Feb 13

HSG (Histerosalpingografi)

Apa Itu HSG?

HSG adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa rahim dan saluran telur (tuba fallopi). Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengecek bentuk, ukuran rahim dan adanya penyumbatan pada saluran telur. Umumnya dilakukan untuk ibu yang mempunyai masalah fertilitas / susah hamil. Bisa juga untuk mengecek keberhasilan operasi steril. Pemeriksaan menggunakan teknik radiologi sinar X / rontgen, oleh karena itu harus dilakukan di layanan kesehatan yang dilengkapi fasilitas radiologi.

Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 10-14 dihitung dari hari haid pertama dan tidak dilakukan pada saat menstruasi

  • Sebaiknya tidak berhubungan intim saat mulai haid hingga selesai dilakukan HSG. Alasannya adalah khawatir telah terjadi pembuahan sebelum dilakukan HSG yang malah mengganggu si janin itu sendiri.
  • BAB dan BAK sebelum dilakukan HSG
  • Mintalah penjelasan kepada dokter tentang apa itu HSG agar merasa aman dan tenang sehingga tidak takut dan tegang.

 

HSG Ini Tidak Dilakukan Jika

  • Hamil
  • Menstruasi
  • Alergi cairan kontras
  • Peradangan
  • Pendarahan
  • Setelah kiret

 

Prosedur HSG

  • Satu jam sebelum pemeriksaan, dokter bisa memberikan obat anti nyeri dan antibiotik jika dirasa perlu.
  • Pasien berbaring dengan posisi lithotomi (paha mengangkang).
  • Dokter memasukkan kateter melalui vagina terus masuk ke rahim.
  • Cairan kontras dikeluarkan dari kateter.
  • Mungkin pasien diminta berubah posisi.
  • Dilakukan pemotretan.
  • Setelah difoto alat dilepaskan.
  • Selesai.

 

Umumnya HSG ini berlangsung sekitar 30 menit dan hasilnya bisa diperoleh hari itu juga. Nanti bisa diketahui bahwa saluran telurnya buntu (non paten) baik salah satu maupun keduanya, atau tidak buntu (paten).

Setelah HSG keluar cairan dari vagina dan mungkin juga darah, bisa juga muncul pusing-pusing. Ibu bisa pulang ke rumah dan beraktifitas normal seperti biasa.

HSG ini tidak sama dengan hydrotubasi dan perturbasi, nanti akan dibuatkan tulisan khusus tentang keduanya.

Contoh hasil foto HSG (diambil dari http://histeroskopi.info/hsg.htm)

75 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Dwi on 11 Februari 2016 at 11:32
    • Balas

    dok,,, kira-kira dimana ya saya bisa HSG? saya berdomisili di tangerang,,
    mohon infonya,,, terimakasiih,,, ^^

    1. Di rumah sakit yang ada instalasi radiologi-nya bisa kok Bu. Saya email ya

    • Ifan on 6 Maret 2016 at 19:26
    • Balas

    Dok, untuk di Surabaya, dimana bisa HSG dengan dokter yg perempuan? Terima kasih atas jawabannya Dok.

    1. HSG dilakukan oleh dokter radiologi. Bisa ditanyakan di lab yang melayani HSG Pak. Mohon maaf informasinya kurang memuaskan.

        • ifan on 7 Maret 2016 at 15:10
        • Balas

        Terima kasih atas informasinya Dok.
        apakah ada list rumah sakit/lab yang melayani HSG di surabaya dok?
        jika ada, bolehkah dikirimkan via email listnya?
        atau apakah semua rumah sakit/lab dengan fasilitas radiologi juga melayani HSG?
        sebab saat saya cari, informasi rumah sakit/lab yang melayani HSG hampir tidak disebutkan di webnya.
        rata-rata hanya menyebutkan tersedia fasilitas radiologi.
        terima kasih banyak atas jawabannya Dok.

        1. Saya email ya Pak Ifan

            • ifan on 7 Maret 2016 at 16:44

            terima kasih banyak Dok. 🙂

          1. Sama-sama Pak, semoga HSG-nya berhasil ya dan cepat hamil.

    • advis on 31 Maret 2016 at 08:36
    • Balas

    saya ingin tanya di semarang atau sekitarnya yang ada fasilitas HSG nya di RS mana aja ya Dok.? dan kira2 biayanya mencapai brp Dok.? terimakasih…

    1. Mestinya di lab klinik ada bu, gak harus di RS. Kalau di Surabaya sekitar 900rb.

    • Anifah on 4 April 2016 at 07:18
    • Balas

    Dok, bisa minta list rumah sakit/lab mana yang bs hsg yang paling dekat dari gresik

    1. Maaf, Kalau di Gresik saya tidak hafal Bu

        • widyapujilestari on 4 Juli 2016 at 19:10
        • Balas

        kalau di daerah gresik bisa di radiologi RS Semen Gresik.

