Keluhan Selama Hamil

Selama ini banyak pertanyaan yang ditujukan kepada saya. Sebagian besar adalah pertanyaan yang berulang-ulang. Pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah:

Sebenarnya sebagian keluhan itu wajar adanya. Sebagian lagi adalah warning atau peringatan. Sebagian lagi adalah alarm kegawatan. Sebagai ibu harus santai tetapi tetap waspada mana-mana yang keluhan remeh maupun yang serius.

Mungkin kebanyakan justru keluhan yang biasa saja dan tidak perlu dikhawatirkan. Ya memang begitu itulah rasanya orang hamil. Dinikmati saja. Momen itu mungkin hanya terulang 2 – 3 kali selama hidup Anda. Bersyukurlah Anda bisa hamil. Banyak wanita di dunia ini yang sangat mendambakan kehamilan tetapi belum dikaruniai kehamilan itu sendiri.

Bahkan mereka rela menghabiskan dana jutaan untuk mewujudkannya. Itupun masih ada kemungkinan gagal, walaupun dengan metoda tercanggih sekalipun.

Tetaplah berdoa agar kehamilan Anda sehat dan lancar.

50 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Yosi on 25 Januari 2016 at 21:06

    Dokter, mau tanya lagi.
    Dari pemeriksaan lab (cek darah) di puskesmas, leukosit saya tinggi (20000). Saya ditanya apakah ada masalah dgn BAK. Saya tdk ada masalah, tapi memang saya sdg keputihan sejak sebelum hamil. Dokter tdk berani memberi obat/antibiotik dgn uk 18 minggu. Akhirnya saya hanya diberi salep utk mengobati (maaf) vagina yg lecet/perih krn keputihan.
    yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus ke dokter spesialis kandungan untuk menindaklanjuti masalah saya ini?
    Atas jawabannya, terimakasih.
    Yosi.

    1. Sebaiknya ke SpOG Bu

    • feby on 26 Januari 2016 at 20:16

    Dokter obat skt gigi yg aman buat bumil apa ya.. trmksh sblmnya

    1. Pakai bahan2 alami dulu bu, Kalau gak sembuh bisa ke dokter gigi untuk cari tahu apa sebab sakitnya (penegakan diagnosa), baru diobati sesuai penyakitnya. Sementara diobati asam mefenamat dulu gpp Bu

    • Rini on 11 April 2016 at 10:17

    Dok, sejak hamil ini asam lambung saya meningkat. Sebelum saya tahu kalau saya hamil, saya melakukan diet. Dan ketika periksa ke dokter, saya didiagnosa asam lambung meningkat sehingga sering sekali mual, apalagi jika sudah 2 jam tidak makan.
    Apakah saya boleh konsumsi obat maag?
    Adakah obat untuk mengurangi asam lambung ini?
    Perut saya tidak perih tapi mualnya yang sangat mengganggu sekali.

    Terima kasih Dok.

    1. – Boleh minum obat maag, dikonsulkan dengan dokternya dulu ya Bu
      – Ada obatnya

    • asty on 19 Juli 2016 at 19:00

    salam kenal dokter,, rumah prakteknya selain di RS ada ta? praktek pribadi maksudya,, kalau ada di mana ya?

    1. Ada di sini bu : http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • Oliv on 2 Agustus 2016 at 13:08

    Dok..ni saya hamil jalan 13week…kok bbrapa hari ki perut kiri bawah saya nyeri(yeri sampai belakang)..dibuat gerak/jalan kadang nyeri..kadang hilang timbul…apa yg perlu saya lakukan ketika sakitnya timbul…apa saya perlu kontrol ulang ke dokter..trims dok

    1. Coba kontrol Bu, biar diperiksa lebih lanjut

    • Mya july astrianingsih on 9 Juli 2017 at 12:11

    siang dok, saya sdh lbh dr 1 minggu keluar flek coklat meskipun tdk bnyak dan kdang darah sdkit?? Kata bidan kandungan sy 9/10 minggu tp d usg baru kelihatan kantung ny saja dan uk 2,72cm ktany sih sktr 4/5mingguan. Kira2 knp ya kok sy ngeflek terus?? Apa sy perlahan2 keguguran??

    1. Ke dokter ya Bu, kalau perlu dikasih penguat.

    • Mya july astrianingsih on 10 Juli 2017 at 09:51

    Iya dok, sy blh tau ndak utk biaya usg ny??

    1. Saya email ya

    • Ida on 10 Juli 2017 at 11:22

    Dok apakah boleh seorang ibu hamil satu rumah dengan binatang. Karna suami saya dari sebelum hamil hoby memelihara sugar glider sejenis hewan pengerat. Saya pernah BO pada hamil pertama, saya khawatir itu bisa jadi penyebabnya.

