? Apakah abnormal ?
    Terimakasih dokter

    1. Kira2 panjang tubuhnya lebih pendek drpd umumnya, FL-nya selisih 5,5mm daripada rata2 janin usia 37w. Tapi tdk usah terlalu dirisaukan Bu, itu kan masih bayi.

    • Fikri on 11 Agustus 2018 at 03:36
    • Balas

    Aslkm.dok saya mau menanyakan kehamilan.hpht istri tgl 12 Desember 2017,kami menikah tgl 20 Desember 2017 usia kandungan istri skrng sudah Minggu ke berapa dok,dan hpl nya kapan kira” dok.
    Makasih sebelumnya

    1. Wa alaikum salaam. Silakan dicek di sini Pak: http://www.harris-spog.com/kalkulatorkehamilan.php

    • Enno dian on 19 Agustus 2018 at 08:15
    • Balas

    Dok saya mau tanya.. Terakhir saya menstruasi tgl 12juni 2018.. Tgl 24 juli saya periksa d usg sudah ada kantung janin ukurannya0.49cm kata dokter perkiraan usia 3 minggu. Tgl 18 agustus saya dtng lg d usg br tertulis 4week3day.. Dan kantung janin berukuran 1.3cm tp belum terlihat si janin.. Apakah ini normal dok?? Usg sama hphl normal berbeda? 2 minggu lg saya d suruh k dokter lg. Apakah hamil 6 minggu sudah terdeteksi bakal janin? Mohon jawabannya.. Saya agak khawatir,wlp ini hamil k2 saya tp ini pengalaman pertama saya hamil tidak sesuai hphl dan usg.. Terima kasih

    1. Kadang2 memang blm kelihatan, sabar ya Bu, tunggu kontrol berikutnya. Beda usia janin wajar, umumnya untuk usia awal pakai hpl, untuk usia trimester atas pakai usg

    • Aza on 11 September 2018 at 19:24
    • Balas

    Dok..mnurut hpht usia janin saya 22 minggu.
    Kmrn saat komtrol USG didapatkan hasil :
    BPD : 4.81 cm (20w4d)
    HC : 17.13 cm (19w5d)
    AC : 16.93 cm (21w6d)

    Efw : 409.7 gram
    CUA : 21w1d

    Itu normal gak dok? Dan terutama ukuran HC nya sgitu itu terlalu kecil pa gk? Apkh ada indikasi mikrosefaly?

    1. Normal saja itu Bu, dipantau sampai minggu ke 38 ya

        • Aza on 12 September 2018 at 13:51
        • Balas

        Lingkar kepala (HC) yg hnya 19w5day di usia janin 22 minggu bneran gpp dok.. ? biasanya kan lingkar kepala lbih besar drpda lingkar perut. Ini baca2 di artikel harusnya di usia 22 week minimal HC skitar 180-190an mm?

        Standart dikatakan gk normal itu ktika ukuran HC minimal brp sih dok dr usia janin? Mohon pnjelasannya donk dok..saya sangat khawatir

        1. Setiap kehamilan itu uniq Bu, anak ke 1 dan ke 2 saja bisa beda. Apa dokter yg meng-USG bilang sesuatu?

    • Rika agustinendah on 12 September 2018 at 16:27
    • Balas

    Dok mau tanya, sya mnkh tgl 25juni 18 hpht saya tgl 5juni 18. Lalu saya tanggal 19 juli cek positif karna telat haid. Dan d usg tgl 2 agustus uk 6mg. Lalu tgl 23 agustus saya kntrol usg mnrt 8mg.. dan pada tanggal 12 september saya usg lagi kok uk 14mg ya dok.. dan setiap usg hpl berubah2. Apakah memang ini benar atau ada kesalahan pada kandungan saya ya dok. Terimakasih

    1. Kalau masih usia kandungan awal2, itu lumrah, nanti dipantau terus hingga akan melahirkan. Kontrol sesuai saran dokter ya Bu. Semoga sehat ibu dan bayinya.

    • Aza on 12 September 2018 at 16:59
    • Balas

    Dokter kmrn cuman bilang, janin saya agak kecil. Saya disarankan utk nambah asupan gizi. Mmperbanyak makan supaya berat janin nambah. Saya masih kepikiran terus dok

    1. Waktunya masih panjang Bu, coba diikuti saran dokternya. Semoga sehat semuanya ya Bu

    • Lisya on 19 September 2018 at 11:28
    • Balas

    Dok saya mau tanya terkait hasil USG saya di minggu ke 36 kehamilan, yang seharusnya HPL 10~10~2018
    Hasilnya:
    BPD 96,0mm (39w1d)
    AC 368,4mm (40w5d)
    FL 66.0mm (34w0d)
    EFW 3682g
    EDD27/9/18
    Yang saya tanyakan apakah normal dengan selisih keseluruhan hasil USG yang sangat tidak sesuai dengan usia kehamilan 36 minggu ini?
    Apakah saya lebih baik Sesar daripada Normal?
    Terimakasih sebelumnya

    1. Untuk usia kehamilan tua, USG lebih akurat Bu.
      Sesar atau normalnya harus ditentukan oleh dokternya Bu, tidak cuma lihat dari hasil USG, banyak yang harus dipertimbangkan.

    • Ajeng on 3 Oktober 2018 at 06:53
    • Balas

    dok, saya mau tanya ,
    kemaren saya kontrol USG dengan kehamilan 33 minggu 2 hari dari HPTH , dengan hasil:

    BPD : 9.40cm
    GA 38w2d

    AC 27.12cm
    GA 31w1d

    EFW 2225g
    GA 33w2d

    yg ingin saya tanyakan dok, kenapa perhitungan bpdnya bisa ke usia kandungan 38w y dok? apa ada kelainan dg janin saya, seperti herdosefalus, karna saya liat ukurannya melebihi usia kehamilan saya yg 33 w 2d
    sy tunggu jawaban dokter. terimakasih banyak dok atas penjelsannya

    1. Itu GA berdasar BPG, kalau GA berdasar AC lain lagi. Jangan terlalu risau, dokternya lebih tahu Bu, jadi tenang saja.

      • Thomas on 18 November 2020 at 15:06
      • Balas

      Gimana kak skrg bayi nya? Normal2 saja kah? Soalnya kmrn istri saya usg jg seperti itu, menurut HPHT baru 33w, tp BPD nya sudah 37w.. terimakasih

    • Defi kurniyawati on 3 Oktober 2018 at 11:42
    • Balas

    Selamat siang dok, saya mau tanya HPHT tgl 29juli 2018, tgl 1 sept saya TP + trus tgl 6 sept saya ke dokter tapi pas USG belum kelihatan. Sama dokter dikasih vit + obat penguat kandungan dan disuruh balik 2minggu lagi. Setelah 2 minggu tepatnya tgl 20sept saya periksa USG GA:5w3d GS:1,49cm. Tapi tadi pagi saya mengalami flek coklat muda sedikit(tanpa nyeri perut) , trus langsung saya bawa ke dokter. Pas di USG katanya janin tidak berkembang dan harus dilakukan kuret. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih sebelumnya.

    1. Kalau memang janin tidak berkembang harus diambil tindakan kuret Bu, sedih memang, tapi itu juga untuk kebaikan Ibu nantinya.

