Obat Penguat Kandungan


Obat Penguat Kandungan (label merk dan pabrik disamarkan).

Bila terjadi bumil mengalami flek-flek, maka itu adalah tanda terjadinya ancaman keguguran (Abortus Iminens).

Sebenarnya penyebab Abortus Iminens ini banyak, tapi penyebab terbanyak adalah:

  • Kekurangan hormon progesteron
  • Ketidakseimbangan hormon progesteron & esterogen
  • Kelainan kromosom

Di awal kehamilan hormon progesteron lebih banyak daripada hormon esterogen. Jika misalnya bumil mengalami stres, lelah mental maupun lelah fisik, maka akan ada zat yang merangsang produksi esterogen. Nah … jika esterogen lebih tinggi kadarnya daripada esterogen, hal ini bisa mengakibatkan kontraksi.

Obat penguat ini berisi hormon progesteron sintetik, sehingga diharapkan kadar hormon progesteron lebih tinggi daripada hormon esterogen, sehingga rahim berhenti berkontraksi.

Karena penyebab dari ketidakseimbangan progesteron & esterogen ini adalah lelah fisik, mental dan stress, maka cara terbaik adalah dengan menghindari penyebabnya dan bumil diharuskan istirahat total bed rest sampai tidak ngeflek lagi.

Kalau toh dengan bed rest dan pengobatan masih juga terjadi pendarahan, bisa jadi penyebabnya adalah kelainan kromosom, dan ini tidak bisa dicegah. Bisa diibaratkan ini adalah mekanisme alami dari tubuh untuk menggagalkan kehamilan yang ‘kurang memenuhi syarat’, jadi sifatnya alami.

33 comments

Lompat ke formulir komentar

    • armadiani citra on 14 Oktober 2016 at 10:13
    • Balas

    dokter saya mau tanya usia kehamilan saya memasuki 11 weeks , di paha , kaki dan tangan saya terdapat bintik-bintik merah kadang merasa gatal juga dokter , apakah itu wajar , terima kasih

    1. Harus diperiksa dulu Bu, yang jelas itu tdk wajar.

    • Yawari on 18 Juli 2017 at 12:04
    • Balas

    Dok. Apakah kalo PCOS wajib terus2an konsumsi penguat kandungan? Saya kan konsul sm 2 dokter, yg satu suruh saya konsumsi penguat sampai 4 bulan. Yang satu lg suruh saya stop karena usia kandungan sudah 3 bulan dan tidak ada flek. Menurut dokter bagaimana?

    1. Tiap dokter yg memeriksa pasti punya alasan sendiri2. Mungkin dokter yg pertama beranggapan PCOS itu susah hamil, kl sdh hamil ya dijaga sebisa mungkin, jadi ya dikasih penguat. Mungkin mnrt dokter yg ke 2, dirasa sdh cukup kuat, jadi penguat bs di-stop. Hasil pemeriksaan itu bisa sangat subjektif Bu, tergantung banyak hal. Jadi bukan untuk dipertentangkan. Harap maklum.

  1. Dok saya lagi hamil 5minggu 1hari awal nya saya keluar flek coklat di dlm kandungan saya trus pas saya pipis keluar darah sedikit. Selesai saya mandi keluar lagi darah dok itu kenapa yah.tapi sebelum nya saya udah mengalami keguguran.
    Tolong kasih solusi nya dok.

    1. Pendarahan sebaiknya selalu ke dokter ya Bu, kl perlu diberi penguat.

    • Amalia on 31 Agustus 2017 at 13:20
    • Balas

    Assalamualaikum dokter, saya mau tanya.. untuk naik pesawat apa perlu penguat kandungan? Usia kandungan saya skrg masuk 15week, sy mendadak hrs naik pesawat minggu dpn di usia 16week. Sebelumnya pada usia 9 week saya pernah naik pesawat, dgn izin dokter kandungan dan di beri penguat utrogestan dr 2hr sebelum keberangkatan sampai sy tiba lg penguatnya berhenti diminum. Sy mau konsul kembali tanggung krn sy baru konsul minggu lalu. Ada 3 macam vitamin yg sy minum saat ini vitamin kalsium, asam folat, dan folamil genio. Apa cukup dgn vitamin saja atau sy hrs tambah penguat ya jika mau naik pesawat? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

    1. Sebaiknya ke dokter untuk evaluasi boleh tidaknya naik pesawat Bu

    • Eka on 18 Januari 2018 at 16:52
    • Balas

    Dok saya mau tanya,, saya hamil 8minggu,,kemarin sempat melakukan HB dengan suami saya,, tiba”ada kluar darah gtoe dok… Tpiii kluarnya gk trus”an.. Cuman pas selesai hub. Aja… Apa itu keguguran yaa donk…

    1. Blm tentu, tp pendarahan saat hamil harus diwaspadai.

    • Sundari on 11 November 2018 at 07:34
    • Balas

    Dok, saya hamil 16 minggu dan berencana ke luar kota menggunakan pesawat. Saya berkonsultasi ke dokter kandungan dan saya diberi obat utrogestan 100mg. Apakah itu aman buat kandungan saya?

    1. Kalau dokter yg memeriksa mengijinkan, Insya Allah aman, utro itu untuk penguat kandungan.

    • Dita Aulia on 22 Februari 2019 at 11:25
    • Balas

    Dok, usia kehamilan saya udah 8w, dari awal kehamilan saya tidak dikasih obat penguat janin, selama hamil saya makannya pedes dan ga makan sayuran karna mual, saya juga udah 3 kali ganti vitamin dok, bermasalah ga ya dok?
    Tolong infonya ya dok…
    Saya khawatir soalnya dok…
    Makasih..

