Batuk Pilek Saat Hamil

Obat batuk pilek apa yang aman buat ibu hamil?

Prinsipnya sih memang bumil jangan minum obat sembarangan yang tidak diresepkan oleh dokter. Namun ada kalanya tentu mengalami sakit juga.

Sakit ba+pil ini sering juga mengenai bumil. Bahkan batuk yang parah bisa membuat bumil tidak bisa tidur. Sudah hamilnya merepotkan, eh … ditambah sakit pula.

Jadi untuk langkah awal bolehlah mengkonsumsi obat yang sekiranya aman.

Sebagai patokan untuk kehamilan di atas 16 minggu bumil bisa mengkonsumsi obat kombinasi yang mengandung

  • Paracetamol : untuk meredakan nyeri sendi saat flu dan menurunkan panas
  • Antihistamin : untuk meredakan alerginya, hidung gatal, meler. Contoh : CTM
  • Dekongestan : untuk hidung tersumbat. Contoh : efedrin
  • Antitusif : untuk batuk keringnya. Contoh : DMP
  • Ekspektoran : untuk batuk berdahak. Contoh : guaifenesin

Konsumsinya jangan berkepanjangan dan harus sesuai dosis ya ibu-ibu !

Untuk kehamilan kurang dari 16 minggu sebaiknya ke dokter.

274 comments

Lompat ke formulir komentar

    • nofem kenafiana on 24 Mei 2016 at 11:19
    • Balas

    Dok usia kehamilan saya 28 minggu, sudah seminggu belakangan ini saya batuk dan kalau malam tidak bisa tidur. Suda saya minumi ramuan tradisional seperti jahe kencur tapi tdk kunjung reda batuknya, kemudian saya konsul dg dokter umum disarankan untuk minum demacolin.
    bagaimana dokter apakah aman untuk kehamilan saya? karena sudah beberapa hari saya tidak bisa tidur dokter mohon sarannya. Trimaksih

    1. Aman, demacolin tab 3×1 ya bu. Semoga kehamilannya lancar ya …

        • Dedi on 5 Juli 2019 at 11:54
        • Balas

        Selamat siang dok, mau konsul, istri saya sementara flu dan demam, usia kandungan 9 minggu, bolehkah menkonsumsi obat demacolin?

        1. Boleh

    • Fachruddin on 16 Juni 2016 at 03:42
    • Balas

    Dok. Istri saya hamil 22 minggu. Sebelum hamil dia selalu terapi codein racikan bersama ambroxol
    dan ctm. Amankan racikan tersebut untuk istri saya?

    1. Kalau sedang hamil, codein harus dipakai seperlunya sesuai anjuran dokter

        • fachruddin on 16 Juni 2016 at 10:14
        • Balas

        lalu untuk istri saya baiknya minum obat apa dok, agar batuknya bisa cepat sembuh, kalo batuk katanya perutnya ikut sakit?

        1. Sebaiknya periksa ke dokter Pak

            • fachruddin on 16 Juni 2016 at 10:34

            ok dok. terimakasih.

    • Oliv on 29 Agustus 2016 at 18:27
    • Balas

    Dokter…menyikapi berita menyebarnya virus zika….apakah ada vaksin yg bisa menangkal virus zika untuk ibu hamil???kl tidak ada…apa saja yg perlu diperhatikan agak terhindar dari penularan virus tersebut??..

    1. Menjaga kebersihan dan menghindari daerah penyebarannya saja Bu

  1. Dokter, amankah Grantusif bagi kehamilan? Sejak usia kandungan saya 4 bulan,bidan saya memberi saya Grantusif untuk obat flu dan batuk yg saya derita. Amankah bagibjanin saya,dokter? Terimakasih

    1. Boleh. Kalau 3 hari gak sembuh ke dokter ya, mungkin ada infeksi tenggorokan

      Baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=691

    • Ripkiyah on 28 Desember 2016 at 20:52
    • Balas

    Dokter saya batuk sudah 3 hari dan saya sudah ke klinik biasa tp tidak sembuh, usia kandungan sy 30 minggu, jika saya mau ke dokter lagi ke dktr manakah yang tepat dokter umum atau dokter kandungan,,?

    1. Sebaiknya ke dokter kandungan Bu

  2. dok istri saya sdh 2 hari ini mencret keluar air apa menggangu kehamilannya dan obat apa yg hrs dberikan?

    terima kasih…

    1. Jangan sampai dehidrasi, kalau parah segera ke RS biar di-infus

    • rizka anggiari on 19 Maret 2017 at 20:42
    • Balas

    dokter, saya sudah 3hari batuk flu, kehamilan 11minggu. amankah minum demacolin? terima kasih.

    1. Usia kurang dari 16 mg sebaiknya ke dokter

        • Oktavian on 2 Juni 2017 at 10:55
        • Balas

        dok, usia kehamilan saya baru 13 minggu. saya terkena flu dan radang di tenggorokan. krn tidak bisa ketemu dokter kandungan di RS terdekat, saya akhirnya periksa ke dokter umum. oleh dokter umum saya diberi demacolin dan antibiotik zemoxil amoxicillin. Apa itu aman ya Dok? Dokter umum tersebut jg meminta supaya antibiotik dihabiskan. Tp saya takut terjadi apa2. Saya minta saran sama dokter Harris, apakah aman jika saya menghabiskan antibiotik? bolehkah saya menghentikan minum antiobiotik jika tenggorokan sudah tidak sakit lagi?

        1. Aman. Antibiotik harus dihabiskan Bu

    • Sofia on 1 April 2017 at 08:12
    • Balas

    Dok sya Hamil 4 mgg Dan saat ini flu parah sebaikny minum obat apa ya?

    1. Kalau masih trimester 1 sebaiknya ke dokter, jangan diobati sembarangan

    • Shidqi on 3 April 2017 at 16:17
    • Balas

    Dok, saya hamil 10w3d, saat ini sdg batuk pilek, saya sdh ke bidan dan dikasih obat wybert & demacolin. Amankah obat tersebut dok?

    1. Umur 16w ke bawah sebaiknya ke dokter Bu
      Silakan baca ini http://www.harris-spog.com/?p=691

  3. Dokter saya pagi sakit ba+pil trus ini tadi dkasih obat sama bidanny obat gratusif&sammoxin,kira2 amankah buat saya yang sedang hamil usia 25mg

    1. Boleh. Kalau 3 hari gak sembuh ke dokter ya, mungkin ada penyebab lain

    • Yawari on 26 Juli 2017 at 11:48
    • Balas

    Dok, saya hamil 13 weeks. Ini hari ketiga saya flu. Tapi saya rasa sudah berangsur membaik dari hari pertama ,dok karena frekuensi bersin,sakit kepala,dan hidung mampet berkurang. Apa saya masih perlu ke dokter,dok?

    1. Kl sdh membaik gak perlu Bu

    • utami yo2n on 5 Agustus 2017 at 15:25
    • Balas

    Dok, sy hamil 28w dan sdh 1minggu ini sy flu berat pilek batuk berdahak. tiap batuk perut sy terasa kaku sakit. apakah berbahaya buat janin saya. sy saat ini minum syrup silex

    1. Kalau 3 hari gak sembuh ke dokter ya Bu

    • endah wulan on 8 Agustus 2017 at 22:09
    • Balas

    Dok saya
    bapiL hamil 32week,
    Berobat di berikan demacolin dan antibiotik etamox 500mg amoxilin
    Aman tak dok?

    1. Aman Bu

    • Ratih on 6 Oktober 2017 at 20:10
    • Balas

    Malam dok.. Sy hamil 38 minggu.. Lagi radang tenggorokan, sakit sekali badan tdk demam tapi berasa tidak enak sekali (amandel sy sdh di angkat) krn disini antrian dokter kandungan janjiannya harus 2-3 hari sebelumnya.. Jadinya saya ke dokter umum.. Diresepkan asam mefenamat sama amoxilin 500 mg.. Apakah itu aman dok? Sy takut berpengaruh ke bayi..

