Endometriosis

Kali ini kita bahas masalah fertilitas.

Apakah?

Endometriosis adalah penyakit / kelainan yang mengenai sistem reproduksi wanita. Ini terjadi karena jaringan lapisan dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh dan berkembang di luar rahim alias tumbuh di tempat yang salah.

Gejala?

Gejala yang paling mudah dan sering dijumpai adalah rasa sakit yang sangat saat mens. Sakitnya muncul saat menjelang dan selama mens.

Pada saat mens darah yang keluar juga banyak (berlebihan).

Penderita juga mengalami rasa sakit saat buang air besar atau buang air kecil.

Nyeri saat hubungan intim.

Bagaimana Ceritanya?

Setiap bulan wanita menghasilkan hormon yang memicu terjadinya penebalan dinding rahim atau bahasa kedokterannya endometrium. Nah … endometrium yang sudah menebal ini memang dipersiapkan khusus untuk tempat bersemayamnya sel telur yang sudah dibuahi, Kalaupun tidak terjadi pembuahan (kehamilan), maka dinding rahim yang menebal tadi akan luruh dalam bentuk menstruasi.

Dalam kasus endometriosis, penebalan yang terjadi berada di luar rahim. Otomatis saat darah luruh, maka luruhannya tidak bisa keluar dari tubuh atau mengendap di dalam. Akhirnya terjadi iritasi dan terbentuk jaringan parut.

Penyebabnya

Penyebab pastinya belum diketahui. Namun ada beberapa sebab yang diduga menyebabkannya.

  • Darah haid yang refluks (mbalik / mental) ke abdomen (rongga dada bawah)
  • Tingginya kadar hormon estrogen. Oleh karena itu, penyakit ini menyerang wanita usia produktif
  • Abnormalitas pada rahim
  • Keturunan
  • Infeksi panggul

Apakah Berbahaya?

Secara umum penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun ia bisa sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Karena rasa sakit yang ditimbulkan cukup terasa.

Pengobatan

Belum ada pengobatan yang khusus untuk endometriosis. Yang adalah adalah pengobatan yang bersifat simptomatis yaitu diberi obat anti nyeri untuk mengurangi nyerinya. Bisa juga diberikan terapi hormon.

Tindakan operasi bisa juga dilakukan untuk mengangkat jaringan endometriosis bagi yang berencana punya anak.

Jadi …

Jangan meremehkan rasa sakit yang di luar kebiasaan saat mens. Bisa jadi itu adalah tanda Anda menderita endometriosis.

 

Semoga kita selalu diberikan kesehatan. Aamiin.

8 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Fenny on 6 Desember 2018 at 09:20

    Pagi dokter..

    Setelah melahirkan 2 tahun yg lalu, kalau mens sakit sekali. Pdahal waktu sblm hamil gak pernah sakit. Saya periksa ke dokter, di usg rahim bersih. Tidak ada kista dan myom. Divonis endometriosis. Diberikan obat visanne selama 6 bulan, tapi setelah obat bulan ke 3 habis saya stop. Tepatnya sehari setelah stop minum visanne, saya langsung menstruasi. Apa memang efek obat atau bagaimana dok? Kebetulan memang saya juga berencana utk hamil lagi anak ke 2. Terima kasih dok.

    1. Bisa krn efek samping visanne. Jika sakit perut memburuk atau perdarahan yang keluar sangat banyak, segera ke dokter kandungan ya Bu. Sementara bisa dikompres hangat pada daerah yang sakit

        • Fenny on 6 Desember 2018 at 18:34

        Tadi pagi keluar lumayan banyak tapi hanya 1x keluar dok. Sampe skrg gak keluar lagi, tp perut bawah masih kram. Berarti memang hanya efek visanne ya dokter..

        1. Ada kemungkinan begitu Bu

    • Surti Utami on 16 Mei 2020 at 07:23

    Saya hamil anak kedua saat ini perkiraan masuk 6 minggu tetapi kenapa sering sekali sakit sekali d perut bagian bawah y dok.tetapi Klo sdh d buat rebahan sakit ny hilang tp klo stlh beraktifitas sakit ny muncul lagi. Kenapa y dok kira2 seperti itu ? Apa yg hrs saya lakukan supaya sakit ny hilang ato reda ? Apa kah wajar Klo sakit perut bagian bawah spt itu ? Terima kasih

    1. Saya tidak bisa memastikan Bu, coba periksa ke dokter kandungan

    • Ecca on 19 Juni 2021 at 09:09

    Tgl 5 Mei 2021 saya haid sampe tgl 11 Mei 2021 semingguan lah ya haid. Pas tgl 6 Mei 2021 hari ke-2 haid saya pergi ke dokter kandungan untuk cek dokter mendiagnosa saya memiliki endometriosis dan di beri obat visanne saya minum itu selama 15 hari dari per tgl 6 Mei 2021. Berarti berhenti minum visanne tgl 20 Mei 2021, nah bertepatan tgl itu saya keluar flek tapi tidak bnyak selama konsumsi visanne dan sesudahnya saya masih berhubungan dengan suami. Keluar flek sampai tgl 26 Mei 2021. Apakah flek itu pengaruh dari visanne atau memang saya keluar haid lagi pada saat itu?. Lalu dari berhenti minum visanne dan berhenti keluar flek. Saya sempat berhubungan sama suami saya. Namun dari hari itu sampai ini tgl 19 Juni 2021 saya belum haid juga dan saya juga mengalami gejala kehamilan seperti mual,muntah,kembung, payudara terasa penuh, dan seperti ngidam. Tapi saya sempet testpack tgl 10 Juni 2021 dan hasilnya garis merah 2 namun garisnya berjauhan dan salah satunya samar. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya hamil? Atau memang efek dari obat saya belum haid sampai saat ini?saya juga selama ini konsumsi susu prenagen

    1. Flek bisa krn efek samping obat. Hamil ato tdk hrs dipastikan dg usg bu.

Komentar telah dinon-aktifkan.