9 Bulan Kehamilan (Bulan 1)

Kali ini adalah tulisan mengenai perkembangan janin dalam kandungan. Penulisan dibagi menjadi 9 bagian, yaitu dalam tiap bulan.

Perlu diketahui bahwa perhitungan umur kehamilan adalah mulai hari pertama haid terakhir. Jadi sebenarnya saat haid hari pertama itu Anda belum hamil.

Kira-kira 2 minggu sebelum jadwal haid berikutnya adalah masa subur. Jika pada masa ini terjadi pembuahan sel telur oleh sperma maka terjadilah pembuahan, saat ini Anda sudah dikatakan hamil.

Pada saat hubungan intim, jutaan sperma dikeluarkan di vagina.


Sperma

 

Beberapa juta mati karena keasaman vagina dan sisanya yang masih bertahan terus berenang menuju cervix (mulut rahim) yang terbuka. Pasukan ini terus berenang menuju rahim. Kontraksi otot rahim menuntun sperma melanjutkan perjalanan menuju sel telur.


Sperma Terus Berenang

 

Beberapa juta melanjutkan perjalanan, beberapa juta berenang walaupun tertinggal di belakang sedangkan beberapa juta lainnya mati.

Ada lagi beberapa bagian sel sperma yang mati karena ‘dimakan’ sistem imun tubuh wanita, yang menganggap sel sperma adalah musuh yang harus dimatikan.

Separo sisa yang hidup menuju ke saluran telur yang berisi telur yang matang, separo lainnya menuju saluran telur yang kosong. Karena dalam satu siklus menstruasi hanya satu sisi dari dua saluran telur saja yang berisi sel telur, yaitu bagian indung telur kanan saja atau kiri saja.

Di dalam saluran telur, ribuan sisa sperma yang masih hidup meneruskan perjalanan. Gerakan rambut silia di saluran telur membimbing sel sperma untuk terus menuju sel telur.

Semakin dekat, gerakan sperma semakin cepat untuk menuju sel telur.


Sperma Menuju Sel Telur

 

Pembuahan dilakukan hanya oleh 1 sel sperma yang sukses.


Sperma Menembus Sel Telur

 

Setelah terjadi pembuahan, rambut silia di saluran telur membimbing zigot yang baru tersebut menuju rahim untuk tumbuh selama 9 bulan berikutnya.

Sel Telur Menuju Rahim

 

Pada minggu ke 3 sel telur menempel ke dinding rahim

Pada minggu ke 4 sel telur telah menjadi embrio. Terjadi pembentukan otak, tulang belakang serta jantung. Jantung mulai berdetak.


Terbentuk Otak, Jantung dan Tulang Belakang

17 comments

Lompat ke formulir komentar

    • rini susanti on 5 Mei 2016 at 21:42

    Dok saya mau tanya,mentruasi hari pertama terakhir saya tgl 31 maret 2016,setelah saya test pack hasil nya masih samar,kira2 usia kadungan saya brp minggu ya dok?
    Insyaalloh minggu depan saya periksa ke dokter haris saja.

    1. Ngitungnya dari hari pertama haid terakhir, umur kehamilan bisa dihitung di sini http://www.harris-spog.com/kalkulatorkehamilan.php. Untuk lebih pastinya di-USG saja bu, biar yakin dan mantap.

        • rini susanti on 6 Mei 2016 at 14:46

        Siap dok,minggu depan saya k dokter harris,skrng masih di luar kota.Trims Informasiny

    • Linda on 6 Juli 2017 at 14:42

    Saya sedang promil, saya tiap hari ke kantor menggunakan sepeda motor, jarak dari rumah ke kantor 10 Km, jadi PP 20 Km. Apakah berbahaya jika andainya saya hamil tapi masih tetap berkendara menggunakan sepeda motor sendiri?

    1. Tiap orang ambang capeknya beda2 Bu. Tapi sebaiknya jangan terlalu capek kalau mau promil

  1. Dok,saya ingin tanya mslah suntik TT …
    pada usia berapa bulan kehamilan sih dok untuk suntik TT,, waktu awal menikah dokter umum bilang kata nya saya gak harus suntik TT dulu bilang nya nanti aja waktu hamil,lalu saya periksa positif pertama ke puskesmas lalu bidan nya bilang saya suntik TT nanti waktu usia 5bln,truz saya tanya ke dokter kandungan lain kata nya suntik TT di mulai awal kehamilan sampek bertahap persalin…
    Tapi kenapa bidan yang di puskesmas nyuruh sampek 5bln kehamilan dok ??? bisa berdampak buruk gak dok buat janin saya kalau sampek telat suntik TT,saya jadi takut dok !!!!

    1. Silakan baca ini Bu: http://www.harris-spog.com/?p=678

      1. Di graha masyitho bisa gak dok buat suntik TT,kmrin waktu usia 19w saya lupa tanya ke dokter waktu kontrol kemarin

        1. Maaf, tidak Bu

    • Lita on 1 Juli 2019 at 09:48

    Pagi Dok,

    tadi pagi saya testpek hasil samar. . awalnya saya pikir negatif tapi setelah saya perhatikan ada garis hanya samar. . saya baru melihat hasil testpek setelah sekitar 5 – 10menit karna saya solat dahulu. yang mau saya tanyakan apakah itu garis indikasi kehamilan atau garis evaporasi?

    1. Nampaknya tidak terlalu jelas Bu. Sudah telat brp hari?

        • Lita on 3 Juli 2019 at 11:45

        Dok tadi pagi saya testpek lagi dr merk yang sebelumnya hasilnya malah negatif. apakah itu bearti saya benar2 tidak hamil? apakah testpek sebelumnya dikarenakan saya kurang tepat penggunaannya bisa membuat hasilnya jadi samar?

        1. Kemungkinan tidak hamil. Tapi saya tidak bisa memastikan. Harus di-USG kalau ingin lebih pasti

      • Lita on 2 Juli 2019 at 09:01

      Saya tidak menstruasi sudah dari bulan April dok. waktu saya priksakan ke dsog katanya hormon saya sedang tidak stabil, lalu saya ganti pil kb. memang selama saya kb pil saya kurang disiplin dan tidak tepat waktu saat minum pilnya apakah hal tersebut bisa membuat potensi hamil terjadi dok? padahal selama konsumsi pil kb saya belum menstruasi. saya testpek karna sudah 1 mingguan saya mual2 di pagi hari dan terkadang sore hari juga. tapi tidak keluar apa2

      1. Kalau minum pilnya tidak teratur, mungkin terjadi kehamilan. Tapi kata dokternya kan sekarang tidak hamil, hanya ketidakstabilan hormon.

    • Tria on 13 Maret 2020 at 18:36

    Dok, apa benar kalau sedang hamil muda 1 bulan ga boleh nyampur dgn suami katanya karena sperma suami bikin mules nanti jaringannya keluar ? Saya jadi takut setiap kalo mules dok

    1. Gak benar Bu. Hub boleh, tapi hati2, terutama saat trimester 1

Komentar telah dinon-aktifkan.