Jul 21

Mengetahui Usia Kehamilan Dengan USG

Cara yang lazim dalam mengetahui usia kehamilan adalah dengan mengitungnya berdasar HPHT (Hari pertama Haid Terakhir). Bila ibu ingat HPHT-nya bisa menggunakan Kalkulator Kehamilan di sini.

Namun kadangkala ibu hamil lupa mencatat kapan HPHT-nya. Untuk itu diperlukan sebuah cara yang dirasakan cukup akurat untuk menentukan usia kehamilan ibu hamil.

Pemeriksaan USG

Dengan USG usia kehamilan bisa ditentukan dengan akurat. Paling akurat jika dilakukan USG maksimal pada minggu ke 12. Jadi lakukan pemeriksan USG pada awal-awal kehamilan.

Jika dilakukan pada kehamilan muda maka selisih ketelitiannya paling besar hanya 1 minggu jika dibandingkan dengan perhitungan menggunakan HPHT.

Cara Menghitung

Cara menghitung usia kehamilan dengan USG adalah dengan kombinasi parameter:

  1. BPD: Biparietal Diameter. Yaitu ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan
  2. FL: Femur Lenght. Yaitu ukuran panjang tulang paha bayi
  3. HC: Head Circumferensial. Yaitu panjang lingkaran luar kepala
  4. AC: Abdominal Circumferencial. Yaitu ukuran lingkaran perut bayi




Dari kombinasinya didapatkan usia kehamilan (Weeks Gestation) dalam hitungan minggu seperti di bawah.

Banyak manfaat lain jika pemeriksaan kehamilan menggunakan USG, tidak cuma menghitung usia kehamilan saja. Jadi jangan ragu-ragu untuk segera periksa di kehamilan awal.

64 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Wiraksini Naditya on 25 Agustus 2016 at 00:05
    • Balas

    Dok, kalau berbeda 2 minggu antara perhitungan usg dan hpht bagaimana? ( usg 32w, hpht 30 w) apakah normal dok? Terima kasih

    1. Normal kok Bu, patokan melahirkan kan bukan hpht saja.

    • Wiro on 20 September 2016 at 03:53
    • Balas

    Mau tanya, terakhir haid 07/08/16. Sekarang telat haid, tapi keluar flek coklat yg mendekati siklus haid tp sedikit. Trs sy kira mau haid. Tp mulai tgl 10/09/16- 17/09/16 itu ternyata tidak haid tp flek coklat tua tua mulai banyak. Sy lira keputihan, tp kok g berbau juga vagina tidak gatal. Trs sy coba test pack tgl 18/09/16 ternyata positif. Lalu sy Periksa ke obgyn, di us tidak terlihat kantong dlm rahim. Selanjutnya usg lewat vagina, terlihat kantong dlm rahim tp blm jelas. Disuruh kembali 2 minggu lagi. Tgl 20/09/16 sy test pack lagi hasilnya positif. Apakah itu normal?

    1. Normal saja, tunggu hasil pemeriksaan 2 minggu berikutnya sesuai saran dokter Bu.

    • Elsa qweena on 27 September 2016 at 17:35
    • Balas

    Maaf mau tanya dokter.
    Saya haid terakhir 3 agustus 2016. Hasil tp (+)
    Saya usg tapi hasilnya belum ada janinnya, hanya ada kantung kehamilan.
    Kata dokternya bisa jadi salah hitung perkiraannya atau bo.
    Kalau di usg trans.v apa bisa membantu melihat janinnya ?
    Untuk biaya trans.v berapa ?
    Terima kasih

    1. Kalau umur 9 mg blm kelihatan, bisa jadi BO

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:36
    • Balas

    Saya udah 4x tespek celup hasilnya (+). Tp tadi kontrol udah 8 minggu di usg dan usg vagina g ada kantong. Di sarankan tespek tetes. Hasil tespek tetes di rsia ttp (+), akhirnya disuruh lab darah. Obgyn bilang kesalahan dari urine, gimana?