    1. Aman Bu

    • Winda silvia on 8 Oktober 2017 at 09:14
    • Balas

    Dok saya sedang hamil 14 minggu, sejak hamil saya rentan sekali terkena flue dan batuk. Saat ini saya flue dan saya konsultasi ke dokter kandungan saya diberi obat demacoline.aman kah dok untuk kandungan saya?

    1. Aman Bu

    • kiki on 9 Oktober 2017 at 13:14
    • Balas

    siang dok, untuk kehamilan saya 13mggu. batuk sudah lama blm sembuh juga, selama ini minum obat batuk SILEX. apakah aman dok? mengingat saya juga punya kondisi lain yaitu hamil ini ngeflek terus dan belum berhenti (sama dokter kandungan sudah diresepkan penguat kandungan ultrogestan & obat kontraksi proterin)

    1. Aman

      • Laras_ Sheinna on 14 Maret 2019 at 11:42
      • Balas

      Siang dokter harris
      Saya hamil 4 bulan sya lgi sakit radang tenggorokan batuk pilek di ksh obat dr faskes 1 loratadine sma ambroxol apakah aman dok? terima kasih

      1. Aman, diminum sesuai resep

      • Amelia nur azizah on 2 Agustus 2019 at 13:21
      • Balas

      Dok, saya kemarin sempet cek usg, saya bilang kl sempet flek, usia kandungan sy 9minggu, kemudian saya diresepin obat penguat janin dan obat mefenamic acid diminum jika nyeri atau pusing, sudah saya minum 4 obt, namun tyta setelah saya caari2 artikel obat mefenamic tergolong bahaya untuk bumil. Aman tidak ya dok, saya takut. Mohon pencerahannya dok. Terimakasih

      1. Diminum seperlunya, jika sudah tidak sakit lagi tidak usah diminum.

    • Fikriyah on 11 Oktober 2017 at 09:55
    • Balas

    Dokter sy seminggu ini sakit balik sampai demam, lalu oleh bidan diberi ibuprofen, amoxillin, dan stimuno Forte. Amankah ketiganya sy minum dok? Saya sedang hamil 20 Minggu

    1. Ibuprofen’nya kurang aman

    • april on 16 Oktober 2017 at 10:47
    • Balas

    dok saya hamil 6 minggu terus sedang sakit flue dan batuk… priksa ke dokter kandungan di kasih obat n sirup… aman tidak dok…

    1. Kalau dari dokter kandungan Insya Allah aman

    • Sinta on 13 November 2017 at 16:58
    • Balas

    Dok usia kehamilan saya 13 minggu, diresep obat comtusi Karna saya batuk aman gak dok??

    1. Aman, minumnya sesudah makan ya Bu

    • Ana on 17 November 2017 at 12:45
    • Balas

    Dok..
    Kmrrn sy hbis dr dokter kandungan… Batuk+pilek+asma….
    Trus di uap…beberapa jm sesak ya sembuh.. Tp mlm yaah kambuh.. Td pagi sy ke rs lg mau di uap lg tp di kasih saran konsul ke doktr umum… Trus dkasih obat efexsol kira2 aman ga…
    Kt dokter ya aman buat hamil.. Sy hmil 4week…

    1. Gpp, minum obatnya setelah makan ya. Kalau obat habis tp belum sembuh ke dokter lagi ya (maksud saya jangan beli obat lagi hanya pake copy resep).

    • Sinta on 29 November 2017 at 10:04
    • Balas

    Dok. Saya hamil 10 week.. Dari kemarin siang demam, pusing, tenggorokan sakit, flu.. Saya kedokter umum (saya bilang hamil 10week) lalu dikasih obat demacolin, cortidex 0.5mg, sanadryl DMP 120ML aman gak dok?

    1. Aman Bu

      • Agata on 24 Agustus 2018 at 22:22
      • Balas

      Minum brp biji sehari bunda demacolinnya saya lagi 10w jg hehe… Thx

    • Rizi syaf khadijah lubis on 10 Januari 2018 at 16:25
    • Balas

    Dok ..saya hamil 15weeks saya batuk pilek dok trus ada sperti benjolan di leher dok saya sudah berobat ke dokter umum di ksih terapi antibiotik amox dan paracetamol tablet aman kah ini dok ?

    1. Benjolan di leher mana? Bawah rahang?

      1. Sebelah kiri dok di bagian samping dok..

        1. Obatnya aman, kl obat habis tp blm sembuh ke dokter kandungan ya. Istirahat, stop es, gorengan, pedas, kecut, minum air putih, makan buah & sayur.

          1. Terimah kasih dokter atas informasi nya ya dokter…
            Dikombinasi dengan vitamin esfolat gpp dok ? Karena terakhir ke dokter kandungan vitamin saya itu dok ..

          2. Boleh, esfolat itu vitamin buat hamil

    • Detiyah on 17 Januari 2018 at 18:27
    • Balas

    dok. saya hamil 20 mnggu. udh seminggu lebih saya pilek (hidung mampet& bersin2).. apakah lbh baik ke dokter kandungan atau dokter umum sdh cukup?

    1. Sebaiknya ke dokt kandungan Bu

    • rahayu on 4 Februari 2018 at 18:04
    • Balas

    dok. Saya hamil baru masuk 8 bulan saya sakit pilek.batuk sampai sesak.pusing .demam dan tenggorokan sakit sy pergi ke dokter umum dikasih obat bronex bromhexine hci 8mg . Rhefamar methylprednisolone 8mg .cefacef 100 cefixime 100mg .alpara amankah dok kalau obat itu diminum…

    1. Saya email ya

    • Yoan on 6 Februari 2018 at 20:05
    • Balas

    Dok saya lagi hamil 6w dan saat ini sedang batuk parah dan tenggorokan terasa gatal, sudah ke dktr kandungan di beri obat comtusi forte dan methyl 8, saya ragu untuk minum yg methyl karena resiko C, tapi kalo tidak minum akan terasa gatal sekali tenggorokan, mohon saran dok??

    1. Gpp Bu, diminun sesuai dosis. Lain kali Ibu jaga makan ya, jangan es, pedes dll. Semoga kehamilannya sehat.

    • Nenden Munawaroh on 24 Februari 2018 at 14:44
    • Balas

    Dok, saya sedang hamil 12weeks, sudah bbrp hari ini batuk berdahak. Hari ini saya konsul ke dokter kandungan dan diberi obat Vectrine Erdosteine Dry Syrup dan Comtusi..

    Apa ya dok beda dr kedua obat tsb? Apakah hrus saya minum keduanya?

    1. Erdosteine = ekspektoran pengencer dahak
      Comtusi = meredakan batuknya
      diminum sesuai resep dokternya

    • Pt.amelia on 28 Februari 2018 at 06:06
    • Balas

    Pagi dok..sy mau tanya,sy sedang hamil 31mggu. Saat ini sy sdang mengalami batuk pilek dan radang tnggorokan ..sy sudah berobat ke dokter umum dan dikasih obat hufaxol,zoline,farsifen,dan sulfenox..mnurut dokter obat tsb aman ga ya buat kandungan sy ..trimakasih

    1. Saya email ya

    • Shofwa on 3 Maret 2018 at 15:37
    • Balas

    Sore dokter..
    Saya hamil 5mgg 6hri.saya menderita flu tadi ke dsog dikasih isoprenosine.nah saya baca2 “kehamilan dihindari”.saya jadi ragu yg mau meminumnya.saya meminta saran dokter.terima kasih.

