Mengetahui Usia Kehamilan Dengan USG

Cara yang lazim dalam mengetahui usia kehamilan adalah dengan mengitungnya berdasar HPHT (Hari pertama Haid Terakhir). Bila ibu ingat HPHT-nya bisa menggunakan Kalkulator Kehamilan di sini.

Namun kadangkala ibu hamil lupa mencatat kapan HPHT-nya. Untuk itu diperlukan sebuah cara yang dirasakan cukup akurat untuk menentukan usia kehamilan ibu hamil.

Pemeriksaan USG

Dengan USG usia kehamilan bisa ditentukan dengan akurat. Paling akurat jika dilakukan USG maksimal pada minggu ke 12. Jadi lakukan pemeriksan USG pada awal-awal kehamilan.

Jika dilakukan pada kehamilan muda maka selisih ketelitiannya paling besar hanya 1 minggu jika dibandingkan dengan perhitungan menggunakan HPHT.

Cara Menghitung

Cara menghitung usia kehamilan dengan USG adalah dengan kombinasi parameter:

  1. BPD: Biparietal Diameter. Yaitu ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan
  2. FL: Femur Lenght. Yaitu ukuran panjang tulang paha bayi
  3. HC: Head Circumferensial. Yaitu panjang lingkaran luar kepala
  4. AC: Abdominal Circumferencial. Yaitu ukuran lingkaran perut bayi




Dari kombinasinya didapatkan usia kehamilan (Weeks Gestation) dalam hitungan minggu seperti di bawah.

Banyak manfaat lain jika pemeriksaan kehamilan menggunakan USG, tidak cuma menghitung usia kehamilan saja. Jadi jangan ragu-ragu untuk segera periksa di kehamilan awal.

211 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Wiraksini Naditya on 25 Agustus 2016 at 00:05
    • Balas

    Dok, kalau berbeda 2 minggu antara perhitungan usg dan hpht bagaimana? ( usg 32w, hpht 30 w) apakah normal dok? Terima kasih

    1. Normal kok Bu, patokan melahirkan kan bukan hpht saja.

        • Rosalina on 12 Juni 2019 at 14:38
        • Balas

        Saya jg begitu dok menurut usg sekarang sudah 40 mggu klau hpht bru 38 mggu jd gimana baiknya? Disuruh lahiran sekarang belum ada kontraksi..

        1. Ikut kata dokter (USG) Bu

    • Wiro on 20 September 2016 at 03:53
    • Balas

    Mau tanya, terakhir haid 07/08/16. Sekarang telat haid, tapi keluar flek coklat yg mendekati siklus haid tp sedikit. Trs sy kira mau haid. Tp mulai tgl 10/09/16- 17/09/16 itu ternyata tidak haid tp flek coklat tua tua mulai banyak. Sy lira keputihan, tp kok g berbau juga vagina tidak gatal. Trs sy coba test pack tgl 18/09/16 ternyata positif. Lalu sy Periksa ke obgyn, di us tidak terlihat kantong dlm rahim. Selanjutnya usg lewat vagina, terlihat kantong dlm rahim tp blm jelas. Disuruh kembali 2 minggu lagi. Tgl 20/09/16 sy test pack lagi hasilnya positif. Apakah itu normal?

    1. Normal saja, tunggu hasil pemeriksaan 2 minggu berikutnya sesuai saran dokter Bu.

    • Elsa qweena on 27 September 2016 at 17:35
    • Balas

    Maaf mau tanya dokter.
    Saya haid terakhir 3 agustus 2016. Hasil tp (+)
    Saya usg tapi hasilnya belum ada janinnya, hanya ada kantung kehamilan.
    Kata dokternya bisa jadi salah hitung perkiraannya atau bo.
    Kalau di usg trans.v apa bisa membantu melihat janinnya ?
    Untuk biaya trans.v berapa ?
    Terima kasih

    1. Kalau umur 9 mg blm kelihatan, bisa jadi BO

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:36
    • Balas

    Saya udah 4x tespek celup hasilnya (+). Tp tadi kontrol udah 8 minggu di usg dan usg vagina g ada kantong. Di sarankan tespek tetes. Hasil tespek tetes di rsia ttp (+), akhirnya disuruh lab darah. Obgyn bilang kesalahan dari urine, gimana?

    1. Percayalah sama dokternya Bu

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:41
    • Balas

    BO itu apa?

    1. Silakan baca ini bu
      http://www.harris-spog.com/?p=684

    • elita on 4 Oktober 2016 at 14:37
    • Balas

    Dok kalo ukurannya dibawah angka dlm tabel itu normal gak dok?
    22mgu Bpd 4.80cm; fl 3.98cm; ac 17.36cm
    trimakasih

    1. Berarti usia janinnya menyesuaikan, gak harus sama persis Bu

        • Laili on 29 Maret 2019 at 07:37
        • Balas

        Dok mau tanya berapa selisih batas normal BPD dan AC

        Hpht 38w4d

        Hasil USG:
        BPD: 96,35mm (39w2d)
        AC: 304,43mm (34w2d)
        EFW : 2982 gr

        Apakah dlm kategori masih normal dok. Terimakasih atas jawabannya

        1. Artinya lingkar perutnya lebih kecil daripada rata2 janin. Tapi itu bukan masalah Bu, yang di tabel itu kan nilai rata2, faktanya sangat bervariasi.

    • Woro on 4 Oktober 2016 at 22:07
    • Balas

    B-HCG kuantitatif serum 6.634,0
    Apa artinya? Hanya sy kl aktivitas yg dibawah normal ttp keluar flek. Tp kl cuma duduk n tiduran aktivitas Hampir nol g ada flek.

    1. Hormon hCG (= human chorionic gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi selama masa hamil.
      Kadar hCG kurang dari 5mIU/ml dinyatakan tidak hamil (negatif) jika kadarnya diatas 25mIU/ml kemungkinan positif suatu kehamilan

    • Wiro on 5 Oktober 2016 at 14:59
    • Balas

    Terus dr Hasil lab tersebut saya hamil dipastikan hamil apa tidak?

    1. Belum bisa dipastikan, krn hasil lab belum mengarah ke ‘pasti hamil’

    • woro on 7 Oktober 2016 at 16:07
    • Balas

    Saya merasakan kedutan dan sering kentut. Ini pertanda apa? Apakah hal ini wajar? Karena sblmnya tidak pernah mengalami hal ini.

    1. Seperti halnya sakit kepala dan sakit panas, penyebabnya bisa banyak, harus diperiksa dulu.

    • Atika sari dewi on 30 Oktober 2016 at 22:16
    • Balas

    Dok, saya mau inseminasi buatan… Kira2 biayanya brp ya dok?

    1. Mahal Bu, ‘nanamnya’ saja dulu 40jt, itu blm lain2

    • Fanny on 24 November 2016 at 13:25
    • Balas

    Dok mau tanya,utk usia khmilan 17mnggu. Ap boleh utk di USG 4D dan apa sdh bisa klhatan jnis klaminnya ?

