Sep 08

Hamil Sungsang

Yang dimaksud hamil sungsang adalah kondisi letak bayinya yang mengalami kelainan. Bayi normal letak kepalanya terletak di bawah dekat mulut rahim. Sedangkan pada hamil sungsang letak pantat atau kaki bayi justru berada di bawah dekat mulut rahim.

Persalinan sungsang ini bisa menjadi hal yang sangat berbahaya, baik untuk ibu maupun bayinya. Dalam prosesnya, persalinan sungsang ini kita berusaha untuk mengeluarkan bayi dimana yang keluar duluan adalah pantat atau kaki bayi.

Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan psikologis buat ibu hamil.. Dimana tekanan psikologis ini justru tidak menguntungkan dari sisi ibu saat melahirkan.

Menurut penelitian kejadian sungsang ini adalah antara 3% hingga 4% kehamilan.

Letak bayi di dalam kandungan sebenarnya tergantung gerak atau adaptasi bayi terhadap ruang gerak di dalam kandungan sang ibu. Saat umur kehamilan belum mencapai 8 bulan, ruang gerak bayi masih sangat bebas.

Saat kehamilan menjadi lebih tua, proses pembesaran janin lebih cepat tetapi sebaliknya air ketuban cenderung berkurang.

Bisa jadi saat bergerak bokong bayi cenderung memilih tempat yang lebih leluasa.

Penyebab lain kondisi bayi sungsang ini adalah:

  • Bentuk rahim kurang lonjong
  • Panggul ibu sempit
  • Faktor gerakan bayi itu sendiri
  • Kelainan bentuk kepala bayi, misal hidrocepalus

Salah satu gambar contoh bentuk sungsang

2 comments

    • Amalia on 7 November 2017 at 14:54
    • Balas

    Asalamuallaikum dok, sy amalia dr bdg kehamilan sy skrg 25week dgn berat janin 890g. Dokter sy blg janinnya belum menempel ke panggul masih muter2 tapi keadaan sy dan janin sehat baik katanya, apakah itu maksudnya sy hamil sungsang dok? Apakah masih ada kemungkinan janin saya bisa berubah ke posisi seharusnya? Atau ada tindakan untuk membuat janin ke posisi normal?

    1. Wa alaikum salaam. Kalau umur segitu janin masih bisa muter Bu, yg penting sehat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.