        1. Terima kasih infonya Bu

          • Dessy prasetiyo on 7 November 2016 at 09:34
          • Balas

          Tes HSG di RS semen gresik yg melakukan dokter apapa perawat ya mba? Mau tes HSG juga nih bingung mau tes dimana yg bagus di gresik
          Tnx b4

    • Yuan on 9 Mei 2016 at 11:48
    • Balas

    Stelah hsg kapan diperbolehkan berhubungan kembali? Thanks karna ngebet banget sih. Barangkali bisa langsung jadi. Thanks dok

    1. Ngebet apa nih? (hehe). Kalau tidak ada keluhan apa-apa, tidak flek-flek, ya boleh-boleh saja. Gak usah malu-malu untuk tanya ke dokter yang memeriksa ya Bu.

        • Yuan on 10 Mei 2016 at 00:18
        • Balas

        Ngebet pengen lunya anak dong.. Apabila ada flek sedikit, ditunggu sampai hilangkah? Thanks dok buat saran nya. Iya malu banged nanya nya. Terutama dokter HSG nya pria..

        1. Sebaiknya fleknya ditunggu sampai hilang, kuatirnya infeksi kalau dibuat hub. Kalau mau ngitung masa subur pakai ini bu, cukup akurat kok perhitungannya http://www.harris-spog.com/?p=480
          Semoga cepat berhasil ya Bu

    • rita on 28 Mei 2016 at 17:09
    • Balas

    Do bisa minta list rumah sakit yang ada HSG nya d depok…terima kasih

    1. Maaf Bu kalau Depok saya tidak hapal. Bisa di Lab setempat

    • sri wiranti on 14 Juni 2016 at 09:17
    • Balas

    saya pernah melakukan hsg 2 thn yang lalu, setelah itu saya hamil tpi kemudian saya keguguran. apakah saya boleh melakukan hsg lagi dok?

    1. Apakah sekarang susah hamil? Kalau setahun rutin hubungan tidak ada tanda-tanda kehamilan silakan periksa

    • sri wiranti on 16 Juni 2016 at 09:32
    • Balas

    hasil hsg 2 tahun yang lalu menurut dokter yang sebelumnya tidak ada masalah, pasca keguguran saya rutin berhubungan tetapi belum hamil sampai sekarang. dan sekarang dokter menyarankan saya untuk hsg lagi

    1. Oke kalau begitu Bu, HSG lagi saja. Terus nanti dievaluasi perkembangannya

        • sri wiranti on 16 Juni 2016 at 09:52
        • Balas

        oke dok, semoga hasilnya masih bagus. saya mau tanya astheno terato zoospermia itu apa dok? apakah berpengaruh terhadap kehamilan dan bagai mana cara mengatasinya?

        1. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=72
          Penanganan bisa ke Dokter Andrologi Bu

    • Balqis on 9 September 2016 at 05:59
    • Balas

    Dok, apakah setelah HSG bisa langsung berhubungan?

    1. Tunggu gak flek dulu ya Bu

    • Lia on 1 Oktober 2016 at 22:12
    • Balas

    Dok, saya sudah HSG dan setelah itu pada hari ke dua setelah HSG sampai sekarang (hr ke3) keluar darah, seperti darah haid. Padahal haid saya sepuluh hari sblm HSG. Hasil HSGnya paten, cuma ada retroflexi.
    Dan hasil AMH 15.28 ng/ml (tinggi). Menurut dokter apakah darah yang keluar itu suatu ketidaknormalan?
    Terima kasih sebelumnya Dok.

    1. Coba diperiksakan ke dokter yang meng-HSG Bu, kawatirnya perlukaan

    • Dewi on 28 November 2016 at 11:35
    • Balas

    selamat siang,
    saya mau tanya… saya haid pertama tgl 21 tgl 24 sudah slse.bersih. tgl 25 saya berhubungan dengan suami. jadwal HSG saya dari Dokter kandungan saya tgl 29,30,01. apakah saya tidak boleh melakukan hsg pada tanggal 01, sedangkan waktu hsg masih 5 hari lagi… sebelumnya saya tidak tahu klo tidak boleh berhubungan sebelum Hsg. saya baca di Google… di larang berhubungan min,2 hari sebelum HSG…. apakah saya harus menunggu untuk HSG bulan depannya?? Mohon informasinya…

    1. Harusnya tidak hub kalau akan di HSG

    • Nayla NI on 13 Desember 2016 at 18:16
    • Balas

    Dok saya baru kmrn selesai menstruasi n jadwal HSG 4hr lagi..tp hari ini saya sudah berhubungan sama suami cuma tidak dikeluarin di dalam dok..apakah masih bisa melakukan HSG dok..