    1. Sebaiknya sedari awal sudah kontrol ke dokter Bu
      Untuk kelamin janin bisa baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=714

    • Riri on 25 November 2016 at 13:54
    • Balas

    Dok mau tanya, HPHT saya 30 sep 2016, Tgl 23 Nov 2016 saya periksa ke dr.spog dan di usg transV hanya kelihatan kantung janinnya usia 5w6d dok dg ukuran SG 2,01cm janinnya belum terlihat. kata dokternya dikhawatirkan BO. apakah benar dok ? dan 2minggu lagi disuruh check up ulang. mohon penjelasannya dok.

    1. Jika janin tidak nampak, kemungkinan memang BO

      • Qurrotul aini on 16 April 2019 at 23:55
      • Balas

      Dok kmren saya usg
      BPD : 53,13mm
      Ac : 161,69 mm
      Efw : 445 g
      Apakah itu normal dok ?

      1. Umur janin brp?

    • rini on 5 Desember 2016 at 16:04
    • Balas

    dok hpht sy 30 oktober memang saat itu sy belom telat dan memang haid sy ga teratur . saat itu sy ga enak badan keklinik dan dianjurkan kbidan krn ciri2 pusing dan mual.. dr bidan ditp positif kmudian 3 hari setelahnya diusg pada tgl 28 november belom kelihatan apa2 . tp dr kmren2 smpai skrng sy test pack sendiri knp negatif dok?

    1. Coba saya periksa Bu

    • eka on 6 Desember 2016 at 09:47
    • Balas

    selamat pagi dokter . dok saya mau tanya, apakah usia kehamilan 22-23 minggu sudah terlihat jenis kelaminnya dok jika di USG ?
    maaf dok, biaya USG 4D berapa ya dok ?, trim’s banyak dokter

    1. Sudah bisa kelihatan, tp tergantung posisi janinnya.

      Saya email ya

    • Uut on 15 Desember 2016 at 12:32
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di graha masyitoh, usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter…

    1. Saya email Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:27
    • Balas

    Dok email saya jg dok.. saya sama kek dia

    1. Saya email Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:30
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter

    Tlg dok. Ni anak saya pertama

    1. Saya email Bu

        • Rina on 3 April 2017 at 00:11
        • Balas

        Dok email saya juga ya. Saya sama kayak kasus ini. Mksih

        1. Saya email ya

          • putri on 18 Januari 2018 at 10:07
          • Balas

          sy jg dok

          1. Saya email ya

            • tiwi on 13 Februari 2018 at 06:32

            Saya juga mau di email dok, kejadiannya sama
            Mksh

          2. Saya email ya

    • Lina on 9 Februari 2017 at 10:05
    • Balas

    Dok sy ingin bertanya, skrg sy hamil uk 35 week. Saya punya riwayat sakit ambeien dok dan sudah keluar anus, kebetulan saat sy menulis ini ambeien sy kambuh dok. Yang ingin sy tanyakan bahayakah kalo nanti saya melahirkan normal sdg hpl sdh dekat? Terima kasih

    1. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=674

      • Norhayati on 30 Mei 2019 at 11:40
      • Balas

      Dok semalam saya usg ke dokter. Hasilnya ada kantung janin 1,39cm. Tapi di tespek sama dokternya negatif dok. Hpht saya 31 maret berarti sudah 8minggu 3 hari. Sedangkan di usg usia kehamilan 5 minggu 2 hari. Apakah itu normal dok?

      1. Biasanya dokter meminta untuk kontrol bbrp minggu lagi.

    • Intan on 11 Februari 2017 at 18:45
    • Balas

    Dok kalo sy ingin USG 4D di usia kehamilan 30 minggu apa bisa dok?tetapi sy br sja priksa USG 2D di usia khmilan 28 minggu.atau sebaiknya sy mnunggu usia kehamilan 32/33 mnggu dok?sy ingin priksa 4D tp rmh sy jauh soalnya.trmksih

    1. Gpp Bu, USG itu aman kok

    • nita pratiwi on 25 April 2017 at 12:58
    • Balas

    dr. mau nanya 10bulan lalu saya kuret & saya kuret nya ke dr.haris alhamdulillah sekarang sudah hamil lagi dr tapi dikehamilan yang sekarang pinggul sy knp sakit bgt ya dokter kadang sampe ga bisa jalan

    1. Coba periksa saja Bu

    • Anggun Dwi on 19 Agustus 2017 at 21:54
    • Balas

    Dok sy mw tanya…
    Kmrin pas usia 12week..sy usg dgn dr yusuf…

    Yg mw saya tanyakan…
    umur kehamilan segitu apa sdh tumbuh anggota badan dari bayinya…??

    Krn saat di USG kata dr yusuf bayix baik n normal…

    Tp pas tampilan yg 4D…
    Sy hax bisa melihat kepala n badan bayi.nya sj…
    tp sy tdk melihat tangan n kakix…

    Itu bgaimana dok…??

    1. Msh 4 bulan ya blm jelas lah Bu anggota badannya. Jangan terlalu khawatir Bu, yg penting sehat

    • Inggit on 9 September 2017 at 12:52
    • Balas

    Dok, sy mau tanya, tgl 18 agustus 2017 sy sakit flu (pilek dan batuk) kemudian sy konsul ke dr spog sy dan usg trnyata tidak ada masalah. Hasil usg waktu itu menunjukkan usia kehamilan sy 7 week. Kemudian tgl 7 september 2017 adalah memang jadwal kontrol kedua sy n hasil usg menunjukkan usia kehamiln 8w5d, apakah usia itu sesuai dok? Krn kalau diliat secara awam dari tgl 18/8/17 ke tgl 7/9/17 itu sekitar 2 minggu lebih tp knp usia kehamilan sy baru 8w5d..mohon penjelasannya dok.tks

    1. Kalau umur versi USG tergantung ukuran janinnya. Normal saja itu Bu

    • Aliani on 25 September 2017 at 20:40
    • Balas

    Dok saya hamil usia 8 minggu. Setelah usg kok blm ada gambar dedenya ya?

    1. Yg baru kelihatan kantung kehamilan

    • Fitri on 6 Oktober 2017 at 21:26
    • Balas

    Dok saya hamil 23w di tes urin hasil nya + infeksi saluran kencing, itu berbahaya ga dok?

