Sakit Gigi Saat Hamil


(Gambar: http://www.tentangibu.com/)

Sakit gigi pada ibu hamil memang sangat mengganggu, sakit gigi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain kerusakan gigi, gigi sensitif, gingivitis, karang gigi dll. Berbagai macam obat bebas tersedia untuk penyakit gigi ini. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil tidak boleh sembarang mengkonsumsi obat-obatan.

Bumil akan mengalami ketidakseimbangan hormon sebanyak 4 kali selama hidupnya yakni pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause. Ketidakseimbangan hormon pada kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit gigi.

Saat merencanakan kehamilan disarankan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut oleh dokter gigi. Tujuannya agar gigi yang tidak sehat dapat dilakukan upaya terapi yang tepat. Gigi yang berlubang dapat ditambal, gusi yang bengkak (gingivitis), karang gigi dapat dilakukan perawatan pembersihan karang gigi, sisa akar gigi yang tidak bisa dipertahankan mesti segera dicabut. Semua itu dilakukan sebagai bagian dari perencanaan kehamilan agar kelak ketika proses kehamilan itu berjalan tidak mengakibatkan gangguan kesehatan gigi dan mulut yang berimplikasi kepada kesehatan ibu dan janin.

Gigi Berlubang Saat Hamil

Dari gejala yang muncul akibat gigi berlubang pada ibu hamil adalah peradangan (bengkak). Bengkak bisa berdampak kurang baik bagi ibu hamil dan juga janin. Mengapa? Berikut ini adalah penjelasannya :

“Peradangan yang muncul sebagai akibat dari gigi berlubang tersebut disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi. Peradangan pada gigi ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Bakteri dan kuman penyebab peradangan akan mengikuti aliran darah dan masuk ke janin.”

Cara Mengatasi

  • Berkumur Dengan Air Hangat
    Buatlah air hangat setengah gelas, kemudian tambahkan seperempat sendok garam dapur, aduk hingga rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya selama 1 menit. Dapat diulang 3-4 kali perhari 30 menit setelah makan. Selain dapat meringankan sakit gigi, juga dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi.
  • Kompres Dingin/Es
    Disamping melakukan cara di atas, jika masih belum teratasi sempatkan juga untuk mengkompres dingin pada daerah pipi tepat di sisi luar gigi yang sakit. Untuk melakukannya bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain atau menggunakan handuk bersih yang dicelupkan pada air es. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit. Jangan tempelkan es langsung ke gigi, karena hal ini akan membuat gigi semakin sakit, pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin secara langsung.
  • Obat Sakit Gigi topikal
    Penggunaan obat gigi oles yang langsung diterapkan pada gigi dapat dengan cepat meredakan rasa nyeri, obat tersebut diantaranya mengandung benzocaine dan minyak cengkeh yang akan meresap langsung pada jaringan gigi dan gusi yang sakit sehingga dapat meredakan nyeri dengan cepat. Obat sakit gigi ini bekerja secara lokal sehingga aman untuk ibu hamil.
  • Minum obat pereda nyeri
    Jika masih belum mempan juga, bisa minum obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil dan dijual bebas tanpa resep. Sedangkan obat lain yang lebih ampuh, penggunaannya terbatas dan harus menggunakan resep dokter. Jenis yang bisa dipakai adalah paracetamol atau asam mefenamat.

14 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Nadia on 9 Mei 2016 at 07:02

    Dok, bolehkah nambal gigi berlubang saat sedang hamil?

    1. Boleh, malah harus segera dirawat giginya. Bilang saja ke dokter giginya ‘saya sedang hamil’, biar obatnya menyesuaikan (kalau ada).

    • Ayy cahya on 21 Mei 2016 at 10:26

    Saya sekarang sedang hamil 32 week, sedang sakit karena gigi berlubang.
    Sebelum hamil saya selalu minum cantaflam setiap sakit gigi, apa saat hamil juga boleh minum cantaflam?
    Terimakasig

    1. Kalau menurut pabriknya sih ada tulisan seperti ini Bu:

      Cataflam tidak dianjurkan pada kondisi berikut:

      Kelainan perdarahan;
      Luka lambung;
      Sariawan;
      Gangguan fungsi hati;
      Hamil trimester akhir.

    • olivia on 2 April 2017 at 22:24

    Dok, kehamilan saya 5w dan sekarang sedang sariawan dan agak bengkak di langit2 mulut. boleh konsumsi vit c semacam redo*on kah? jadwal kontrol masih 3 mgg lagi soalnya.

    1. Stop makan pedes dan berminyak. Sikat gigi pakai odol Enzim

    • nur azizah on 26 Agustus 2017 at 22:32

    *Dok kalau gigi tumbuh dan gusinya pun bengkak rasa nyeri nya gk hilang” apakah harus dioprasi?*

    1. Ada infeksi rupanya. Ke dokter gigi dan bilang kalau hamil.

    • dini on 10 Oktober 2017 at 09:46

    dok saya hamil usia 25-26 minggu, gigi saya berlubang saya sudah mengalami sakit gigi selama kurang lebih 1 bulanan, sakit gigi ini timbul setiam malam, saya sudah konsultasi ke beberapa dokter gigi, sudah pembersihan karang gigi juga, tp sakit gigi nya tidank juga berkurang, ahirnya dokter gigi meminta saya untuk minum antibiotik amoxilin selama 3×1 selama 1 mgg br bisa dilakukan perawatan saluran akar dan penambalan, yang saya tanyakkan apa kah aman minum obt amoxilin selam satu minggu itu untuk perkembangan janin saya? apa kah tidak ada efek samping nya?

    1. Aman Bu

    • Intan ayu on 4 Desember 2017 at 10:17

    Dok, teman saya hamil 3bln sekarang gigi nya sempat bengkak tapi sudah berkurang bengkak nya.. Gigi nya tumbuh natap ke pipi rasa nya kayak orang selilitan gitu dok tapi sakit gusi nya juga bengkak…
    Obat apa ya dok untuk sementara ngurangi sakit nya ????

    1. Sebaiknya ke dokter gigi Bu dan biang kalau sedang hamil ya

    • Vivien Fitria on 29 Juni 2021 at 08:14

    Dok, biaya usg 4D berapa ya sekarang?

    1. Saya email ya

Komentar telah dinon-aktifkan.