    • SitiRobiah on 18 Oktober 2018 at 12:52
    • Balas

    Dok sya mau tanya
    Sy usg d trimester1 hlp.y 25 nov
    Usg trimester2 hpl 16 nov
    Dan kmrin sy usg trimester3 hlp.y 10 nov
    Itu knp ya dok ko hpl sy maju terus??
    Tpi kata dokter.y bayi sy sehat” dan berkembang baik, tpi sy ada rasa takut jg karna hpl.y maju terus

    1. Tidak apa2 Bu, HPL geser2 itu biasa, tergantung kondisi saat USG

  2. Assalamualaikum dok saya mau tanya dokter mohon di jawab ya dik
    HPL bidan tgl 4 November bulan ini dan dari hasil USG tgl 20 dok dan KTA dokter yg meriksa nnti klu tgl 20 blm keluar tunggu 1 mnggu lagi dan kta dokter Dede sehat dok dan air ketuban msh jernih
    Mohon pencerahannya dok gmna mnrt dokter
    Terimakasih dok

    1. Pada kehamilan tua pemeriksaan USG lebih akurat. Sebaiknya ikuti nasehat dokter yang memeriksa Pak

    • Dian lestari on 23 November 2018 at 19:24
    • Balas

    Dok saya mau tanya, usia kehamilan sya 32wk dan kmrn saya usg tetapi hasil usg nya 29wk 5days.. Berat bayi 1,5kg dan hpl 05 feb 2019

    Sedangkan bln september akhr saya usg dgn hasil yg sesuai dgn usia kehamilan sya yaitu 25wk dan hpl 12 jan 2019. Hpht saya 8 april 2018

    Apakah hasil usg saya yg kmrn baru dilakukan ada kemungkinan salah dok? Krna beda nya jauh sekali.
    Mohon jwaban nya

    1. Beda 2mg masih normal Bu

    • Okta on 24 November 2018 at 21:55
    • Balas

    Selamat malam dok, saya mau tanya sy HPHT itu 2 september 2018 kmrn hr kamis sy perdarahan dan sy hrs bedrest kmd hr jumat sy d USG hasilnya janin msh ada dan umurnya 7w4d, sedangkan klo hasil hitungan kalender kn sdh 11minggu,, itu normal tdk y? Sy sangat khawatir sekali dok, mohon penjelasan nya,, terima kasih sebelumnya

    1. Normal saja Bu, yg penting ibu istirahat dulu.

  3. dokter aku mau tanya, klo perbedaan 3 minggu gimana dok? hpht 10 minggu, usg 14 minggu.. apakah normal?

    1. Kalau masih hamil muda hasil bisa beda. Ditunggu perkembangannya saat kontrol berikutnya ya Bu. Semoga kehamilannya sehat.

    • Disa Natasia on 24 Desember 2018 at 13:59
    • Balas

    Hallo, selamat sore dok.
    Saya waktu USG menurut HPHT (usia kehamilan 12 minggu) terakhir mens 24 sept 2018. Akan tetapi siklus haid saya tidak teratur antara 36-40 hari. Saya menikah 5 okt 2018. Saya baru memeriksa kehamilan di tanggal 20an oktober. Mulai tanggal 20an okt Setiap hari saya periksa negatif. Baru di tgl 27 okt terlihat 2 garis di tespack nya. Tanggal 19 desember kmrn adalah USG pertama saya. Dokter menyatakan janin saya tidak berkembang. Hasil USG saya menunjukkan ukuran kantung 3,77 cm GA : 8wks 5 Days. Dan CRL nya 1,23 cm GA : 7wks 3 days. Kira2 saya ini bagaimana dok? Apa benar saya BO?. Saya pernah keluar darah sangat sedikit sekali di usia 8mgg dan 12 (mnurut HPHT). Setelah USG saya diberikan obat penguat rahim, hari ini keluar darah seperti haid bercampur lendir. Tidak sampai ke celana dalam tapi lbh banyak dr darah sblm2 nya. Mohon pencerahannya.

    1. Selisih umur janin antara HPHT dg USG cukup jauh Bu. Saya tidak bisa berasumsi, namun Ibu sebaiknya ikuti saran dokter yang memeriksa ya.

        • Disa Natasia on 2 Mei 2021 at 22:59
        • Balas

        Dokter.. terimakasih banyak dulu atas jawaban dokter. Saya sangat down saat itu dan merasa seperti punya teman yang peduli kepada saya ketika dokter menjawab pertanyaan saya waktu itu walau kita tidak saling kenal. Semoga sehat selalu ya dok.. bahagia selalu dan panjang umur. Dulu di kehamilan pertama saya ternyata memang BO dan akhirnya saya di kuret. Sempat down sekali tapi syukurnya tidak berselang lama saya diberikan kehamilan lagi dan sekarang sudah punya baby girl usia 1,5 tahun. Sekali lg terimakasih dok.

        1. Sama2 bu. Smg sehat semua ibu sekeluarga

    • Riana Puspita on 5 Januari 2019 at 12:19
    • Balas

    Selamat siang dok. Dok, saat ini usia kehamilan saya 16 week dan beberapa hari yang lalu saya melakukan USG pertama kalinya dan kata dokter ada sedikit cairan di kepala janin saya. Yang mau saya tanyakan apakah seiring perkembangan janin cairan itu akan menyusut/hilang dengan sendirinya? Dan apa penyebabnya dok? Hasil USG saya HC 14,12 dan AC 13,22 apakah normal? Saya sangat khawatir dengan keadaan janin saya dok. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih..

    1. Belum tentu cairannya bisa hilang Bu, coba ditunggu perkembangan kontrol berikutnya. Kemungkinan krn infeksi selama kehamilan.

        • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 11:14
        • Balas

        Lalu.. apakah ada cara untuk menanganinya dok agar cairan tersebut bisa hilang? Dan kira2 infeksi apa yang menyebabkan itu dok? Mohon penjelasannya..terimakasih

        1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu

    • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 10:43
    • Balas

    Selamat siang dok. Saya Riana asal dari Madiun, Jatim. Mohon maaf sebelumnya karena saya bertanya melalui DM karena saya bingung harus bagaimana. Jadi begini dok, saat ini usia kehamilan saya 16 week dan baru saja melakukan USG pertama kalinya dan menurut dokternya ada sedikit cairan di kepala janin saya. Yang mau saya tanyakan apakah seiring perkembangan janin cairan itu akan menyusut/hilang dgn sendirinya? Apa penyebab serta bahayanya dok? Hasil USG saya HC 14,12 dan AC 13,22 apakah normal? Saya sangat khawatir dengan keadaan janin saya. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih sebelumnya..

    1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu, apakah itu kemungkinan hidrosefalus.

        • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 16:37
        • Balas

        Apakah jika terdapat cairan tsb selalu diasumsikan demikian dok?

        1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu

            • Eby on 28 April 2021 at 23:35

            Gmn bayi y mb

    • Fitri on 14 Januari 2019 at 04:09
    • Balas

    Selamat pagi dok,saya mau tanya dok,saya kuret tgl 21okt,nifas sampe 10mggu,berhenti lalu haid lagi tgl 21nov sampe 7hr,10des saya hb,23des saya tp positf,28des saya cb usg,sudah ada kantung dan bakal janin,tp dok bln jan ini di usia yg seharusnya 6week,kata dr usia nya 4week 4d,apa kemungkinan tidak berkembang dok

    1. Belum tentu, coba tunggu kontrol berikutnya. Jangan sungkan2 bertanya kpd dokternya ya Bu.

    • Reka Okdryanti on 24 Januari 2019 at 23:03
    • Balas

    Selamat Malam Dok..Saya mw nnya..
    Sblm nya hpht 20 nov 18 tp + trus sy Usg msi belum kelihatan..nah skrg hamil sy 9w dan bru USG kmrn mlm kantong hamil sudah kelihatan tp janin belum ada dan umurnya 5w.. apa normal tu dok?? Soalnya ini hamil ke 3 syg anak ke 2..
    Hamil pertama kmrn d vonis BO dan trpksa d keluarkan..