    1. Infeksinya harus disembuhkan. Umumnya sakit panas tinggi

    • Ahmad fatoni on 10 Oktober 2017 at 02:08
    • Balas

    Dok,mw tanya perihal kehamilan pertama istri saya,pada hr Sabtu pg istri saya kaget /kecapekan,,,trus siang nya kluar darah,sore saya bawa k bidan,katanya gpa” & dikasih obat penguat kandungan,mlam hrinya smpe Minggu malam disertai nyeri diperut bawah,trus aq bawah USG 2D Senin sore ,n hasilnya katanya janin belum terlihat,kantong ada,,sAma dok.d anjurkan d kuret,,apa ni hamil BO dok,,usia kandungan 7w0d ,GS 2.05cm,,,tolong pencerahannya dok.makasih

    1. Kalau ada kantung, tapi janin tdk ada berarti BO.

    • Widi on 4 November 2017 at 17:53
    • Balas

    Dok ,apakah usia kehamilan bisa lompat walo pake usg? Saat tgl 20/10/17 usia 36w tp knp saat tgl 27/10/17 hitungan menjadi 40w..apakah bisa seperti itu dok ?

    1. Normalnya tidak, tapi tergantung juga beberapa parameter pengukuran saat dilakukan USG

    • yuli on 19 November 2017 at 12:51
    • Balas

    dok, saya hamil +-5w
    kmrn saya di usg trans v, dan hasilnya kantung janin saya bentuknya pipih/irreguler yg mana normalnya bundar.
    kemudian saya disarankan dokter balik lg 1 minggu kemudian apabila tdk ada perubahan, makan kandungan harus diluruhkan..
    itu gmn ya dok?

    1. Maaf Bu, kemungkinan pernyataan dokternya benar.

        • yuli on 21 November 2017 at 09:11
        • Balas

        tapi tidak pernah terjadi dlek dok..
        apa ada kemungkinan kantung janinnya normal lagi?

        1. Tidak selalu flek. Coba nanti kondisinya dilihat saat periksa berikutnya ya Bu

            • yuli on 21 November 2017 at 10:27

            itu biasanya penyebabnya kantung janin pipih apa ya dok?

          1. Penyebabnya bisa dibaca di sini: http://www.harris-spog.com/?p=684

    • melan on 25 November 2017 at 15:57
    • Balas

    dok, saya mau tanya ini penting bgt buat saya dok karena bbrp hari ini saya stress memikirkannya.
    tgl 22 nov kemaren saya kontrol USG dengan kehamilan 33 minggu dari HPTH , dengan hasil:

    BPD : 9.09 cm
    GA 36 w6d

    AC 27.08 cm
    GA 31w1d
    EFW 2143g
    GA 32w6d

    FL 7.24
    GA 37w0d

    yg ingin saya tanyakan dok, kenapa perhitungannya bisa ke usia kandungan 36 w dan 37 w? apa ada kelainan dg janin saya dok atau dokter yg memeriksa saya waktu itu slah ukur??
    sy tunggu jawaban dokter. terimakasih banyak dok atas penjelsannya.

    1. Beda hasil umur USG dengan HPHT itu biasa Bu, kalau USG berdasar parameter ukuran janin

    • Galuh on 5 Desember 2017 at 21:12
    • Balas

    Saya sedang hamil dr pemeriksaan usg usia kandungan 16week3days BPD 33,75 mm.detak jantung janin 153/menit..normal gak janin saya dok?

    1. Normal saja, silakan dicocokkan dengan ini http://www.harris-spog.com/?p=791

    • Benny lestari on 23 Desember 2017 at 19:02
    • Balas

    Dr saya mau tnya nih apakah usg umur 5w dr perhitungan hpht memang belom kelihatan janinya ya dok.saya 2bulan lalu habis kuret krn masalah BO…apakah BO itu bisa berulang ya dok?

    1. Tidak selalu dan tidak sama untuk setiap kasus kehamilan.
      BO tidak selalu berulang, artinya tidak berhubungan dengan BO sebelumnya

    • Dewi on 7 Januari 2018 at 02:29
    • Balas

    Slamat malam dok, sekarang usia kehamilan saya menginjak 40 minggu dan 30 persen plasenta sudah mengalami pengapuran minggu ini harus segera dilahirkan tpi BPD bayi saya 9.09cm seperti usia 36-37 minggu… Apa itu masih bisa dibilang normal dok saya, itu bukan tanda2 hidrochephaly kan dok…

    1. Kalau hidrosefalus malah besar.

    • Ny. Wibowo on 19 Januari 2018 at 05:58
    • Balas

    Dok saya menikah tgl 26 desember 2017
    Lalu haid terakhir saya sekitar tgl 5 desember 2017
    Setelah menikah saya gak haid.. Periksa tgl 17 januari
    Kata dokter saya di usg usia kehamilan saya 4 mg tapi usia pernikahan saya belum 1 bulan dok
    Itu gimana yah dok? Apa perhitungan Usg yg tidak cocok?

    1. Cocok Bu, USG ngukurnya berdasar GS

    • Tanty on 12 Februari 2018 at 15:21
    • Balas

    Hallo dok..
    Dok haid terakhir saya tagl 13 agustus 2017, kalau di hitung usia kandungan saya sudah 25 minggu tapi waktu di usg tgl 5 feb baru 20 week,, kenapa bisa beda jauh ya dok? Sy jadi khawatir sx dok,
    Mohon pencerahannya dan balasannya

    1. Gpp, kalau USG dasarnya GS

    • Fakentine on 18 Februari 2018 at 21:51
    • Balas

    Dok saya mau tanya .. HPHT saya kan tgl 16 Juni 2017 , jadi HPL bidannya tgl 23 Maret .. Saya usg pertama itu kan tgl 5 Agustus dan hasilnya janin baru 5w2d jadi HPLnya tgl 5 April , Dan saya disuruh balik 1 bulan lagi karna takutnya janin tidak berkembang ..
    Tgl 16 sep saya usg yg kedua , dan disitu terlihat usia kandungan saya 12w0d Lalu HPL maju jadi 31 maret , dan alhamdulilkah janin saya sehat kata dokternya .. Setelah itu saya usg berturut2 HpLnya tgl 31 maret dok ..
    Yg ingin saya tanyakan , lebih akurat HPL yg mana ya dok ?? Yg dari HPHT , atau Usg yg 5w Apa justru yg 12 w ..?? Mohon dijawab ya dok .. Trimakasih

    1. Sama2 akurat, cuman kalau USG (Dokter) parameter penentuan usia kehamilan memakai dasar perkembangan janin

    • Renida on 28 Februari 2018 at 19:37
    • Balas

    Dok sy mau tanya.sy hbs prg usg tuk pertama kali.hpht tgl 11 sep 17 brarti sdh 24w2d tp kata dokter yg usg baru skitar 22- 23 mingguan.ap kah ini normal.dokter td yg memeriksa lg terburu2 krn ad pasien yg mau d operasi,jd sy tdk bs bertanya byk.d suruh dtg 4 minggu lg.mohon penjelasannya dok …

    1. Gpp normal saja itu Bu, kalau USG dasar perhitungannya ukuran janin

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 13:09
    • Balas

    aslamualaikum dok.dok saya mau nyak saya hamil usia kehamilan 30 minggu dan ank yg pertama cesar skrang ank yg pertama umur 3,5 dan skrang saya pnya asma hmbir stiap hri kmbuh ap bsa lahir normal dok.