    1. Sebaiknya makan sayur dan buah dan kurangi pedas2

    • Ayunda on 27 Januari 2020 at 11:27
    • Balas

    Assalamualaikum dok, saya kontrol ke dr tgl 17/01/2019 lalu. USG abd GS ukuran 8w. Lalu usg transvaginal detak jantung sdh ada. Dr tidak resepkan obat/vit katanya cukup krn saya sdh minum blackmores. Dr jg tanya saya ngeflek atau tidak. Yg jd masalah dok, ternyata sepulang dari sana saya flek sedikit. Lalu bbrp hari kemudian ada flek lg ternyata setelah saya rasa kecapekan. Saya juga lupa menanyakan dok, anak saya sudah waktunya sapih, tp blm berhasil, apakah berpengaruh juga di kehamilan saya yg ini? Mengingat sebelum ini saya ada riwayat BO. apakah saya perlu penguat kandungan dok? Terima kasih, waalaikumusalam..

    1. Wa alaikum salaam, kalau pendarahannya tidak banyak, tidak lama dan tidak nyeri, Ibu cukup dengan beristirahat / bedrest sampai tidak flek lagi, kalau berlanjut hubungi dokter.

    • Bungah rahmatiyasani on 10 Mei 2020 at 19:35
    • Balas

    Dok obat utrigestan dicover bpjs kah?
    Bila tidak,obat penguat kandungan apa yg dicover bpjs yg dosisnya sama dg uteogestan? Terima kasih.

    • Lissa Mawaddah on 14 November 2020 at 10:41
    • Balas

    dok, pada kehamilan 1-5 Minggu kan belum positif ketika di testpack ataupun USG, lalu apabila dalam jangka tersebut melakukan hubungan suami istri, apakah dapat menyebabkan keguguran pada janin ?

    1. Gpp hub Bu

    • Dila on 25 November 2020 at 12:18
    • Balas

    Dok, 12 hari yang lalu saya berhubungan dengan suami. Saat itu saya lagi subur dok. Hari ini saat buang air kecil, keluar gumpalan flek coklat. Perut bawah saya nyeri ringan saja. Haid saya masih 1 minggu lagi dan selalu sesuai jadwal. Apakah itu pertanda saya hamil dok?

    1. Coba di testpack dulu pakai air kencing pertama kali di pagi hari

        • Dila on 25 November 2020 at 12:38
        • Balas

        Hasilnya negatif dok. Apa mungkin hormon HCGnya belum terdeteksi ya dok? Tapi saya banyak minum sih dok. Kalau saya USG sudah kelihatan belum ya dok? Apa tunggu terlambat haid saja?

        1. Tunggu telat haid, trus testpack dulu

    • Yunita on 27 Februari 2021 at 16:20
    • Balas

    Dok, usia kandungan saya 5 week 2 days. Stlh saya cek ke dokter dan usg transvagina, plgnya saya flek terus dok. Mulai rabu sampe skrg
    Tp perut tidak merasa sakit atau kram. Biasa aja dok
    Tp fleknya g berhenti2. Itu knp ya dok?

    1. Kalo pendarahan terus, kontak dokternya bu

    • Munawaroh on 28 Mei 2021 at 21:00
    • Balas

    Dok saya brsih haid tgl 15. Trus tgl 22 sya kluar darah trus donk slama 1 mnggu tpi sdikit2 trus kram jga perutnya. Smpe2 sya di infus dan drjuk ke dokter kandungan untuk di usg. Tpi pas di usg 2 harinya ga ada janin dok,kosong,tpi tespek saya positif.
    Apa saya keguguran ya dok ?
    Tapi kta dokternya saya dsruh blik lgi sebulan kemudian…

    1. Blm bs dipastikan bu. Oleh krn itu dokter meminta periksa ulang.

    • Maharani N.P on 28 Juni 2021 at 10:52
    • Balas

    Dok,apakah memelihara kucing itu beresiko besar utk ibu hamil? Kucing saya indorr tdk prh kluar rumah .Saya tidak menyentuh dan tidak membersihkan apapun smua kucing saya ,smua dilakukan suami? Apa masih tetap beresiko dokter?

    1. Aman bu kalo kucing rumahan dan kucingnya gak makan daging mentahan. kotoran kucing biar diurus orang lain. Ibu kalo mau makan dibiasakan cuci tangan. Kalo ibu makan makanan mentah (sayur lalap ato buah) harus dicuci bersih. Sebaiknya makan makanan masak sempurna, bukan setengah matang

    • Maharani N.P on 30 Juni 2021 at 10:26
    • Balas

    Dokter,saya blm periksa ke dokter kandungan, karena masih 12 hari telat mens dan smua tespack positif
    Saya juga sdh mual dan muntah
    Skrg saya kondisi tenggorokan sakit ,shingga agak sesak dan sedikit flu.saya hrs konsumsi obat ringan apa dok yg aman.trimakasih dokter

    1. Harus dipastikan ke dokter bu, gejalanya mirip covid

    • Dewi afiqah on 22 Juli 2021 at 08:54
    • Balas

    Dok, pagi ini saya keluar flek dan lgs saya minum penguat kandungan
    Biasanya g ad nyeri
    Ini td muncul sedikit nyeri di perut bagian kiri, hilang muncul sebentar gitu
    Usia 19-20week
    Sebaiknya lgs saya cek ke dokter ato saya pake bedrest dulu
    Trima kasih banyak dok

    1. bedrest, trus kontak dokter

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.