Pemakaian Stagen / Gurita Pasca Melahirkan

Dalam proses kehamilan, perut yang membesar selama 9 bulan membuat kulitnya menjadi melar sehingga bentuknya jadi menonjol dan bergelambir. Banyak ibu-ibu yang berusaha keras jika setelah melahirkan bentuk perutnya kembali seperti sedia kala. Salah satu caranya adalah dengan memakai stagen atau gurita.

Sebenarnya pemakaian stagen dan semacamnya adalah budaya turun-temurun dan secara kedokteran tidak ada keharusan untuk memakainya. Stagen bekerja secara pasif yang mengembalikan perut ke bentuk semula saat dipakai, namun perut kembali ke bentuk asalnya saat stagen dilepas. Proses pembesaran perut sebenarnya alami mengikuti perkembangan janin dan rahim. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk kembali ke bentuk asal setelah melahirkan.

Fakta-Fakta Pemakaian Stagen

  • Stagen tidak disarankan dipakai setelah melahirkan karena saking ketatnya membuat tubuh pemakainya tersiksa, mengganggu gerak, sesak napas hingga mengganggu aliran darah.
  • Stagen mengganggu pemulihan luka setelah operasi caesar karena menutup luka sehingga menjadi lembab, berkeringat dan kurang sirkulasi udara, atau bahkan bisa membuat luka kembali membuka dan bernanah

Fakta-Fakta Pemakaian Gurita

  • Daripada stagen, lebih baik memakai gurita karena tidak terlalu kencang
  • Pakailah gurita paling tidak seminggu setelah operasi, atau setelah luka mengering
  • Seringlah berganti gurita karena terkena keringat, lembab dan menjaga kebersihan
  • Pemakaian gurita hanya membantu mengembalikan bentuk perut, tapi tidak mutlak

Yang lebih disarankan adalah berolah raga dan senam. Lakukan senam nifas atau sit-up untuk mengecilkan perut. Pada prinsipnya senam ini untuk mengurangi jaringan lemak dan menguatkan otot.

Juga jangan dilupakan untuk mengatur pola makan dengan benar. Jangan minum ramuan herbal pelangsing sembarangan karena anda sedang menyusui.

Memang proses mengecilkan perut harus dilakukan dengan benar dan sabar, jangan mengharap proses terjadi secara cepat dan instan. Ingatlah, proses melarnya perut terjadi selama 9 bulan, jadi untuk kembali butuh waktu yang tidak singkat pula.