Apr 27

Pentingnya USG Sejak Awal Kehamilan

Apakah USG itu?

USG (Ultra Sono Grafi) adalah adalah salah satu cara yang umum digunakan di kedokteran kandungan untuk memeriksa kondisi ibu dan janin saat masih dalam kandungan (sebenarnya masih banyak fungsi USG lainnya).

Mengapa Harus Periksa Sejak Awal?

Ketika ibu merasa telat, atau merasa ada tanda-tanda hamil, sebaiknya segera periksa, karena kehamilan bisa saja normal, hamil kosong, atau hamil anggur.
Jika kehamilan tersebut hamil kosong atau hamil anggur akan dilakukan tindakan segera. Dan jika kehamilannya normal, pemeriksaan USG akan memberikan banyak manfaat dalam mengetahui kondisi ibu dan janin yang dikandungnya.
Untuk tahap awal, pemeriksaan kepastian kehamilan bisa dilakukan secara mandiri dengan testpack yang banyak dijual di apotik. Kalau positif, ibu bisa pergi ke dokter kandungan terdekat untuk diperiksa dan diberikan obat sesuai kondisi ibu dan janinnya. Atau dokter bisa melakukan tindakan tertentu jika dirasa perlu.

Kegawatan Dalam Kehamilan

Yang dimaksud kegawatan adalah hal-hal yang bisa mengancam keselamatan nyawa baik ibu maupun janin yang dikandungnya. Contoh kegawatan adalah:

  • Pendarahan
  • Eklampsia / Pre-eklampsia
  • Plasenta lepas
  • Rahim sobek
  • Keguguran

Untuk itulah pentingnya dilakukan pemeriksaan sejak awal kehamilan.

Manfaat USG

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan melalui USG ini, yaitu:

  • Deteksi kepastian kehamilan
  • Mengetahui umur kehamilan
  • Evaluasi hamil kembar
  • Mengetahui aktivitas jantung janin
  • Mengetahui berat badan janin
  • Mengetahui letak plasenta
  • Memeriksa cairan ketuban
  • Mengetahui jenis kelamin janin
  • Deteksi hamil di luar rahim
  • Ketidaknormalan janin
  • Kelainan bawaan
  • Perkembangan janin
  • Kelainan rahim

USG Transvagina dan USG Abdomen

Jika dilihat dari cara memeriksanya, USG dibagi menjadi 2, yaitu USG Transvagina dan USG Abdomen. Penjelasannya adalah:

USG Transvagina

USG Transvagina adalah USG yang cara memeriksanya dengan alat yang dimasukkan melalui vagina hingga mencapai pintu rahim. USG ini lebih dipilih untuk memeriksa kehamilan awal Trimester 1 saat ukuran janin masih kecil

Kelebihan:

  • Detil lebih baik
  • Bagus untuk ibu yang kegemukan (obesitas)
  • Bagus untuk rahim yang bentuknya ke belakang

Kekurangan:

  • Skala pemeriksaan lebih sempit
  • Tidak boleh untuk pasien yang belum pernah hubungan
  • Pasien mungkin merasa kurang nyaman

USG Abdomen

Sedangkan USG Abdomen adalah USG yang cara memeriksanya alat diletakkan di perut ibu hamil. USG ini lebih dipilih untuk memeriksa kehamilan Trimester 2 – 3 dimana ukuran janin sudah besar.

Kelebihan:

  • Skala lebih besar
  • Pasien nyaman
  • Bisa untuk pasien yang belum pernah hubungan

Kekurangan:

  • Detil kurang terutama untuk kehamilan awal
  • Butuh mengisi / memenuhi kantung kencing untuk pemeriksaan kehamilan awal

Jika dilihat dari tampilannya, USG bisa dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

  • USG 2 Dimensi: USG dengan tampilan datar, hitam putih, sulit “dibaca” orang awam
  • USG 3 Dimensi: Tampilan (gambar) jelas, bisa menampilkan prespektif kedalaman, jadi tidak datar seperti USG 2 D
  • USG 4 Dimensi: Tampilan 3 D dengan tambahan prespektif waktu, real time, bisa bergerak, seperti melihat video janin

Amankan USG ini?

