Keputihan Dalam Kehamilan

Keputihan adalah hal yang lazim terjadi pada wanita hamil. Tapi … kapankan hal ini perlu diwaspadai?

Keputihan atau dalam bahasa kedokterannya disebut fluor albus adalah cairan yang diproduksi oleh vagina. Pada wanita hamil hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Pada saat hamil aliran darah ke vagina juga meningkat sehingga meningkatkan produksi cairan ini. Sebenarnya fungsi cairan ini adalah untuk mencegah penyebaran infeksi dari vagina ke arah rahim, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan infeksi jika kebersihan tidak terjaga dengan baik. Apalagi saat perut membuncit wanita lebih sulit membersihkan daerah kewanitaannya.

 

Kapan Dikatakan Normal?

Keputihan dikatakan normal jika:

  • Warnanya bening keputihan
  • Tidak berbau
  • Kekentalannya wajar / normal seperti biasanya
  • Tidak gatal
  • Tidak nyeri

 

Kapan Dikatakan Tidak Normal?

Keputihan dikatakan tidak normal jika:

  • Warnanya putih kekuningan, putih keabuan, kuning kehijauan atau bercampur darah
  • Cairannya banyak atau kekentalannya lebih dari biasanya
  • Berbau amis atau busuk
  • Gatal, nyeri atau panas saat berkemih atau berhubungan intim

 

Penyebabnya

  • Faktor hormonal saat kehamilan yang menyebabkan ibu hamil stress dan perubahan mood
  • Jamur candida albicans atau bakteri atau protozoa lainnya
  • Adanya kencing manis (diabetes mellitus)
  • Penurunan daya tahan tubuh

Hal-hal di atas menyebabkan mudah berkembangnya kuman penyebab keputihan.


Jamur Candida Albicans. wikipedia.org

 

Pencegahan

  • Nasehat umum adalah: selalu jaga kebersihan terutama daerah kewanitaan
  • Gunakan air yang bersih, hati-hati dengan kebersihan air di toilet umum
  • Hindari pemakaian celana dalam yang ketat berbahan sintetis. Pakailah yang berbahan dasar katun
  • Cebok dari arah depan ke belakang
  • Hindari pemakaian obat pembersih kewanitaan terlalu sering karena dapat mengganggu pH normal daerah kewanitaan

 

Akibat Lebih Lanjut

Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan:

  • Ketuban pecah sebelum waktunya
  • Persalinan prematur
  • Berat badan bayi lahir rendah

 

Pengobatan

Jika ibu hamil mengalami keputihan abnormal harap segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar infeksi tidak menyebar ke rahim yang dapat membahayakan janin. Sebab kadang-kadang keputihan ini tidak terlalu mengganggu dan gejalanya “tidak terlalu dirasakan / dihiraukan”.

35 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Rizky Amelia on 20 Mei 2016 at 12:56

    Dok mau tanya nih ?
    Saya penderita schizoprenia paranoid tp masih gejala belum akut dok .
    Saya saket udah hampir 3 tahun terapi obat tetap berjalan di Rumah sakit, hampir 5bulan saya tidak minum obat dok tetapi sekarang saya mulai minum obat lagi karena saya mulai susah tidur, gak mau makan sama mual trus .
    Sebenarnya hubungan penyakit saya dengan kehamilan apa sih dok ?
    Tiap bulan kontrol ke puskesmas katanya bidan bisa lahir normal, tapi kalo di rumahsakit dokter spog.nya nyaranin oprasi .
    Tolong penjelasan.nya yaa dok ☺

    1. Keduanya adalah hal yang teripisah Bu, tidak berhubungan langsung.
      Normal atau cesar tergantung banyak hal Bu, kalau SpOG-nya bilang cesar ya ngikut saja.

    • rini susanti on 22 Mei 2016 at 20:48

    Dok saya mau tanya,kok saya sering kembung ya dok?usia kehamilan sama baru trimester pertama,apakah normal?padahal makan juga ga pernah yang mengandung gas.

    1. Mungkin sering makan ini ya (berlebihan)? bawang, brokoli, apel, pir, mangga, roti, susu, yogurt, keju, Kacang-kacangan, Minuman bersoda, Kopi

    • rini susanti on 24 Mei 2016 at 22:27

    Ohh iya dok,,saya suka minum susu,bawang suka banget,okey lain kali saya kurangi.Trimakasih ya dok

    1. Sama-sama Bu, semoga kehamilannya lancar ya …

    • Ayu ningtias on 13 Juni 2016 at 00:06

    Dok gmn caranya klao ingin konsultasi?

    1. Datang langsung saja Bu
      Jadwal saya http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • Fitri on 30 November 2016 at 19:10

    Dok..skrng usia kandungan saya masuk 8 bulan…bbrapa hari ini vagina saya gatal dok..tapi tidak mengeluarkan bau dan cairan berlebih…sesekali waktu kl ga tahan gatal saya basuh pake (lactacil) dan tidur tidak menggunakan celana dalam (pikir saya biar ga lembab)…nah aman ga dok penggunaan lactacil untuk bilas 1x sehari untuk mengurangi gatal?? Kl tidak aman apakah perlu pakai vagistatin ovula??

