Mendeteksi Cacat Janin Dengan USG

Teknologi kedokteran terus berkembang dewasa ini supaya kehamilan pada usia lanjut tetap aman dan melahirkan bayi yang sehat. Prenatal diagnosis perlu dilakukan untuk menghindari cacat bawaan pada kehamilan yang berisiko tinggi.

Prenatal diagnosis merupakan segala aktivitas prenatal untuk mendiagnosis adanya kelainan pada janin, baik cacat pembentukan (malformasi), kelainan genetik, kromosom maupun kelainan metabolisme. Pemeriksaan yang dilakukan ada berbagai cara, contohnya, USG di perut atau Ultrasound abdominal, USG transvaginal, pengambilan cairan ketuban, dan biopsi plasenta.

Banyak yang bisa didapatkan dari pemeriksaan USG (ultrasonography). Setidaknya, pemeriksaan USG dilakukan tiga kali selama masa kehamilan.

USG bisa juga digunakan untuk mendeteksi cacat bayi, terutama cacat organ seperti jantung, saluran kencing dan spina bifida. Biasanya pada bulan ke tiga, bayi sudah cukup besar untuk dideteksi kelainannya dengan USG. Metode ini tidak membahayakan janin maupun ibu serta dapat memberikan informasi tentang pertumbuhan bayi dan posisi janin.

Pemeriksaan dengan USG bisa dilakukan pada usia kehamilan 12-14 minggu dan 18-22 minggu. Meski “terlihat” atau tidaknya bentuk kecacatan tadi juga ikut ditentukan oleh posisi bayi yang menghadap ke atas/depan, kemampuan dokter ahli ginekolog menganalisa tampilan di layar, serta kecanggihan alat itu sendiri. Artinya “Meski semua ginekolog diharapkan bisa membaca hasil pemeriksaan USG biasa (2 dimensi), pemeriksaan dengan USG 3 atau 4 dimensi akan lebih memudahkan.”

Cacat bawaan umumnya terjadi sebelum bayi sempurna dibentuk, yakni di bawah usia kehamilan 17 minggu. Kendati begitu, tidak berarti lepas dari periode tersebut janin terbebas dari peluang kecacatan. Contohnya, ibu hamil yang mengalami infeksi cairan ketuban di usia kehamilan 5 minggu, meski awalnya normal-normal saja. Bila itu yang terjadi, bisa jadi bayi akan mengalami kecacatan.

Tak seorang pun di antara kita yang berharap pernah melahirkan bayi cacat. Tapi seandainya kenyataan pahit tersebut harus kita hadapi, tak perlu menyalahkan diri sendiri. Apalagi sampai menumpahkan segala penyesalan pada si kecil dengan menutup harapannya untuk hidup alias mengakhiri kehamilan. Sebagai manusia biasa, kita sama sekali tak berwenang.

75 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Widya on 13 Juli 2016 at 15:53

    * Dear Dokter Harris,

    Mohon informasi untuk saya Widya sekarang memasuki kehamilan minggu ke 17 minggu lebih 3 hari ( 13 Juli 2016 )dengan berat bayi 185 gram, dalam waktu kehamilan ini saya sudah 3 kali demam ( pertama karena sariawan, ke dua demam biasa, ketiga diare )

    Dikarenakan hal tersebut dan berat bayi yang masih kecil diusia kehamilan saya yang sudah hampir masuk 5 bulan apakah hal ini wajar atau saya harus melakukan scanning untuk bayi saya dokter.

    dikarenakan kakaknya yang sekarang usia 5 tahun, dulu waktu masa kehamilan saya tidak perna mengalami demam.

    Usia kandung berapa saya perlu melakukan USG 4 Dimensi, dan kisarannya sampai berapa biaya yang harus saya keluarkan mengingat kami juga tidak memiliki bugjet untuk melakukan USG 4 Dimensi.

    Mohon maaf jika panjang lebar saya ceritakan seperti ini dokter.

    Sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan.