    1. Bisa, tp sampai hari HSG jangan hubungan lagi ya Bu

  1. Dok dimojokerto yg ada hsg dmn y….thks*

    1. Ke dokter kandungan dulu, nanti dibuatkan surat pengantar HSG. HSG bisa ke lab klinik yang ada fasilitas radiologinya

    • Risma on 3 Maret 2017 at 11:24
    • Balas

    dok setelah hsg siang, malamnya keluar cairan bening seperti putih telur, dan ini sudah hari ke 3 cairan makin banyak dan banjir dok, juga agak kental. ini normal atau tidak ya dok? terima kasih..

    1. Ditanyakan ke dokter yang meng-HSG Bu, maaf ya bukan wewenang saya

    • Fitri on 20 Maret 2017 at 12:13
    • Balas

    Slamat siang Dok, sy sdah mnikah lebih dr 2 thn, dan sdah konsultasi ke bbrpa dokter spesialis, namun prediksinya berbeda2.. Dokter yg trakhir merekom untuk hsg.. Yang sy tanyakan, apa benar kalo hsg di parahita surabaya (darmawangsa) penanganannya dialihkan ke rs soetomo? Krena mnurut teman sy sperti itu, dan dia menyarankan untuk ke pramita. Bagaimana mnurut dokter?
    Oiya Dok, suami jg memperkenankan kalo yang melakukan hsg adalah perempuan.. Trimakasih sblumnya..

    1. Setahu saya Parahita punya Dr Radiologi Bu. Coba ditanyakan ke parahita apa ada Dr Radiologi wanita. Telp ke 031 5020552

  2. Dok,sebelum hsg apakah hrus berpuasa??

    1. Tidak perlu Bu

  3. Dok ,jika hri ini jadwal hsg , tapi kmarin mlakukan hub, maaf namun tidak di kelurkan di dlm.bagaimana dok? Apakah msih ttap bisa mlakukan hsg? Ada dampaknya gk dok bagi istri. Terimakasih.

    1. Sebekum HSG harusnya tidak hub, khawatir sudah terjadi pembuahan

    • jeffry on 13 Juli 2017 at 20:05
    • Balas

    Dok mau tanya … klo mau hsg di daerah surabya dmna ya dok

    1. Di lab yg punya fasilitas radiologi. Ke dokter kandungan dulu nanti dibuatkan surat pengantar

    • Kania on 15 Juli 2017 at 09:22
    • Balas

    Selamat siang dok..mau tanya,waktu bulan juni saya hsg dan kemarin konsul hasil ke dsog, dan ternyata hasil hsg diragukan oleh dokternya kemudian disarankan untuk hsg lagi di bln agustus. Yg ingin saya tanyakan,apakah ada efek sampingnya dok kalo saya tes hsg lagi?

    1. Relatif aman kok Bu

    • nina on 15 Juli 2017 at 13:13
    • Balas

    Dok maaf saya mau tanya makanan dan buah-buahan apa saja yang perlu dihindari oleh penderita kista. Dan bagaimana cara menghilangkan penyakit kista. Terimakasih dok

      • nina on 15 Juli 2017 at 13:29
      • Balas

      Dok mau tanya ini saya ada 3 obat nyeri haid. spasminal, asamefenamat, mefinal. obat mana yang sebaiknya saya minum dok. Terimakasih

      1. Dokternya meresepkan yang mana? Patuhi resep dokter Bu

    1. Makan makanan yg sehat, sebisa mungkin alami, kalau memang perlu ya dioperasi Bu

    • Sari on 18 Juli 2017 at 08:20
    • Balas

    Selamat pagi dok, saya mau tanya tepat 3 hari yang lalu saya hsg dan hasilnya kedua tuba paten.. Setelah hsg terjadi pendarahan dan besoknya hanya flek saja.. Tapi mulai hari kedua setelah hsg saya pendarahan lagi seperti haid tapi tidak begitu banyak, Apa itu kondisi normal dok?? Berapa hari pendarahan baru berhenti dok?