    1. Dokter yg periksa bilang apa? Umumnya ditunggu sampai 12w, tapi tergantung hasil diagnosa juga sih Bu.

        • Reka Okdryanti on 28 Januari 2019 at 07:15
        • Balas

        Dokternya blg qt tunggu aja seminggu lg..krn dy udh vonis BO sih dok..tp msi ada kemungkinan berkmbg gak yah dok..??

        1. Kalau dokter bilang BO kemungkinan besar memang BO

    • Diah on 30 Januari 2019 at 04:32
    • Balas

    Selamat pagi dok..
    assalamualaikum .. Bagi solusi dok buat saya lebih akurat mana ya usia janin , dari bidan minggu ini 25w berdasarkan hpht . dari usg yang pertama (dokter umum) hari ini 23w. dari usg yang kedua (langsung ke spog) hari ini baru 21w .. sedikit bingung

    1. Kalau janin usia trimester 2 dan 3 lebih akurat pakai USG, Bu

    • Qurrata on 6 Februari 2019 at 18:03
    • Balas

    Selamat sore dok..
    Hpht 5des18 perhitungan 9minggu tp hr ini USG baru 4minggu 6hari tunggu sebulan untuk melihat perkembangannya..
    Kira2 batas normal beda hpht dg USG itu berapa ya dok?
    Mungkinkah ada tips agar perkembangan nya optimal? Terimakasih

    1. Yang penting perkembangan janinnya Bu. Ditunggu kontrol berikutnya sesuai saran dokter.

    • Nurul on 11 Februari 2019 at 12:30
    • Balas

    Dok saat 27 minggu ukuran janin saya melalui usg
    Bpd : 7.06 cm (28w2d)
    HC : 25.67 cm ( 27w6d)
    AC : 21.85 cm ( 26w2d)
    EFW : 1080 gr

    Apakah ini normal dok melihat ukuran lingkar kepala lebih besar dari ukuran lingkar perut? Yg saya takutkan ada kelainan seperti hydro

    1. Normal Bu

    • Tania on 20 Februari 2019 at 13:35
    • Balas

    Dok, hpht sya tgl 26 des 2018, dan kmarin sempat flek coklat sedikit lalu smlm sya usg perut dan knpa hasilnya bidan bilang kehamilan ku baru 3,5 week. Sedangkan di bidan lain kehamilan ku sudah menginjak 8w.. Dan hasil usg baru ada kantung nya saja. Disuruh balik lg satu bulan lg.
    Mohon pencerahan nya dok. makasih

    1. USG ke dokt kandungan Bu, biar dipastikan kehamilannya

      • Elfiana on 5 Juni 2019 at 00:14
      • Balas

      Dok mau tanya usia kehamilan 33 minggu dengan fl lebih rendah 2 minggu 5 hari dari BPD apakah normal

      1. Kadang dipengaruhi posisi janin juga Bu. Mungkin juga profil janinnya berkepala besar

    • sari on 25 Februari 2019 at 10:54
    • Balas

    siang dokter, selain di RS. Pura praktek di mana ya dok?

    1. Di sini Bu: http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • gita on 5 Maret 2019 at 13:45
    • Balas

    siang dok,, saya mau nanya, HPHT saya tanggal 2 januari 2019, kemarin saya USG tanggal 4 maret 2019, sudah kelihatan kantung kehamilan tetapi belum ada janin nya, hasil USG , usia kandungan baru 5Week, tidak sesuai hpht, apakah normal dokt?
    dokter pertama menyarankan untuk kuret, karena kemungkinan BO,
    saya cari second dokter, dokter kedua bilang untuk menunggu 3 minggu lagi, karena dilihat dari bentuk kantung kehamilan nya masih normal dan bulat,
    apakah masih ada harapan dokt janin nya berkembang? terus terang saya takut karena sebelum ini saya pernah kuret setahun yang lalu karena BO juga,
    mohon pencerahan nya dokt.

    1. Coba ditunggu 3mg lagi ya

    • Dinda on 23 Maret 2019 at 15:36
    • Balas

    Assalamualaikum dok..
    Dok, saya mau tanya…
    jd waktu umur kehamilan 28minggu (berdasarkan hpht) saya usg trs hasilnya bbj saya 1657gr dan GA nya jd 31 minggu (hpl nya juga maju 3 minggu)
    Itu mksdnya gmn ya?
    Apa bayi saya kebesaran?

    1. Gak Bu, usia janin dilihat dari hasil USG, normal2 saja Bu

        • Dinda on 1 April 2019 at 22:01
        • Balas

        Td saya usg lg dok (ke dokter yg berbeda) dia berpatokannya berdasarkan hpht (31w) sedangkan usg 34w-35w dan bilang kepala bayi saya diatas normal (8,6) tp ga ada cairan sih…
        Apa kasus seperti ini biasa dok?
        Saya tetep khawatir

        1. Ukuran bisa saja bervariasi. Selama dokter yg memeriksa bilang normal, berarti normal Bu

            • Dinda on 2 April 2019 at 08:49

            Berarti ikutin hpl dari usg aja ya dok?
            Jangan dari hpht ?

            Oiya dok bisa bacain hasil usg saya ga?
            Bulan lalu saya kirim ke email tp tdk ada jawaban

          1. Boleh

            • oppi on 17 April 2019 at 18:52

            kasusnya mb dinda, sama seperti kasus saya yg saya alami skrg. hasil usg dokter 1 ( berdasarkan hpht) 28w dan hpl 3 juli dan dokter lain berdasarkan uk janin berbeda 3 minggu, usia 32w dan hpl 5 juni. saya sudah 2x usg di 2 dokter tsb.
            jadi patokannya ikut hpl yang mana ya dok.

          2. Ditunggu saja perkembangannya Bu, masih ada 10 mg lagi

    • oppi on 16 April 2019 at 10:11
    • Balas

    siang dok, saya mau tanya.
    penyebab kepala janin diusia 32 w saat di usg terlihat lonjong. hanya saja bbj janin rendah 1.6 kg terhitung 31 w. saat saya tanyakan dgn dr spog nya, kepala janin terlihat lonjong bisa karena bentuk rahim ibu. maksudnya bgaimana ya dok.
    tlg penjelasannya ya dok.
    trima kasih

    1. Kepala janin ngikut bentuk rahim ibunya, nanti kalau lahir bentuknya normal lagi

        • oppi on 16 April 2019 at 17:05
        • Balas

        berarti itu normal ya dok. tidak ada kelainan apa”. dari si kepala janin atau rahim si ibu.
        karena dr tsb hanya blg, 3 minggu lg usg untuk lihat perubahan kepala si janin.

        1. Sepertinya begitu

    • Dila Diana on 16 April 2019 at 11:55
    • Balas

    Siang dokter, saya mau tanya, kemarin saya baru saja USG dan didapati hasil
    BPD : 8.56
    GA : 35w 0d

    FL : 5.75
    GA : 29w 5d

    EFW : 2.272 g

    Kalau berdasarkan USG usia kehamilan saya 33w 4d. Dan dokter sempat tanya apakah di keluarga ada riwayat anggota keluarga kerdil ? Dikarenakan FL bayi saya dibawah uk normal, padahal di keluarga tidak ada riwayat kerdil, apakah bayi saya nantinya lahir dengan uk pendek ya dok ? ? Dan panjang FL apakah masih bisa diperbaiki ? Terima Kasih

    1. Mungkin bayinya bakat pendek. Tapi nanti pas tumbuh kan bisa tinggi Bu

      • Ayu Satria on 27 Januari 2021 at 06:45
      • Balas

      Gimana keadaan bayinya saat lahir mba? Skrg sy ngalamin kasus yg sama, BPD dan FLnya beda +/- 4 minggu.. apakah ada kelainan fisik pada bayinya saat lahir mb? Mohon balasannya, trima kasih..