    Salam,
    Widya

    1. Rutin kontrol ya Bu, agar kehamilannya terpantau. Sejak kehamilan awal juga sudah bisa di-USG 4D kok Bu.
      Info saya email ya

    • Vee on 19 Juli 2016 at 15:21

    Dok, saat ini saya sedang hamil 7bulan dan saya sedang terkena gatal” seperti cacar air saya takut dok kalau ada gangguan pada kehamilan saya bagaimana solusinya dok ?
    Terimakasih

    1. Harus dipastikan itu apa benar cacar air. Kalau cacar air harusnya panas tinggi. Sebaiknya periksa Bu.
      Info saya email Bu

  1. Di rumah sakit graha medika kalo cesar
    Berapa ya harga na

    1. Maaf Bu saya tidak pegang di RS tsb

    • Indriyani on 13 Januari 2017 at 09:42

    Dokter apa seperti penyakit down syndrome seperti yg kebanyakan terjadi saat ini, itu terlihat di USG tipe apa? Lalu kalo misalkan ada contohnya mohon dikasih gambarnya ya dokter saat tampak di USG nya. Karena jujur saya hidup di tengah kelompok yg sangat fanatik pada suatu keyakinan. Dan kebanyakan Dr mereka masih mengganggap bahwa USG masih belum perlu untuk dilakukan. Saya hanya ingin jadi orang yg open minded dokter. Terimakasih

    1. Lho kenapa harus takut, USG saja … agar perkembangan janin bisa dipantau

    • Amalia on 18 September 2017 at 18:09

    Assalamualaikum dokter, dok sy sedang hamil 17w, yg mau saya tanyakan apakah usg sebulan sekali dgn dr spog itu bisa mencegah bayi lahir cacat seperti bagian organ dalam bayi yg tdk lengkap/mata katarak pd bayi? Apakah itu semua terlihat di usg? Dan apakah dr obgyn bisa melakukan tindakan pencegahan sblm lahir jika ada indikasi bayi lahir cacat? Sy akhir2 ini mendengar kasus bayi lahir cacat slh satunya dr saudara sepupu sy sendiri yg anaknya umur 2hari harus di operasi krn cacat organ dalam, jd membuat sy cukup khawatir jg dok. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

    1. Kalau deteksi sih bisa, kalau mencegah tidak bisa. Berdoa agar diberi kesehatan ibu dan bayinya

    • Anggi on 9 November 2017 at 15:31

    Assalaamu’alaikum dokter, sya lepas kb suntik 1 tahun lalu dan sejak itu haid sya tdk lancar, bahkan sya harus ke dokter spy bisa haid (konsumsi obat dari dokter). Fyi, haid terakhir sya pertengahan Juli tahun ini. Dan hingga sebelum sya harus operasi mammae aberans pertengahan Oktober lalu, sya sdh bbrp kali TP dan hasil selalu negatif. dan 3 minggu pasca operasi sya masih belum haid juga namun ketika sya TP hasil ternyata positif, alhamdulillah. Ketika sya USG dokter yg menangani sya info kalau umur janin sdh 9 minggu. Yang mau sya tanyakan:
    1. apakah operasi yg sya lakukan bsa menyebabkan cacat pada janin sya? seminggu setelah operasi sya mengkonsumsi obat Nexa, Asam mefenamat dan Cefixime
    2. perhitungan 9 minggu itu darimana ya dok karna bln September dan Oktober sya TP hasilnya negatif?

    Mohon infonya. Terima kasih

    1. Wa alaikum salaam. 1. tidak ada hubungannya Bu. 2. Dari parameter ukuran GS

    • Andi on 13 Januari 2018 at 19:34

    Malem Dok,

    Umur istri 46 tahun saat ini hamil sekitar 12 minggu, di vonis dokter janin ada kelainan karena faktur usia ibu nya, di perkirakan janin hanya bertahan sampai usia 5 bulan akan meninggal, mhn saran apa yang hrs di lakukan ?

