Induksi Ovulasi


Sumber gambar: wecareindia.com

Yang dimaksud dengan induksi ovulasi adalah proses merangsang ovulasi dengan menggunakan obat. Terapi hormonal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembentukan ovum serta pengeluarannya.

Jadi … digunakan untuk meningkatkan kemampuan reproduksi dan sebagai ‘pemaksa’ untuk pasien yang tidak dapat melakukan ovulasi sendiri. Umumnya untuk terapi pasien yang menderita endometriosis dan siklus mens yang tidak teratur.

Dalam hal terapi kesuburan, ini digunakan untuk menambah banyak tekur yang matang dalam satu siklus sehingga diharapkan meningkatkan keberhasilan pembuahan.

Sedangkan untuk pasien yang ingin menormalkan siklus haidnya, terapi ini bisa menghasilkan telur yang sehat.

Penderita PCOS juga bisa memanfaatkan terapi ini, karena pasien PCOS mengalami haid tidak teratur, masalah ketidaksuburan, jerawat, berat badan berlebihan, tumbuh bulu berlebihan serta gangguan hormonal lainnya. Dampak selanjutnya bisa menderita diabetes mellitus dan penyakit jantung.

18 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Dewi artika on 5 Agustus 2017 at 04:01
    • Balas

    Hallo dokter.. sy dewi yg bln kmarin sdh bertemu dgn dr.haris dan diberi resep obat induksi ovulasi untuk diminum pada haid hari ke 3 jdwl bln juli kmarin tapi sampai saat ini sy blm jg haid dokter jd sy masih blm minum obat yg diberi sm dokter.. bagaimana dok apakah sy perlu ke klinik utk tindakan lbh lanjut lg atau sy hrs menunggu smpai haid sy dtg kemudian minum obat resep dr dr.harris?

    1. Kontrol lagi aja waktu haid

    • rifa on 5 Oktober 2017 at 08:07
    • Balas

    Pagi dok, saya sudah 3 bln berturut2 promil dengan dsog, 2 siklus dengan minum obat oral dan 1 siklus dengan obat oral+ suntik penyubur tapi tiap usg TV sel telur saya selalu kecil ga besar, padahal haid saya teratur tiap bulan dan saya juga mengalami masa subur seperti cairan kental yang keluar seperti Lem/putih telur, jadi kira2 masalah saya itu dimana ya dok, karena dsog cuma bilang masalah hormon tapi tidak menjelaskan secara detail dan mohon solusinya dok jika suntik penyubur tidak mempan cara apalagi yang harus dilakukan untuk bisa ovulasi..Terima kasih..

    1. Solusi infertilitas itu bertahap Bu, dari yang mudah & murah lalu ditingkatkan ke yang lebih sulit. Nanti biar ditentukan dokternya tahap berikutnya apa. Karena beliau yg tahu kondisinya.

        • rifa on 5 Oktober 2017 at 09:51
        • Balas

        Saya menjalani secara bertahap selama 3 bln tapi difokuskan ke saya, Karena sel telur saya susah berkembang, kata dsognya klo sudah disuntik tapi belum masih kecil juga hrs dicari tau penyebabnya dengan Cara lain seperti laparoskopi, tapi saya blm terpikir sampai kesana karena saya sudah hidrskopi hasilnya Alhamdulillah lancar kemudian dari suami juga belum diperiksa apa apa tapi kenapa dsog langsung menawarkan laparoskopi, apakah saya harus laparoskopi atau ada cara lain ya dok?terima kasih

        1. Bisa jadi menurut hasil pemeriksaan beliau, langkah selanjutnya adalah itu

    • Tya on 23 Januari 2018 at 21:53
    • Balas

    Dok, setiap masuk masa subur perut bagian bawah saya kembung trs terasa agak sakit di bagian kiri. Apakah normal ya dok? Ada hubunganya sama hidrosalping yg saya alamin ga ya dok?
    Terima kasih dok

    1. Harusnya tidak ada rasa kembung. Kalau hidrosalping-nya sudah sembuh mestinya tidak menimbulkan rasa sakit.

    • Harne_tsabbita on 22 Juni 2018 at 19:51
    • Balas

    Dok, induksi ovulasi itu dilakukan saat haid atau setelah haid bersih ya?

    1. Tergantung kasusnya Bu. Misal klofimen sitrat diminum mulai hari ke 2-3 haid dll dst.

    • Fadillah sani on 17 Juli 2018 at 15:06
    • Balas

    Dokter.. Saya hanya ingin tau bagaimana kondisi rahim saya dan ingin memperbaiki menstruasi saya yang tidak teratur.. Kalau saya periksa mulai dini, bagaimana ya dok?

    1. Memang sebaiknya segera periksa Bu

    • Inayah on 5 Desember 2018 at 23:11
    • Balas

    Dok saya ingin bertanya, apakah penderita sindrom kallman dg kondisi prolaktin yg rendah bisa memperoleh keturunan hanya dg bayi tabung? terimakasih dok, sy harap dokter bersedia membantu menjawab :”)

    1. Susah mendapatkan kehamilan Bu. Tergantung kadarnya dan apakah sindromnya diterapi atau tidak. Kebanyakan tidak mengalami atau lambat pubertas dengan ciri kelamin sekunder yang tidak berkembang.

        • Inayah on 6 Desember 2018 at 14:25
        • Balas

        kalo sindromnya selama ini diterapi dok, tapj prolaktinnya yg memang sgt rendah (katanya). apa tetap susah mendapat kehamilan dok? dan apakah hanya bisa dg bayi tabung? mohon jawabannya ya dok

        1. Susah atau tidaknya tergantung progres terapinya bgmn Bu. Coba dikonsulkan ke dokter yg men-terapi, krn beliau yg pegang data diagnosanya.

        • Inayah on 6 Desember 2018 at 14:35
        • Balas

        oh iya dalam kasus ini, dilakukan terapi hormon dok jd perkembangan sekundernya berkembang. nah pertanyaan saya, apakah dg kondisi sindrom kallman seperti ini hanya bisa promil melalui bayi tabung? qpakah tdk ada jalan lain?
        semoga dokter bersedia membalas pertanyaan saya. mohon maaf banyak bertanya

        1. Jalan terakhir memang bayi tabung Bu

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.