Fluor Albus / Keputihan

Apakah keputihan atau fluor albus itu?

Keputihan atau dalam istilah kesehatan biasa disebut fluor albus atau leukorrhea adalah merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan bukan darah yang berlebihan dari kelamin perempuan (vagina)

Apakah keputihan itu kejadian normal atau tidak?

Pada dasarnya, keputihan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan yang harus diwaspadai (patologis).
Mana keputihan yang normal, mana yang harus mendapatkan perawatan dokter, Anda harus bisa tahu perbedaannya.

Dari mana sumber keputihan normal?

Keputihan normal terjadi secara fisiologis dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan jenis ini akan terjadi pada wanita yang telah mengalami menstruasi. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi, atau pada saat mendapat rangsangan.

Ciri-ciri keputihan normal

Keputihan masih tergolong normal bila :

  • Bentuknya cair/encer
  • Warna bening atau sedikit putih
  • Jumlahnya sedikit
  • Hampir tidak berbau
  • pH asam, antara 3,8 – 4,5
  • Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Ciri-ciri keputihan yang abnormal/patologis?

Bila cairan yang keluar dari vagina memiliki karakteristik seperti di bawah ini :

  • Bentuknya kental
  • Berwarna putih susu, kuning atau hijau
  • Dalam jumlah banyak
  • Berbau tidak sedap
  • Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
  • Mengandung darah

Lalu, apa penyebab keputihan yang abnormal/patologis ?

  • Hygiene yang jelek
  • Pemakaian obat-obatan dalam waktu lama, terutama antibiotik
  • Stress
  • Infeksi. Dapat disebabkan oleh bakteri, gonorrhoe, parasit trichomonas, jamur Candida dan virus (HPV, Herpes, AIDS)
  • Kanker leher rahim

Apakah dampak dan bahaya dari keputihan abnormal?

Dampak dari keputihan abnormal bisa terjadi infeksi vagina yang jika dibiarkan saja dapat menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga nantinya dapat memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Hal inilah yang nantinya dapat mengakibatkan kemandulan.

Apa yang perlu diperiksa jika Anda mengalami keputihan abnormal/patologis?

Untuk memastikan penyebab keputihan abnormal, maka terlebih dahulu konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan sekret vagina dan Pap smear. Dan pada kasus tertentu perlu dilakukan tes resistensi.

Terakhir, Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan?

Saat ini, ada berbagai macam cara mengatasi keputihan diantaranya,

Mengatasi keputihan Tanpa Obat

  • Menjaga kebersihan daerah genital
  • Jangan mandi atau berendam pada kolam umum
  • Gunakan celana dalam dari bahan katun
  • Tidak menggunakan celana dalam yang ketat.
  • Kurangi stress yang berlebihan

Mengatasi keputihan Dengan obat

Pertama-tama, konsultasikanlah dengan dokter karena dokter akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab keputihan yang Anda alami. Bila setelah pengobatan keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya Anda cek kembali. Keputihan yang terus menerus dapat disebabkan karena ada nya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Ini biasanya ditandai dengan cairan banyak, bau busuk, sering disertai darah tak segar.

Nah, setelah membaca artikel ini. Anda tidak perlu panik lagi jika mengalami gejala keputihan. Anda dapat melakukan langkah-langkah preventif seperti yang saya jelaskan diatas.

22 comments

Lompat ke formulir komentar

    • LILIK on 16 April 2016 at 14:20

    Sore Dok, Saya lilik yg beberapa waktu lalu sempat periksa di tempat dokter praktek jalan menur pumpungan.
    Dok saya ini saya hamil 7 jalan 8bulan, selama saya hamil saya mengalami keputihan yg membuat saya tidak nyaman bauk dan gatal… adakah solusi yg tepat untuk keputihan yg saya alami ini dok ? serta bahayakah keputihan yg saya alami ini untuk kesehatan janin dalam kandungan saya dan bagaimana ketika saya melahirkan normal nanti apakah anak saya akan baik2 saja dan saya bisa sembuh dok ?
    Terimakasih

    1. Sebaiknya saya periksa dulu ya Bu

    • Ayu ningtias on 13 Juni 2016 at 00:02

    Dokter sy skrg SDH hmil ke 2 berumur 33 mgg. Keluhan saya keputihan banyak sekali dokter. Kadang bening, putih susu dan baunya seperti zenk. Sy mau tny dokter apa Blh dgn umur kehamilan sprti ini sy pakai obat nistatin yang di masuk kan kevagina? Kmrn sy smpt tny SM bidan tidak boleh. Tp saya sangat risih dan trganggung.
    Dan mau tny dokter keputihan sampai hijau itu hijauna seperti ap y dok?
    Trimksh sblmnya dokter….

    1. Kemungkinan ibu terinfeksi parasit trichomonas vaginalis. Segera periksa ya Bu

        • Ayu ningtias on 13 Juni 2016 at 16:33

        Trimksh dokter.
        Ini berbahaya Ndak dok bagi janin saya?