    1. Percayalah sama dokternya Bu

    • Woro on 2 Oktober 2016 at 18:41
    • Balas

    BO itu apa?

    1. Silakan baca ini bu
      http://www.harris-spog.com/?p=684

    • elita on 4 Oktober 2016 at 14:37
    • Balas

    Dok kalo ukurannya dibawah angka dlm tabel itu normal gak dok?
    22mgu Bpd 4.80cm; fl 3.98cm; ac 17.36cm
    trimakasih

    1. Berarti usia janinnya menyesuaikan, gak harus sama persis Bu

    • Woro on 4 Oktober 2016 at 22:07
    • Balas

    B-HCG kuantitatif serum 6.634,0
    Apa artinya? Hanya sy kl aktivitas yg dibawah normal ttp keluar flek. Tp kl cuma duduk n tiduran aktivitas Hampir nol g ada flek.

    1. Hormon hCG (= human chorionic gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi selama masa hamil.
      Kadar hCG kurang dari 5mIU/ml dinyatakan tidak hamil (negatif) jika kadarnya diatas 25mIU/ml kemungkinan positif suatu kehamilan

    • Wiro on 5 Oktober 2016 at 14:59
    • Balas

    Terus dr Hasil lab tersebut saya hamil dipastikan hamil apa tidak?

    1. Belum bisa dipastikan, krn hasil lab belum mengarah ke ‘pasti hamil’

    • woro on 7 Oktober 2016 at 16:07
    • Balas

    Saya merasakan kedutan dan sering kentut. Ini pertanda apa? Apakah hal ini wajar? Karena sblmnya tidak pernah mengalami hal ini.

    1. Seperti halnya sakit kepala dan sakit panas, penyebabnya bisa banyak, harus diperiksa dulu.

    • Atika sari dewi on 30 Oktober 2016 at 22:16
    • Balas

    Dok, saya mau inseminasi buatan… Kira2 biayanya brp ya dok?

    1. Mahal Bu, ‘nanamnya’ saja dulu 40jt, itu blm lain2

    • Fanny on 24 November 2016 at 13:25
    • Balas

    Dok mau tanya,utk usia khmilan 17mnggu. Ap boleh utk di USG 4D dan apa sdh bisa klhatan jnis klaminnya ?

    1. Sebaiknya sedari awal sudah kontrol ke dokter Bu
      Untuk kelamin janin bisa baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=714

    • Riri on 25 November 2016 at 13:54
    • Balas

    Dok mau tanya, HPHT saya 30 sep 2016, Tgl 23 Nov 2016 saya periksa ke dr.spog dan di usg transV hanya kelihatan kantung janinnya usia 5w6d dok dg ukuran SG 2,01cm janinnya belum terlihat. kata dokternya dikhawatirkan BO. apakah benar dok ? dan 2minggu lagi disuruh check up ulang. mohon penjelasannya dok.

    1. Jika janin tidak nampak, kemungkinan memang BO

    • rini on 5 Desember 2016 at 16:04
    • Balas

    dok hpht sy 30 oktober memang saat itu sy belom telat dan memang haid sy ga teratur . saat itu sy ga enak badan keklinik dan dianjurkan kbidan krn ciri2 pusing dan mual.. dr bidan ditp positif kmudian 3 hari setelahnya diusg pada tgl 28 november belom kelihatan apa2 . tp dr kmren2 smpai skrng sy test pack sendiri knp negatif dok?

