Inkompetensi Cervix (Rahim Lemah Saat Hamil)

Apakah Inkompetensi Cervix itu?

Inkompetensi cervix adalah kondisi dimana mulut rahim (cervix) mengalami pembukaan dan penipisan sebelum waktunya, sehingga tidak bisa menahan janin dan menyebabkan terjadinya keguguran (prematur). Kasus ini biasa terjadi tanpa adanya rasa nyeri dan umumnya terjadi pada trimester 2 dan 3.

Gejala Inkompetensi Cervix

Gejala yang sering terjadi adalah:
– Punggung sakit
– Panggul capek
– Perut kram
– Ada bercak darah
– Ada keputihan

Apakah Inkompetensi Cervix berulang?

Ada kemungkinan kasus ini dapat berulang di kehamilan berikutnya.

Apa saja penyebabnya?

Beberapa faktor risiko yang merupakan penyebab terjadinya kondisi ini diantaranya:
– Riwayat inkompetensi Cervix sebelumnya
– Trauma atau riwayat prosedur melalui Cervix
– Konisasi atau biopsi Cervix
– Kelainan anatomis Cervix
– Infeksi

Bagaimana mengatasinya?

Dokter akan memasang cerclage (ikat rahim) setelah usia kehamilan 14 w, untuk menahan Cervix tidak membuka dan melebar (dilatasi). Jahitan dibuka sekitar usia kehamilan 37 w untuk persiapan melahirkan. Anda juga diminta untuk bedrest. Mungkin juga Anda disuntik hormon penguat rahim.

22 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Awal Putriani on 20 Januari 2020 at 19:17
    • Balas

    Assalamualaikum wr. wb.
    Malam dok,
    Perkenalkan sy Awal Putriani kehamilan sy sekarang 36w
    Sy mau bertanya dok tapi sebelumnya sy mau cerita kalo sy pernah kontrol ke RS pura raharja pakai faskes tingkat 1 dok dan surat rujukan faskes tingkat 1 habis tgal 5 des 2019 sy terakhir kontrol ke RS pura raharja tanggal 28 november 2019 , lalu surat kontrol sy diberi keterangan yg paling bawah untuk minta perpanjang ke faskes tingkat 1 dan balik kontrol tanggal 13 desember 2019 . Akhirnya tanggal 6 des 2019 sy ke faskes tingkat 1 untuk perpanjang tapi rujukan sy diganti dok ke RS lain tanpa pemberitahuan dan pertimbangan sy dulu dan surat rujukan sy berlaku sampai tanggal 8 maret 2020 . Jadi dr tanggal 13 des sy kontrol ke RS lain dan kembali lg 2 minggu kemudian dan ternyata yg kedua kali sy kontrol berbeda dokter dari yg pertama dan semua beda beda rekam medisnya dok ada yg suruh sesar ada yg suruh normal dan yg terkahir HPL sy dimundurkan sampai tanggal 19 maret sy bingung dok dan kurang nyaman, sampai saat ini perut sy yang bawah sdh terasa sering kencang*.. yang mau sy tanyakan bisa kah sy kembali kontrol ke RS pura raharja ke dokter Harris lagi tanpa surat rujukan lagi tapi tetap pakai bpjs , sy merasa kurang nyaman pindah kontrol dan persiapan lahiran ke RS lain yg ditujukan faskes tingkat 1 ? Jujur sj dok sy dari kalangan bawah dan untuk biaya sy pasrah dengan BPJS yang mengcover dok.. Terima kasih dan mohon jawaban beserta penjelasannya

    1. Wa alaikum salaam, coba ibu tanyakan ke bagian pendaftaran atau ke informasi RS Pura (031) 5019898

    • Lia ferlita on 24 Januari 2020 at 22:03
    • Balas

    Assalamualaikum dok saya lia ferlita usia kandungan saya sekarang 27w saya bingung dok mau melahirkan dimana saya nggak ada ikut bpjs kalo seumpama saya daftar bpjs mulai dari skrg apa sudah bisa di gunakan untuk lahiran bulan april 2020 dok? Dan saya juga mau usgnnya di dr haris itu ikut di rumah sakit pura atau yang di klinik Daerah menur ya dok . Selama ini saya usg di klinik kimian farma daerah ngagel surabaya .

    1. Bisa melahirkan pakai BPJS asal ada rujukan dari faskes tk 1, karena ada indikasi medis. Di Graha Masyithoh

    • July on 6 Februari 2020 at 14:30
    • Balas

    Siang dok. Mau tanya dok,saya sudah keguguran 3x ,saya belum tahu apa masalahnya, sudah periksa tapi kata dokter nya semuanya baik. Saya d sarankan teman yang mengalami hal yang sama dan dia bisa hamil normal setelah konsumsi pil KB, gimana ya dok? Boleh tidak ya konsumsi pil KB ?

