Mendeteksi Cacat Janin Dengan USG

Teknologi kedokteran terus berkembang dewasa ini supaya kehamilan pada usia lanjut tetap aman dan melahirkan bayi yang sehat. Prenatal diagnosis perlu dilakukan untuk menghindari cacat bawaan pada kehamilan yang berisiko tinggi.

Prenatal diagnosis merupakan segala aktivitas prenatal untuk mendiagnosis adanya kelainan pada janin, baik cacat pembentukan (malformasi), kelainan genetik, kromosom maupun kelainan metabolisme. Pemeriksaan yang dilakukan ada berbagai cara, contohnya, USG di perut atau Ultrasound abdominal, USG transvaginal, pengambilan cairan ketuban, dan biopsi plasenta.

Banyak yang bisa didapatkan dari pemeriksaan USG (ultrasonography). Setidaknya, pemeriksaan USG dilakukan tiga kali selama masa kehamilan.

USG bisa juga digunakan untuk mendeteksi cacat bayi, terutama cacat organ seperti jantung, saluran kencing dan spina bifida. Biasanya pada bulan ke tiga, bayi sudah cukup besar untuk dideteksi kelainannya dengan USG. Metode ini tidak membahayakan janin maupun ibu serta dapat memberikan informasi tentang pertumbuhan bayi dan posisi janin.

Pemeriksaan dengan USG bisa dilakukan pada usia kehamilan 12-14 minggu dan 18-22 minggu. Meski “terlihat” atau tidaknya bentuk kecacatan tadi juga ikut ditentukan oleh posisi bayi yang menghadap ke atas/depan, kemampuan dokter ahli ginekolog menganalisa tampilan di layar, serta kecanggihan alat itu sendiri. Artinya “Meski semua ginekolog diharapkan bisa membaca hasil pemeriksaan USG biasa (2 dimensi), pemeriksaan dengan USG 3 atau 4 dimensi akan lebih memudahkan.”

Cacat bawaan umumnya terjadi sebelum bayi sempurna dibentuk, yakni di bawah usia kehamilan 17 minggu. Kendati begitu, tidak berarti lepas dari periode tersebut janin terbebas dari peluang kecacatan. Contohnya, ibu hamil yang mengalami infeksi cairan ketuban di usia kehamilan 5 minggu, meski awalnya normal-normal saja. Bila itu yang terjadi, bisa jadi bayi akan mengalami kecacatan.

Tak seorang pun di antara kita yang berharap pernah melahirkan bayi cacat. Tapi seandainya kenyataan pahit tersebut harus kita hadapi, tak perlu menyalahkan diri sendiri. Apalagi sampai menumpahkan segala penyesalan pada si kecil dengan menutup harapannya untuk hidup alias mengakhiri kehamilan. Sebagai manusia biasa, kita sama sekali tak berwenang.

34 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Widya on 13 Juli 2016 at 15:53
    • Balas

    * Dear Dokter Harris,

    Mohon informasi untuk saya Widya sekarang memasuki kehamilan minggu ke 17 minggu lebih 3 hari ( 13 Juli 2016 )dengan berat bayi 185 gram, dalam waktu kehamilan ini saya sudah 3 kali demam ( pertama karena sariawan, ke dua demam biasa, ketiga diare )

    Dikarenakan hal tersebut dan berat bayi yang masih kecil diusia kehamilan saya yang sudah hampir masuk 5 bulan apakah hal ini wajar atau saya harus melakukan scanning untuk bayi saya dokter.

    dikarenakan kakaknya yang sekarang usia 5 tahun, dulu waktu masa kehamilan saya tidak perna mengalami demam.

    Usia kandung berapa saya perlu melakukan USG 4 Dimensi, dan kisarannya sampai berapa biaya yang harus saya keluarkan mengingat kami juga tidak memiliki bugjet untuk melakukan USG 4 Dimensi.

    Mohon maaf jika panjang lebar saya ceritakan seperti ini dokter.

    Sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan.