    1. Coba saya periksa Bu

    • eka on 6 Desember 2016 at 09:47
    • Balas

    selamat pagi dokter . dok saya mau tanya, apakah usia kehamilan 22-23 minggu sudah terlihat jenis kelaminnya dok jika di USG ?
    maaf dok, biaya USG 4D berapa ya dok ?, trim’s banyak dokter

    1. Sudah bisa kelihatan, tp tergantung posisi janinnya.

      Saya email ya

    • Uut on 15 Desember 2016 at 12:32
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di graha masyitoh, usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter…

    1. Saya email Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:27
    • Balas

    Dok email saya jg dok.. saya sama kek dia

    1. Saya email Bu

    • eny on 15 Desember 2016 at 21:30
    • Balas

    Dok, saya pasien dokter di usia kehamilan saya 7 minggu, kemudian tgl 14 Des 2016 itu di usg lewat vagina, tetapi setelah sampai rumah kok ada bercak darah yah dok ? apakah itu mengganggu kehamilan saya ? Padahal pas usia kehamilan 4 minggu, diusg lewat vagina juga, tetapi tidak apa2.

    Terimakasih banyak dokter

    Tlg dok. Ni anak saya pertama

    1. Saya email Bu

        • Rina on 3 April 2017 at 00:11
        • Balas

        Dok email saya juga ya. Saya sama kayak kasus ini. Mksih

        1. Saya email ya

    • Lina on 9 Februari 2017 at 10:05
    • Balas

    Dok sy ingin bertanya, skrg sy hamil uk 35 week. Saya punya riwayat sakit ambeien dok dan sudah keluar anus, kebetulan saat sy menulis ini ambeien sy kambuh dok. Yang ingin sy tanyakan bahayakah kalo nanti saya melahirkan normal sdg hpl sdh dekat? Terima kasih

    1. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=674

    • Intan on 11 Februari 2017 at 18:45
    • Balas

    Dok kalo sy ingin USG 4D di usia kehamilan 30 minggu apa bisa dok?tetapi sy br sja priksa USG 2D di usia khmilan 28 minggu.atau sebaiknya sy mnunggu usia kehamilan 32/33 mnggu dok?sy ingin priksa 4D tp rmh sy jauh soalnya.trmksih

    1. Gpp Bu, USG itu aman kok

    • nita pratiwi on 25 April 2017 at 12:58
    • Balas

    dr. mau nanya 10bulan lalu saya kuret & saya kuret nya ke dr.haris alhamdulillah sekarang sudah hamil lagi dr tapi dikehamilan yang sekarang pinggul sy knp sakit bgt ya dokter kadang sampe ga bisa jalan

    1. Coba periksa saja Bu

    • Anggun Dwi on 19 Agustus 2017 at 21:54
    • Balas

    Dok sy mw tanya…
    Kmrin pas usia 12week..sy usg dgn dr yusuf…

    Yg mw saya tanyakan…
    umur kehamilan segitu apa sdh tumbuh anggota badan dari bayinya…??

    Krn saat di USG kata dr yusuf bayix baik n normal…

    Tp pas tampilan yg 4D…
    Sy hax bisa melihat kepala n badan bayi.nya sj…
    tp sy tdk melihat tangan n kakix…

    Itu bgaimana dok…??

    1. Msh 4 bulan ya blm jelas lah Bu anggota badannya. Jangan terlalu khawatir Bu, yg penting sehat

    • Inggit on 9 September 2017 at 12:52
    • Balas

    Dok, sy mau tanya, tgl 18 agustus 2017 sy sakit flu (pilek dan batuk) kemudian sy konsul ke dr spog sy dan usg trnyata tidak ada masalah. Hasil usg waktu itu menunjukkan usia kehamilan sy 7 week. Kemudian tgl 7 september 2017 adalah memang jadwal kontrol kedua sy n hasil usg menunjukkan usia kehamiln 8w5d, apakah usia itu sesuai dok? Krn kalau diliat secara awam dari tgl 18/8/17 ke tgl 7/9/17 itu sekitar 2 minggu lebih tp knp usia kehamilan sy baru 8w5d..mohon penjelasannya dok.tks

    1. Kalau umur versi USG tergantung ukuran janinnya. Normal saja itu Bu

    • Aliani on 25 September 2017 at 20:40
    • Balas

    Dok saya hamil usia 8 minggu. Setelah usg kok blm ada gambar dedenya ya?

