Hamil Kosong Atau Blighted Ovum (BO)

Beberapa hari yang lalu saya ada pasien yang mengalami BO.

Sebenarnya yang disebut BO adalah hamil beneran, tapi janinnya tidak berkembang dengan sempurna. Bumil yang mengalami BO juga mengalami tanda-tanda kehamilan seperti layaknya wanita yang sedang hamil, di-test pack-pun hasilnya positif. Pembuahan juga telah terjadi, kantung kehamilan tetap berkembang, hanya saja embrionya tidak berkembang.

Penyebab

Belum diketahui secara pasti. Namun diduga karena :

  • Kelainan kromosom
  • Kelainan genetik
  • Kualitas ovum yang kurang baik
  • Usia ibu yang tidak muda lagi
  • Kualitas sperma yang kurang baik

BO ini tidak bisa dicegah, dihindari atau diantisipasi sebelumnya. Juga bukan karena hal mistik (janinnya digondol setan dll).

Ciri-Ciri

Pada bumil BO, rahim berhenti membesar, trus embrio tidak lagi berkembang kemudian mati. Lalu gugurlah kehamilan tersebut.

Proses keguguran tersebut bisa berlangsung berminggu-minggu, dimulai dengan kram perut, bercak-bercak coklat sampai perdarahan dalam jumlah banyak. Yang berbahaya adalah jika terjadi pendarahan berat. Sering juga keguguran berlangsung secara spontan.

Keguguran spontan menurut penelitian 50%-nya adalah hamil BO. Jadi … janin tidak berkembang dan mekanisme tubuh secara alami berusaha mengeluarkannya,

BO ini terjadi pada trimester 1.

Untuk memastikannya perlu dilakukan USG. Saat di-USG akan menunjukkan kantong kehamilan yang kosong tanpa janin. Seperti gambar di bawah:


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=-c48cseYEXI

Penanganan

Penanganan terbaik adalah dengan tindakan kuretase untuk membersihkan rahim dan mencegah infeksi.

Setelah kuret, ibu mengalami haid seperti sedia kala dalam 4-6 minggu kemudian.

Hamil BO ini bukanlah hal yang berulang, jadi setelah BO belum tentu di kehamilan berikutnya akan mengalami hamil BO lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah unsur psikologis dari ibu yang telah mengalami BO ini, karena bisa menimbulkan kekecewaan atau kesedihan.

106 comments

Lompat ke formulir komentar

    • unia c budiasih on 4 Agustus 2016 at 11:01
    • Balas

    Siang dok,sy nia.ini kehamilam ke 3 sy dan sy 2 kali SC.Sy haid trakhr 21 juni 2016 dan wkt talat semggu sy tes hasilnya positif tp kabur dok.stlh lewt 2 mggu sy tes lg dan kelhtan 2 garis positif tp samar.lgsng sy ke dktr wkt di usg kantung nya msh mengalami penebalan,sy tdk puas sm hslnya sy kedokter ke 2 disna di usg kantongnya kosong.sy bingung dok apa sy hamil OB,kmrn tgl 3agst sy cek up ke dokter lain katanya sudh kelhtan tp kecil,mslhnya posisinya sembunyi diblkng katanya itu yg buat sy mengalami kram trus dan
    sy diksh obt penguat dan penghilang nyeri.mohon saran nya dok.maksh

    1. Coba USG saat 8 mg, harusnya detak jantung janin sdh ada.
      BO bisa dipastikan saat umur 12 mg

    • elly amelia on 27 Agustus 2016 at 20:43
    • Balas

    Malam dok..sy mau tanya apakah BO itu pada akhirnya pasti gugur sendiri ? Dan masa paling lama intuk proses gugur sendiri brp lama ya ? Tks

    1. Pasti gugur, itu mekanisme alami untuk kehamilan yang tidak memenuhi syarat. Harus dikuret Bu

    • mitha on 14 September 2016 at 23:23
    • Balas

    Malam dok mau tny tgl 10 kmren saya coba tespack dan hasilnya positif cman skrg keluar darah dok kalau boleh tau itu knp ya dok trimakasih mohon penjelasannya