    1. Tergantung kondisi asmanya bgmn Bu. Harus diperiksa dulu. Kalau berat & tiap hr kambuh, sebaiknya sc

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 14:25
    • Balas

    soalnya td mlm tu kmbuh dok dan klau gk di buat batuk nafas saya sesak bgt smpai muntah” dan sakingg saya buat batuk sama muntah tak ada hentinya perut saya sakit sampai sakrang. krna saya gk tahan akirnya saya pergi ke dokter di priksa dan di ksih obt asma smpek rmh saya minum dan agak mendingan skrang.

    1. Semoga segera membaik ya Bu

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 14:54
    • Balas

    iya mksih dok.tp nti saya tgl 7 mau kontrol di rs puraraharja dok ap nti yg nagani dokter jg.trimakasih.

    1. Bisa, daftar ke poli ya Bu

    • nana yuliana on 1 Maret 2018 at 17:41
    • Balas

    iya mksih bnyak dok

    • ayuu on 6 Maret 2018 at 15:14
    • Balas

    dok, hpht sy 19 des 2017. sudah seminggu ini ngeflek sdikit2, ttpi perut tdk terasa sakit. ketika di usg abdomen, kantung kehamilan berukuran 28,6mm ttpi janin tidak terlihat. 2 minggu lagi disuruh kembali kontrol, apakah ada kemungkinan janin terlihat dok? atau sy hrus coba usg transV? terimakasih.

    1. Tunggu 2mg lagi Bu. Sepertinya USG perut sdh cukup

    • Eka on 27 Maret 2018 at 05:27
    • Balas

    Selamat pagi dok
    Saya mau tanya dok, untuk HPHT saya tgl 27 september 2017, saya USG tgl 26 maret 2018. Dari hasil USG UK 22 – 23 mgg, tpi kalau di hitung dari HPHT untuk UK saya 25 – 26 mgu, di sini ada perbedaan 3 mgguan dok. Pada saat itu dokter bilang janinnya dalam keadaan sehat tetapi masih belum bisa menentuka HPLnya, dan saya disuruh periksa 4 mggu lgi. Yg saya tanyakan apa dg UK dri hasil USG dan perhitungan HPHT yang selisih sampai 3 mggu, kemungkinan bisa terjadi IUGR dok?

    1. Gpp, jangan terlalu risau. Ikut kata dokter saja Bu

    • Vany on 3 April 2018 at 07:53
    • Balas

    Dok saya mau tanya saya tgl 25febuari saya mengalami keguguran dan berlangsung satu minggu, lalu saya berhubungan dengan suami saya satu kali dan mengeluarkan diluar. Bulan maret ini saya belum mendapatkan mens dan saya pun tp hasil – terus ke dokter spog gak hamil sudah di usg. Uterus nya 6.78cm katanya normal. Terus sya dikasih obat norelut katanya udh menstabilkan hormon. Apakah saya hamil dok? Saya mau kirim hasil usg saya kemana ya

    1. Kemungkinan gak hamil Bu, kl habis abortus kadang memang haid jadi mundur. Boleh diemail ke saya

    • lelen on 3 April 2018 at 08:29
    • Balas

    dok ,,dari hpht usia kehamilan sy 9minggu6hari namun secara usg usia janin baru 7minggu6hari,ukuran janin sesuai dengan usia nya 7w6d,,namun dokter bilang kalau janin tidak berkembang dan menyuruh sy kuret besok pagi. apa yg sebaiknya dilakukan dok??

    1. Kalau memang tdk ada janin harus dikuret Bu, ikuti saran dokternya

        • lelen on 9 April 2018 at 08:04
        • Balas

        janin nya ada dok,,cuma antara usia kehamilan dan usia janin ada perbedaan 2minggu, usia janin lebih kecil 2minggu daripada usia kehamilan. apakah berbahaya dok

        1. Tidak apa2 Bu, dipantau terus ya (rajin kontrol)

    • Tya on 7 April 2018 at 23:50
    • Balas

    Dok, kalo bentuk janin usia kehamilan 3 ato 4 minggu lonjong, normal g y dok?
    Terima kasih dok

    1. Normal saja Bu

      • Kartika on 4 April 2019 at 23:16
      • Balas

      Dok saya mau tanya..?
      Hpht 31 jan 2019 saya usg tgl 14 feb 2019 usia kandungannya 4w4d
      Sedangkan kalo ikut hitungan hpht udah 5mingguan
      Apakah itu normal dok?

      1. Normal sekali itu Bu, gak usah khawatir

    • Larasati on 3 Mei 2018 at 06:26
    • Balas

    Dok usia kandungan saya masuk 36w 2d di cek bpdny 9,8 apa itu normal y? Soalny kata dokter spog ny itu msh trmasuk normal, mohon pencerahanny y

    1. Dicocokkan juga BB janinnya Bu: coba lihat ini http://www.harris-spog.com/?p=905

    • Nur Annisa on 16 Mei 2018 at 11:15
    • Balas

    Dok, kalau menurut hpht, HPL sy 18 mei 2018, beararti usia kandungan sy saat ini 38w. Sudah USG 4D di dokter spog usia 38w & berat janin 2,4kg.
    Lalu di usg di RS 3D, operator USG bilang usianya baru 34w. Itu berdasarkan ukuran janin.
    Lalu HPL sy ikut yg mana dok?

    1. Kalau umur kandungan sdh tua ikut USG

    • Liestianti P on 12 Juni 2018 at 22:28
    • Balas

    Aslkm. Dok saya d hpht hamil 28 w, tapi di usg sdh 32 w. Berat bayi pas saya cr tau cocoknya mmang untuk brat 32 w sih. Jadi yg betul yg mana ya? Takutnya krna saya terlalu bnyk kegiatan jadi perkiraan lahirnya lbh cepat. Trmksh

    1. Wa alaikum salaam. Ikut USG Bu

  1. mlm dok. mau tanya kmrin habis usg hasilnya
    BPD:8,77 / 35w3d
    AC:30,81 / 34w5d
    FL:6,75 /34w5d
    EFW:2645 /36w6d
    uk hpht 37-38w
    apa itu normal yah dok?

    1. Normal Bu, kurang lbh sama dg di tabel artikel saya

    • Indri on 3 Agustus 2018 at 20:32
    • Balas

    Dok,saya hamil 37 mgg. Hasil USG saya saat itu :
    BPD 88,6
    AC 319
    FL 66,5
    TBJ 2600-2700 gr
    Normalkah itu dok ? Karena dokter saya saat itu bilang,mgkin anak saya nanti lahirnya pendek.
    Sependek apa kira2 dok ? Apakah abnormal ?
    Terimakasih dokter

    1. Kira2 panjang tubuhnya lebih pendek drpd umumnya, FL-nya selisih 5,5mm daripada rata2 janin usia 37w. Tapi tdk usah terlalu dirisaukan Bu, itu kan masih bayi.