        • Tia on 3 Mei 2021 at 06:00
        • Balas

        Sekarang baby nya gimana mba ??
        Boleh sharing mba ??
        Saya sedang mengalaminya

      • Rini on 6 April 2021 at 19:36
      • Balas

      Boleh sharing gk mba

    • Via on 21 April 2019 at 07:36
    • Balas

    Selamat pagi Dok, saya mens tgl 12 Maret. Inseminasi tgl 28 Maret.tgl 12&13 april keluar darah, mkasih bercak. Tgl 14&15 keluar kaya mens. Tgl 15 saya cek karena sy mau melanjutkan program. Tapi kt dokterny lewat pemeriksaan usg kemungkinan it bukan mens/ragu it mens atau awl kehamilan karena GS Sudah Tampak, trus tdk tahu ad 14mm apany…
    Saya diminta bedrest 1hari. Tapi sampai berhari2 saya bedrest Dok. Karena ketika duduk dan berdiri saya keluar bercak darah. Kira2 dari hasil diagnosa itu saya hamil tidak y Dok? Terimakasih Dok

    1. Kalau menurut dokter, Ibu hamil

    • Yati on 25 April 2019 at 08:46
    • Balas

    Assalamu’alaikum…. Maaf mengganggu saya mau tanya, tanggal 30 des 2018 sya nikah, hpht saya sekitar tg 21 des 2018, trus tgl 08 februari 2019 hasil usg
    CRL 0.68cm
    GA 6w4d <3. 0%
    Apakah normal?

    1. Normal Bu

    • Eka Putri Wahyuni on 26 April 2019 at 22:51
    • Balas

    Dok, saya tadi periksa kehamilan dan keterangan di hasil usg nya seperti ini:
    BPD: 3.33 cm
    GA : 16w2d
    EFW : 492 g
    GA : 22w2d

    Itu maksudnya apa ya dok? Kok ada dua GA sedangkan janinnya tidak kembar. Lalu apakah itu pertanda janin saya sehat atau tidak dok?
    Soalnya saya tanya ke dokternya jawabannya bukan sehat atau tidak, hanya disuruh minum dan makan yg banyak.

    1. GA pertama umur berdasar BPD. GA ke 2 umur janin. Sehat normal Bu

    • putri on 4 Mei 2019 at 11:59
    • Balas

    dok saya mau tanya, saya baru saja usg dan umur kehamilan nya 8 minggu.
    Kantung kehamilan sdh ada tapi belum terlihat embrio di dlm nya. apakah itu normal? saya khawatir BO, tapi dokter menyarankan untuk kembali 3 minggu lg dan saya hanya diberikan vitamin serta obat mual dan magh.
    Mohon informasi nya dok krna saya sangat khawatir sebab ini kehamilan pertama saya.

    1. Ikuti saran dokter Bu, kontrol 3 mg lagi ya. Sekarang belum bisa dipastikan

    • Mirda on 11 Mei 2019 at 21:19
    • Balas

    Dok, saya mau nanya hptht saya 21 februari, harini saya usg usia kehamilan saya 6w2d di usg sangat jauh dari hpht dok.. dan blum terlihat janinnya.. ini kehamilan ketiga saya dok, pertama kguguran yang kedua BO dok.. yang saya bingung dok setiap kontrol 2 minggu usia di usg slalu naiknya 1 minggu dok. Kenapa begini ya dok? Terimakasi dok

    1. Kadang2 memang begitu. Ditunggu kontrol berikutnya ya Bu

    • Umi on 14 Mei 2019 at 08:25
    • Balas

    Dok 13 Mei kemarin saya USG HPHT 23 Maret harusnya usianya 7w2d tapi hasil USG 5w4d janin belum ada dengan GS 0,85cm haid siklus tidak teratur. Saya punya riwayat BO jadi kata dokter khawatir BO tapi karena baru USG pertama tunggu 2 minggu lagi dan diresepin INBION multivit dan mineral, aspilets, dan utrogestan. Semoga 2 minggu lagi ada kabar baik. Kira kira masih bisa gak sih dok berkembang dan beda usia HPHT dan USG normal kah? Terimakasih dokter

    1. Berkembang atau tidak belum bisa dipastikan, makanya dokter minta USG ulang 2 mg lagi. Beda umur janin HPHT dan USG hal yang wajar Bu.

    • Martha veronika on 1 Juni 2019 at 19:29
    • Balas

    Slmt malam dok, menurut hpht usia kehamilan 8mggu 2hr tp usg 5mggu 2hr dan blm ada janin di dalam…normal ka dok, atau harus kuret?

    1. Untuk diagnosa BO biar dokter yang memeriksa USG yang menentukan ya Bu

    • Lora Anggraeni on 15 Juni 2019 at 19:27
    • Balas

    Asslm.wr wb dok. menurut HPHT usia khamilan saya 10w, tp stelah di USG abdominal baru 7w4hr, terlihat janin 1,32gr namun blm terdengar denyut jantung. apakah masih normal Dok?bgaimana sarannya Dok? trmksh

    1. Beda usia USG dan HPHT asal tidak terlalu jauh itu normal saja Bu. Sebaiknya ditunggu kontrol USG berikutnya ya Bu

  4. Dok untuk ukuran kepala janin dalam kandungan normal nyh brph

    1. Umur kandungan brp minggu Bu?

    • Nining on 14 Juli 2019 at 07:33
    • Balas

    Dok menurut hpht usia kehamilan saya 15w tapi setelah usg usia kehamilan saya 16 minggu. Dan hasil usg saya dok
    Fl : 1,65 (14w6d)
    Ac : 10,39 (16w2d)
    Bpd : 3,31 (16w2d)
    Menurut dokternya fl anak saya tidak berkembang dok. Itu gimana ya dok? Apa ada masalah? Apa tidak akan berkembang lagi??

    1. Bukannya tidak berkembang, tapi profil janinnya agak pendek

    • Novi on 2 Agustus 2019 at 09:51
    • Balas

    Dok menurut HPHT usia kehamilan saya 24w4d, dan hasil USG saya:
    BPD : 5,98 (24w3d)
    HC : 20,17 (22w2d)
    AC : 19,37 (24w1d)
    FL : 4,77 (26w0d)

    dari data diatas saya khawatir dengan HC janin saya dok yg hanya berusia 22w2d (mundur 2 minggu 2 hari) dan FL yang malah maju menjadi 26w. apakah janin sy memiliki kelainan dok? terimakasih atas penjelasannya dok.

    1. Selisih 2w umumnya msh normal. Itu bisa menunjukkan profil janinnya. Coba ditanyakan ke dr yg meng-USG bila blm jelas.

    • Lind on 8 Agustus 2019 at 01:59
    • Balas

    Dok saya mau tanya .. saya kan mens pada tgl 12 januari 2019 lalu saya cek ke usg tgl 7 agustus 2019 perhitungan ku baru 29 week tp di usg sudah 34-35 week itu gimna bingung

    1. Untuk perhitungan trimester 3, perhitungan USG lebih bisa dipercaya bu.

    • Linda on 18 September 2019 at 18:52
    • Balas

    Dok saya mau tanya tadi hasil usg BPD: 7.12 29w0d +00d 19/12/04 itu artinya apa ya?