    1. Setiap orang permasalahannya berbeda Bu, jadi solusinya juga berbeda. Tindakan yang diambil tergantung diagnosanya, jadi tidak bisa disamakan.

        • July on 9 Februari 2020 at 21:37
        • Balas

        Kalau mau program hamil berapa ya dok biaya nya sekalian sama usg nya juga berapa biayanya dok. Trimakasih

        1. Saya email ya Bu

    • Fitri on 9 Juli 2020 at 19:29
    • Balas

    Mlm dok, saya prnh mengalami lahir premature di usia kandungan 27w, dan bayi saya meninggal. Lalu saya jg mengalami blighted ovum di kehamilan kedua dan ketiga saya. Skrg saya hamil (ke empat) usia 5w dan rencana akan periksa ke dr. Harris. Bentuk rahim saya jg prnh di vonis Bicornu. Saya trauma akan hal ini dok.
    Yg saya tanyakan, apakah saya harus melakukan cervix cerclage?, kalo boleh tau harganya brp ya dok?, apa bs menggunakan bpjs.
    Terima Kasih dok.

    1. Sepertinya bukan cervixnya yg lemah, jadi blm tentu perlu cervix cerclage.

    • Muna on 13 Juli 2020 at 11:46
    • Balas

    Dok boleh minta price list usg,makasih

    1. Saya email ya

    • Novia anggraini on 21 Agustus 2020 at 21:03
    • Balas

    Malam dok, mau tanya untuk biaya operasi cervix cerclage sampai berapa ya?

    1. Bervariasi, tergantung diagnosa

    • Nitta Mugy Rahayu,Alamat Kabupaten Madiun Jatim on 5 Oktober 2020 at 16:07
    • Balas

    Assalamu’alaikum Warohmatullah…mohon maaf dokter,saya mau tanya,untuk operasi ikat leher rahim apa bisa BPJS ya dok? Saya usia 36th..anak pertama lahir normal of th 2003,anak ke 2 keguguran usia kehamilan 13minggu PD th 2017.anak ke 2 keguguran usia kehamilan 21minggu tgl 14 Mai 2020,dan keguguran lg diusia kehamilan 13minggu PD tgl 29 September 2020.wktu di USG permslhannya karena serviks saya berukuran pendek dok.sm dokter kandungannya mau diikat rahim tp Alloh berkehendak lain,anak sy lahir duluan..apakah selain operasi ada pengobatan atau tindakan lain untuk mencegah keguguran berulang dok? Terimakasih dokter..Wassalamu’alaikum Warohmatullah

    1. Wa alikum salaam. Diupayakan ikat rahim Bu. Coba tanya ke BPJS sana Bu, soalnya kasus ikat rahim ini sangat jarang

    • Fina on 26 November 2020 at 11:07
    • Balas

    Assalamualaikum dok..

    Terima kasih share informasi yang sangat bermanfaat. Semoga dokter selalu diberikan kesehatan.
    Saya hamil usia kandungan 20 weeks dan baru menjalani proses ikat mulut rahim dengan kondisi placenta agak menjorok sediikit ke mulut rahim sehingga terdapat hematom berukuran 6 cm namun panjang mulut rahim saya berkurang cukup banyak dalam 1 minggu sebanyak 0.7 cm (dari 3 cm menjadi 2.3 cm) dan saya memiliki riwayat keguguran di kehamilan sebelumnya karena panas dan mulut rahim memndek dengan cepat sehingga diambil keputusan ikat mulut rahim secepatnya untuk kehamilan sekarang.

    Yang mau saya tanyakan, apakah setelah di ikat mulut rahim gumpalan darah dari hematom tersebut dapat keluar? Karena setelah prosedure ikat mulut rahim , masih keluar darah dan gumpalannya . Terima kasih dok

    1. Wa alaikum salaam. Bisa. Jangan lupa kontrol ke dokter

    • Ainiyah on 29 November 2020 at 21:43
    • Balas

    Assalamu’alaikum dok ,saya nikah Uda 4 Thun ,pernikahan 1 Thun hamil tapi keguguran dok,Kalau mau program hamil berapa ya dok biaya nya sekalian sama usg nya juga berapa biayanya dok???

    1. Wa alaikum salam. emailnya salah bu

    • Nurul on 6 Desember 2020 at 10:22
    • Balas

    Assalamualaikum dok..mau tanya tempat prakteknya dr haris selain di graha masyithoh

    1. wa alaikum salaam saya email ya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.