    • Fikri on 11 Agustus 2018 at 03:36
    • Balas

    Aslkm.dok saya mau menanyakan kehamilan.hpht istri tgl 12 Desember 2017,kami menikah tgl 20 Desember 2017 usia kandungan istri skrng sudah Minggu ke berapa dok,dan hpl nya kapan kira” dok.
    Makasih sebelumnya

    1. Wa alaikum salaam. Silakan dicek di sini Pak: http://www.harris-spog.com/kalkulatorkehamilan.php

    • Enno dian on 19 Agustus 2018 at 08:15
    • Balas

    Dok saya mau tanya.. Terakhir saya menstruasi tgl 12juni 2018.. Tgl 24 juli saya periksa d usg sudah ada kantung janin ukurannya0.49cm kata dokter perkiraan usia 3 minggu. Tgl 18 agustus saya dtng lg d usg br tertulis 4week3day.. Dan kantung janin berukuran 1.3cm tp belum terlihat si janin.. Apakah ini normal dok?? Usg sama hphl normal berbeda? 2 minggu lg saya d suruh k dokter lg. Apakah hamil 6 minggu sudah terdeteksi bakal janin? Mohon jawabannya.. Saya agak khawatir,wlp ini hamil k2 saya tp ini pengalaman pertama saya hamil tidak sesuai hphl dan usg.. Terima kasih

    1. Kadang2 memang blm kelihatan, sabar ya Bu, tunggu kontrol berikutnya. Beda usia janin wajar, umumnya untuk usia awal pakai hpl, untuk usia trimester atas pakai usg

    • Aza on 11 September 2018 at 19:24
    • Balas

    Dok..mnurut hpht usia janin saya 22 minggu.
    Kmrn saat komtrol USG didapatkan hasil :
    BPD : 4.81 cm (20w4d)
    HC : 17.13 cm (19w5d)
    AC : 16.93 cm (21w6d)

    Efw : 409.7 gram
    CUA : 21w1d

    Itu normal gak dok? Dan terutama ukuran HC nya sgitu itu terlalu kecil pa gk? Apkh ada indikasi mikrosefaly?

    1. Normal saja itu Bu, dipantau sampai minggu ke 38 ya

        • Aza on 12 September 2018 at 13:51
        • Balas

        Lingkar kepala (HC) yg hnya 19w5day di usia janin 22 minggu bneran gpp dok.. ? biasanya kan lingkar kepala lbih besar drpda lingkar perut. Ini baca2 di artikel harusnya di usia 22 week minimal HC skitar 180-190an mm?

        Standart dikatakan gk normal itu ktika ukuran HC minimal brp sih dok dr usia janin? Mohon pnjelasannya donk dok..saya sangat khawatir

        1. Setiap kehamilan itu uniq Bu, anak ke 1 dan ke 2 saja bisa beda. Apa dokter yg meng-USG bilang sesuatu?

    • Rika agustinendah on 12 September 2018 at 16:27
    • Balas

    Dok mau tanya, sya mnkh tgl 25juni 18 hpht saya tgl 5juni 18. Lalu saya tanggal 19 juli cek positif karna telat haid. Dan d usg tgl 2 agustus uk 6mg. Lalu tgl 23 agustus saya kntrol usg mnrt 8mg.. dan pada tanggal 12 september saya usg lagi kok uk 14mg ya dok.. dan setiap usg hpl berubah2. Apakah memang ini benar atau ada kesalahan pada kandungan saya ya dok. Terimakasih

    1. Kalau masih usia kandungan awal2, itu lumrah, nanti dipantau terus hingga akan melahirkan. Kontrol sesuai saran dokter ya Bu. Semoga sehat ibu dan bayinya.

    • Aza on 12 September 2018 at 16:59
    • Balas

    Dokter kmrn cuman bilang, janin saya agak kecil. Saya disarankan utk nambah asupan gizi. Mmperbanyak makan supaya berat janin nambah. Saya masih kepikiran terus dok

    1. Waktunya masih panjang Bu, coba diikuti saran dokternya. Semoga sehat semuanya ya Bu

    • Lisya on 19 September 2018 at 11:28
    • Balas

    Dok saya mau tanya terkait hasil USG saya di minggu ke 36 kehamilan, yang seharusnya HPL 10~10~2018
    Hasilnya:
    BPD 96,0mm (39w1d)
    AC 368,4mm (40w5d)
    FL 66.0mm (34w0d)
    EFW 3682g
    EDD27/9/18
    Yang saya tanyakan apakah normal dengan selisih keseluruhan hasil USG yang sangat tidak sesuai dengan usia kehamilan 36 minggu ini?
    Apakah saya lebih baik Sesar daripada Normal?
    Terimakasih sebelumnya

    1. Untuk usia kehamilan tua, USG lebih akurat Bu.
      Sesar atau normalnya harus ditentukan oleh dokternya Bu, tidak cuma lihat dari hasil USG, banyak yang harus dipertimbangkan.

    • Ajeng on 3 Oktober 2018 at 06:53
    • Balas

    dok, saya mau tanya ,
    kemaren saya kontrol USG dengan kehamilan 33 minggu 2 hari dari HPTH , dengan hasil:

    BPD : 9.40cm
    GA 38w2d

    AC 27.12cm
    GA 31w1d

    EFW 2225g
    GA 33w2d

    yg ingin saya tanyakan dok, kenapa perhitungan bpdnya bisa ke usia kandungan 38w y dok? apa ada kelainan dg janin saya, seperti herdosefalus, karna saya liat ukurannya melebihi usia kehamilan saya yg 33 w 2d
    sy tunggu jawaban dokter. terimakasih banyak dok atas penjelsannya

    1. Itu GA berdasar BPG, kalau GA berdasar AC lain lagi. Jangan terlalu risau, dokternya lebih tahu Bu, jadi tenang saja.

    • Defi kurniyawati on 3 Oktober 2018 at 11:42
    • Balas

    Selamat siang dok, saya mau tanya HPHT tgl 29juli 2018, tgl 1 sept saya TP + trus tgl 6 sept saya ke dokter tapi pas USG belum kelihatan. Sama dokter dikasih vit + obat penguat kandungan dan disuruh balik 2minggu lagi. Setelah 2 minggu tepatnya tgl 20sept saya periksa USG GA:5w3d GS:1,49cm. Tapi tadi pagi saya mengalami flek coklat muda sedikit(tanpa nyeri perut) , trus langsung saya bawa ke dokter. Pas di USG katanya janin tidak berkembang dan harus dilakukan kuret. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih sebelumnya.