    1. Gpp, tp ibu jangan dekat2, atau ngurusi membersihkan kotoran / kencingnya ya. Khawatirnya banyak kuman parasit. BO gak berhub dg hewan piaraan. Smg kehamilannya lancar ya

    • Amalia on 10 Oktober 2017 at 14:40

    Asalamuallaikum dok, kehamilan saya sekarang 21 week, saya sudah merasakan janin bergerak sejak usia 18 week. Yg mau saya tanyakan, kenapa ya dok janin saya aktif bergerak ketika saya sedang santai, duduk atau berbaring dok janjn saya biasanya menendang keras dan gerakannya lumayan banyak. Tapi kalau saya sedang beraktifitas janin diam. Apakah normal, atau saya tidak boleh banyak beraktivitas dok?

    1. Wa alaikum salaam. Itu normal saja Bu. Niru emakmya kali … Justru harus diwaspadai kalau dalam waktu lama gak ada gerakan.

    • azizah on 21 Oktober 2017 at 17:18

    Asalamualaikum dok.
    Perut saya ko sering terasa kencang sebelah kanan.
    Itu kenapa ya dok?

    1. Apa ibu hamil?

    • Amalia on 23 Oktober 2017 at 07:25

    Dok, kalau skrg usia kandungan saya 23w. Gerakan bayi aktif dok, tp saya akhir2 ini mulai ngerasain nyeri di selangkangan dan tulang kemaluan dok, wajar gak dok? Dan janin saya sering nonjol dok di sebelah kanan jdnya perut sy kadang tdk seimbang. Kira-kira kenapa dok?

    1. Kalau gerakan janinnya wajar. Kalau nyeri di selangkangan itu gmn?

        • Amalia on 24 Oktober 2017 at 13:59

        Nyerinya kalau sy rubah posisi dok, misal dr tiduran lalu bangun, nyeri seperti pegal. Kemarin2 nyeri dok, sekarang enggak lagi, hilang timbul. Terus nyerinya hingga ke kaki dok, dan itu semuanya yg sebelah kanan, yg kiri enggak. Apa karena janin saya lebih condong di kanan? Janin sy lebih sering di kanan drpd di kiri, kalau di kiri hanya beberapa menit dia pindah lg kalau diem di kanan bisa seharian dok sampe perut saya besar sebelah. Kira2 posisi janin normal gak dok? Atau gmn caranya supaya gak di kanan terus?

        1. Kemungkinan bobot janin menekan syaraf di sekitar situ. Posisi janin masih bisa muter. Biar saja Bu, wong dia nyaman di kanan. Yang penting saat di-USG normal2 saja kan …

    • Catur Dayu on 25 Oktober 2017 at 14:12

    Siang,dokter sya itu hamil tp di USG blm nampak dan sya tespek positif tp kok skr kluar lendir coklat2,ap itu tdk apa2 dok?

    1. Coba periksa Bu, mungkin ada pendarahan. Kalau perlu biar dikasih penguat sama dokternya.

    • Yawari on 29 Oktober 2017 at 17:40

    Dok, selama hamil ini saya terkena wasir dan sembelit parah. Untuk mencegah wasir saya bertambah parah karena mengejan, dokter meresepkan saya microlax dan lactulosa sirup, dok. Apakah aman dok kalau saya konsumsi sampai melahirkan? Sekarang usia kehamilan 28minggu. Saya sudah konsumsi banyak sayur, buah, air, dan oat setiap hari tapi gejala sembelit ini tidak membaik dok makanya dokter akhirnya meresepkan saya dua obat tadi.

    1. Kalau resep dari dokter kandungan, Insya Allah aman

    • Amalia on 15 Desember 2017 at 20:35

    Asalamuallaikum dokter,
    Dok sekarang kehamilan saya sudah 30w. Saya terkena batuk sudah hampir 1 minggu, saya sudah pergi ke dokter kandungan, hasil usg janin saya baik, sekarangpun aktif sekali. Saya di beri obat batuk codipront untuk 1 minggu, obat batuk saya sudah hampir habis tapi batuknya belum jg hilang, sudah agak mendingan tapi masih ada. Terlebih kalau malam dan subuh batuk saya menjadi2 hingga perut sy bergetar. Yg mau saya tanyakan sebaiknya saya gmn ya dok? Pergi ke dokter kandungan lagi kah? Atau istirahay saja tunggu sembuh? Saya takut membahayakan janin saya batuknya. Mohon sarannya dok.

