Tanda-Tanda Ovulasi

Apakah Itu Ovulasi?

Ovulasi adalah proses terjadinya pelepasan satu atau lebih telur dari salah satu ovarium. Ini adalah masa tersubur dalam siklus haid anda.

Setiap bulan ada 15 hingga 20 telur matang dalam ovarium. Telur yang paling matang dilepaskan dan ditarik masuk dalam tuba fallopi. Tuba fallopi adalah saluran yang menghubungkan antara ovarium dan uterus (rahim).

Umur subur sel telur sekitar 24 jam selepas ovulasi. Bila anda berhubungan intim pada saat ini, kemungkinan untuk hamil sangat besar.

Lapisan rahim menebal dalam rangka persiapan sel telur yang telah dibuahi. Tetapi jika pembuahan tidak terjadi, lapisan ini diluruhkan menjadi menstruasi.

Bagaimana Menentukan Masa Subur?

Cara Perhitungan

Cara perhitungannya adalah dengan selalu mencatat hari pertama mens anda.

Perkiraan masa subur adalah 2 minggu sebelum mens anda berikutnya. Misal siklus haid anda adalah 28 hari. Bulan ini anda mens tanggal 1. Maka kemungkinan haid berikutnya adalah tanggal 29. Nah … hari subur anda adalah 2 minggu (14 hari) sebelum tanggal 29 itu, yaitu 29 – 14 = tanggal 15.

Tapi, tentulah siklus haid tiap wanita berbeda-beda. Setiap wanita-pun, siklus haidnya tidak selalu tepat 28 hari, bisa maju atau mundur tergantung makanan, kondisi fisik, psikis dll.

Mukus Cervix

Mukus cervix yaitu lendir yang terlihat pada panty shield atau tissue saat buang air kecil.

Mukus cervix dapat memberitahu kita kapan masa subur terjadi. Lendir ini teksturnya berubah sepanjang siklus haid anda.

Masa subur ditandai dengan lendir yang berwarna bening, licin dan kenyal seperti putih telur mentah. Lendir yang berbentuk seperti ini dimaksudkan untuk mempermudah jalannya sperma menuju sel telur.

Sakit Pinggang Atau Kram Bawah Perut

20% wanita, atau 20 dari 100 wanita mengalami / merasakan terjadinya ovulasi, yaitu sakit ringan sampai rasa menusuk tajam di sekitar pinggang atau bawah perut. Ini terjadi dalam beberapa menit atau jam.

Merasa Menarik Dan Seksi

Karena pengaruh hormon, wanita yang berada di masa subur lebih merasa menarik, merasa kelihatan menawan atau seksi secara seksual. Saat ini kemungkinan birahi anda sedang memuncak. Anda merasa ingin diperhatikan suami atau menjadi pencemburu.

Payudara Melunak

Saat ovulasi tubuh bersiap-siap untuk hamil. Oleh karena itu payudara juga mengalami perubahan yaitu menjadi lebih lunak.

Memang tanda-tanda di atas tidak bisa dikatakan akurat 100%, tapi bisa menjadi sinyal bahwa anda sedang ber-ovulasi.

Alat Tes Ovulasi

Cara kerjanya seperti alat tes kehamilan. Digunakan untuk mengukur kadar hormon lutein yang meningkat sesat sebelum ovulasi. Alat ini cukup mahal. Jika anda tidak pasti kapan ovulasinya, mungkin butuh lebih dari 1 tes. Tes ini bisa dikatakan lebih pasti daripada tanda-tanda fisik di atas.