    1. Kalau memang janin tidak berkembang harus diambil tindakan kuret Bu, sedih memang, tapi itu juga untuk kebaikan Ibu nantinya.

    • SitiRobiah on 18 Oktober 2018 at 12:52
    • Balas

    Dok sya mau tanya
    Sy usg d trimester1 hlp.y 25 nov
    Usg trimester2 hpl 16 nov
    Dan kmrin sy usg trimester3 hlp.y 10 nov
    Itu knp ya dok ko hpl sy maju terus??
    Tpi kata dokter.y bayi sy sehat” dan berkembang baik, tpi sy ada rasa takut jg karna hpl.y maju terus

    1. Tidak apa2 Bu, HPL geser2 itu biasa, tergantung kondisi saat USG

  2. Assalamualaikum dok saya mau tanya dokter mohon di jawab ya dik
    HPL bidan tgl 4 November bulan ini dan dari hasil USG tgl 20 dok dan KTA dokter yg meriksa nnti klu tgl 20 blm keluar tunggu 1 mnggu lagi dan kta dokter Dede sehat dok dan air ketuban msh jernih
    Mohon pencerahannya dok gmna mnrt dokter
    Terimakasih dok

    1. Pada kehamilan tua pemeriksaan USG lebih akurat. Sebaiknya ikuti nasehat dokter yang memeriksa Pak

    • Dian lestari on 23 November 2018 at 19:24
    • Balas

    Dok saya mau tanya, usia kehamilan sya 32wk dan kmrn saya usg tetapi hasil usg nya 29wk 5days.. Berat bayi 1,5kg dan hpl 05 feb 2019

    Sedangkan bln september akhr saya usg dgn hasil yg sesuai dgn usia kehamilan sya yaitu 25wk dan hpl 12 jan 2019. Hpht saya 8 april 2018

    Apakah hasil usg saya yg kmrn baru dilakukan ada kemungkinan salah dok? Krna beda nya jauh sekali.
    Mohon jwaban nya

    1. Beda 2mg masih normal Bu

    • Okta on 24 November 2018 at 21:55
    • Balas

    Selamat malam dok, saya mau tanya sy HPHT itu 2 september 2018 kmrn hr kamis sy perdarahan dan sy hrs bedrest kmd hr jumat sy d USG hasilnya janin msh ada dan umurnya 7w4d, sedangkan klo hasil hitungan kalender kn sdh 11minggu,, itu normal tdk y? Sy sangat khawatir sekali dok, mohon penjelasan nya,, terima kasih sebelumnya

    1. Normal saja Bu, yg penting ibu istirahat dulu.

  3. dokter aku mau tanya, klo perbedaan 3 minggu gimana dok? hpht 10 minggu, usg 14 minggu.. apakah normal?

    1. Kalau masih hamil muda hasil bisa beda. Ditunggu perkembangannya saat kontrol berikutnya ya Bu. Semoga kehamilannya sehat.

    • Disa Natasia on 24 Desember 2018 at 13:59
    • Balas

    Hallo, selamat sore dok.
    Saya waktu USG menurut HPHT (usia kehamilan 12 minggu) terakhir mens 24 sept 2018. Akan tetapi siklus haid saya tidak teratur antara 36-40 hari. Saya menikah 5 okt 2018. Saya baru memeriksa kehamilan di tanggal 20an oktober. Mulai tanggal 20an okt Setiap hari saya periksa negatif. Baru di tgl 27 okt terlihat 2 garis di tespack nya. Tanggal 19 desember kmrn adalah USG pertama saya. Dokter menyatakan janin saya tidak berkembang. Hasil USG saya menunjukkan ukuran kantung 3,77 cm GA : 8wks 5 Days. Dan CRL nya 1,23 cm GA : 7wks 3 days. Kira2 saya ini bagaimana dok? Apa benar saya BO?. Saya pernah keluar darah sangat sedikit sekali di usia 8mgg dan 12 (mnurut HPHT). Setelah USG saya diberikan obat penguat rahim, hari ini keluar darah seperti haid bercampur lendir. Tidak sampai ke celana dalam tapi lbh banyak dr darah sblm2 nya. Mohon pencerahannya.

    1. Selisih umur janin antara HPHT dg USG cukup jauh Bu. Saya tidak bisa berasumsi, namun Ibu sebaiknya ikuti saran dokter yang memeriksa ya.

    • Riana Puspita on 5 Januari 2019 at 12:19
    • Balas

    Selamat siang dok. Dok, saat ini usia kehamilan saya 16 week dan beberapa hari yang lalu saya melakukan USG pertama kalinya dan kata dokter ada sedikit cairan di kepala janin saya. Yang mau saya tanyakan apakah seiring perkembangan janin cairan itu akan menyusut/hilang dengan sendirinya? Dan apa penyebabnya dok? Hasil USG saya HC 14,12 dan AC 13,22 apakah normal? Saya sangat khawatir dengan keadaan janin saya dok. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih..

    1. Belum tentu cairannya bisa hilang Bu, coba ditunggu perkembangan kontrol berikutnya. Kemungkinan krn infeksi selama kehamilan.

        • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 11:14
        • Balas

        Lalu.. apakah ada cara untuk menanganinya dok agar cairan tersebut bisa hilang? Dan kira2 infeksi apa yang menyebabkan itu dok? Mohon penjelasannya..terimakasih

        1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu

    • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 10:43
    • Balas

    Selamat siang dok. Saya Riana asal dari Madiun, Jatim. Mohon maaf sebelumnya karena saya bertanya melalui DM karena saya bingung harus bagaimana. Jadi begini dok, saat ini usia kehamilan saya 16 week dan baru saja melakukan USG pertama kalinya dan menurut dokternya ada sedikit cairan di kepala janin saya. Yang mau saya tanyakan apakah seiring perkembangan janin cairan itu akan menyusut/hilang dgn sendirinya? Apa penyebab serta bahayanya dok? Hasil USG saya HC 14,12 dan AC 13,22 apakah normal? Saya sangat khawatir dengan keadaan janin saya. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih sebelumnya..

    1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu, apakah itu kemungkinan hidrosefalus.

        • Riana Puspita on 8 Januari 2019 at 16:37
        • Balas

        Apakah jika terdapat cairan tsb selalu diasumsikan demikian dok?

        1. Coba dikonsulkan ke dokternya Bu

    • Fitri on 14 Januari 2019 at 04:09
    • Balas

    Selamat pagi dok,saya mau tanya dok,saya kuret tgl 21okt,nifas sampe 10mggu,berhenti lalu haid lagi tgl 21nov sampe 7hr,10des saya hb,23des saya tp positf,28des saya cb usg,sudah ada kantung dan bakal janin,tp dok bln jan ini di usia yg seharusnya 6week,kata dr usia nya 4week 4d,apa kemungkinan tidak berkembang dok

    1. Belum tentu, coba tunggu kontrol berikutnya. Jangan sungkan2 bertanya kpd dokternya ya Bu.

    • Reka Okdryanti on 24 Januari 2019 at 23:03
    • Balas

    Selamat Malam Dok..Saya mw nnya..
    Sblm nya hpht 20 nov 18 tp + trus sy Usg msi belum kelihatan..nah skrg hamil sy 9w dan bru USG kmrn mlm kantong hamil sudah kelihatan tp janin belum ada dan umurnya 5w.. apa normal tu dok?? Soalnya ini hamil ke 3 syg anak ke 2..
    Hamil pertama kmrn d vonis BO dan trpksa d keluarkan..