USG memakai sarana gelombang suara untuk menghasilkan gambar. Tidak ada panas atau zat radioaktif yang dipancarkan. Jadi alat ini sangat aman. Sampai sekarang tidak ada laporan tentang kelainan janin / kecacatan yang diakibatkan oleh penggunaan USG.

55 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Rini wahyuni on 4 Juli 2017 at 07:29
    • Balas

    dok saya telat 2 minggu setelah di tp 2x hasil nya positif, tapi kemarin 2 hari saya sempat mengeluarkan darah warna nya merah kecoklatan,perut kram, pinggang sakit. itu gmn ya dok?

    1. Sebaiknya periksa Bu, khawatirnya keguguran (kalau memang sudah positif hamil)

    • Dian Permata Ningrum on 9 Juli 2017 at 08:36
    • Balas

    Dok mau tanya tempat praktek dokter dmn?

    1. Tempat dan jadwal praktek saya di sini Bu : http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • eva aprillia on 10 Juli 2017 at 15:09
    • Balas

    dokter, saya hamil 7 minggu nafsu makan bertambah, menjelang sore badan hangat, dan kalau mlm sering masuk angin, apa itu normal dok? terimakasih

    1. Hangat gmn? Brp suhunya? Kl mslh makan jadi banyak sih wajar, kan yg makan skr 2 org.

    • eva aprillia on 11 Juli 2017 at 10:07
    • Balas

    suhu tubuh sekitar 36.0 – 36.5 dok
    setiap hari jg saya mengkonsumsi folavit 1 kali sehari dok

    1. Suhu segitu normal Bu, dikatakan panas kalau minimal 37 C

        • eva aprillia on 11 Juli 2017 at 12:24
        • Balas

        terimakasih dok informasinya

        1. Sama2

    • Linda on 17 Juli 2017 at 08:25
    • Balas

    Dok mau tanya, apakah ibu hamil boleh menjenguk orang yang sait kanker atau dekat-dekat dengan pasien kanker? Apakah kanker itu menular Dok?

    1. Boleh, gak menular kok Bu

  1. dok,,saya mau tanya,,saya terakrir mens 4 april 2017 sampai sekarang ,,waktu tes d rmh tgl 27 juni hasilnya negatif truz tgl 29 saya priksa ke bidan truz tp hasilnya positif,,
    wktu ke surabaya saya saya mau priksa ke bidan buat priksa rutinnya,,la bidan tempat saya tinggal menyarankan untuk usg,,setelah usg,,kata dokternya belum terlihat kantong kehamilannya,,trus di suruh balik 2 mnggu lagi ,,saya penasran ,,waktu plang usg saya beli tespak,,saya tp kok hsilnya negatif y,,saya jadi binggung,,saya hamil pa gk y dok,,trima kasih

    1. Tunggu USG lagi 2 mg berikutnya sesuai saran dokter

      1. ia dok,,nanti usg 2 mnggu lgi dech,,
        terima kasih ya sarannya dok

        1. Sama2, semoga berhasil ya

    • Yawari on 17 Juli 2017 at 20:33
    • Balas

    Dok. Sejak awal kehamilan, saya konsultasi ke 2 dokter. USG pertama kali saat usia kehamilan 5-6weeks. Nah, antara dokter yg pertama dan dokter kedua , perhitungan usia kandungan saya yg dihitung berdasarkan mesin USG beda seminggu, dok. Jadi yg satu bilang kehamilan saya uda 6minggu , yg satu bilang kehamilan saya baru 5 minggu. Tiap 2 minggu saya USG, masih begitu juga, selisih seminggu. Sekarang usia kandungan saya antara 12-13weeks. Yg mau saya tanya, sebaiknya yang mana yg saya ikuti,dok? Yg HPL nya lebih cepat atau yg lebih lambat? Terimakasih