    1. Yg baru kelihatan kantung kehamilan

    • Fitri on 6 Oktober 2017 at 21:26
    • Balas

    Dok saya hamil 23w di tes urin hasil nya + infeksi saluran kencing, itu berbahaya ga dok?

    1. Infeksinya harus disembuhkan. Umumnya sakit panas tinggi

    • Ahmad fatoni on 10 Oktober 2017 at 02:08
    • Balas

    Dok,mw tanya perihal kehamilan pertama istri saya,pada hr Sabtu pg istri saya kaget /kecapekan,,,trus siang nya kluar darah,sore saya bawa k bidan,katanya gpa” & dikasih obat penguat kandungan,mlam hrinya smpe Minggu malam disertai nyeri diperut bawah,trus aq bawah USG 2D Senin sore ,n hasilnya katanya janin belum terlihat,kantong ada,,sAma dok.d anjurkan d kuret,,apa ni hamil BO dok,,usia kandungan 7w0d ,GS 2.05cm,,,tolong pencerahannya dok.makasih

    1. Kalau ada kantung, tapi janin tdk ada berarti BO.

    • Widi on 4 November 2017 at 17:53
    • Balas

    Dok ,apakah usia kehamilan bisa lompat walo pake usg? Saat tgl 20/10/17 usia 36w tp knp saat tgl 27/10/17 hitungan menjadi 40w..apakah bisa seperti itu dok ?

    1. Normalnya tidak, tapi tergantung juga beberapa parameter pengukuran saat dilakukan USG

    • yuli on 19 November 2017 at 12:51
    • Balas

    dok, saya hamil +-5w
    kmrn saya di usg trans v, dan hasilnya kantung janin saya bentuknya pipih/irreguler yg mana normalnya bundar.
    kemudian saya disarankan dokter balik lg 1 minggu kemudian apabila tdk ada perubahan, makan kandungan harus diluruhkan..
    itu gmn ya dok?

    1. Maaf Bu, kemungkinan pernyataan dokternya benar.

        • yuli on 21 November 2017 at 09:11
        • Balas

        tapi tidak pernah terjadi dlek dok..
        apa ada kemungkinan kantung janinnya normal lagi?

        1. Tidak selalu flek. Coba nanti kondisinya dilihat saat periksa berikutnya ya Bu

            • yuli on 21 November 2017 at 10:27

            itu biasanya penyebabnya kantung janin pipih apa ya dok?

          1. Penyebabnya bisa dibaca di sini: http://www.harris-spog.com/?p=684

    • melan on 25 November 2017 at 15:57
    • Balas

    dok, saya mau tanya ini penting bgt buat saya dok karena bbrp hari ini saya stress memikirkannya.
    tgl 22 nov kemaren saya kontrol USG dengan kehamilan 33 minggu dari HPTH , dengan hasil:

    BPD : 9.09 cm
    GA 36 w6d

    AC 27.08 cm
    GA 31w1d
    EFW 2143g
    GA 32w6d

    FL 7.24
    GA 37w0d

    yg ingin saya tanyakan dok, kenapa perhitungannya bisa ke usia kandungan 36 w dan 37 w? apa ada kelainan dg janin saya dok atau dokter yg memeriksa saya waktu itu slah ukur??
    sy tunggu jawaban dokter. terimakasih banyak dok atas penjelsannya.

    1. Beda hasil umur USG dengan HPHT itu biasa Bu, kalau USG berdasar parameter ukuran janin

    • Galuh on 5 Desember 2017 at 21:12
    • Balas

    Saya sedang hamil dr pemeriksaan usg usia kandungan 16week3days BPD 33,75 mm.detak jantung janin 153/menit..normal gak janin saya dok?

    1. Normal saja, silakan dicocokkan dengan ini http://www.harris-spog.com/?p=791

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.