    1. Memang usia segitu resikonya sangat tinggi Pak. Ikuti saja saran dokter yang memeriksa.

    • Ryumi on 26 Februari 2018 at 08:43

    Pagi dok

    Apakah memungkinkan hasil usg 4d prenatal di bulan ke 5 menyatakan kondisi bayi normal, dan tidak ditemukan kelainan DS (down syndrome), tapi ketika lahir bayi tsb mengidap DS ?

    1. Untuk penegakan diagnosis down syndrome sebaiknya dilakukan juga :
      – CVS,
      – amniocentesis dan
      – PUBS

    • Nadiia on 2 Maret 2018 at 16:53

    Maaf dok, saya penderita maag akut. Dan diberikan resep misoprostol. Saat mengkonsumsi saya sdh TP dan hslnya negatif. Saya sempat meminum 6 tab misoprostol. Saat itu tidak terjadi apa”. Saya kaget luar biasa ternyata 2minggu kemudian saya TP kmbali karna belum haid ternyata positif. Apa ada kemungkinan janin sya cacat? Karna yg sya tau obat ini sgt berbahaya utk janin usia trisemester 1. Apalkakah kecacatan dpt terlihat di USG nantinya? Trims dok

    1. Dipantau Bu, rajin kontrol. Moga2 baik2 saja

      • maya novika on 6 Mei 2020 at 13:09

      kak udah lahiran kah? trus gimana dengan dedenya kak? soalnya aku juga udah terlajur mengkonsumsi misopropostol juga kak

    • Kartika on 31 Maret 2018 at 23:36

    Selamat malam dokter,, sebelumnya saya pernah tes foto rontgen gigi. Awal nya pas tes itu saya tdk tau kalo hamil, ternyata wktu itu saya sdh hamil usia 3mgg.
    Pertanyaan saya apakah ada pengaruhnya tes foto gigi itu terhadap kehamilan saya?? Karna sudah terlanjur apa yg harus saya lakukan dokter agak efek foto tadi tidak mempengaruhi janin? Terima kasih

    1. Gak ada efek kok Bu

    • dhefla on 5 April 2018 at 03:11

    selamat malam dok , saya ingin menanyakan untuk kelainan kongenital ctev apakah bisa d lihat dr hasil usg? kira-kira untuk hasilnnya bagaimana ya dok , ? sperti hasil lingkar perut, panjang paha dll
    terimakasih

    1. Ini bisa dideteksi lewat USG:
      Spina bifida
      Anencephaly
      Hidrosefalus
      Ctev
      sumbing
      Cacat ginjal
      Down syndrome

    • Ibu juairiah on 9 April 2018 at 05:46

    Pak..mau tanya.
    Sy hamil 26 week.
    Ketika USG ada terlihat gelembung gelembung seperti nya ky gelembung balon ada 3 bergerak mengisi perut bersama janin.
    Sy tanya dokternya gak tau.
    Kira2 itu apa ya pak?
    Bahaya gak?

    1. Kalau gelembungnya tidak menempel statis ke bayinya ya gak apa2 Bu

      • Ita on 21 Mei 2019 at 17:08

      Selamat sore dokter,
      Usia sy 43 th dan sedang mengandung janin usia 17 minggu. Hasil checkup rutin terakhir hari ini, diagnosa dokter, janin sy susp omphalocele dan dirujuk usg 4D untuk evaluasi lbh lanjut.
      Pertanyaan sy: menurut dokter, tindakan apa yg biasa dilakukan oleh dokter untuk kasus janin dg kondisi susp omphalocele.
      Mhn info agar sy dpt menyiapkan mental sy untuk hadapi kemungkinan hal terburuk dg janin sy, mengingat jadwal USG 4D baru akan dilaksanakan lusa. Trm kasih.

      1. Jika volume kurang dr 5 cm, dilakukan operasi. Atau dijaga agar organ masuk ke dalam rongga perut.

      • Rani on 20 Mei 2020 at 15:53

      Assalamualaikum bu
      Mau tanya soal gelembung di hasil usg itu, krna skrg sy mengalaminya dan prdiksi lahiran tgl 10 bulan 6 nanti. Gmn kondisi bayi ibu dr adanya gelembung itu, gelembung biasa atau gmn?