    1. Biparietal diameter, diameter kepala janin. Janin umur 29 mg, perkiraan lahir 4 des 2019. Silakan baca ini bu http://www.harris-spog.com/?p=791

      Jangan sungkan tanya ke dokternya ya Bu

    • Yuni on 21 September 2019 at 23:13
    • Balas

    BPD 4,65 cm GA 20w0d
    HC 16,07 cm GA 18w6d
    FL 2,68 cm GA 18w1d
    FL/BPD 57,75%
    FL/HC 16,70%
    AC 12,63 cm GA 18w2d
    HC/AC 1,27
    FL/AC 21,24 %
    EFW 262g GA 18w5d

    Itu maksudnya gimana ya dok..?
    Usia kandungan sesuai HPHT 18w5d

    1. Itu ukuran bagian tubuh janin beserta perbandingannya (rasio). Selengkapnya bisa Ibu baca di sini http://www.harris-spog.com/?p=791

    • Fiani on 13 Oktober 2019 at 22:38
    • Balas

    Dok saya kemarin usg tgl 26 september, tapi salah menyebutkan HPHT tgl 21 agustus. Pada saat itu dokter bilang klw usia kehamilan sya 6w1d, GS 1,34cm, EDD 20.05.2020 (dan janin belum terlihat).
    Tapi tgl 13 oktober ini sya baru tau saat liat Kalender Handphone bahwa HPHT tgl 12 agustus 2019. Berarti seharusnya saya waktu USG tgl 26 september usia kandungan saya berapa minggu dok?

    1. Kalau menurut HPHT 6w3d, cuma selisih 2 hari dengan perhitungan USG. Silakan cek di sini : http://www.harris-spog.com/kalkulatorkehamilan.php

    • Fian on 13 Oktober 2019 at 22:39
    • Balas

    Dok saya kemarin usg tgl 26 september, tapi salah menyebutkan HPHT tgl 21 agustus. Pada saat itu dokter bilang klw usia kehamilan sya 6w1d, GS 1,34cm, EDD 20.05.2020 (dan janin belum terlihat).
    Tapi tgl 13 oktober ini sya baru tau saat liat Kalender Handphone bahwa HPHT tgl 12 agustus 2019. Berarti seharusnya saya waktu USG tgl 26 september usia kandungan saya berapa minggu dok?

    • Hafidzu on 28 Oktober 2019 at 22:04
    • Balas

    Dok mau tanya, kalau di UK 37mgg 3hr dan uk BPDnya adalah 9,11 cm apakah normal dok ???

    1. Normal, silakan cek di sini: http://www.harris-spog.com/?p=791

    • Rezki on 14 November 2019 at 21:31
    • Balas

    Malam dok..
    Saya mau nanya nih, kenapa bisa beda yah perhitungan bidan dgn dokter.. Sy periksa di bidan katanya masih 34w ttpi d dokter kandungan sya sudah 39w dan sudah mau masuk sc Krn minus 12.. Itu gak apa kah dok??mohon jawabannya di email yh dok.. Makasih

    1. Saya email ya.

    • Rara on 26 November 2019 at 13:26
    • Balas

    Siang dok, mau tanya sebulan yg lalu (26 oktober 2019) saya usg, ukurankehamilan 8 mnggu dengan crl 16mm, tp hari ini saya usg uk. Kehamilan jd 6 mnggu 4d dengan crl 0.84
    Padahal seharusnya skrng sdh 12w lebih, kata dokter janin tdk berkembang,, apa betul janin tdk berkembang bs mengubah ukuran crlnya dan GA dok? Tp perut saya makin mmbesar dan berat badan nambah serta msh mual2, pada awal2 kehamilan (4w) saya pernah usg di dokter ygbrbeda, terlihat 2 kantong janin, tp dokter tsb tdk blng apa2 ,malah cuma bilang itu keputihan dan br penebelan dinding rahim, setahu saya bulatan hitam kecil dilayar usg itu adlh kantong kehamilan, terimakasih dok

    1. Hsl tsb mungkin saja terjadi Bu, tapi maaf saya tidak bisa berkomentar lebih lanjut. Kl toh usianya 12 w, crl mestinya sekitar 53 mm.

    • agnes on 29 November 2019 at 00:51
    • Balas

    dok usia kehamilan brp saat AC lebih besar dr HC ya dok?
    Sy 36week Ac sudah lbh besar dr HC apa normal dok?
    Ini hasil USG saya
    HC: 317mm
    AC: 322mm
    BPD: 90.0
    FL: 68.3mm
    berat janin: 2.8
    apakah hasil USG saya cocok dengan usia kehamilan saya yg tepat 36 week saat saya USG dok?
    Terimakasih

    1. Normal, bisa dicek di sini: http://www.harris-spog.com/?p=791

    • Wulan on 18 Desember 2019 at 18:49
    • Balas

    Dok menurut hpht usia kehamilan saya 35w
    Hasil usg
    BPD 7,92 cm 31w6d
    AC 33,79 cm 37w5d
    EFw 2.740gr
    Apakah masih normal.?bdp lebih kecil dr usia kehamilan
    Sedangkan pas usg usia 33w bpd nya 8,30cm kenapa ukuranya menurun dok?
    Tolong dijawab

    1. Beda ukuran itu umumnya karena posisi janin saat di-usg, itu normal bu.

        • Restiani on 1 Mei 2020 at 12:39
        • Balas

        Siang dok . Saya mau tanya
        Kmren saya usg 31mgg 3hri tapi kenapa BPD sma AC selisih 3mgg dan berat janin sudah 2,4 apa ini normal saya sngt takut dok . Mohon di jawab dok terimakasih

        1. Beratnya juga normal / wajar mnrt saya

    • puput on 29 April 2020 at 21:20
    • Balas

    dokter mau tanya usia kandungan 23 week alhmdulillah semua normal tapi fl saya selisih 2 minggu dok… apakah bahaya dok?

    1. Selisih 2 w masih normal Bu

    • Dee wie on 4 Mei 2020 at 18:09
    • Balas

    Dok, klo menurut hpht usia kehamilan 9w3d tp usg usia 6w ada kantong janin. Tp janin baru 1,9 cm. Normal kah dok?

    1. Ditunggu hasil USG berikutnya ya Bu. Dokternya bilang apa?

    • Putri on 15 Mei 2020 at 19:41
    • Balas

    Halo dok,
    Saya mau tanya, usia kehamilan saya 32w
    Tapi HC anak saya 30w perbedaannya 2 minggu.. apakah itu berbahaya dok? Mohon penjelasannya dok

    1. Tidak berbahaya Bu

      1. Dok usia kehamilan 34 weeks
        Ac : 30.81 cm ( 34w5d )
        Fl : 6.05 cm ( 31w3d )
        Bpd : 9.01 cm ( 36w3d )
        Apakah normal dok selisih ac dan fl jauh

        1. Normal Bu

    • Mega on 17 Mei 2020 at 10:47
    • Balas

    Dok maaf mau nanya usia kehamilan 34 minggu Ac 30.81 cm Ga 34w5d, sedang kan selisih beda 3 minggu dengan Fl 6,05 cm Ga 31w3d dan selisih 2 minggu BPD 9.01 cm Ga 36w3d, normal kah dok?

    1. Normal Bu

      1. Alhamdullilah dok hanya saja sekarang sudah 36 week kepala janin belum masuk panggul apa karna kepala janin nya memang uk agak besar seperti hasil usg 34, saya akan usg setelah lebaran tepat usia kandungan 38 saya dan suami siap persalinan sc bila di harus kan karna ini anak pertama

        1. Posisi janin kan diantaranya tergantung polah si janinnya, jadi ya macem2, rileks saja Bu, dokter kandungan sudah biasa menangani SC beginian

    • Yulaikah on 17 Mei 2020 at 12:54
    • Balas

    Dok,peekiraan bidan persalinan tgl 17juni.hasil usg tgl 3 juni trs ginana dok

    1. Melahirkannya ya diantara tanggal itu. Ibu harus peka tanda2 melahirkan. Biasanya kenceng2 sampai sakit. Kalau lebih tanggal tidak ada rasa apa2, periksa ke dokter ya Bu.

