9 Bulan Kehamilan (Bulan 2)

Pada awal bulan ke dua ini jantung sudah mulai berdenyut dengan irama yang baik. Ukuran janin sekitar 1/2 cm. Bila dilihat-lihat lebih mirip dengan berudu.

Organ dalam yang penting, seperti ginjal dan hati mulai muncul. Anggota badan yaitu tangan dan kaki juga mulai tumbuh. Usus mulai berkembang.

Mulut, leher dan rahang bawah, raut wajah sudah mulai terbentuk. Lubang hidung mulai tampak dan retina mulai terbentuk juga.

 

Minggu-minggu berikutnya:

Kepala janin nampak lebih besar daripada badannya. Raut wajah berkembang. Terdapat bintik hitam di wajah, yaitu matanya. Mulai muncul lubang yang akan menjadi lubang hidung dan lubang telinga.

Tunas tangan dan kaki lebih menonjol mirip dayung. Jantung berdenyut dengan cepat, sekitar 150x per menit, lebih kurang 2x lebih banyak daripada denyut jantung normal orang dewasa. Janin kecil ini sudah mulai bisa bergerak.

 

Akhir bulan ke 2:

Jari dan tangan sudah lebih jelas. Pada akhir bulan ke 2 perkembangan janin lebih cepat. Organ dalam melanjutkan pertumbuhannya dan kini menjadi lebih rumit. Gigi dan langit-langit mulut mulai terbentuk, telinga terus berkembang, Kulit janin masih sangat tipis.