    Salam,
    Widya

    1. Rutin kontrol ya Bu, agar kehamilannya terpantau. Sejak kehamilan awal juga sudah bisa di-USG 4D kok Bu.
      Info saya email ya

    • Vee on 19 Juli 2016 at 15:21
    • Balas

    Dok, saat ini saya sedang hamil 7bulan dan saya sedang terkena gatal” seperti cacar air saya takut dok kalau ada gangguan pada kehamilan saya bagaimana solusinya dok ?
    Terimakasih

    1. Harus dipastikan itu apa benar cacar air. Kalau cacar air harusnya panas tinggi. Sebaiknya periksa Bu.
      Info saya email Bu

  1. Di rumah sakit graha medika kalo cesar
    Berapa ya harga na

    1. Maaf Bu saya tidak pegang di RS tsb

    • Indriyani on 13 Januari 2017 at 09:42
    • Balas

    Dokter apa seperti penyakit down syndrome seperti yg kebanyakan terjadi saat ini, itu terlihat di USG tipe apa? Lalu kalo misalkan ada contohnya mohon dikasih gambarnya ya dokter saat tampak di USG nya. Karena jujur saya hidup di tengah kelompok yg sangat fanatik pada suatu keyakinan. Dan kebanyakan Dr mereka masih mengganggap bahwa USG masih belum perlu untuk dilakukan. Saya hanya ingin jadi orang yg open minded dokter. Terimakasih

    1. Lho kenapa harus takut, USG saja … agar perkembangan janin bisa dipantau

    • Amalia on 18 September 2017 at 18:09
    • Balas

    Assalamualaikum dokter, dok sy sedang hamil 17w, yg mau saya tanyakan apakah usg sebulan sekali dgn dr spog itu bisa mencegah bayi lahir cacat seperti bagian organ dalam bayi yg tdk lengkap/mata katarak pd bayi? Apakah itu semua terlihat di usg? Dan apakah dr obgyn bisa melakukan tindakan pencegahan sblm lahir jika ada indikasi bayi lahir cacat? Sy akhir2 ini mendengar kasus bayi lahir cacat slh satunya dr saudara sepupu sy sendiri yg anaknya umur 2hari harus di operasi krn cacat organ dalam, jd membuat sy cukup khawatir jg dok. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

    1. Kalau deteksi sih bisa, kalau mencegah tidak bisa. Berdoa agar diberi kesehatan ibu dan bayinya

    • Anggi on 9 November 2017 at 15:31
    • Balas

    Assalaamu’alaikum dokter, sya lepas kb suntik 1 tahun lalu dan sejak itu haid sya tdk lancar, bahkan sya harus ke dokter spy bisa haid (konsumsi obat dari dokter). Fyi, haid terakhir sya pertengahan Juli tahun ini. Dan hingga sebelum sya harus operasi mammae aberans pertengahan Oktober lalu, sya sdh bbrp kali TP dan hasil selalu negatif. dan 3 minggu pasca operasi sya masih belum haid juga namun ketika sya TP hasil ternyata positif, alhamdulillah. Ketika sya USG dokter yg menangani sya info kalau umur janin sdh 9 minggu. Yang mau sya tanyakan:
    1. apakah operasi yg sya lakukan bsa menyebabkan cacat pada janin sya? seminggu setelah operasi sya mengkonsumsi obat Nexa, Asam mefenamat dan Cefixime
    2. perhitungan 9 minggu itu darimana ya dok karna bln September dan Oktober sya TP hasilnya negatif?

    Mohon infonya. Terima kasih

    1. Wa alaikum salaam. 1. tidak ada hubungannya Bu. 2. Dari parameter ukuran GS

    • Andi on 13 Januari 2018 at 19:34
    • Balas

    Malem Dok,

    Umur istri 46 tahun saat ini hamil sekitar 12 minggu, di vonis dokter janin ada kelainan karena faktur usia ibu nya, di perkirakan janin hanya bertahan sampai usia 5 bulan akan meninggal, mhn saran apa yang hrs di lakukan ?

    1. Memang usia segitu resikonya sangat tinggi Pak. Ikuti saja saran dokter yang memeriksa.

    • Ryumi on 26 Februari 2018 at 08:43
    • Balas

    Pagi dok

    Apakah memungkinkan hasil usg 4d prenatal di bulan ke 5 menyatakan kondisi bayi normal, dan tidak ditemukan kelainan DS (down syndrome), tapi ketika lahir bayi tsb mengidap DS ?

    1. Untuk penegakan diagnosis down syndrome sebaiknya dilakukan juga :
      – CVS,
      – amniocentesis dan
      – PUBS

    • Nadiia on 2 Maret 2018 at 16:53
    • Balas

    Maaf dok, saya penderita maag akut. Dan diberikan resep misoprostol. Saat mengkonsumsi saya sdh TP dan hslnya negatif. Saya sempat meminum 6 tab misoprostol. Saat itu tidak terjadi apa”. Saya kaget luar biasa ternyata 2minggu kemudian saya TP kmbali karna belum haid ternyata positif. Apa ada kemungkinan janin sya cacat? Karna yg sya tau obat ini sgt berbahaya utk janin usia trisemester 1. Apalkakah kecacatan dpt terlihat di USG nantinya? Trims dok