    1. Saya email ya

    • Vivi vilani safitri on 6 Februari 2017 at 22:23

    Dok..wajar tidak sih kalau hamil muda vagina basah seperti
    Haid tapi tidak haid cuma kluar drah putih hijau muda tapi
    Tidak gatal?cuma bau amis? Bahaya tidak sih dok..

    1. Gak wajar Bu, periksa saja

    • Yawari on 15 September 2017 at 10:48

    Dok, saya lagi hamil 5 bulan. 3 minggu belakangan saya keputihan warna bening kekuningan (kuningnya samar), tidak kental, tidak bau, tidak gatal, tapi meninggalkan noda kuning di panty liner. Tidak ada keluhan lain. Kemarin saya tes lab sekret vagina, hasilnya : ditemukan bakteri batang gram negatif , clue cell positive, lekosit : 2-4LPB. Tidak ditemukan jamur, candida, trichomonas, diplococus. Kira2 saya kenapa dok? Dan pengobatan apa yg harus saya ambil? Thanks

    1. Sudah dikasih obat apa saja sama dokternya?

        • Yawari on 15 September 2017 at 17:52

        Nanti malam saya baru mau ke rumah sakit ,dok. Tp saya dengar2 bakteri gram negatif cenderung resisten terhadap obat2an. Gimana tu, dok? Apa saya bs sembuh?

        1. Tergantung obatnya

    • Yawari on 15 September 2017 at 20:28

    Saya baru saja pulang dr dokter,dok. Dikasih resep amoxilin 2x sehari. Apa sudah benar obatnya?

    1. Obatnya dihabiskan dulu, kalau belum baik kembali ke dokternya. Memang begitu prinsip pengobatannya.

    • Dirasade on 24 Oktober 2017 at 18:56

    selamat malam dok…
    keputihan terkadang meninggalkan noda kuning di pantyliner,tidak bau,tidak nyeri.
    wajar tidak ? thanks

    1. Kalau hanya hari2 tertentu normal, kalau setiap hari hendaknya diperiksakan.

    • Erina on 23 September 2018 at 09:46

    Dok apakah dampak terhadap janin dan ibu jika terkena infeksi keputihan bakteri batang gram negatif jika melakukan persalainan normal?

    1. Kehamilan dengan infeksi bisa saja menyebabkan persalinan preterm (<37w), abortus dan BLBR

    • Audrey on 1 November 2018 at 02:21

    Dok wajar atau tidak jika pada saat hamil
    Mengalami bau amis pada vagina
    Dengan keputihan

    1. Keputihannya hrs diobati Bu. Periksa ya Bu

    • Puji on 16 Desember 2020 at 10:20

    Assalamualaikum dok….jika keluar keputihan warnaa putih kental , tdk berbau, tdk gatal, tdk nyeri…kehamilan 2 bulan ..normal apa tdk dok? Terimakasih

    1. Wa alaikum salaam, Periksa ya Bu, kalau toh memang benar keputihan, harus diobati

    • Puji on 16 Desember 2020 at 16:27

    Terimakasih dokter atas balasannya

    • Yanti on 16 Januari 2021 at 14:47

    Assalamualaikum dokter, semoga dokter sehat selalu, hendak Konsul dokter, saya hamil 13 Minggu …mengalami keputihan, oleh dokter kandungan , saya diterapi floragyn 2×1
    Dan metronidazol,nistatin sup

    Apakah kedua obat tersebut aman untuk ibu hamil usia 13 Minggu dok… terimakasih

    1. Wa alaikum salaam. Aman, diaplikasikan sesuai resep dokter

    • Novi eka wulandari on 19 Juli 2021 at 13:52

    Dok mau tanyak saya beberapa hari ini mengalami keputihan dok kadang bening dok kadang warnanya juga kuning kadang hijau dok tapi tidak setiap hari , itu kenapa ya dok ? Dan saya saat ini sedang hamil 5 minggu apa perlu diperiksakan ya dok

    1. Betul bu, infeksinya harus disembuhkan

        • Novi eka wulandari on 19 Juli 2021 at 15:41

        Tapi tidak gatal dok cuman keputihannya lebih banyak keluar saat hamil kadang kalau kecapekan begitu memang warnanya berubah jadi hijau , apa berbahaya buat janin ya dok

        1. Itu tidak normal bu

            • Novi eka wulandari on 19 Juli 2021 at 20:07

            Iya dok makanya saya takut dok ini biasanya nggak pernah baru” ini keputihan seperti itu , saya minggu ini kalau gak minggu depan mau ke dokter haris , bisa ya dok kalau mengobati masalah keputihan ? Makasih dok sebelumnya dokter praktiknya di masyitoh ya dok

          1. Bisa, iya

Komentar telah dinon-aktifkan.