    • Aza on 25 September 2018 at 12:42

    Dok..kira2 herpes di pundak lengan atas berbahaya gak untuk ibu hamil 23 minggu? Awalnya tidak ngerasain apa2, gatel juga enggak..tiba2 waktu mandi kok tiba2 agak sdikit perih di pundak tsb..saya lihat trnyata kulit ada radang warna agak merah dan bruntusan..saya takut itu herpes..

    Kira2 obat yg aman buat bumil utk mnghilangkan bruntusan yg perih tsb apa ya dok?

    1. Harus dipastikan ke dokter kulit Bu, kalau herpes nanti dikasih obat oral anti virus, kalau eksim lain lagi obatnya.

    • Ria silvy on 6 Januari 2019 at 06:19

    Assalamualaikum,,
    Dok sekarang saya sedang hamil anak ke2 usia 15 minggu, ada kekhawatiran dalam diri saya karena saat hamil anak pertama anak saya meninggal karna kelainan gastocrisis padahal waktu saya hamil saya tiap bulan selalu usg , knpa kok sampe kelainannya tidak terlihat.
    Yang mau saya tanyakan apakah ada kemungkinan pada saat kehamilan saya yg ke2 ini bisa seperti itu juga , mohon penjelasannya dan terima kasih

    1. Wa alaikum salaam. Gastroschisis tidak berulang. Ibu memperbaiki pola hidup dan nutrisi agar janin dan ibunya sehat ya.

    • meilan on 15 Januari 2019 at 20:57

    selamat malam dok sya mau tanya apakah cacat pada janin bisa terdeteksi lewat usg ?

    1. Bisa, untuk beberapa kasus

      • Mela on 7 Mei 2020 at 14:13

      Assalamualaikum dok,
      saya sering minum soda saat awal kehamilan di karnakan saya belum tau sedang hamil,dan sekarang usia kehamilan saya sudah memasuki 32 week dan saat di usg semuanya normal,apakah saat lahir nanti anak saya kemungkinan bisa cacat karena sering minum soda di awal kehamilan?

      1. Wa alaikum salaam, Insya Allah normal Bu

    • biah on 17 Mei 2019 at 07:11

    Asalamualaikum dok saya biah saya mau bertanya di kehamilan saya 1 bulan smpai 2 bulan saya mandi air hangat saya tidak tahu dengan efeknya setelah itu saya berhenti mandi air hangat dok bagaimana sarannya dok apa tidak terjadi apa apa dengan janin saya dok terimakasih

    1. Wa alaikum salaam. Gpp Bu, mandi air hangat tidak berpengaruh apa2

    • Hana on 11 November 2019 at 18:37

    Dok mau tanya, untuk harga usg 4d berapa? Dan apa bisa screening juga, kalo screening biaya berapa? Terimakasih dok

    • Hana on 13 November 2019 at 11:58

    Selamat siang dok, mau tanya biaya usg 4d berapa ya?
    Apa di dr. Haris juga bisa screenibg, kalau iya biaya berapa dok?terimakasih

    • Ratna on 6 Desember 2019 at 19:25

    Ratnasari30917@gmail.com

    1. dok saya hamil 5 minggu apakah lotion yg memutihkan berpengaruh pd janin saya?

      Gpp Bu, asal pemakaiannya wajar, tdk berlebihan.

    • Eka on 13 Januari 2020 at 09:47

    Assalamualikum dok,

    kapan hari saya demam lebih kurang 5 hari dan dari hasil tes darah 2x trombosit rendah dan kata dokternya terkena gejala DB.
    apakah itu berpengaruh pada janin dok?
    jujur saya takut sekali berpengaruh pada janinnya.
    waktu saya sakit baru diperiksa detak jantungnya saja dan katanya normal, saya belum sempat USG karena baru sembuh.
    Terima kasih.