    1. Dipantau Bu, rajin kontrol. Moga2 baik2 saja

    • Kartika on 31 Maret 2018 at 23:36
    • Balas

    Selamat malam dokter,, sebelumnya saya pernah tes foto rontgen gigi. Awal nya pas tes itu saya tdk tau kalo hamil, ternyata wktu itu saya sdh hamil usia 3mgg.
    Pertanyaan saya apakah ada pengaruhnya tes foto gigi itu terhadap kehamilan saya?? Karna sudah terlanjur apa yg harus saya lakukan dokter agak efek foto tadi tidak mempengaruhi janin? Terima kasih

    1. Gak ada efek kok Bu

    • dhefla on 5 April 2018 at 03:11
    • Balas

    selamat malam dok , saya ingin menanyakan untuk kelainan kongenital ctev apakah bisa d lihat dr hasil usg? kira-kira untuk hasilnnya bagaimana ya dok , ? sperti hasil lingkar perut, panjang paha dll
    terimakasih

    1. Ini bisa dideteksi lewat USG:
      Spina bifida
      Anencephaly
      Hidrosefalus
      Ctev
      sumbing
      Cacat ginjal
      Down syndrome

    • Ibu juairiah on 9 April 2018 at 05:46
    • Balas

    Pak..mau tanya.
    Sy hamil 26 week.
    Ketika USG ada terlihat gelembung gelembung seperti nya ky gelembung balon ada 3 bergerak mengisi perut bersama janin.
    Sy tanya dokternya gak tau.
    Kira2 itu apa ya pak?
    Bahaya gak?

    1. Kalau gelembungnya tidak menempel statis ke bayinya ya gak apa2 Bu

      • Ita on 21 Mei 2019 at 17:08
      • Balas

      Selamat sore dokter,
      Usia sy 43 th dan sedang mengandung janin usia 17 minggu. Hasil checkup rutin terakhir hari ini, diagnosa dokter, janin sy susp omphalocele dan dirujuk usg 4D untuk evaluasi lbh lanjut.
      Pertanyaan sy: menurut dokter, tindakan apa yg biasa dilakukan oleh dokter untuk kasus janin dg kondisi susp omphalocele.
      Mhn info agar sy dpt menyiapkan mental sy untuk hadapi kemungkinan hal terburuk dg janin sy, mengingat jadwal USG 4D baru akan dilaksanakan lusa. Trm kasih.

      1. Jika volume kurang dr 5 cm, dilakukan operasi. Atau dijaga agar organ masuk ke dalam rongga perut.

    • Aza on 25 September 2018 at 12:42
    • Balas

    Dok..kira2 herpes di pundak lengan atas berbahaya gak untuk ibu hamil 23 minggu? Awalnya tidak ngerasain apa2, gatel juga enggak..tiba2 waktu mandi kok tiba2 agak sdikit perih di pundak tsb..saya lihat trnyata kulit ada radang warna agak merah dan bruntusan..saya takut itu herpes..

    Kira2 obat yg aman buat bumil utk mnghilangkan bruntusan yg perih tsb apa ya dok?

    1. Harus dipastikan ke dokter kulit Bu, kalau herpes nanti dikasih obat oral anti virus, kalau eksim lain lagi obatnya.

    • Ria silvy on 6 Januari 2019 at 06:19
    • Balas

    Assalamualaikum,,
    Dok sekarang saya sedang hamil anak ke2 usia 15 minggu, ada kekhawatiran dalam diri saya karena saat hamil anak pertama anak saya meninggal karna kelainan gastocrisis padahal waktu saya hamil saya tiap bulan selalu usg , knpa kok sampe kelainannya tidak terlihat.
    Yang mau saya tanyakan apakah ada kemungkinan pada saat kehamilan saya yg ke2 ini bisa seperti itu juga , mohon penjelasannya dan terima kasih

    1. Wa alaikum salaam. Gastroschisis tidak berulang. Ibu memperbaiki pola hidup dan nutrisi agar janin dan ibunya sehat ya.

    • meilan on 15 Januari 2019 at 20:57
    • Balas

    selamat malam dok sya mau tanya apakah cacat pada janin bisa terdeteksi lewat usg ?

    1. Bisa, untuk beberapa kasus

    • biah on 17 Mei 2019 at 07:11
    • Balas

    Asalamualaikum dok saya biah saya mau bertanya di kehamilan saya 1 bulan smpai 2 bulan saya mandi air hangat saya tidak tahu dengan efeknya setelah itu saya berhenti mandi air hangat dok bagaimana sarannya dok apa tidak terjadi apa apa dengan janin saya dok terimakasih

    1. Wa alaikum salaam. Gpp Bu, mandi air hangat tidak berpengaruh apa2

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.