  5. Alhamdullilah dok hanya saja sekarang sudah 36 week kepala janin belum masuk panggul apa karna kepala janin nya memang uk agak besar seperti hasil usg 34, saya akan usg setelah lebaran tepat usia kandungan 38 saya dan suami siap persalinan sc bila di harus kan karna ini anak pertama

    • mega on 5 Juni 2020 at 11:52
    • Balas

    siang dok, mau tanyak. hari pertama haid terakhir tgl 11 feb 2020. kontrol ke bidan perkiraan lahir 18 nov 2020. kalau sesuai hitungan, saya hamil 16 weeks. tapi saat usg menunjukan janin sudah berumur 15w2d. padahal saya nikah tgl 24 feb 2020. apakah usia janin di usg bisa salah dok ? saat usg perkiraan lahir tgl 24 nov 2020. terima kasih dok.

    1. Kl mnrt HPHT hari ini 16 mg 3 hr (trimester 2). Selisih 1 mg dg USG itu wajar Bu. Ngitungnya dari HPHT bukan dari tgl nikah.

    • Rasmiyana on 7 Juni 2020 at 10:46
    • Balas

    Siang dok, haid saya memang tidak teratur, biasanya mundur2 sampai pernah sebulan. HPHT 15 februari, testpack 18 maret masih negatif. Belum haid juga sampai bulan april akhirnya testpack lagi 23 april ternyata positif. Akhirnya bidan menghitung umur kehamilan saya berdasarkan hpht. 6 juni saya usg namun ternyata usia kehamilan saya baru 4 minggu 6 hari dengan GS 10.2 mm, kalau menurut hpht seharusnya sudah 16 minggu. Bagaimana ya dok apa saya harus usg ulang ? Bagaimana ya dok, apakah tidak ada masalah?

    1. Ikut USG Bu

    • Retno on 9 Juni 2020 at 11:16
    • Balas

    Siang dok, mau bertanya
    Saya usg saat usia kehamilan 17w4d, dgn hasil :

    BPD : 35.3 mm (GA 16w6d)
    AC : 116.0 mm (GA 17w2d)
    HC : 140.4 mm (GA 17w3d)
    FL : 24.1 mm (GA 17w2d)
    HL : 23.1 mm (GA 17w1d)

    Semua dibawah normal walaupun beda itungan hari, tp yg paling signifikan Uk BPD. Apa masih normal dok?

    1. Normal Bu, BPD hanya selisih 5 hari

        • Npi on 11 Juni 2020 at 22:11
        • Balas

        Dok kalau
        BCD : 10 cm
        AC : 31 cm
        Fl : 7,2
        Umur 40 Minggu apakah normal dok

        1. Konsul ke dokternya Bu, sudah waktunya lahiran, jangan kelamaan di kandungan, nanti postmature.

    • Indry on 28 Agustus 2020 at 19:29
    • Balas

    Barusan saya usg dok,usia kandungan saya 23 w
    Bpd=6.27cm Ga25w3d
    Hc=22,32cm Ga24w2d
    Ac=18,70cm Ga23w3d
    Fl=3,50cm Ga21w0d
    Efw=529g Ga22w4d
    Normal g dok??soal’y selisih’y ko beda2

    1. msh normal

    • Tria on 3 September 2020 at 23:31
    • Balas

    Dok, saya usia kehamilan dr hpht 30w2d
    Td USG 2D dgn hasil :
    BPD 8.20 cm
    Ga 33w0d

    OFD (HC) 10.93 cm
    HC 30.55 cm
    Ga 34w0d

    AC 25.04 cm
    Ga 29w2d

    FL 5.82 cm
    Ga 30w3d
    Efw 1540 gr
    Ga 29w6d

    Yg ingin saya tanyakan normal ga dok ukuran kepala nya atau kebesaran ? Dokter bilang normal. Tp kok dr tabel diatas BPD sama HC rada besar

    1. Memang sedikit lbh besar drpd rata2, tapi kalau dokter yg meng-USG bilang normal Insya Allah aman

    • Sri herlina on 4 September 2020 at 14:52
    • Balas

    Assalamualaikum dok.
    Kemarin saya usg, usia kandungan berdasarkan usg tm1 29 minggu 6 hari. Tapi kemaren saya usg di tm3 ukuran
    BPD 7.18 (28 minggu 6 hari) dan
    Fl 5.96 (31 minggu 0 hari)
    Apakah ini normal dok ?

    1. normal Bu

    • Retno on 11 September 2020 at 11:03
    • Balas

    Dokter saya sudah usg ke spOg tapi beliau jarang menjelaskan kondisi janin secara spesifik,beliau hanya menyimpulkan sehat. Tapi bisakah dibantu menjelaskan istilah dalam hasil usg
    Kehamilan 12 minggu
    D 11.5
    G 58
    FR 32
    DR 1.35
    BPD 1.52

    Manakah yang menjelaskan berat dan tinggi bayi? Terimakasih

    1. Kalau 12 w BPD sekitar 2,1 cm. D? G ?

    • Dara on 24 September 2020 at 00:54
    • Balas

    Dokter,
    Minta tolong dibantu dong dok cara baca tulisan ini
    D 13.1
    G 153
    FR 32
    DR 147
    FL 1.19
    Artinya aku hamil ato g sih dok

    1. Hpht kapan? Ga, ga brp?

    • Intan on 27 September 2020 at 08:07
    • Balas

    Dok saya terakhir haid tgl 1 Agustus, pas telat haid seminggu tgl 9 September masih negatif, di USG jg tidak hamil. Pas telat 2 minggu tgl 15 September saya positif. Trus saya periksa tgl 26 September pas diusg baru ada kantung nya saja. Dokternya bilang usia nya baru 5 minggu. Gak sesuai sama terakhir haid. Klo lihat jadwal terakhir haid seharusnya sudah 8 minggu. Kok bisa selisih 3 minggu ya dok? Itu normal ga dok?

    1. Mungkin terjadi pada wanita yg haidnya tdk teratur

    • Hani on 29 September 2020 at 16:47
    • Balas

    Dok, saya hamil 32w, kemarin USG dan hasilnya :
    BPD : 8.66 cm
    GA : 35w0d

    FL : 5.8 CM
    GA : 30w2d

    selisih GA berdasarkan BPD dan FL jauh sekali hingga 5w, apakah itu normal dok ? apa profil janin saya berkepala besar namun kakinya pendek ? mohon jawabannya dok. terima kasih

    1. Menurut dokter yg meng USG gmn Bu? Beliau yg lbh tahu (detil) memeriksa, ukuran sebagai patokan saja

      • selvy on 9 Maret 2021 at 10:22
      • Balas

      bun skrg sudah lahir blm? gmn dedenya bun? saya jg ukuran FL lebih kecil 4w dr usia hamil 🙁

    • ANISTASIIA on 8 Oktober 2020 at 10:09
    • Balas

    Selamat pagi dok.
    saya kemaren USG (saya 2bulan telat dan di test pack positif)
    dan katanya dokternya saya hamil 6-7minggu.

    Hasil Usg :
    F 3.5M
    D 23.0
    G 20
    FR 18
    DR 130

    artinya dari hasil usg itu apa ya dok..?
    karna GA-GS nya ga ada di keterangan Usg nya jadi saya bingung apakah ini masih berupa kantong janin saja atau sudah ada janinnya.
    Mohon penjelasannya. Terima Kasih

    1. Ditanyakan ke dokternya Bu, GA & GS brp

    • Linda on 10 Oktober 2020 at 13:16
    • Balas

    Dokter, sy tiap periksa Femur Length dan BPD nya biasanya terlampau lebih maju usia BPD nya daripada FL nya, nah hari ini BPD nya 9,29cm dg GA 38w sedangkan FL nya untuk size nya tidak terlalu kelihatan cuma GA nya masih 36w itu kira2 pertanda normal bukan ya dok?