    1. Wa alaikum salaam. Insya Allah tdk apa2 Bu. Usia kandungan brp mg?

    • Linda on 6 Maret 2020 at 12:09

    Siang dok
    Saya Linda, hamil dengan usia kandungan 34w.
    Terakhir kali saya di USG, untuk GA berdasarkan BPD tertulis pada hasil USG 32W. Sedangkan berdasar FL, 34w.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah bayi saya mengalami kelainan??
    2. Apakah penyebab perkembangan dan pertumbuhan kepala/BPD bayi saya lebih lambat dari usia seharusnya?
    3. Apa yang harus saya lakukan, agar bayi saya dapat mengejar ketertinggalan perkembangan kepala/ BPD nya??
    4. Apakah bayi saya mikrosefalus??

    Mohon dijawab ya dok…
    Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.

    1. Umumnya selisih 2-3 mg normal. Mnrt dokter yg meng-USG gmn?

    • Kiki lestari on 2 Mei 2020 at 22:47

    Asalammulaikum dok..barusan saya usg 2d dn umur kandungan saya 31 minggu .dan kata dokter dia melihat ada kelainan di bagian leher,tapi dia tidak tau apa…pertanyaan saya dok,,apa usg 2d tu akurat dn kalau ia ada kelainan kira” apa itu dok,dn apakah tu bahaya pada bayi? Terimkasih

    1. Wa alaikum salaam. Coba ibu cari second opinion, USG di dokter yg berbeda, USG 4D juga bisa dicoba

    • maya novika on 6 Mei 2020 at 13:14

    Dok saya lagi hamil 6 minggu, trus kemarin saya sempat minum misopropostol ? apakah janin saya baik2 saja dok?

    1. Kalau trimester 1 sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan resep ya Bu

    • Novi on 16 Mei 2020 at 20:31

    Dok, apa itu hipoplasia lung,efusi pleura d+s,car 4 le dominan + ?? Apakah berbahaya? Td disarankan usg 4d

    1. Saya hanya menjelaskan artinya kata, untuk kejelasan diagnosa silakan ditanyakan ke dokter yg memeriksa ya Bu. hipoplasia lung : pembentukan paru belum/tidak lengkap. efusi pleura : adanya cairan berlebih di rongga pleura (lapisan tipis yang melapisi paru-paru dan dinding dada)

    • Hanafi on 21 Mei 2020 at 09:54

    Dok mau tanya wktu awal hamil saya belum tahu klo lgi hamil.. Sy mengalami demam dan batuk pilek jd periksa ke dokter umum trs minum obat batukny merk sanadryl expectorant dengan kandungan diphenhydramine HCl, ammonium Cl, K guaiacolsulphonate, sodium citrate.. Berbahaya tidak dok obat itu untuk perkembangan janin karena wktu itu tidak tahu klo lgi hamil?
    Sy terakhir berhenti minum obat batuk wktu itu terasa sakit sekali perut sy abis minum obat batukny dok tpi sy sdh berhari-hari minum obat batukny awalnya gk sakit perut pas terakhir berhenti minum karena tiba-tiba terasa sakit perut setelah 2 jam-an

    1. Aman kl diminum sesuai resep dokter

    • Sri herni on 5 Juni 2020 at 00:48

    Dok saya mau tanya,tdi saya USG,dr bilang ada cairan d kepala janin,apakah itu berbahaya dok?

    1. Tolong ditanyakan ke dokter yg meng-USG ya Bu, tentang kemungkinan adanya hidrosefalus

      • Ika on 27 Juli 2020 at 18:05

      Halo dok, sy sdh 26 minggu,tp waktu di usg 4D, bagian kepala tidak terlihat bagian atasnya.apa yg harus di lakukan

      1. Coba dikonsulkan lagi dg dokternya. Dokternya terakhir bilang apa?

    • Riama on 29 Agustus 2020 at 19:59

    Selamat malam dok..