    1. Dokter yg periksa bilang apa? Umumnya ditunggu sampai 12w, tapi tergantung hasil diagnosa juga sih Bu.

        • Reka Okdryanti on 28 Januari 2019 at 07:15
        • Balas

        Dokternya blg qt tunggu aja seminggu lg..krn dy udh vonis BO sih dok..tp msi ada kemungkinan berkmbg gak yah dok..??

        1. Kalau dokter bilang BO kemungkinan besar memang BO

    • Diah on 30 Januari 2019 at 04:32
    • Balas

    Selamat pagi dok..
    assalamualaikum .. Bagi solusi dok buat saya lebih akurat mana ya usia janin , dari bidan minggu ini 25w berdasarkan hpht . dari usg yang pertama (dokter umum) hari ini 23w. dari usg yang kedua (langsung ke spog) hari ini baru 21w .. sedikit bingung

    1. Kalau janin usia trimester 2 dan 3 lebih akurat pakai USG, Bu

    • Qurrata on 6 Februari 2019 at 18:03
    • Balas

    Selamat sore dok..
    Hpht 5des18 perhitungan 9minggu tp hr ini USG baru 4minggu 6hari tunggu sebulan untuk melihat perkembangannya..
    Kira2 batas normal beda hpht dg USG itu berapa ya dok?
    Mungkinkah ada tips agar perkembangan nya optimal? Terimakasih

    1. Yang penting perkembangan janinnya Bu. Ditunggu kontrol berikutnya sesuai saran dokter.

    • Nurul on 11 Februari 2019 at 12:30
    • Balas

    Dok saat 27 minggu ukuran janin saya melalui usg
    Bpd : 7.06 cm (28w2d)
    HC : 25.67 cm ( 27w6d)
    AC : 21.85 cm ( 26w2d)
    EFW : 1080 gr

    Apakah ini normal dok melihat ukuran lingkar kepala lebih besar dari ukuran lingkar perut? Yg saya takutkan ada kelainan seperti hydro

    1. Normal Bu

    • Tania on 20 Februari 2019 at 13:35
    • Balas

    Dok, hpht sya tgl 26 des 2018, dan kmarin sempat flek coklat sedikit lalu smlm sya usg perut dan knpa hasilnya bidan bilang kehamilan ku baru 3,5 week. Sedangkan di bidan lain kehamilan ku sudah menginjak 8w.. Dan hasil usg baru ada kantung nya saja. Disuruh balik lg satu bulan lg.
    Mohon pencerahan nya dok. makasih

    1. USG ke dokt kandungan Bu, biar dipastikan kehamilannya

      • Elfiana on 5 Juni 2019 at 00:14
      • Balas

      Dok mau tanya usia kehamilan 33 minggu dengan fl lebih rendah 2 minggu 5 hari dari BPD apakah normal

      1. Kadang dipengaruhi posisi janin juga Bu. Mungkin juga profil janinnya berkepala besar

    • sari on 25 Februari 2019 at 10:54
    • Balas

    siang dokter, selain di RS. Pura praktek di mana ya dok?

    1. Di sini Bu: http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • gita on 5 Maret 2019 at 13:45
    • Balas

    siang dok,, saya mau nanya, HPHT saya tanggal 2 januari 2019, kemarin saya USG tanggal 4 maret 2019, sudah kelihatan kantung kehamilan tetapi belum ada janin nya, hasil USG , usia kandungan baru 5Week, tidak sesuai hpht, apakah normal dokt?
    dokter pertama menyarankan untuk kuret, karena kemungkinan BO,
    saya cari second dokter, dokter kedua bilang untuk menunggu 3 minggu lagi, karena dilihat dari bentuk kantung kehamilan nya masih normal dan bulat,
    apakah masih ada harapan dokt janin nya berkembang? terus terang saya takut karena sebelum ini saya pernah kuret setahun yang lalu karena BO juga,
    mohon pencerahan nya dokt.

    1. Coba ditunggu 3mg lagi ya

    • Dinda on 23 Maret 2019 at 15:36
    • Balas

    Assalamualaikum dok..
    Dok, saya mau tanya…
    jd waktu umur kehamilan 28minggu (berdasarkan hpht) saya usg trs hasilnya bbj saya 1657gr dan GA nya jd 31 minggu (hpl nya juga maju 3 minggu)
    Itu mksdnya gmn ya?
    Apa bayi saya kebesaran?

    1. Gak Bu, usia janin dilihat dari hasil USG, normal2 saja Bu

        • Dinda on 1 April 2019 at 22:01
        • Balas

        Td saya usg lg dok (ke dokter yg berbeda) dia berpatokannya berdasarkan hpht (31w) sedangkan usg 34w-35w dan bilang kepala bayi saya diatas normal (8,6) tp ga ada cairan sih…
        Apa kasus seperti ini biasa dok?
        Saya tetep khawatir

        1. Ukuran bisa saja bervariasi. Selama dokter yg memeriksa bilang normal, berarti normal Bu

            • Dinda on 2 April 2019 at 08:49

            Berarti ikutin hpl dari usg aja ya dok?
            Jangan dari hpht ?

            Oiya dok bisa bacain hasil usg saya ga?
            Bulan lalu saya kirim ke email tp tdk ada jawaban

          1. Boleh

            • oppi on 17 April 2019 at 18:52

            kasusnya mb dinda, sama seperti kasus saya yg saya alami skrg. hasil usg dokter 1 ( berdasarkan hpht) 28w dan hpl 3 juli dan dokter lain berdasarkan uk janin berbeda 3 minggu, usia 32w dan hpl 5 juni. saya sudah 2x usg di 2 dokter tsb.
            jadi patokannya ikut hpl yang mana ya dok.

          2. Ditunggu saja perkembangannya Bu, masih ada 10 mg lagi

    • oppi on 16 April 2019 at 10:11
    • Balas

    siang dok, saya mau tanya.
    penyebab kepala janin diusia 32 w saat di usg terlihat lonjong. hanya saja bbj janin rendah 1.6 kg terhitung 31 w. saat saya tanyakan dgn dr spog nya, kepala janin terlihat lonjong bisa karena bentuk rahim ibu. maksudnya bgaimana ya dok.
    tlg penjelasannya ya dok.
    trima kasih

    1. Kepala janin ngikut bentuk rahim ibunya, nanti kalau lahir bentuknya normal lagi

        • oppi on 16 April 2019 at 17:05
        • Balas

        berarti itu normal ya dok. tidak ada kelainan apa”. dari si kepala janin atau rahim si ibu.
        karena dr tsb hanya blg, 3 minggu lg usg untuk lihat perubahan kepala si janin.