    1. Ikuti saran dokter Bu, beliau yang memeriksa pasti lebih tahu kondisinya.

    • imas on 5 Maret 2018 at 10:25
    • Balas

    pagi dokter…sya menderita sakit bronkitis udah setahun lebih dan sekarang sya hamil..tpi pas hamil d minggu awal” sempat sembuh sampai khamilan ke minggu 9..skr sya hamil 12 minggu dan sakit saya kambuh lagi..saya berobat k dokter umum d kasih obat hufakol sama vit c…itu aman gak dok?
    terima kasih

    1. Gpp Bu

    • Isha on 9 Maret 2018 at 13:23
    • Balas

    Siang dokter. Saya batuk kering hampir 2 mgg tdk sembuh. Periksa ke spesialis dalam dikasih obat codikaf 3×1, cefadroxil 2×1, lagesil 3×1.

    Minum obat sudah 3 hari saat tespeck positif hamil. Kira2 obatnya saya lanjutkan tidak ya dokter?

    Kalau sudah terlanjur minum codikaf apakah aman buat janin? Trmksh

    1. Dilanjutkan sesuai resep dokter Bu

    • Alfred on 10 Maret 2018 at 23:54
    • Balas

    Dok, apakah Ambroxol tab 30 mg aman untuk ibu hamil dgn usia kehamilan 30-31 minggu? Terima kasih dok

    1. Gpp, diminum sesuai resep dokter ya pak.

    • Lili on 11 Maret 2018 at 10:13
    • Balas

    Dokter, sy sedang hamil 12 minggu, keluhan batuk kering sama demam. Dikasih obat sm dokter umum ambroxol hcl 30mg dan sanmol 500mg. Ambroxol nya aman ndak ya dok utk kehamilan sy? Terimakasih dok.

    1. Aman Bu

    • Wini Andiyah on 11 Maret 2018 at 15:36
    • Balas

    Dok saya sakit radang,bapil, panas, lagi hamil 34w, brobat kedokter umum.
    Dksih obat
    Sanmol forte paracetamol 650mg.
    Ambroxol Hydrochloride 30mg.
    Methylprednisolone 8mg.
    Cefixime 200mg.
    Cetirizine 10mg.
    Amankah dok?

    1. Gpp Bu

        • Wini Andiyah on 12 Maret 2018 at 19:05
        • Balas

        Mksih dok

        1. Sama2 Bu, semoga kehamilannya sehat dan lancar ya

    • Ivone on 15 Maret 2018 at 09:01
    • Balas

    Selamat pagi dokter, Sebelum saya telat haid , saya batuk n pilek dan saya minum obat decolgen dan vicks f 44, krn belum sembuh dan2 hr kemudian saya sudah telat haid, jadi saya berhenti minum obat itu dok, apa aman untuk calon janin saya dok (apabila saya hamil) ?
    Dan sebelumnya jg anak saya yg besar kena flu singapur dok, apakah berbahaya untuk caon janin saya dok?
    Terimakasih dok

    1. Sebaiknya dipastikan bahwa telatnya krn memang hamil.

        • Anisa on 26 Juli 2019 at 10:35
        • Balas

        Dok, saya ada riwayat asma dan sinusitis. Sebelum saya hamil, saya sedang menjalanin pengobatan sinusitis di dr spesialis Tht. 3x berkunjung dokter meresepkan saya cefixime.
        Pada kunjungan ke 3, Saya bru tahu saya hamil dg usia kandungan 5 bulan. Saya bilang saya sedang hamil, Keluhan saya pilek masih berlendir hijau, tenggorokan sakit dan hidung mampet. Dokter meresepkan cefixime, dan semprotan hidung nasacort aq triamcinolone acetonide . Apakah semprotan hidung tersebut aman dok untuk ibu hamil?.karena saya mengecek di internet kategori C untuk kehamilan , saya khawatir.
        Lalu setelah 1 minggu inii, saat ini saya masih pilek berlendir hijau. Saya harus priksa ke dokter kandungan apa ke tht ya dok?
        Trimakasih

        1. Ke THT Bu, bilang kalau hamil. Smg lekas sembuh

  4. Dok,sebelum tahu hamil saya sempat flu dan batuk,kemudian saya minum alpara..yang saya takutkan pas minum obat itu saya sdh hamil..kira2 ada efeknya gk dok??

    1. Gpp Bu

        • Hartini on 4 Maret 2019 at 12:53
        • Balas

        Halo dok, saya sedang hamil 3 bulan. Saya demam, batuk berdahak dan muntah2.
        Karena sudah 2 hari tdk membaik saya ke dr. Umum (karena tdk ada dokter spog dihari minggu).
        Saya diberikan obat :
        Alpara, yusimox dan peptovell.
        Apakah ke 3 obat itu aman dok buat saya?
        Mohon informasinya ya dok.
        Makasih..

        1. Diminum sesuai resep, kl belum sembuh ke dokter kandungan ya

        2. Diminum sesuai resep, kl belum sembuh ke dokter kandungan ya

    • Ajeng lestari on 27 Maret 2018 at 16:52
    • Balas

    Dok saya hamil usia sekitar 18minggu dan saat ini sedang bapil.. Dikasih saran sama sepupu dulu yang pas hamil pernah bapil trus minum demacolin.. Nah saya ragu dok tentang dosisnya. Apakah tdk apa2 jika diminum sehari sekali pada mlm hari sebelum tidur saja?

    1. demacolin 3×1 tab

    • Nuzulia safitri on 28 Maret 2018 at 14:10
    • Balas

    Dok, saya sedang hamil UK 9minggu. saya sdh 2 hari demam tinggi mencapai 39°c,batuk,pilek.Kmrin saya k dr diberikan obat sanmol, clanexsi,dan comtusi. Mengingat usia kehamilan saya yang masih muda..apakah aman konsumsi obat tersebut? Terimakasih dok.

    1. Aman Bu, ikuti saran dokternya

        • Nuzulia safitri on 28 Maret 2018 at 14:24
        • Balas

        Terimakasih ya dok…

        1. Smg lekas sembuh

    • Jessica christy on 3 April 2018 at 19:13
    • Balas

    malam dok … dok saya lg hamil 15 minggu dn skrng saya lg batuk pilek …. apakah boleh saya mnum demacolin ????

    1. Saya email ya

    • desi kurniawanti on 4 April 2018 at 19:37
    • Balas

    Mlem dok saya lage hamil 24w ..saya jg lagi btuk pilek kmren dah priksa d kasih obat alpara sama caviplek apakah aman buat kndungan saya soal.y saya browsing dlm alpara mengandung phenylpropanolamine HCI

    1. Alpara obat panas ba pil, aman. caviplex multivitamin

    • Dian on 11 April 2018 at 17:03
    • Balas

    Saya hamil 31wk sudah 2 minggu batuk berdahak dan ini sudah 2x kedokter spog..td ke spog lagi dikasih resep ini sultamicillin tosylate 375mg (2×1),ambroxol hcl 30mg(3×1) & dexamethasone 0.5mg(3×1)..itu aman atau tidak dok?

    1. Kalau dari Dr SpOG Insya Allah aman Bu

    • Rani on 16 April 2018 at 13:55
    • Balas

    Siang dok, saya hamil usia kandungan 7 week. 2 hari yg lalu saya batuk pilek, saat ini pileknya sudah sembuh tapi batuknya masih bahkan bikin asma kambuh. Sebelom hamil memang kondisi seperti ini sudah biasa tapi dgn kondisi sdg hamil seperti ini saya khawatir dgn janin saya. Sempet nanya dokter kandungan via wa katanya bisa pake ambroxol tapi tdk diberitahu dosisnya. Apakah aman dok untuk janin saya kalo minum ambroxol?kalo aman berapa dosis yg bisa saya konsumsi?terimakasih

    1. Saya email ya

    • Efaras on 17 April 2018 at 15:19
    • Balas

    Siang dok…
    Sewaktu periksa ke dr spog sy sudah batuk dan hidung mampet sy dikasih cefixime, cortidex, pertusin dan osfit untuk vit kehamilannya. Karena sy ragu minum antibiotik jd sy tdak minum dok. Tapi obat yg lain sdh habis. Tapi sekarang batuk malah tambah parah jd batuk berdahak dan kalau sudah batuk bisa terus menerus.
    Jadi disarankan teman sy untuk minum silex syrup… Apakah tidak apa.apa dok kehamilan 20weeks dan kalau mau ke dr spog lagi jauh dok… Terima kasih dok.