    1. Beda perhitungan USG seminggu itu wajar saja kok Bu, gak usah dirisaukan, yg penting kehamilannya lancar dan sehat

  2. assalamu alaikum dok,,saya maw tanya dok,,kn usg sya kemarin tgl 12 juli bearti kan sekarang sudah 1 mnggu,,klo saya usg ke dr,lain gimana ya,,apa msih belum terlihat kantong kehsmilannya ya,,apakah,,kemungkinan telat haid saya itu kehamilan normal,,gk termasuk dalam kehamilan kosong kan dok,,saya takut,,kalau usg itu,,terima kasih dok,,wassalamu alaikum

    1. Sebaiknya ditunggu saja sesuai saran dokter, gak usah terlalu galau ya Bu

  3. siang dok,,,saya mau tanya,,,jadwal usg saya bsok tgl 25 kalu d gnti tgl 27 gk pa” kn dok,,gk da penggaruh kan,,soalnya suami liburnya tgl 27 .makasih

    1. Gpp, kamis saya praktek pagi

  4. malam dok,,,saya mau tanya,,kan saya tadi habis usg,,suami saya menyarabkan usg dekat rumah saja,saya usg,,doktrnya galak,,,katanya saya tidak hamil dok,,saya tanya kenapa kok sampai saat ini saya belum mens,,dokternya cma bilang ,,saya kasih resep,,saya di kasih repet primolut N,,
    udah gtu ja,,
    yang saya tanyakan kok saya tdk mens,tidak hamil pdhl tgl 29 juni kebidan di periksa trus d tes positif katanya,,trus cekarang gimana,,sebenarnya saya hamil atau tidak? dlu setengah menikah haid tidak teratur,,kmaren thn 2016 bln 10 haid bulan 11 gk haid bln 12 haid sampai blan 4 ,,teus blan 5 sampi sekarang belum haid,,solusinya gimana dok,,terima kasih

    1. M terakhir tgl brp? Mungkin ada gangguan hormon sehingga m tidak teratur. Kalau di-USG gak ada kantung kehamilan berarti tidak hamil. Lha hasil USG-nya gmn?

  5. 4 april ini masih mens dok,,setelah saimpai sekarang belum mens .gk tw dok,,pertama usg doktrnya bilang belum terlihat kantong kehamilannya,,d kasih vitamin truz d suruh balik tgk 25 juli ini,,tpi suami krj dan libur kmarin,,usg d tmpat lain dok,,kata dokternya tidak hamil,,saya tanya knapa kok sampai sekarang belum menz katanya saya kasih resep gtu,,y d ksih primolut bli d apotik,,.trima kasih,,

    1. Kl sdh di-USG gak ada kantong kehamilan berarti ya tdk hamil Bu

  6. bulan agustus 2016 menz tgl 10
    bulan september menz tangl 6
    bulan oktober menz tgl 4
    bulan november tidak mens
    blan desember menz tgl 9
    bulan januari 2017 menz tgl 8
    bulan februari menz tgl 7
    bulan maret menz tgl 8
    bulan april menz tgl 4
    bulan mei sampai sekarang belum menz
    29 juni periksa d bidan dan d tp ,,,kata bidan positif
    tgl 11 juli usg belum terlihat kantong kehamilan di suruh balik tgl 25
    tgl 27 usg kata dokter g hamil,,

    1. Obatnya itu untuk membuat m teratur.

  7. ea makasih dok

    • Lelyta on 3 Agustus 2017 at 08:46
    • Balas

    Selamat pagi dok, sy kmrn konsul ke dr Harris utk cek kehamilan. Berdasarkan pemeriksaan dokter usia kandungan sy 5w1d, tp setelah menghitung di kalkulator kehamilan di webnya dr harris usianya 7w. Yg benar yg mana dok, mohon pencerahannya. HPHT sy 15 Juni 2017. Tks

    1. Beda cara hitung itu normal saja kok Bu, gak usah khawatir, yg penting kehamilannya sehat dan rajin kontrol sesuai jadwal.

