Tahap-Tahap Bukaan


(Foto: boldsky.com)

Tahukah ibu, berdasarkan fakta, hanya 5 persen wanita melahirkan tepat pada tanggal yang diperkirakan oleh dokter. Selebihnya, bisa saja wanita melahirkan lebih cepat atau lewat dari tanggal yang diprediksi.

Masa kehamilan sendiri berlangsung selama 9 bulan atau 42 minggu, tetapi bayi dianggap lahir tepat waktu jika berada dalam rentang waktu 37 hingga 41 minggu. Akan tetapi, terkadang wanita melahirkan bisa pada saat 40 minggu bukaan dua.

Menentukan Tanggal Kelahiran

Umumnya seorang dokter menentukan tanggal kelahiran dengan menghitung 40 minggu setelah tanggal menstruasi terakhir. Namun, memperhitungkan tanggal ini tidak mudah karena terkendala banyaknya wanita tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil hingga satu bulan atau lebih. Cara lain untuk menghitung tanggal kelahiran adalah melakukan USG. Prediksi dokter bisa tepat jika usia kandungan yang ditentukan dari tanggal menstruasi terakhir sesuai dengan usia kandungan yang ditentukan lewat USG.

Rangkaian Bukaan Jalan Lahir

Dalam proses persalinan terdapat rangkaian bukaan jalan lahir yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu:

Tahap Bukaan 1
Bukaan Satu merujuk pada 1 cm lebar jalan lahir yang sudah terbuka. Pada tahap bukaan I, mulut rahim mulai melebar 1 cm. Ibu hamil akan mengalami rasa mulas di perut dan rasa nyeri pinggang, kadang juga diikuti keluarnya sedikit darah dari vagina.

Tahap Bukaan 2
Lebar bukaan di leher rahim mulai bertambah, biasanya Ibu Hamil akan merasakan kram, mirip kram saat awal menstruasi. Bahkan beberapa ibu yang akan melahirkan juga merasakan kembung, mual dan pusing.

Tahap Bukaan 3
Tahap Bukaan Tiga ditandai dengan kontraksi yang dirasakan, semakin sering. Jeda waktu antar kontraksi yang dirasakan adalah 30 menit hingga 1 jam.

Tahap Bukaan 4
Mulut rahim pada Bukaan empat akan semakin tipis, dan biasanya pelindung air ketuban mulai pecah, sehingga air ketuban keluar melalui vagina.

Tahap Bukaan 5
Pada bukaan lima, posisi janin biasanya melintang dari pinggul menuju rongga panggul, sehingga menyebabkan calon ibu mengalami rasa sesuatu di bagian pinggang belakang.

Tahap Bukaan 6
Ibu Hamil mengalami kontraksi antara tiga hingga lima menit sekali.

Tahap Bukaan 7
Pada bukaan Ke tujuh, posisi kepala bayi sudah ada di bibir rahim.

Tahap Bukaan 8
Proses Pesalinan Tahap delapan Ibu hamil akan mengalami tekanan di bawah punggung, sebab posisi kepala bayi sudah semakin keluar di bibir rahim.

Tahap Bukaan 9
Pada Bukaan sembilan, kepala bayi sudah mulai kelihatan, di saat tahapan bukaan inilah Ibu mengalami rasa sakit persalinan yang paling tinggi.

Tahap Bukaan 10
Tekanan pada otot panggul memicu Ibu dalam proses persalinan untuk mengejan. Lakukan mengejan sesuai dengan petunjuk tenaga medis yang membantu proses persalinan. Karena apabila anda salah mengejan, sangat berisiko melukai jalan lahir anda. Dan setelah beberapa kali mengejan, buah hati anda telah sempurna datang ke dunia.

Jika Kelahiran Terlambat, saat usia kandungan memasuki minggu ke ­38, dokter akan memonitor kehamilan setiap minggu beserta ukuran bayinya. Namun jika waktu kelahiran tidak secara alamiah, misalnya sudah 40 minggu bukaan dua, dan berisiko pada kesehatan bayi, dokter akan menyarankan untuk melakukan induksi.

4 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Talitha farah I on 4 Juli 2018 at 03:28

    Pagi dokter
    Mau tanya dok
    Saya sudah masuk 40 minggu usia kehamilan
    Kemarin hari selasa kontrol ke RS dan kata dokter sudah bukaan 2 dok
    Tapi setelah ditunggu sampai sekarang saya belum keluar flek beserta lendir
    Apa ini normal yaa dokter ?
    Mohon informasi dokter
    Terimakasih dokter

    1. Ibu siap2 saja, biar dipantau zusternya, kalau sudah tanda2 segera kontak dokternya ya

    • Siti Umul Latifah on 28 September 2018 at 15:39

    Dokter. Saat ini saya sedang hamil UK 30. Bulan oktober nnti rencana mau melakukan USG 4D di graha masyitoh. Apakah masih bisa dilakukan USG 4D saat UK sdh diatas 30 weeks?.

    Kebetulan domisili saya di Sidoarjo, tapi sudah memutuskan melahirkan di Surabaya, karna dekat dgn rumah orang tua. Saya juga pemegang kartu BPJS. Apakah memerlukan surat pengantar dari BPJS untuk melakukan persalinan di Surabaya, agar tidak mendapat penolakan dari faskes yg dituju?. Dan apakah saya bisa langsung memilih faskes mana tempat saya melahirkan (karna saya dan suami berencana melahirkan di RS Pura Raharja)?.
    Lalu apakah saya bisa memilih dokter Harris untuk membantu proses persalinan saya nanti?. Terima kasih

    1. – Apakah masih bisa dilakukan USG 4D saat UK sdh diatas 30 weeks? Bisa
      – Apakah memerlukan surat pengantar dari BPJS untuk melakukan persalinan di Surabaya? Coba kontak BPJS setempat, bilang untuk pindah layanan kesehatan
      – Di RS Pura bisa terima BPJS, coba kita diskusikan saat Ibu kontrol ya. Bisa saya yg tangani

Komentar telah dinon-aktifkan.