        1. Sepertinya begitu

    • Dila Diana on 16 April 2019 at 11:55
    • Balas

    Siang dokter, saya mau tanya, kemarin saya baru saja USG dan didapati hasil
    BPD : 8.56
    GA : 35w 0d

    FL : 5.75
    GA : 29w 5d

    EFW : 2.272 g

    Kalau berdasarkan USG usia kehamilan saya 33w 4d. Dan dokter sempat tanya apakah di keluarga ada riwayat anggota keluarga kerdil ? Dikarenakan FL bayi saya dibawah uk normal, padahal di keluarga tidak ada riwayat kerdil, apakah bayi saya nantinya lahir dengan uk pendek ya dok ? ? Dan panjang FL apakah masih bisa diperbaiki ? Terima Kasih

    1. Mungkin bayinya bakat pendek. Tapi nanti pas tumbuh kan bisa tinggi Bu

    • Via on 21 April 2019 at 07:36
    • Balas

    Selamat pagi Dok, saya mens tgl 12 Maret. Inseminasi tgl 28 Maret.tgl 12&13 april keluar darah, mkasih bercak. Tgl 14&15 keluar kaya mens. Tgl 15 saya cek karena sy mau melanjutkan program. Tapi kt dokterny lewat pemeriksaan usg kemungkinan it bukan mens/ragu it mens atau awl kehamilan karena GS Sudah Tampak, trus tdk tahu ad 14mm apany…
    Saya diminta bedrest 1hari. Tapi sampai berhari2 saya bedrest Dok. Karena ketika duduk dan berdiri saya keluar bercak darah. Kira2 dari hasil diagnosa itu saya hamil tidak y Dok? Terimakasih Dok

    1. Kalau menurut dokter, Ibu hamil

    • Yati on 25 April 2019 at 08:46
    • Balas

    Assalamu’alaikum…. Maaf mengganggu saya mau tanya, tanggal 30 des 2018 sya nikah, hpht saya sekitar tg 21 des 2018, trus tgl 08 februari 2019 hasil usg
    CRL 0.68cm
    GA 6w4d <3. 0%
    Apakah normal?

    1. Normal Bu

    • Eka Putri Wahyuni on 26 April 2019 at 22:51
    • Balas

    Dok, saya tadi periksa kehamilan dan keterangan di hasil usg nya seperti ini:
    BPD: 3.33 cm
    GA : 16w2d
    EFW : 492 g
    GA : 22w2d

    Itu maksudnya apa ya dok? Kok ada dua GA sedangkan janinnya tidak kembar. Lalu apakah itu pertanda janin saya sehat atau tidak dok?
    Soalnya saya tanya ke dokternya jawabannya bukan sehat atau tidak, hanya disuruh minum dan makan yg banyak.

    1. GA pertama umur berdasar BPD. GA ke 2 umur janin. Sehat normal Bu

    • putri on 4 Mei 2019 at 11:59
    • Balas

    dok saya mau tanya, saya baru saja usg dan umur kehamilan nya 8 minggu.
    Kantung kehamilan sdh ada tapi belum terlihat embrio di dlm nya. apakah itu normal? saya khawatir BO, tapi dokter menyarankan untuk kembali 3 minggu lg dan saya hanya diberikan vitamin serta obat mual dan magh.
    Mohon informasi nya dok krna saya sangat khawatir sebab ini kehamilan pertama saya.

    1. Ikuti saran dokter Bu, kontrol 3 mg lagi ya. Sekarang belum bisa dipastikan

    • Mirda on 11 Mei 2019 at 21:19
    • Balas

    Dok, saya mau nanya hptht saya 21 februari, harini saya usg usia kehamilan saya 6w2d di usg sangat jauh dari hpht dok.. dan blum terlihat janinnya.. ini kehamilan ketiga saya dok, pertama kguguran yang kedua BO dok.. yang saya bingung dok setiap kontrol 2 minggu usia di usg slalu naiknya 1 minggu dok. Kenapa begini ya dok? Terimakasi dok

    1. Kadang2 memang begitu. Ditunggu kontrol berikutnya ya Bu

    • Umi on 14 Mei 2019 at 08:25
    • Balas

    Dok 13 Mei kemarin saya USG HPHT 23 Maret harusnya usianya 7w2d tapi hasil USG 5w4d janin belum ada dengan GS 0,85cm haid siklus tidak teratur. Saya punya riwayat BO jadi kata dokter khawatir BO tapi karena baru USG pertama tunggu 2 minggu lagi dan diresepin INBION multivit dan mineral, aspilets, dan utrogestan. Semoga 2 minggu lagi ada kabar baik. Kira kira masih bisa gak sih dok berkembang dan beda usia HPHT dan USG normal kah? Terimakasih dokter

    1. Berkembang atau tidak belum bisa dipastikan, makanya dokter minta USG ulang 2 mg lagi. Beda umur janin HPHT dan USG hal yang wajar Bu.

    • Martha veronika on 1 Juni 2019 at 19:29
    • Balas

    Slmt malam dok, menurut hpht usia kehamilan 8mggu 2hr tp usg 5mggu 2hr dan blm ada janin di dalam…normal ka dok, atau harus kuret?

    1. Untuk diagnosa BO biar dokter yang memeriksa USG yang menentukan ya Bu

    • Lora Anggraeni on 15 Juni 2019 at 19:27
    • Balas

    Asslm.wr wb dok. menurut HPHT usia khamilan saya 10w, tp stelah di USG abdominal baru 7w4hr, terlihat janin 1,32gr namun blm terdengar denyut jantung. apakah masih normal Dok?bgaimana sarannya Dok? trmksh

    1. Beda usia USG dan HPHT asal tidak terlalu jauh itu normal saja Bu. Sebaiknya ditunggu kontrol USG berikutnya ya Bu

  4. Dok untuk ukuran kepala janin dalam kandungan normal nyh brph

    1. Umur kandungan brp minggu Bu?

    • Nining on 14 Juli 2019 at 07:33
    • Balas

    Dok menurut hpht usia kehamilan saya 15w tapi setelah usg usia kehamilan saya 16 minggu. Dan hasil usg saya dok
    Fl : 1,65 (14w6d)
    Ac : 10,39 (16w2d)
    Bpd : 3,31 (16w2d)
    Menurut dokternya fl anak saya tidak berkembang dok. Itu gimana ya dok? Apa ada masalah? Apa tidak akan berkembang lagi??

    1. Bukannya tidak berkembang, tapi profil janinnya agak pendek

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.