    • IRMA on 4 Agustus 2017 at 12:12
    • Balas

    Dok, kalo mau periksa di grha masyithah tp lupa gak bawa bukunya gpp khn yaa ? no tlp untuk booking no antriannya berapa yaa dok soalnya nomernya khn ada di buku.. thx

    1. Pendaftaran pada hari H via HP bisa ke nomor : 081233860000
      Kalau HP gak bisa atau gak diangkat, datang langsung saja ya

    • dian on 7 Agustus 2017 at 22:03
    • Balas

    dok saya hamil 7bln,sekarang kan beredar vaksin campak dan rubella,apa perlu saya vaksin?

    1. Buat anak2 itu

    • Retno on 15 Agustus 2017 at 15:47
    • Balas

    Sore dokter,

    Tgl 3 kemarin saya sempat USG ke Dr. Haris, mau tanya dok, untuk mengetahui kelainan pada janin apa bisa juga melalui USG dok? Usia janin saya 16w Dok.
    FYI, dirumah saya terkadang ada kucing, lewat lalu diberi makan. Takutnya kucing nya bisa bawa virus buat janin saya. Mohon infonya Dokter.

    1. Bisa untuk kasus tertentu. Kucing gpp Bu, asal jangan berinteraksi, apalagi kucing liar yg kurang terawat.

        • Retno on 16 Agustus 2017 at 12:24
        • Balas

        Ok Dokter. Terimakasih infonya.

    • Norma on 23 Agustus 2017 at 13:10
    • Balas

    Selamat siang, Dokter Harris.
    Saya Norma.. mau bertanya apakah ini mens atau sesuatu yg lain. Begini dok, pada tgl 1-4 Agustus awalnya sy mens hanya keluar coklat segaris, kadang merah. Di tgl 5-8 perut kram seperti mens keluar darah segar. Di tgl 9 seterusnya hnya flek coklat pekat, kadang jg darah setetes. Karna mens lebih dari 15 hari. Tgl 16 sy ke dkter kandungan, sy ceritakn dan diusg, beliau menjawab hanya perubahan hormon dan diberi resep astria, lutenyl, santa e 200 dan disuruh balik 10 hari kedepan. Selama 4 hari sy konsumsi, tetap mengeluarkan flek coklat dok. Dari awal payudara terasaa nyeri dok, perut kanan kiri bagian bawah dan pusar kadang nyeri juga. Kata teman gejalanya sperti org hamil disarankan utk testpack. Td pagi sy coba testpack 3kali sekaligus dg 2 alat berbeda. Hasilnnya 2garis dok. Jadi sy ini kenapa ya dok? Rencana mau periksa lagi takut keliru, karna sy pernah keguguran dan dikiret bln Oktober lalu dok. Mohon penjelasannya, sebelumnya sy ucapkan terimakasih banyak dok.

    1. Saya tidak berani menyimpulkan Bu, krn hrs diperiksa detil. Sebaiknya periksa lagi 10 hari ke depan sesuai kata dokter.

        • Norma on 23 Agustus 2017 at 14:57
        • Balas

        Dokter Harris, kalau seandainya saya check di tempat prakteknya dokter bisa ya dok? karna saya butuh penjelasan dan diperiksa secara detail.

        1. Ya boleh saja Bu

    • siti julaichah on 4 September 2017 at 16:26
    • Balas

    selamat sore dok, dok terakhir saya menstruasi 14 juni 2017, tanggal 17 juli 2017 saya opname dok. dan ternyata selama saya di opname saya sudh hamil dok dan saya tidak tahu. selama opname makan obat banyak dok,sebelum opname juga saya minum obat diare sampai 10biji dok. terus tanggal 13 agustus 2017 saya mengalami flek coklat dan dikasih obat penguat. apakah janin saya tidak apa2 dok?

    1. Ya sebaiknya diperiksakan Bu.

    • ROSITA FIRDYANTI on 5 September 2017 at 13:41
    • Balas

    dokter, saya hamil jalan 6 minggu ingin periksa ke dr. harris di graha masyitoh bgmn caranya?
    apakah hrs dtng lgns k klinik dokter atau bisa via tlp untuk daftar?