    1. Boleh Bu

    • anita on 25 April 2018 at 21:13
    • Balas

    Malem Dok,
    Dokter, saya batuk dan sakit tenggorokan
    Dokter spog menyarankan konsumsi FG Troches 4×1 dan bisolvon syrup 3×1
    akan tetapi pas saya baca untuk bisolvon syrup kandungannya agak berbahaya untuk ibu hamil jadinya saya ganti ke Silex.
    Usia kandungan saya 7 week, apakah aman dok dengan 2 obat tersebut untuk trismeter 1 ( silex dan fg troches )

    1. Boleh, aman

    • Siti halimatus sa'diyah on 28 April 2018 at 01:52
    • Balas

    Dokter..saya hamil 28mgg dg gemeli. Saya batuk sepertinya batuk kering. Tp kmrn dr dokter kandungan di kasih vectrin dan rhinos tp tetep saja blm sembuh. Yg ada malah saya ndak bisa tidur tiap malam karena tenggorakan gatal dan batuk yg panjang.
    Kira2 obat batuk antitusif apa ya dokter yg aman buat saya???
    Klo alpara amankah ya dokter???

    1. Kalau dikasih obat di atas sama dokternya, berarti ibu pilek + batuk berdahak. Coba dokternya di-WA Bu. Saya khawatir salah resep, karena tidak memriksa sendiri, maaf ya Bu, mohon dimaklumi

    • Lily on 7 Mei 2018 at 15:09
    • Balas

    Selmat sore dok.
    Sy lily sedang hamil 28 minggu. Dok berapakah maksimal dosis asam folat yg aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Saat uk 13 mnggu sy diberikan laklctafar yg ada kandungan AF 800mkrogrm dan tablet besi yg ada kandungan AFnya juga 250mkrgrm. Apakah itu berlebihan dokter? Krna sy baca di internet berlebihan konsusmsi AF dpt meningkatkan resiko autis pada anak.

    1. Kalau sudah dalam bentuk tablet kan dosisnya jelas, jadi kalau sesuai resep harusnya gpp Bu

    • Iwan on 7 Mei 2018 at 23:14
    • Balas

    Malam dok..ini istri saya lagi hamil 32W dan skr lagi batuk..sama dokter di resepkan bisolvon extra..apakah bisolvon aman buat ibu hamil karena saya baca artikel bisolvon tidak aman buat ibu hamil..trims

    1. Kalau sesuai resep aman Pak, jangan khawatir. Istirahat yg cukup, stop pedes, gorengan, es, micin2

    • Mira on 8 Mei 2018 at 05:47
    • Balas

    Dok saya mau ty.. kehamilan 5 minggu kantong janin di prediksi kecil.. di kasi obat methylpredisolon apakah aman? Apakah dokter y curiga saya BO?

    1. Harus dibawah resep & pengawasan dokter. Itu kortikosteroid anti radang.

        • Mira on 8 Mei 2018 at 20:58
        • Balas

        Kenapa dikasi anti radang ya dok? Keluhan saya cuma mual muntah dan agak ada nyeri pd rahim? Trma kasih

        1. Berarti saat pemeriksaan dokternya melihat ada keradangan

    • Erista on 10 Mei 2018 at 21:46
    • Balas

    Selamat malam dokter saya hamil 34 week , ini saya baru batuk pilek dok sama dokter diksih obat parasetamol tablet 500 mg , setrizin tab 10 mg , silex sirup apakah aman dok ??
    Terimakasih ..dokter

    1. Aman sesuai resep dokter

    • ari on 12 Mei 2018 at 07:33
    • Balas

    Dok sy hamil 13w. Sy batuk pilek dan priksa k dokter kandungan dksh dextral 3×1. Sy minum sehari aj dok sm mlm waktu plg priksa. Jd total 4x sy minum. Kr2 aman g y dok obat tsb bwt janin sy. Krn sy bc d internet termasuk kategori C?.

    1. Asal sesuai resep dokter aman kok Bu

    • Yenz marlina on 14 Mei 2018 at 15:55
    • Balas

    Dok saya sakit batuk skg usia kandungan saya 18mg, karna tidak ada dr kandungan apa boleh periksa ke dr umum?

    1. Boleh Bu, bilang kl sedang hamil

    • Novi on 15 Mei 2018 at 02:43
    • Balas

    Dok saya hamil 20mg saya flu tapi ga demam apa boleh minum demacolin tanpa resep dokter?

    1. Saya email ya

    • rachmadini on 20 Mei 2018 at 10:48
    • Balas

    Pagi dok saya lagi hamil 16w batuk sudah seminggu lebih blm sembuh juga kadang berdahak kadang kering,klo sy beli obat batuk ibu hamil merk wyberth baik gak ya dok untuk kandungannya?mohon penjelasannya dok.mksh

    1. Boleh saja, tp kl 3 hari gak sembuh, ke dokter ya Bu

    • Wulan on 23 Mei 2018 at 19:03
    • Balas

    Malam dokk,, saya mau nanya dok apakah comtusi oxokemazine guafenes sirup dan mucos ambroxol aman untuk ibu hamil?? Soalnya saya mengalami batu kering dan dikasih obat buat dahaknya keluar?? Apa aman untuk usia kandungan 4 bulan,,

    1. Boleh, kl 3 hr gak sembuh kembali ke dokternya ya

    • Nina on 29 Mei 2018 at 00:43
    • Balas

    Ass.
    Permisi sy mau tanya Dok, sy hamil 20minggu, seperti nya sy mengalami gejala batuk pilek dok, baru satu hari ini tenggorokan sy sesekali terasa kering dan rasa ingin batuk (tapi sesekali dok) sekitar 5menit sekali sih, sama gejala flu nya hidung terasa sedikit mampet sebelah, rasa ada cairan ingus tapi tidak kluar.. kira2 obat apa ya yg bagus dan aman untuk sy konsumsi dok, mohon petunjuk nya dok, trmksh,
    Wassallam

    1. Kalau tidak terlalu mengganggu tidak perlu diobati, istirahat, minum air hangat, stop es, gorengan, sambel

    • Esse masita on 5 Juni 2018 at 19:44
    • Balas

    Dok sya hamil 9 minggu 2 hari terus saya pilek sya sdh minum 1 tablet grantusif,yg mau sya tanyakan apakah tu aman tuk kehamilan saya?

    1. Itu obat bapil, kalau pilek saja sebaiknya minum obat pilek

    • Mita nurfadilah on 7 Juni 2018 at 19:19
    • Balas

    Dok .usia kandungan sya 38minggu .skarang sya lgi sakit flu& batuk trus sya brobat k bidan .d kasih obat demacolin sama grathazon dexamethasone..aman ngga dok klau d minum..

    1. Gpp, aman. Sudah waktunya lahiran ya Bu

    • Firda on 16 Juni 2018 at 22:50
    • Balas

    Selamat malam dok, saya mau tanya, saya sedang hamil 12weeks, saya juga sdg batuk pilek bersin hidung mampet dok 3 hari ini dan saat ini sedang dalam perjalanan wisata bersama rombongan ke Bali, sehingga tdk memungkinkan utk ke dokter umum/dokter kandungan. Saya sebaiknya minum obat apa ya dok? Karena malam susah tidur karena flu ini, sedangkan saya butuh banyak istirahat juga. Terimakasih dok sebelumnya atas jawabannya.