    1. Selisih segitu msh normal

    • Zie on 12 Oktober 2020 at 09:24
    • Balas

    BPD 9.07cm
    HC 32.93 cm
    AC 29.19 cm
    FL 6.00 cm
    EFW 2462g
    Usia 33week jalan ke 34week
    Apakah masih tergolong normal mohon dijawab

    1. https://www.harris-spog.com/?p=791

        • Zie on 29 Oktober 2020 at 08:46
        • Balas

        Ada selisih dok dri tabel diatas ,klau menurut dokter gmna masih trgolonh normal atau gmna
        Mohon dijawab dokk terima kasih

        1. Yg di tabel adlh nilai rata2, jadi gk hrs sama

            • Zie on 30 Oktober 2020 at 08:41

            Terima kasih dok jawabnnya

          1. Sama2 Bu

    • Riza zamzami on 18 Oktober 2020 at 11:05
    • Balas

    Assalamualaikum
    Dokter saya ingin bertanya. Jumat kemarin 16 okt 2020, saya bersama dengan istri kontrol kehamilan. Dari hasil usG ada perbedaan antara hasil BPD dan FL sekitar 1 minggu
    Apakah ini baik-baik saja dok ?
    Mohon informasinya
    Tks

    BPD 4,51 cm
    FL 2,76 cm

    EFW(AC,BPD,FL) HADL 265 gr
    FL/AC 0,202
    FL/BPD 0,612
    GA (BPD) HADLOCK 19w4d
    GA (FL) HADLOCK 18w3d

    1. Wa alaikum salaam. Beda seminggu msh wajar

        • Riza zamzami on 18 Oktober 2020 at 20:40
        • Balas

        Terima kasih dok jawabannya. Maaf dok tapi memang seharunya sama ya dok ?

        1. Yg di tabel adlh nilai rata2, jadi gk hrs sama

  6. Dok…mau tanya hpht awal 23 des,USG pertama 17 des dan USG terakhir 1 des beda prediksi .brrt akuratnya yg mana yaa dok??

    1. prediksi apa ?

    • Frederika Ratu on 30 Oktober 2020 at 15:49
    • Balas

    Selamat sore dok,. Mau tanya Saya hamil sudah 15 minggu Dan dari hasil USGnya Ada tertulis 16,7 cm/53Hz , MI 1,1 , Tls 0,1,Pwr 97 % GN 2 . Yang ingin Saya tanyakan apakah dari hasil USG di atas janin Saya normal atau gimana. Mksh dok sebelumnya

    1. Itu angka untuk alatnya bu, bukan untuk janinnya, yg untuk janin itu gs, ga, crl dll

    • Tria on 30 Oktober 2020 at 20:35
    • Balas

    Dok, kalo sampe hpl janin ga masuk panggul. Gimana dok ? Apakah kalo blm masuk panggul boleh induksi alami seperti HB, makan nanas, kurma, dll ? Makasih dok

    1. Dokter bisa menginduksi atau memijat, tp kl tidak memungkinkan dilakukan sesar

    • nurmalianti@yahoo.com on 6 November 2020 at 09:11
    • Balas

    Dok, hpht saya 21 agustus. Siklus mens saya normal. Saya iseng tespek tgl 13 sept tapi hasil negatif. Seharusnya saya mens lagi tgl 17 sept. Tapi sampai tgl 20 sept saya tidak mens, malah keluar flek coklat sedikit. Saya tespek sudah positif. 4 okt saya usg, tapi blm nampak janin. Menurut hpht dokter usia saat usg itu sdh 6 minggu. Tapi kemarin usg lagi yg mana sudah 10 minggu, tp ukuran janin 6w5d. Apakah normal dok?

    1. Ditunggu kontrol USG berikutnya Bu, apakah ada janin & detak jantungnya

    • Widya on 13 November 2020 at 14:11
    • Balas

    Dok. Umur kandungan saya 28-29w tp. Dokter blg kalo ad cairan di kepala janin saya. Apakaj saat lahir bayi saya mengidap hidrosepalus?
    BPD: 6.95cm
    GA .28
    AC.23.03

    apakah ukuran kepala janin saya normal.dok?

    1. Kalau dari ukuran normal bu

    • Idayatul Fitriyah on 4 Desember 2020 at 05:42
    • Balas

    Dok, kalau USG berbeda 4 minggu sama HPHT itu normal kah dok?

    1. Maksimal beda 2-3 mg

    • Izha on 14 Januari 2021 at 10:49
    • Balas

    Dok, normalkah hasil USG di 28 Minggu :
    FL : 5,41cm (28w1d)
    BPD. : 7,37cm (29w5d)
    AC. : 24,24cm (28w3d)
    PS. : 66,13 cm/s
    ED. : 0,00 cm/s
    RI. : 1,00
    EFW. : 1348g

    1. Normal, bagus Bu

    • Bintang Octavia on 16 Januari 2021 at 15:27
    • Balas

    Dok, normalkah hasil USG 29 Minggu:
    BPD : 74 mm (29w5d)
    AC : 250 mm ( 29w1d)
    FL : 47 mm (25w1d)
    Fw : 1.177 gr (27w5d)
    Kata dokter spognya paha janin saya pendek,
    dan BB agak kurang. Sy disuruh byk makan coklat Dok
    Apakah pertumbuhan janin sy normal Dok? Makasi dokter

    1. Profil janinnya berpaha pendek, bukan berarti tidak normal

        • Bintang Octavia on 16 Januari 2021 at 22:11
        • Balas

        Terimakasih dokter sudah menjawab. Apakah FL akan bertambah jika sy memperbanyak konsumsi tinggi kalsium seperti susu, yogurt dan keju Dok?

        1. Makan 4 sehat, 5 sempurna susu hamil, jangan stress, jangan trl capek, cukup istirahat, sebisa mungkin dijaga jangan sampai sakit

          • Tia on 3 Mei 2021 at 06:04
          • Balas

          Mba maaf, gimana perkembangan baby nya ???
          Saya sedang mengalamin nya, boleh kah sharing mba ??

    • Bintang Octavia on 20 Januari 2021 at 21:00
    • Balas

    Dok, kemarin ketika sy hamil 5 bulan sy terkena kutu rambut dan sy menggunakan lotion peditox permethrin 1% di rambut sy. Apakah ada efek sampingnya ke janin sy Dok?
    Skrg sy hamil 29 Minggu dan ketika USG, dokter spognya mengatakan bahwa FL janin sy 25 minggu. Apakah ada pengaruhnya itu Dok? Terimakasih atas perhatiannya dokter

    1. Hendaknya bijak kalau pakai obat saat hamil. Berikut data obat yg dimaksud:

      Kategori B: Penelitian tidak menemukan efek malformasi atau efek yang mengganggu perkembangan janin pada trimester pertama dan selanjutnya. Studi pada reproduksi hewan telah membuktikan tingkat keamanan obat ini.

    • Kiki yuliyana on 10 Februari 2021 at 08:44
    • Balas

    Dok apakah bayi dg tungkai paha pendek..nanti susah jln?kmren saya usg katany paha bayi saya jauh dari usia kandungan..mntak sokusiny dok

    1. Belum tentu Bu, hanya saja profil si janinnya memang bertungkai pendek

    • Melly on 2 Maret 2021 at 19:48
    • Balas

    Kehamilan 31 w 2d
    BPD 7.79
    HC 27.80
    OFD (HC) 9.74
    AC 26.38
    FL 5.82
    EFW 1619
    Apakah normal dok?

    1. Normal Bu

    • Anis on 9 Maret 2021 at 05:32
    • Balas

    Hai, Dok.
    Usia kehamilan 28 Minggu, hasil USG
    BPD 7.47
    HC 26.53
    OFD (HC) 9.28
    AC 21.59
    FL 4.48

    Apakah normal?
    Saya baca² ukuran FL jauh di bawah usianya. Lalu apa ada cara yg harus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan ukuran FL?