    Bila ingin USG , minggu keberapa saya bisa menemui dokter untuk Cek kondisi janin ?

    Jika rutinitas periksa ke Dr Harris , bagaimana dengan persalinannya ? RS mana yang akan dituju oleh Dr Harris ? Apakah RS Dr Soetomo sesuai terdaftarnya Dr Harris ?

    terima kasih byk atas informasinya

    1. Saya email ya

    • Dewi Ayu on 28 September 2017 at 19:55
    • Balas

    Selamat Malam dokter, Saya ingin bertanya :
    saya baru menikah selama 2 minggu, kmrn tgl 26 Sept 2017 saya tes kehamilan di puskesmas terdekat dan hazilnya positif. Kemudian saya ke RSU saya USG masih belum nampak tanda” hamil. Dar tanggal 18 Sept saya mual dan muntah dan stlh saya periksa tgl 26 nya saya diberi obat asam folat. Tapi sudah 3 hari ini saya gatel” merah” berpindah pindah tempat. Saya tidak mual dan muntah. Hanya gatal” merah dan terkadang rasanya panas.

    kira” itu kenapa ya dokter
    Terimakasih

    1. Gatal kemungkinannya banyak, jamur atau alergi juga bisa. Kepastian Kehamilannya tunggu USG berikutnya

        • Dewi Ayu on 29 September 2017 at 19:14
        • Balas

        Terimakasih dokter Harris atas jawabannya,

    • Wei on 8 Oktober 2017 at 23:50
    • Balas

    Selamat malam dok, saya mau tanya bulan maret-july mens saya lumayan teratur berkosar aktr tgl 3-7. Kemudian tiba2 di bulan agustus saya tidak mens. Saya ke dokter katanya telat mens, kmdn dikasih obat mens. Belum saya minum obatnya selamg brp hari saya mens tgl 3 september – 7 september. Trus iseng2 tgl 3 ooktober ini saya Tp dan hasilnya positif cuma garis keduanya agak samar, besoknya saya TP lagi dan positif dan masih agak samar, lusanya saya Tp lagi dan hasilnya agak jelas dibanding dua test 2 hari sebelumnya. Saya mau tanya apakah saya postifi hamil? Atau karena efek mau mens aja? Dan kira2 bulan apa saya perlu usg ke dokter?

    Sebelumnya saya prnh mengalami keguguran bulan 2 kmrn, waktu di usg blm nampak janinnya, dan kantongnya jg belum ada, trus ada felk, lalu pergi di usg lagi 2 minggu kemudian,pas mau usg transvaginal gt dokter blg ga nampak janinnya dan jg tidak ada tanda2 hamil diluar kandungan, pas dokter cabut alatnya ada keluar jaringan/gumpalan darah gt, kata dokter lepas.. lalu dikasih obat bersih darah, sejak itu mens nya lancar sampe bulan agustus itu yg nggk mens sama sekali. Apakah bs terulang kayak gitu dok? Saya takut soalnya makanya blm berani usg.

    Terima kasih sebelumnya dok.

    1. Gak perlu takut Bu, segera USG ya

    • puteri on 25 Oktober 2017 at 19:55
    • Balas

    Malam dokter…tgl 20 september 2017 saya kuret dengn dokter harris karena keguguran kehamilan 7 week…sampai skr blom M..,bagaimana menurut dokter

    1. Ditunggu saja Bu, normal saja kok

    • Neela on 9 November 2017 at 10:10
    • Balas

    Pagi dok.. Salam kenal..
    Saya mau tanya.. Mens terakhir saya 27 feb-5 maret. Hpl nya tanggal berapa ya dok kira-kira besok?
    Kalau pinggul saya kecil apa bisa tetap lahiran secara normal?
    Trimakasih mohon pencerahannya…

    1. Perkiraan Senin, 4 Desember 2017. Kalau kecil secara umum susah untuk lahiran normal. Biar dokter yg menentukan bisa tidaknya lahiran normal atau sesar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.