    1. Saya email ya

    • Prima on 20 Juni 2018 at 22:51
    • Balas

    Selamat malam dok. Saya hamil ukuran 29 week. Saat ini batuk kering diresepkan dokter silex dan cetrizine. Tapi sudah saya konsumsi 3 hari dan belum ada perubahan kemudian diresepkan lagi obat Ambroxol. Apakah aman saya konsumsi? Terimakasih

    1. Aman, dosis sesuai resep dokter ya …

    • Riri on 24 Juni 2018 at 16:33
    • Balas

    Dok saya tadi pagi makan ayam goreng, ternyata ayamya belum matang sempurna alias setengah matang, tp saya sudah terlanjur memakannya, bagaimana ya dok? Saya takut ada virus yang belum mati dok 🙁
    Saya sekarang hamil 25w dok

    1. Gpp Bu. Lain kali sebaiknya matang sempurna ya

      • Danis on 8 Juli 2019 at 15:40
      • Balas

      Dok, uk saya 24 minggu.. Saya terkena flu dikasih sama dokter resep rhinos.. Aman kah??

      1. Aman asal diminum sesuai resep dokter

    • Diana on 24 Juni 2018 at 21:37
    • Balas

    Selamat malam dok… Mau tnya dok, saya sedang hamil 8 mnggu ,dari sy belum ketahuan hamil sdng batuk kering lalu skrg jd batuk berdahak dan di tambh pilek. Saya sudah minum comtusi dan sy jg ada riwyt sinusitis, menurut doktr apakah aman sy mengkonsumsi obat comtusi?

    1. Gpp, namun sebaiknya minta resep ke dokter kandungan ya Bu

    • Siti. M on 27 Juni 2018 at 09:51
    • Balas

    Pagi dok saya sedang hamil 26 minggu.. Sejak lebaran sampe sekarang pilek dan muka terasa panas dan sekarang ada batuknya.. Dan sudah berobat 2x tpi tidak sembuh2,setiap dosis obatnya habiss pasti demam lagi..bagai mna cara mengatasinya..?? Untuk obatnya sya dikasih demacolin dan mefenamic acid… Tolong saranya dok..

    1. Ke dokter kandungan Bu, biar dikasih resep. Istirahat, minum air hangat, stop gorengan, pedas, micin.

    • Fitri on 1 Juli 2018 at 21:11
    • Balas

    Dok, saya lagi hamil 18 mg. Kmrn saya flu berat sampe 1 minggu, skrng batuknya sudah mendingan. Kmrn saya baru check up ke dokter kandungan, untuk flu dikasih obat cortidex, fluimucil, sporetik 200gr. Obat itu amankan ya dok?
    Kalo saya uda sembuh, apa semua obatnya harus dihabiskan dok?
    Kmrn waktu usg, dokter saya bilang kalo air ketuban saya agak keruh karena flu, itu bahaya ga ya dok? Biar jernih lagi apa cukup minum air putih dan air kelapa ijo?
    Makasih ya dok

    1. Kalau yg antibiotik harus dihabiskan, obat lainnya tergantung kadar sakitnya bagaimana. Mestinya dokter yang memeriksa yang bisa menentukan Bu, mohon maaf ya Bu

    • Arini wulan on 2 Juli 2018 at 15:47
    • Balas

    Dok saya sedang hamil 25week,
    Sebelum nya saya sakit nelen dok dan sudah hampir seminggu ini saya batuk2 tersiksa sekali, kasian juga ke debay nya..
    Saya ke bidan dan ke dokter di kasih obat yg sama yaitu ambroxol hcl syrup 15ml, aman ga ya dok..?

    1. Aman, diminum sesuai resep

    • Ayu Setianingrum on 15 Juli 2018 at 11:06
    • Balas

    Dok saya sedang hamil 33w dan skrg lagi batuk pilek. Waktu ke dokter dikasih resep Alpara sama antibiotik Cefadroxil Monohydrate. Apa itu aman dok utk saya minum?

    1. Aman, diminum sesuai resep dokter ya Bu

    • Dita on 31 Juli 2018 at 18:00
    • Balas

    Selamat malam dok ..
    Saya mau tanya dok ,, usia kehamilan sy 15mgu menuju ke 16mgu,, saat ini saya flu smp bersin berulang-ulang ,, sebaiknya dikasih obat apa y dok ?? Terimakasih ..

    1. Saya email ya

      • Verra on 16 Mei 2019 at 18:40
      • Balas

      hallo dok mau tanya untuk rhinos amankah diminum oleh ibu hamil? kmrn diresepkan oleh dokter kandungan karena flu, tapi saya browsing2 masuk kategori c jd agak ragu minumnya. usia kehamilan 28 minggu. thank you dok

      1. Gpp, giminum sesuai resep dokter ya Bu

    • Retno on 4 Agustus 2018 at 17:21
    • Balas

    Dok, saya lagi hamil 5 weeks pas ketauan hamil itu ukuran 4 weeks, nah saya disuruh datang lagi 2 minggu kemudian.. Sekarang saya batuk kering gatal sekali dok. Sebenarnya ini batuk sudah ada sebelum saya ketauan hamil tapi kadang muncul kadang hilang.. Tp semenjak hamil batuk saya tambah parah.. Gatal sekali dok.. Yg saya tanyakan apakah sy harus nunggu seminggu lagi buat ke dokter? Untuk sementara saya pakai obat apa untuk menghilangkan batuk ini?

    1. Sebaiknya ke dokter Bu, minta resep buat batuknya

    • widi on 18 Agustus 2018 at 19:36
    • Balas

    Malam dok,
    Sy hamil 38w sdg batuk brdahak, tenggorokan gatal, pusing dan lemas.
    Kedokter kandungan diberi resep obat paracetamol 500mg dan fluimucil capsule.
    Amankah diminum dibarengin dgn vit hamil?
    Apa ada efek sampingnya untuk sy dan debay?
    Sebelumnya diklinik jg diberi suntikan dexa inj (lupa nama obatnya) katanya spy cpt sembuh karna sdh mendekati persalinan dan untuk kematangan paru” janin.
    Apa benar?
    Amankah? Dan apa ada efek sampngnya?
    Terima kasih

    1. Gpp, aman Bu. Stop es, gorengan, micin sambel, trus istirahat

    • Eric on 25 Agustus 2018 at 02:32
    • Balas

    Malam dok, istri saya sempat minum methylprednesolon selama 3 hari saja, ternyata dia sedang hamil 8 w. Apakah aman dok? Thanks

    1. Boleh digunakan dg dosis yg ketat.

    • Dina on 30 Agustus 2018 at 23:30
    • Balas

    Malam dok,
    Saya sedang hamil usia 16w dan sedang flu. Oleh dokter kandungan diberi resep rhinos SR apakah aman?
    Mengingat dari keterangan yg ada tertulis rhinos tidak dianjurkan untuk ibu hamil.
    Terima kasih.