    1. Cukup makan 4 sehat 5 sempurna susu hamil, jangan stress / trl capek. Hati2 saat hub. Ke dokter ya Bu agar dikasih vit yg sesuai perkembangan janin. Smg kehamilannya lancar.

        • Anis on 9 Maret 2021 at 19:08
        • Balas

        Terima kasih feedbacknya, Dok. Saat ini saya konsumsi Osfit DHA dan Ironyl dari dokter Obgyn, sudah sesui apa masih kurang ya, Dok?

        1. Sudah cukup bu

            • Anis on 10 Maret 2021 at 16:52

            Terima kasih saran dan feedback nya, Dok. 🙂

          1. ok, smg sehat ibu & janinnya

    • Eky on 27 Maret 2021 at 13:55
    • Balas

    Dok usia kehamilan 35 week. Kemarin usg dengan:
    Bdb: 9.35 cm (33 week 4 hr)
    Hc: 30.21 cm ( 33 week 4 hari)
    Ac: 30.76 cm(34 week 5hari)
    Fl:6.74 cm (34 week 5 hari
    Efw:2434 g

    Apakah normal dok?

    1. normal bu

    • evi on 1 April 2021 at 17:00
    • Balas

    Hi dok! mau tanya dok jika hasil usg saya (17weeks)
    BPD : 3,66cm
    HC : 4,43cm
    FL : 2,32cm
    HL : 2,52cm
    apakah normal dok? karena katanya lengannya panjang. apakah masih bisa berubah dok?

    1. scr umum normal, itu hc-nya gak salah kutip bu?

        • patricia christine on 21 April 2021 at 20:19
        • Balas

        dok..saya sedang bimbang. nama saya christine usia 25 tahun. saya punya pacar yg ditentang org tua. seminggu sebelum saya dinikahkan paksa dengan org lain,saya berhubungan badan dengan pacar saya pada tgl 30 agustus 2020 (hari pertama menstruasi) malam,keesokan harinya (tgl 31 agustus) kami melakukannya lagi di pagi hari (tetap dengan keadaan haid) kemudian berpisah. sekitar 1 minggu setelah itu saya menikah dengan org lain (suami saya yg skr),dan malam harinya lgsg berhubungan badan. sebulan kemudian saya baru sadar bahwa saya hamil & tespek positiv. yang mau saya tanyakan,anak siapakah ini menurut dokter?? karna saya baca2 artikel,berhubungan saat haid masih berpotensi hamil karna sperma dapat bertahan 5 hari,tetapi anak saya laki2 yg artinya chromosom Y hanya dapat hidup 1 hari dan mustahil terjadi ovulasi saat masih haid atau bahkan saat 1 hari setelah haid selesai karna tidak cukup waktu untuk membentuk sel telur baru. menurut ukuran BPD dan FL dari semua usg yang pernah saya lakukan (1x di trimester 1,2x di trimester 2 dan 1x di trimester 3) semua usia janin ada di antara tgl 8 & 9. di tanggal itu saya berhubungan badan dengan suami saya yg skr. saya yakin ini anak suami saya yg skr tetapi saya meminta pendapat dokter. mohon balasannya ya dok,terimakasih ohya saya pakai email kantor karna saya tidak punya email pribadi dok

        1. Astaghfirullah, knp begitu bu??? Baiklah saya jawab mnrt ilmu. Mnrt saya kemungk bsr anak suami skr. Krn hub saat hari awal m kecil kemungk hml (siklus m brp hr?). Coba dihitung dari hsl usg, kpn taksiran persalinan, dikurangi 40 mg, nanti ketemu hpht, cocok gak … Kalo pastinya hrs tes dna

    • Meyla Dewi on 22 April 2021 at 07:46
    • Balas

    Assalamuaalaikum Dok..
    Kemarin tgl 21 April 2021 sy melakukan USG dengan hasil berikut
    BPD 8,45cm (34w0d) 99%
    AC 30,00cm (34w0d) 99%
    FL 5,78cm (30w2d) 59%
    GA (LMP) 29w3d ;EDD 4/7/2021
    GA (AUA) 32w5d ;EDD 11/06/2021
    Berat janin 2097gr
    Yg ingin sy tanyakan:
    1. Apakah dgn hasil tsb semuanya normal dok..karena ada perbedaan BPD dan AC lebih besar sedangkan FL lebih kecil
    2. Kenapa usia kandungan hpht dan USG berbeda ya dok..lalu sy mengikuti yg mana sebagai patokan??sy kaget ketika diberitahu dokter saat ini usia kandungan sy sudah 32w..padahal sy kira masih 29w
    3. Apakah EDD selalu berubah ya dok..pas USG kehamilan 1 bulan EDD 30/06/2021;kehamilan 5 bulan EDD 23/06/2021 dan terakhir kemarin maju jadi EDD 11/06/2021
    4. Kata temen2 sy kalo ngeliat sy kandungan sy sudah terlihat kebawah atau melorot..apakah aman dok di usia kandungan sy skrg??
    Sekian pertanyaan sy dok..semoga dokter dapat membantu menjawab
    Terimakasih

    1. Wa alaikum salaam. 1. msh batas normal. 2. bedanya msh wajar. 3. bisa. 4. ikut kata dokter kandungan yg memeriksa, jangan ikut kata teman

    • Tia on 2 Mei 2021 at 14:58
    • Balas

    Maaf mba boleh sharing ga ?
    Bayi mba yg dulu dinyatakan oleh dokter kurang tinggi, apakah sekarang sudah bertumbuh dengan baik mba ???

    • Lia on 3 Mei 2021 at 20:35
    • Balas

    Bun, samaa saya juga sedang mengalaminya, hasilnya gimana bun ? Bisa sharing bun

    • Sintia on 3 Mei 2021 at 22:35
    • Balas

    Halo dok
    Saya mau bertanya
    Skrg GA(AUA) saya 15w 4d
    Efw : 129 gr
    Bpd : 3,32 cm
    Hc : 10, 44
    Ac : 9, 55
    Fl : 1,91 cm
    Apakah ukuran bayi saya normal dok??
    Krna dokter kandungan saya mengatakan, bayi saya kurang DHA, dan timbangan berat bayi juga kurang, agak kurus katanya..
    Apakah benar demikian dok
    Saya jadi khawatir
    Tolong bantu di jawab ya dok

    1. mnrt saya kalau dari ukuran normal, bagus. Mungkin dokter yg meng-usg ada pertimbangan lain, karena beliau yg melihat langsung kondisinya

    • Meyla Dewi on 9 Mei 2021 at 18:48
    • Balas

    Selamat malam dok..
    Usia kehamilan sy sekarang 35w2d..beberapa hari ini sy mengalami penurunan berat badan (hitungan ons tidak sampai sekilo). Selama puasa ini sy ikut berpuasa tetapi tidak setiap hari/selang seling dan makan hanya 2x..biasanya 3x.Apakah tidak berbahaya dok di usia trimester 3 ini mengalami penurunan berat badan??Apakah dengan penurunan berat badan ibu hamil..berat badan janin juga tidak naik??
    Mohon penjelasannya dok..terimakasih

    1. Boleh puasa asal kuat dan nutrisi terpenuhi

    • Muthia on 11 Mei 2021 at 18:59
    • Balas

    Dok..
    GA : 14w4d
    Crl : 8,60cm

    Normal ga dok?
    Kok hasil usg saya ga ada BPD,FW atau yg lain ya dok?
    Hanya GA , CRL dan EDD

    1. Normal. Gak ada yg selain ga crl edd ya ???

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.