    Saya pas hamil week 12 check usg 4dimensi,kata dokternya bagian kepala tidak terbentuk secara menyeluruh (kelainan) dan klwpun lahir hanya bisa hidup dlm waktu 2 jam..
    Saya mau nanya dok,apakah di week 12 itu sudh mentok untuk pembentukan organ2 tubuh janin,atau msh bisakah terbentuk di minggu2 berikutnya?
    Terimakasih dok

    1. Betul bu, pembentukan organ di trimester 1

    • Bunda anak 3 on 20 September 2020 at 04:47

    Selamat pagi dok. Maaf saya mau bertanya tentang janin yg terpapar misoprostol. Karena seminggu belakangan ini saya mencoba mengkonsumsi nya. Tgl 14sep – 18sep. Hingga 18butir. Tapi tidak terjadi pendarahan. Yg ada hanya keram perut dan pegal bagian pinggang saja. Dan yg saya mau tanyakan seberapa besar resiko terjadi kelainan janin sampai usia kelahiran nanti. Karena jujur saya panik setelah tau hamil lagi. Kira² untuk USG usia minimal berapa bulan bisa terlihat bentuk organ² tubuhnya. Dan sebaik nya saya harus apa. Untuk meminimalisir kelainan atau cacat pada bayi. Mohon di jelaskan. Terima kasih

    1. 1. Tdk bs diperkirakan terjadi kecacatan seperti apa. Mnrt statistik kurang dari 1% menderita moebius syndrome
      2. Trimester 1 adlh waktu saat terjadi pembentukan organ

    • yanti on 27 September 2020 at 16:36

    Assalamu’alaykum. Dokter, sy usia 38 tahun dan sedang hamil anak pertama usia 26 minggu. Yang ingin sy tanyakan apakah dari hasil scan usg 4D dan 5D bisa terlihat kalau ada kelainan kromosom/ cacat lahir seperti down syndrom? Karena dari yang sy bacakan bisa dilihat dari usg usia 11-14 weeks NT nya, sy gak ada usg di rentang usia kandungan 11-14 weeks, sy usg di minggu 17 dan terakhir kemarin di minggu 25 dan alhamdulillh dokter katakan semuanya normal dan foto usg 4D yang terakhir juga cukup jelas kelihatan wajah janinnya.
    Hanya saja sy agak khawatir karena pada usia kandungan 11-14 weeks gak usg untuk cek Nuchal Translucency (NC). Tolong pencerahannya dokter. Terimakasih..

    1. Wa alaikum salaam. Jangan trl khawatir bu, kl ada sesuatu dokter akan minta pemeriksaan lanjutan. Kl dokter bilang normal Insya Allah normal

    • Khaira on 13 Oktober 2020 at 00:05

    Malam dok… Saya sedang hamil anak ketiga dengan usia kandungan 8 week. Usia saya 33 tahun. Anak pertama saya lahir dengan kondisi normal, Anak kedua saya memiliki kelainan genetik mosaic trisomy 22 ( saya sudah melakukan tes kromosom) dan saat ini sudah berumur 4 tahun. Yg mau saya tanyakan, untuk kehamilan ketiga ini,saya perlu melakukan tes apa ya dok untuk mendeteksi apakah ada kelainan kromosom?

    1. Macam2 Bu, bisa nuchal translucency, Fetal blood sampling, Chorionic villus sampling, Amniosentesis

    • Dindha on 1 November 2020 at 22:48

    Assalamualaikum dok, mau tanya saya saat ini hamil 12w , saya penderita asma. Apakah obat salbutamol dan methylprednisolone aman untuk trimester 1? Saya sangat khawatir.