    1. Aman, diminum sesuai resep dokter, dosis dan jangka waktu minumnya

    • Diah on 31 Agustus 2018 at 19:07
    • Balas

    Malam dok, saya sdg hamil 10 minggu, 3 hari ini batuk pilek. Periksa ke bidan diberikan obat Ambroxol HCl 30 mg, amoxilin 500 mg, aman gak dok kalo saya konsumsi? terima kasih

    1. Boleh, kl obat hbs tp blm sembuh, ke dokter ya Bu

    • Farisa on 19 September 2018 at 19:03
    • Balas

    Assalamu’alaikum dok. Saya sedang hamil 33w, batuk flu, td ke bidan diberi obat batuknya wybert dan fasidol paracetamol 500mg. Apakah aman dok?
    Terima kasih

    1. Wa alaikum salaam. Aman Bu, sesuai dosis ya

    • Nailil ismah on 18 November 2018 at 21:34
    • Balas

    Dok…saya hamil 8minggu… Tapi saya terkena flu udah 2 hari… Tadi periksa di bidan di kasih obat demacolin… Apakah amn buat ibu hamil dok… Terimakasih

    1. Aman, diminum sesuai resep

    • Suci on 20 November 2018 at 07:30
    • Balas

    Dok saya hamil sekitar 20-22 minggu, beda dokter beda ngitungnya ya dok? Saya sudah batuk pilek pusing selama 3-4 hari ini. Krn sdh ga kuat krn megganggu tidur & perut jd kenceng klo terbatuk2 semlm saya priksa ke dokter kandungan dgn memakai rujukan askes. Trs dikasih obat ambroxol, tuzalis sm ultravita. Tp blm saya minum dok krn ragu aman atau tdk. Maklum pas anak pertams saya pad hamil sehat wal agiat ga pernah sakit apa2.

    1. Ngitung tergantung posisi janin, USG juga beda2, tapi selisih 2 mg masih wajar. Diminum saja sesuai resep dokter Bu, smg lekas sembuh

    • Neng on 28 November 2018 at 08:12
    • Balas

    Dok usia kandungan saya 34 week saya batuk pilek. Sama bidan di kasi dextral 2×1 aman ga dok?

    1. Aman Bu, diminum sesuai petunjuk

    • Farida on 29 November 2018 at 08:02
    • Balas

    Dok,
    Sy hamil sekitar 34 week, sy batuk pilek.
    Sama bidan sy di kasih obat
    demacolin 3×1,
    gg 3×1,
    Bintamox 3×1
    Aman ga dok ??
    Soalny semalam sy juga merasa dada terasa sesak n berdebar.
    Buat sy susah tidur.

    1. Ibu tidak tahan dengan efek samping dari obat2 di atas. Kalau bapil belum mereda ke dokter ya Bu, ceritakan juga obat yg telah dikonsumsi.

    • Ria on 2 Desember 2018 at 11:50
    • Balas

    Dok, sy hamil sekitar 9 minggu, sm bidan dikasih alpara tablet kemasan hijau… Aman gk ya dok untuk janin sy?

    1. Aman, diminum sesuai resep ya Bu

    • Rinda on 7 Desember 2018 at 20:49
    • Balas

    Dok..saya hamil 22minggu..batuk dan flu dok.. Saya udah ke dokter kandungan dan dikasih obat sanadryl ekspektoran..tp obatnya udah abiz dok satu botol..semntara batuk saya blom sembuh2..batuknya udah 3hr dok.. Apa obat yg aman yg bisa saya minum y dok? Makasih dok..

    1. Sebaiknya kembali ke dokternya Bu, barangkali perlu diberi antibiotik

  5. dok saya hamil 22minggu ,batuk pilek demam priksan ke rs trus diberi obat halmezin ,sanmol ,dan antibiotik
    aman engga dok

    1. Aman, diminum sesuai resep ya

    • Sonia on 18 Desember 2018 at 16:30
    • Balas

    dok usia kandungan saya sudah 7 bulan, saat ini masih keputihan dok saya konsul ke dokter kandungan di kasih obat fluomizin. Aman kah obat tersebut, dan baru saya pakai 2 kali tapi obat nya sampai besok tidak mencair, saya hentikan karena takut nati terjadi apa” dok. Bagaimana saran nya dok?

    1. Diobati sesuai resep ya Bu. Jangan tidak diobati.

    • Lita Novitasari on 18 Desember 2018 at 21:59
    • Balas

    Malam dok..saya punya riwayat radang yg sering kambuh skrg usia kehamilan 23week dikasih obat antibiotik Roxithromycin 150 mg dan obat batuk Recustein 300mg…aman gak dok obat2 itu?saya agak ragu krn sudah search bbrp info kurang aman untuk ibu hamil…

    1. Gpp Bu, diminum sesuai resep dokter.

    • Rani on 3 Januari 2019 at 16:26
    • Balas

    Siang dok..
    Saya hamil baru 6 minggu, batuk pilek sampe mampet banget susah napas… ingusnya juga lengket banget… mau minum rhinos aman ga ya dok?

    1. Saya email ya

        • Melyssa on 22 April 2019 at 13:19
        • Balas

        Slmt sore dok…saya hamil 29 minggu..sdh 2 hari bapil..ke dok kandungan di kasih rhinos..amankah dok?

        1. Aman sesuai resep / dosis

    • Ratna on 13 Januari 2019 at 20:14
    • Balas

    Malam dok. Saya hamil 26-27mgg. Batuk sudah 6mgg. Sudah tes bta hasilnya negatif. Sebelom hamil saya cocoknya prome syrup. Boleh tidak untuk hamil?

    1. Kalau batuk 6 mg tidak sembuh, sebaiknya ke dokter kandungan Bu

    • Leni nurul aini on 28 Januari 2019 at 21:51
    • Balas

    Malem dok..
    Saya hamil 20mg. Flu mangpet gt. Sampe berat kepala.
    Td k dokter umum dkasi amoxilin sama demacolin. Amankah???
    Trimakasih.

    1. Aman, istirahat, stop es, gorengan. micin

    • irlinna on 30 Januari 2019 at 17:53
    • Balas

    Sore dok … Sy batuk udh mau sebulan doKlinik Pratama Sumber Waras Binong, k dr sblm tau klo sy hamil … sy udh 2 x berobat tp blm juga sembuh …
    Berobat ke dokter kandungan juga sudah dok … tp blm membaik batukny …

    Usia kandungan saya 5w5d

    Akhirnya siang tadi sy periksa ke spesialis paru . Dan dikash obat vioquin , comtusi forte(tablet) sumagesic… apa benar benar aman ya dok ?

    Mhon diblz y dok
    Tks.sblmnya

    1. Jika sudah bilang ke dokternya kalau hamil, mestinya dikasih obat yang aman Bu

    • Dian on 17 Februari 2019 at 22:20
    • Balas

    Dok
    Usia kandungan saya 5 bulan
    Saya sedang batuk pilek
    Sy berobat ke bidan di kasi obat grantusif
    Aman tidak yaa??
    Sudah 3 hari batuk blm reda

    1. Kalau 3 hari blm sembuh ke dokter kandungan ya Bu

    • Dian on 19 Februari 2019 at 20:01
    • Balas

    Dok usia kehamilan saya 29 minggu, sedang batuk kering berat, jika minum sanadryl DMP syrup apakah aman ya dok?

    1. Boleh, kl 3 hari blm sembuh ke dokter ya Bu

    • Santi on 19 Februari 2019 at 23:49
    • Balas

    Dok saya hamil 7bln skrng lgi batuk pilek td sudah periksa ke dokter kandungan dikasih obat alpra sama cefixime 100 mg aman gk dokter buat ibu hamil trs semisal sudah sembuh antibiotiknya hrs dihabiskan apa tdk dokter ?

    1. Kalau dari dokter kandungan insya Allah aman. Antibiotik dihabiskan

    • Puji on 22 Februari 2019 at 21:30
    • Balas

    Aslkum dokter,sy lgi hmil 15 minggu ,lgi ba+pil ,krna gk tahan gatal batuk n tkut bahayain janin ,sy priksa ke bidan kandungan dan dksih obat coparcetin&novamox 500 sm Ferrous fumarate(folic acid).kira2 aman gk dok buat kandungan sy?.batuk sy brdahak tp dahaknya putih n sdikit brbusa,bkn dahak kuning n kental,apa kira2 bawain bayi ya?