        1. Ya seharusnya infeksinya disembuhkan

    • elita on 8 Oktober 2016 at 11:00

    Dokter..saya ada keluhan keputihan. Warnanya agak kekuningan dan gatal..tp tdk bnyk dok.
    Apa boleh dibasuh dgn antiseptik sm air hangat? Krn gatalnya ganggu bgt dok.
    Kmrn saya priksa ke puskesmas krn keluhan gatal di selakangan,dikasih salep betametason. Itu aman kah dok untuk janin? Trimakasih

    1. Aman kok Bu

    • putri agustin on 10 Oktober 2016 at 11:29

    Dokter saya mau tanya, 2tahun ni saya udh menikah tapi belum di kasih momongan terus saya periksa k dokter katanya d suruh periksa ke lab untuk periksa HSG suami jg ikut periksa. Ternyata hasil lab. nya mengatakan klo saya ada saluran yg tersumbat yg sebelah kanan klo kiri normal, Lalu kata dokter saya d sarankn untuk tiup rahim, klo hasil lab suami normal. Klo misalx saya mau tiup rahim d dokter apa bisa?

    1. Periksa ke saya dulu, nanti saya kasih pengantar ke lab Bu

    • Diah on 6 Juni 2017 at 06:15

    Assalamualaikum. Dok, saya mengalami keputihan sudah lama, tp saya tidak segera menanganinya karna belum mengerti. Setelah menikah barulah saya cari info bahwa itu keputihan tidak normal, warnanya putih kekuningan dan menggumpal, jumlahnya juga banyak, berbau tapi tidak menyengat, namun tidak gatal. Saya sudah periksa ke beberapa dokter kandungan, diberi obat antibiotik. Sembuh hanya dalam masa saya minum obat, setelah itu keluar lagi. Kira2 tanggapan dokter bagaimana? Apa penyebabnya? Dan saya harus bagaimana? Terimakasih Dok.

    1. Coba periksa ulang ke dokter yang sama, ceritakan bahwa stlh obat habis, keputihan kambuh lagi, agar pengobatannya berkesinambungan

    • Adisty on 12 Juni 2017 at 13:19

    Siang dok sy berusia 25 th blm menikah tapi sudh berhubungan intim.. Saya mengalami keputihan yang suda bbrapa bulan. Awalnya sudah mau hilamg tapi obat habis. Nah sekarang saya di anjurkan ke poli ims dengan diagnosa flour albus. Apahak it bisa sembuh dok?

    1. Bisa, tp pengobatannya hrs telaten dan sabar ya

    • Tya on 21 Maret 2018 at 14:12

    Dok, setiap masuk masa subur kadang saya suka keputihan agak kekuningan, ga bau, ga gatel, tapi paling lama 3 hari. Itu normal ga ya dok?

    1. Pas subur profil lendir memang berubah Bu

    • Ana on 8 Juli 2018 at 23:44

    Selamat Malam Dok…

    Saya ingin bertanya dok, sekitar 3 bln lalu saya terkena ISK, tetapi sudah sembuh setelah berobat ke puskemas.. Lalu setelah saya terkena ISK saya sering sekali keputihan yg lumayan banyak kadang berwarna hijau dan bau nya sangat gak enak.. Tetapi tidak gatal.. Saya obati dengan air hangat dengan rendaman daun sirih.. 3 hari setelah nya saya sudah tidak keputihan hijau dan berbau sampai sekarang…

    Sebulan yg lalu waktu puasa saat setelah BAK, saya lap di tisu, ada warna pink (diluar masa menstruasi).. Saya mengira ada gangguan dengan kandung kemih, ternyata tidak ada.. Dan saat saya berhubungan sex keluar lendir dengan bercak darah pink (diluar masa menstruasi juga) jadi saya menyimpulkan bercak pink tsb bukan dari sal kencing melainkan dari kelamin saya.. Tidak ada nyeri yg saya rasakan saat berhubungan, hanya bercak yg keluar dan sangat sedikit sekali, menstruasi saya selalu lancar tiap bulan, nyeri menstruasi hanya dihari pertama menstruasi, serta saya tidak menggunakan kontrasepsi apapun, saya menikah sudah hampir 2 thn dan memang menunda anak dengan coitus interuptus.. Oh iya Dok, semenjak 3 bln lalu saya merasa seperti ada yg mengganjal di perut kanan bagian bawah…

    Kira2 itu bercak darah apa ya Dok? Apakah berbahaya?

    Terima kasih..

    1. Pastinya diperiksakan saja Bu, tp kemungkinan lecet di sekitar liang atau mulut rahim, atau ada luka menetap, kalau luka harus diobati.

      • Nindi on 28 September 2019 at 23:09

      Selamat malam dok saya mau menanyakan masalah saya sudah beberapa bulan ini saya keputihan, putih seperti tisu yg basah tidak bau tetapi gatal ketika duduk terlalu lama atau ketika menahan kencing. Sudah saya obati dengan basuhan daun sirih tetapi kambuh lagi. Kira kira gimana ya dok dgn kondisi saya?

      1. Ke dokter Bu, biar dikasih antibiotik yang tepat, usahakan pakai celdam yg tidak bikin berkeringat (lembab), atau sering2 ganti cd.

    • Aisha on 25 Juni 2019 at 08:18

    Dok,saya hamil 6 minggu udh 4 hari mengalami keputihan encer CD suka basah,warna agak hijau kadang gatal kadang ga,sblmnya keputihan watna agak kuning kental ga nembus k CD,semenjak keputihan encer badan serasa ga hamil,mual hilang ,payudara pun ga sensitif lg,apa ada hub nya dok?apa saya mengalami BO?wkt di usg 5 minggu Gs nya cm 3 mm dan GA OOR .mohon dijawab ya dok makasi

    1. Mslh keputihan umumnya karena infeksi, itu harus disembuhkan Bu. BO-nya ditunggu hingga 12w, kecuali dokter yang memeriksa mendiagnosa hal lain.

Komentar telah dinon-aktifkan.