    1. Wa alaikum salaam, aman asal sesuai resep dokter

        • Vivi on 1 April 2021 at 16:45

        Halo Dok, mohon saran dan opini dari Dokter perihal kondisi yang sedang saya alami saat ini.
        Tahun 2020 lalu saya baru saja melahirkan & 5 bulan setelahnya saya positif hamil lagi. Setelah diskusi panjang sama suami akhirnya kita sepakat tidak meneruskan proses kehamilan saya.
        Saya mulai browsing panduan dari website2 global yg sdh terbukti valid, konsultasi lgsg dgn petugas kesehatan mereka & saya pilih metode misoprostol (tanpa mifepristone). Usia janin saya saat itu sekitar 6 weeks, saya minum 8 butir cytotec dgn aturan minum yg sdh sesuai.
        Singkat cerita saya mengalami semua gejala yg sdh di briefing ke saya, baik dari efek samping yg timbul dr cytotec hingga sampai ke tahap pendarahan berbentuk darah kental yg ukurannya sangat tidak wajar spt pada saat menstruasi. Pendarahan maupun efek samping obat masih berlangsung sampai 2 hari setelahnya. Dan minggu berikutnya saya sdh tidak merasakan sakit apapun, saya bs beraktifitas normal, dan tanda2 hamil saya pun HILANG TOTAL. Jd saya berasumsi bahwa prosesnya sdh berhasil dan saya hanya tinggal menunggu 6minggu utk testpack lg.
        Tp pas saya tes ternyata masih positif, akhirnya saya kontrol USG dan betapa kagetnya saya ketika SPOG bilang bahwa saya lg hamil dgn usia janin 19w2d. Saya sangat shock krn tanda2 hamil sudah gak pernah saya rasakan lg sejak obat saya minum. Berat badan saya pun stabil.

        Hasil USG nya BPD 44.4mm, FL 27.9mm, AC 147.1mm, EFW 289g.

        Mohon opini dari dokter apakah janin saya normal jika dilihat dr USG??
        Dan apakah ada kemungkinan bayi saya bs lahir normal tanpa ada cacat seperti bayi normal pd umumnya?? Karena mengingat cytotec obat yg sangat keras. Mohon sekali di respon ya, Doc.. terima kasih sekali sebelumnya.

        1. saya sedih baca cerita ini. scr ukuran normal, tapi kita gak tau apa yg terjadi dg janinnya. coba ibu ke dokter kandungan fetomaternal, usg 4d dengan detil dan ditanyakan ke dokter hasil usgnya

            • Vivi on 1 April 2021 at 18:16

            Apakah USG 4D bisa membantu banyak untuk mendeteksi situasi ini, Dok??
            Dan tentang moebius syndrome, apakah bisa terdekteksi jg jika lewat 4D? Selain MS apa ada resiko lain Dok yg bs terjadi pada bayinya?
            Karena data yang tersedia perihal resiko misoprostol yg gagal juga sangat terbatas di internet. Sangat sulit menemukan sumber/pengalaman tentang kondisi bayi setelah lahir setelah konsumsi misoprostol.

          1. ibu ke dokter kandungan fetomaternal, ceritakan tentang gagal menggugurkan kandungan dengan misoprostol, minta dicek kemungkinan terjadinya kecacatan janinnya

    • Dian on 9 Mei 2021 at 04:47

    Assalamualaikum dok. Sy berumur 35th, saat ini mengandung dgn usia kehamilan 29w. Minggu lalu sy USG 2D ke dokter kandungan saat usia kehamilan 28w dan ditemukan cairan di kepala (Hidrosefalus). Sy tdk diberi obat, cuma disuruh konsumsi suplemen ibu hamil saja, sy shock dok Krn sebelumnya sy rutin periksa USG 2D (tp ke bidan) dan dinyatakan sehat2 sj. Hasil USG sy dgn dokter kandungan saat hamil 28w yaitu BPD :6,70cm, HC:23,20,cm, AC:22,41, FL:5,64. Pertanyaan sy, berdasarkan hasil USG bagaimana kondisi fisik janin sy? Apakah cairan berlebih di kepala janin bs berkurang/hilang seiring bertambahnya usia kehamilan? Mohon solusinya dok, terimakasih

    1. Wa alaikum salaam. Coba cari second opinion bu

    • Yuli on 27 Juli 2021 at 00:40

    Iya kak, gimana sudah lahirankah d gima keadaan dede nya ?
    Saya juga sama di 3week mnm misoprostol juga

Komentar telah dinon-aktifkan.