    1. Kalau 3 hari belum sembuh, ke dokter ya Bu

      • elok gumilang on 16 Juli 2019 at 18:18
      • Balas

      dok, saya bumil usia 5minggu, bapil sudah 3 hari, diberi resep dokter kandungan saya itu ambroxsol, setelah saya hitung kurleb untk 4 hari, amankah dok untuk janin saya? karna saya baru ngeh kalo itu ambroxol saat dirumah, dan tidak sempat tanya, setelah saya browsing untuk ambroxol adalah obat tipe C 9

      1. Aman diminum sesuai resep dokter

    • Dania on 24 Februari 2019 at 11:02
    • Balas

    Dok saya batuk pilek tapi tenggorokan saya gatel dok keluar( mucus ) ,saya konsultasi ke bidan dan di beri resep obat merk unidry yg kandungan diphenydramine HCL ,ammonnium chloride, sodium citrate ,dan parasetamol. Apakah aman dok untuk ibu hamil 12 minggu 4 hari dok??

    1. Diminum sesuai resep ya. Kalau 3 hari tidak sembuh ke dokter

    • Ladyna on 24 Februari 2019 at 17:17
    • Balas

    Pak dokter saat ini saya hamil 35 minggu dan sedang flu, boleh tidak saya mengkonsumsi neozep forte?

    1. Boleh, sesuai dosis

    • novi on 27 Februari 2019 at 20:08
    • Balas

    Ass..sya hamil 12 minggu dok, batuk pilek dan dapat resep silex, apakah aman dok??mohon jawabanya..trimksih

    1. Aman, diminum sesuai resep ya

    • Wulan on 4 Maret 2019 at 17:59
    • Balas

    Dokter, saya hamil 8 minggu, lg trkena batuk gatal bgt
    Sprti alergi dingin, sy ke doktr umum dan di kasih resep obat comtusi forte
    Apkh aman dok ?

    1. Aman diminum sesuai resep

    2. Aman diminum sesuai resep

    • Nyay on 6 Maret 2019 at 18:55
    • Balas

    Dok saya sakit sebulanan, awalx sakit radang tenggorokan diresepkan fg troches 3×1 slma 3hri, stlah itu saya sakit mata drsepkan cendo xitrol tetes mata selama 10hri dan novamox 500mg selama 3hri, belum sembuh saya k dokter spesialis mata kena bakteri jg ada luka di kornea saya terapi tetes mata selama 10hari levofloaksin 6×1,cenfresh 8×1,polygran salep mata utk dpkai tdur malem,dan saya gak sempat kembali lagi k dokter utk periksa lagi karena saya sakit perut k dokter umum katanya maagh saya kambuh dan perut saya banyak gas mau diare jdi dresepkan anflat 3×1, opicef 3×1,lasgan 2×1 slma 3hri saya smbuh tapi saya kerasa perut bawah tdak enak saya testpack ternyata hamil dan dbwa usg trnyta hamil sudah 2 bulan, saya baru tau hamil apakah pemkaian selama sebulan saya sakit berbhaya k janin saya dok, mint tlg pencerahanx dok ? Saya tidak menyangka hamil saya ttp haid wlau hanya flek slma 2 hri sja tiap bulanx trims mhon d balas y dok.

    1. Tidak perlu terlalu khawatir Bu. Yang penting rajin kontrol sesuai jadwal ke dokter kandungan.

        • Nyay on 8 Maret 2019 at 09:53
        • Balas

        Saya bertanya k dokter kandunhan tapi tidak ada penjelasan apapun mengenai obat obat yg saya pakai selama sakit, dokterx hanya diam membisu dok…

        • Nyay on 9 Maret 2019 at 07:15
        • Balas

        Dan saya ingin bertanya dok, efek tetes mata itu apakah efek lokal pada organ mata saja atau bisa masuk ke dalam tubuh dok sprti ke rahim ?

        1. Tergantung obatnya Bu

            • Nyay on 11 Maret 2019 at 12:11

            Kalo tetes mata yg saya pakai gimana dok apa masuk k rahim atau tidak dok?trims dok penjelasannya semoga dokter selalu diberi kesehatan…

          1. Aman Bu

    • Hana on 10 Maret 2019 at 23:07
    • Balas

    dok.. sudah satu mminggu lebih saya bapil, sekarang pileknya sudah sembuh, tinggal batuknya.
    saya sudah ke bidan dan ke dokter umum,
    setelah membaca pertanyaan ibu2 diatas, obat yang diberikan bidan dan dokter umum sudah sesuai,
    namun sampai skrg batuknya belum sembuh..
    bagaimana dok?
    terimakasih.

    1. Ke dokter Bu, kalau perlu diberi antibiotik

    • oppi on 13 Maret 2019 at 09:13
    • Balas

    dok, saya sdh 8 hari batuk berdahak dan pilek, saya hamil 28 minggu. saya sdh ke dr kandungan dan diresepkan silex dan codipront. obat sudah habis tapi batuk berdahaknya masih tidak berkurang.
    saya harus minum obat apalagi yg aman untuk janin saya.
    terimakasih

    1. Sebaiknya kembali ke dokternya Bu. Jangan minum obat tanpa pengawasan dokter

    • Kaffatina on 17 Maret 2019 at 02:51
    • Balas

    Dok sy sedang hamil 18 W dan sedang mengalami batuk pilek demam dan badan terasa nyeri, sy sudah ke dokter kandungan oleh dokter di berikan obat alpara apakah aman dok. Terimakasih dok

    1. Aman, diminum sesuai resep dokter

    • Ummah raya on 21 Maret 2019 at 21:25
    • Balas

    Dok saya hamil 20 Minggu
    Sudah batuk pilek sebulan lebih
    Batuk gatal dan pilek beringus kental
    Oleh dokter kandungan diberi resep silex dan antibiotik
    Namun obat habis, belum sembuh juga
    Saya coba minum obat tradisional jahe, jeruk perasan dll
    Kontrol lagi, tdk dikasih resep lagi, tp waktu tanya FG troches boleh dikonsumsi? Katanya gapapa
    Kira kira dosis FG troches yg sy harus minum brp pcs? Dan berapa kali sehari dok? Apa mmg FG troches aman dikonsumsi ibu hamil? Terimaksih

    1. Mestinya dosisnya dokter yg memeriksa yang tahu, krn beliau yg tahu tingkat keparahannya. Tapi patokannya 1-2 tablet hisap diberikan 4-5 kali perhari

    • Hendra Agus on 24 Maret 2019 at 05:23
    • Balas

    Dokter mohon ijin tanya. Ini istri saya lagi hamil 8mgg. Mengalami batuk dan pilek. Terus sudah periksa ke dokter dikasih obat silex syrup. Apakah aman dok untuk ibu hamil.? Terimakasih

    1. Aman, diminum sesuai dosis

    • Utari on 29 Maret 2019 at 16:14
    • Balas

    Dok saya mau tanya usia khamilan saya 32minggu ini saya kena flu pilek hidung tersumbat batuk dan sakit gigi trus saya kasih demacolin,aman ya dok

    1. Aman sesuai dosis

    • Annisa najiah on 1 April 2019 at 20:52
    • Balas

    Dok saya mau nanya di trimester kedua ini saya mengalami batuk pilek dan badan panas, terus saya dikasih obat comtusi sirup. Amankah buat kehamilan saaya

    1. Aman diminum sesuai dosis / resep

    • Annisa Rachmawati on 9 April 2019 at 09:14
    • Balas

    Dok saya sedang hamil 7 minggu, saya sedang flu berat dan meriang. Saya cek ke dokter kandungan dan di resepkan rhinos. Apakah aman dok?

    1. Aman diminum sesuai resep dokter

    • Sasha on 15 April 2019 at 17:37
    • Balas

    Dok saya hamil 6minggu, batuk berdahak, radang tenggorokan sampai suara saya hilang. Kalo sekali batuk sampe pusing sakit kepala, ke perut jg kaku banget. Sy sudah ke dokter tht lalu diberi resep silex, apakah aman dok?