    1. Wa ‘alaikum salaam. Sebaiknya ke dokter, jangan nebus obatnya lagi dg kopi resep ya Bu.

  1. pagi dokter…
    mau tnya, ini usia kandungan sya sdah 6 W, tpi perut seblah kanan bawah smpek kepunggung itu sakit skali dok, pa itu termasuk dlam gejala kehamilan dok, krena sya takut. lalu apakh untuk usia kandungan 6 minggu bisa di usg dok,

    Trima ksih

    1. Nyerinya mungkin bukan karena hamil Bu, harus diperiksa. Segera USG ya Bu

    • tya on 26 Juli 2018 at 10:14

    Dok saya sedang hamil 21 minggu, ahir ahir ini mata saya sering tiba2 kunang2 lalu sakit kepala,
    apakah itu normal ya dok?
    terima kasih

    1. Harus periksa Bu, apa ada darah tinggi, atau kurang darah.

    • novi on 13 November 2018 at 10:50

    Selamat siang Dok.
    Saya sedang hamil 19minggu. sudah merasakan gerakan janin dari minggu ke 15. Namun gerakan janin tidak teratur (tidak terasa setiap hari). Ada kalanya sehari bisa beberapa kali, kadang sekali/2kali, kadang tidak terasa selama 2 hari, kadang terasa lagi. Tidak ada flek selama minggu ke 15 hingga sekarang, namun terkadang terasa nyeri pada perut. Apakah berbahaya dok? Apakah saya harus kontrol bila gerakan janin tidak terasa seharian? Terima kasih

    1. Normal saja itu Bu, tetap rajin kontrol ya Bu.

        • novi on 13 November 2018 at 15:59

        iya dok. Terimakasih

    • Vincencia Winda on 15 Februari 2019 at 03:55

    Dok saya hamil 5W ,saya sudah TP hasilnya positif, ini saya hamil anak yg ke 3 dan saya tidak ada riwayat keguguran
    Nah ini sejak tgl 6,7,8,9 flek coklat sehari sekali dan sedikit lalu di tgl 12,13,14 flek coklat lagi sedikit dan sehari sekali aja
    Apa itu normal ya dok?

    1. Periksa Bu, kalau perlu dikasih obat penguat

    • Danica on 21 April 2019 at 10:43

    Assalamualaikum Dok..
    Dok saya hamil 8weeks, hampir tiap hari mual muntah, trs saya minumin pr*nagen emesis, mual muntahnya berkurang Dok, kira2 aman tdk Dok?lalu utk konsumsi vitamin blackmores nya apa tetap 2x sehari atau gimana Dok? Mohon jawabannya. Terimakasih..

    1. Wa alaikum salaam. Prenagen boleh. Vitamin sebaiknya yg diresepkan dokter

        • Devi on 30 Juli 2020 at 14:34

        Selamat siang dok..dok mau tanya..usia kehamilan sya 22 week,ini bengkak di pergelangan kaki..wajar tidak dok? Terima kasih

        1. Kurangi garam, kl tidur kaki diganjal bantal yg agak tinggi. Itu dulu dicoba

    • Octavia on 4 November 2020 at 15:24

    Sore dok..
    Uk. Saya 29w0d dengan diagnosa oligohidramnion.
    Bbj nya baru 1.040gr , apa masih bisa dibilang normal atau kurang bgt dok bbj nya? Mohon masukan nya dok.
    Terimakasih

    1. bbj agak kurang bu, makan bergizi + susu ya Bu

    • Novita on 25 Desember 2020 at 15:34

    Sore dok, HPHT sy 14 november 2020, lalu 21 des 2020 sy usg transvaginal, hasilnya baru kantung saja yg terlihat dg GS 0,96 dan GA 5w6d. Nah kurang lebih seminggu belakangan gejala hamil seperti payudara sensitif sudah berkurang dok namun perut terasa kembung,srg buang gas dan buang air kecil, kemudian 3hari lalu sampai skrg ada keputihan abu2 tipis dan tidak berbau dok. Apakah gejala kehamilan yg hilang tsb wajar atau ada hubungannya dg perkembangan janinnya dok? Dan bagaimana dg keputihan tsb apakah perlu diwaspadai? Terima kasih sebelumnya dokter..

    1. Gejala yg skr berkurang itu normal. Keputihannya yg hrs diobati

    • Nurul on 26 Desember 2020 at 09:35

    Assalamu’alaikum dok
    Dok pertgl 26 nov saya periksa di dr haris usia kandungan 5w6d. Selama itu s.d skrg perut sering spt kedutan atau ada sesuatu yg bergerak dlm perut. Dalam 2-3hari ini ga ada terasa apa2. Cuma perut sering tegang, memang ada stress krn ada musibah di keluarga. Apakah aman dok?

    1. Wa alaikum salaam. Mestinya itu gpp, coba nanti saat kontrol sy periksa. Diusahakan jgn stress

    • Nurul on 27 Desember 2020 at 09:11

    Baik dok. Terima kasih

Komentar telah dinon-aktifkan.