    1. Kalau besok masih pendarahan, ke dokter ya Bu

    • Ika Puspasari on 6 September 2017 at 18:42
    • Balas

    Selamat malam,

    Dokter 3 hari yg lalu sy SDH melakukan pemeriksaan HSG. Hasil hsg kedua tuba paten. Namun ada yg sy tidak paham dengan hasil yang menyebutkan : “filling defect di cornu sisi kanan uterus DD / Sinechia ”
    Maksudnya apa ya dok. Mohon pencerahannya karna saya degdegan dengan Maksut pernyataan tsb
    Terimakasih

    1. Masak gak dijelaskan sama dokternya? Cornu itu bagian rahim yg bentuknya kayak terompet. Kalau paten berarti gak buntu Bu, gak masalah kok.

        • Ika Puspasari on 7 September 2017 at 23:59
        • Balas

        Malam dokter,

        Filling defect artinya apa dokter? Kalau cari di kamus artinya kekerusakan. Apa benar artinya seperti itu?
        Jadwal dokter spog masih hari Senin. Hasil hsg dr dokter sprad namun blm dijelaskan.
        Terimakasih

        1. Filling defect artinya ada seperti luka di dinding rahim. Ada semacam pendesakan

    • taris on 8 Oktober 2017 at 18:20
    • Balas

    Malam dok..sata mau tanyak..bsk saya hsg dok tp hr ini saya hubungan intim dengan suami tp sperma tidak dikeluarkan di dalam vagina dok ( sperma dikeluarkan diluar ). Apakah akan memepengaruhi hasil hsg dok??? Terima kasih

    1. Tidak berpengaruh

    • Rya on 19 Oktober 2017 at 09:36
    • Balas

    pagi dok sy mau tanya nih dok
    tanggal 14 oktober 2017 sy HSG, sy haid dari tgl 5 oktober 2017.pada saat HSG sy msh dlm keadaan haid namun tdk banyak. stlh HSG tanggal 15 smpai hari ini sy msh mngeluarkan darah byak. apakah ini drh haid atau ap y dok ? sy jd tkut dan cemas dok. mohon bntuan jawabanny dok
    terimaksih dok

    1. Biasanya kalau haid brp hr? Kalau tidak biasanya, diperiksakan ke dokter yg meng-HSG Bu

    • Rya on 21 Oktober 2017 at 08:43
    • Balas

    Biasanya sy haid sampai 15hari dok, cuma ini stlh HSG jd mkin banyak drh yg kluar.
    mksih byk dok atas jwbnnya.

    1. Haid 15 hari itu trl lama Bu, dikonsulkan ke dokternya ya

        • Rya on 24 Oktober 2017 at 16:00
        • Balas

        iya dok sudah pernah saya konsulkan dengan dokter spog dan di terapi obat selama 3 bulan. alhamdulillah haid normal 4 hari saja. namun bulan ke 7 kembali lagi haid 15 hari. kata dokter spog nya pengaruh hormon sy dok.

        1. Kalau demikian berarti memang ‘bakat’ tubuh Ibu seperti itu.

    • my on 23 Oktober 2017 at 23:12
    • Balas

    malam dok
    saya besok jadwal HSG..setelah HSG apa qt bisa langsung beraktifitas lg ya dok?misalnya bekerja…

    1. Kalau gak ada keluhan bisa. Kalau tidak, istirahat dulu

    • ekayanti on 7 Januari 2018 at 12:16
    • Balas

    Dok setelah hsg .. 1 jm kemudian sya muntah2 nyeri perut jg.. apakah itu normal dan sya jg mengeluarkan darah… sampai sya dibawa ke icu oleh suami.. karna suami sya sangat takut

    1. Mungkin ibu ada alergi dengan obatnya. Konsulkan dg dokternya Bu

    • Kiki on 12 Januari 2018 at 13:15
    • Balas

    Selamat siang dok, 31 desember 2017 saya haid dan selasa 9 januari 2018 saya HSG. Setelah HSG sampai malamnya masih keluar darah seperti haid, besoknya keluar flek sampai hari ini (hari ke 4 setelah HSG) jumat 12 januari 2018 dok. Apakah ini normal dok? Mengingat belum boleh berhubungan kalau masih ada flek, sayang masa suburnya. Hehehe

    1. Normal saja Bu

    • Neila on 18 Januari 2018 at 12:27
    • Balas

    Dok bagaimana prosedur HSG di dr soetomo sby? Kira2 berapa biayanya?

    1. Ke poli dulu biar dibuatkan pengantar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.