    1. Aman diminum sesuai resep / dosis ya Bu

      • Restu on 19 April 2019 at 22:29
      • Balas

      Dok…sy hamil 9w, batuk pilek parah sudah seminggu. Bidan resepkan Halmezin. Amankah dok?

      1. Aman, sesuai resep / dosis

    • Jean on 23 April 2019 at 10:53
    • Balas

    Dok, saya hamil 33 minggu dan saya sakit batuk+pilek dokter memberikan saya obat silex. Amankah Dok?

    1. Aman sesuai resep / dosis ya Bu

      • Ayu nur farida on 20 Juni 2019 at 17:26
      • Balas

      Dok, sya hamil 18/19 minggu, pernah flek2 dan pendarahan dok,,, saya batuk jenggil dan summer dok, di kasih resep dokt sanadryl DMP 3×1 aman kah dok

      1. Aman, diminum sesuai resep dokter.

    • Bunda brian on 29 April 2019 at 21:06
    • Balas

    Malam dok, saat ini saya sdang bapil dan tenggorokan gatal sekali, sebelum hamil biasanya sya konsumsi demacolin + dexamethasone 0.5mg. Berhubung sya sdang hamil 20w, bolehkah sya konsumsi 2 obat itu..?? Dan dosisi saat hamil apa sama dgn sblum hamil..?? Mohon jawabannya dokter.. Trimakasih

    1. Gak usah dexamethasone. Kl 3 hr gak sembuh ke dokter kandungan nya Bu

      • Nyay on 4 Mei 2019 at 10:26
      • Balas

      Selamat pagi dok, saya hamil 19 week saya 3hri sakit gigi bengkak gusinya, dibwa k dr gigi dsruh kumur air hangat cmpur garam 3×1 dan hanya dresepkan parasetamol merk parasetamol 3×1 sruh habiskan slma 3hri , tp sampai obat habis sakit nya masih ada dok, apa yg hrus saya mnum y dok mhon penjelasanx dok krn tiap hri aplagi malam trak bsa tdur dan makan jg sakit.trims dok

      1. Coba cari dokter gigi yang ada tambahan titelnya Sp.Perio. Dokter gigi sub spesialis masalah gusi. Bilang kalau sedang hamil.

          • Nyay on 7 Mei 2019 at 14:34
          • Balas

          Di sumenep tidak ada dokter bertitel itu dok hanya dokter gigi saja maklum daerah terpencil,tp obat it bahaya apa gak dok Paracetamol dan amoxicillinnya? Krna saya takut minum obat saat hamil dok dan saya tidak balik lagi k dokter , seminggu dok msh bengkak kdg keluar darah dok bila dsikat saya hanya mengurangi nyeri dgn salonpas koyo dok d tempel dipipi,

            • Nyay on 7 Mei 2019 at 14:37

            Tambahan penjelasan dok # saya kembali k dokter gigi lagi sebelumnya dikasi obat antibiotik amoxicillin dok 3×1 slma 3hari tapi smpai habis jg tidak sembuh jg dok ttep membengkak trims dok atas balasanya , saya takut obat dok apalgi saat hamil apalagi antibiotik dok , apakah tidaj bahaya k janin saya dok.trims.dok penjelasanx dan waktunya

          1. Bahaya sih tidak, tapi kl 3 hr gak sembuh harusnya ke dokter gigi spesialis gusi

        • Ayu nur farida on 21 Juni 2019 at 03:18
        • Balas

        Dok, sya hamil 18/19 minggu, pernah flek2 dan pendarahan dok,,, saya batuk jenggil dan summer dok, di kasih resep dokt sanadryl DMP 3×1 aman kah dok

        1. Aman, diminum sesuai resep dokter.

    • Nova on 6 Mei 2019 at 15:20
    • Balas

    Dok istri saya batuk terus, apalagi klo malam hari sampe2 gak bisa tidur. Sminggu yg lalu dah dikasi obat sama dktr kndungan tpi masi aja batuk. Minta sarannya dok. Terima kasih

    1. Kembali ke dokternya Bu, mungkin perlu ganti obat / dosis

    • Ulfa on 7 Juni 2019 at 05:55
    • Balas

    Dok saya mau tanya saya panas udah 1 mingguan, kemaren saya priksa ke rumah sakit tp yg priksa dokter umum, di cek darah juga ternyata panasnya akibat radang tenggorok an dan kurang darah, saya di kasih obat paracetamol sama sanadryl dmp syrup itu aman untuk ibuk hamil 7 bulan ta dok ?

    1. Aman diminum sesuai resep dokter

    • Na on 13 Juni 2019 at 16:52
    • Balas

    Halo dok, sy mau tanya. Saat ini usia kandungan 14 weeks,
    Dan sudah beberapa hari flu dan demam tapi yang tidak sampai demam tinggi, hanya seperti panas dalam, dan muka terasa hangat dan telapak tangan dan kaki.
    Sudah ke dr kandungan diresepkan demacolin untuk diminum 1×1 sehari.
    Apakah demacolin aman untuk kandungan saya? Terimakasih.
    Semoga dr selalu diberikan kesehatan.

    1. Aman, diminum sesuai resep dokter

    • Inggar on 18 Juni 2019 at 13:21
    • Balas

    Hallo dok,. Usia kandungan saya 12 minggu.. Saya batuk berdahal dan flu, udh 5hr ini, tenggorokan gatel bgt l, dam hidung selalu mampet sebelah dan kl lg diruangan ac mampet dua2nya dok..Saya tahan2 untuk tdk minum ont.. Dan kmren pas kebetulan jdwal saya cek up bulanan, dan saya blg lg batpil dan mampet hidung, lalu saya diresepi obt silex dan rhinoped.. Aman kah dok utk usia kandungan saya yg baru 12 minggu ini??

    1. Aman Bu, diminum sesuai resep dokter ya. Smg lekas sembuh

    • Lia Andriani on 8 Juli 2019 at 21:01
    • Balas

    Dok,apakah obat rhinos aman untuk ibu hamil 33w?

    1. Aman diminum sesuai resep dokternya

        • Nida Nafi on 2 Agustus 2019 at 00:49
        • Balas

        Mlm dok, saat ini sy sedang hamil 24week. Sy sdng sakit batuk, pilek, dan radang. Yg mau sy tnykn cortidex dan amoxilin apakah aman utk ibu hamil dgn usia kehamilan skr. Jg saat ini sy mengkonsumsi imboost force? Sy sdh mengkonsumsi obat tsb 2x sehari ini. Mohon saranny. Trmksh.

        1. Aman, asal sesuai resep dokter. Antibiotik dihabiskan.

    • Dwi on 11 Agustus 2019 at 16:25
    • Balas

    Sore dok, saya dwi umur 32th. HPHT saya 20 juni, usg pertama 5w3d kantung kehamilan GS 12.6mm dan disuruh dokter kembali lagi di 13w, obat yg diberikan Nulacta plus dan Emibion. Tiba2 saya sakit flu dan batuk, jd saya cb ke spog lain sekalian usg. Hasil usg 6w6d kantung kehamilan GS 26mm belum terlihat janin. Disuruh kembali 2w lagi, jika tidak ada akan dilakukan tindakan. Saya dikasih obat batuk Ambroxol yg katanya aman buat janin, tp saya tidak minum. Apakah batuk berdahak saya yg intensitas sering dpt menggangu pertumbuhan janin? Apakah saya BO? Maksimal brp w utk mengetahui BO? Saya tidak ada keluhan flek, mual muntah pada umumnya. Apakah termasuk ciri2 BO? Mohon informasinya dok

    1. Batuk tdk berhubungan dg pertumbuhan janin. Kl periksa berikutnya tdk ada janin, berarti BO. Max bo 12 w, tp tergantung pemeriksaan. Bo tdk ada ciri khusus, jadi sama dg hamil biasa, hanya saja janinnya tdk ada

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.