    1. Kalau sedikit mungkin masih wajar. Tapi sebaiknya kontrol bu

    • Prilla on 29 Desember 2016 at 08:34
    • Balas

    Pagi dok. Saya sempat USG di uk 10 minggu. Tp janin belum nampak. Dokter memberikan komentar bahwa kehamilan saya BO dan disarankan untuk tindakan kuretase. Mmng selama ini saya tidak ada keluhan apapun, dan setau saya BO jg jarang terjadinya keluhan. Namun apa saya masih bisa mencari second opinion dok? Kenapa saya belum yakin klo kehamilan saya BO. Apa benar di uk muda apabila melakukan USG harus melalui prosedur kandung kemih harus penuh? Apa itu mempengaruhi kejelasan letak janin dok? Mohon informasinya dokter. Terimakasih

    1. Kalau 10 mg blm nampak janin kemungkinan BO.
      Benar kandung kemih hrs penuh

    • Nabila on 10 Januari 2017 at 08:08
    • Balas

    Selamat pagi dok,
    Saya mau tanya, saya pernah melakukan petting dgn pacar saya, setelah itu besok nya saya mual2 sampek 7 hari, saya mengira itu tanda hamil, tp setelah itu saya coba test pack dan hasilnya negatif, dan sdh 3 kali hasil tetap negatif, setelah itu saya trlambat datang bulan (tidak sesuai biasanya) saya makin bingung, akhirnya saya minum obat pelancar haid, setelah seminggu minum, saya keluar darah banyak banget, tp gak ada gumpalan darah atau semacamnya, saya haid selama 4 hari. Setelah saya suci, yg saya kaget kenapa ukuran perut saya membesar dan sampek sekarang.
    Itu kenapa dok? Hamil??
    Mohon dijawab dok, terimakasih

    1. Perlu periksa ke dokt kandungan Bu agar jelas

        • Nabila on 11 Januari 2017 at 08:47
        • Balas

        Dok, boleh tau harga usg 4D nha brp ya?
        Sama kontak graha masyithah nya?
        Email ya dok

        1. Saya email Bu

    • Dwi nurita sari on 11 Januari 2017 at 10:20
    • Balas

    Dok saya kmrn usg usia kandungan 6 minggu, memang janinya belum terlihat, tapi keterangan dokter yolk sac positif, apalah bisa bo? Saya disuruh periksa kembali pas 8 minggu usia kehamilan

    1. Belum tentu BO, tunggu saat periksa kembali

        • Wenti aisyah on 23 Januari 2017 at 20:25
        • Balas

        Dokter bisa minta email nya nggak??? Kasus saya sama seperti buk dwi nerita sari

        1. Bisa

    • Luqman on 14 Januari 2017 at 21:50
    • Balas

    Dok kalau langsung datang, daftar dulu lewat sms atau daftar di RS. Graha masyitoh? Biar bisa diperiksa sore.

    1. Pendaftaran pada hari H via HP bisa ke nomor : 081233860000

    • Intan on 28 Januari 2017 at 11:26
    • Balas

    Dok saya kemaren usg kta dokternya janin saya blm terlihat tp ari” sama air ketubannya udah terlihat..saya disarankan 2 minggu lagi usg…apa itu trmasuk kehamilan bo ya dok

    1. Umur brp mg?

    • novi on 31 Januari 2017 at 07:37
    • Balas

    Dok umur kehamilan sy suruh 9w kemarin sy ke dokter di usg katanya ga ada janin kantung janin ada, tapi sy dikasih obat vitamin 2minggu suruh kontrol lagi, apa bisa tertolong makasih

    1. Ditunggu 2 mg lagi bu.

    • Mega on 9 Februari 2017 at 11:48
    • Balas

    Ini saya yang tadi dok. Dan setelah dokter berkata takutnya janin saya tidak berkembang, akan tetapi saya sama sekali tidak merasakan keluhan flek, pemdarahan atau kram perut yang berlebihan. Untuk kasus BO apakah selalu diikuti dengan pendarahan atau tidak?Terima kasih

    1. Kalau sampai waktu tertentu janinnya tidak berkembang bisa dikatakan BO

    • windy prayitno on 12 Februari 2017 at 23:06
    • Balas

    Malem dok, waktu telat 1 hari saya TP..saya tidak tau hasilnya positif atau negatife karena yg garis kedua muncul agak lama dan tipis… Begitupun dengan hari ke 3,, sewaktu telat 4 hari saya ke klinik .. Saya usg transvaginal kata dokternya dia tidak melihat kantung.. Tapi memang ada penebalan dinding rahim.. Lalu dokter tersebut TP.. Dan hasilnya katanya negatife padahl ada tnda 2 samar tapi setelh 5 mnit.. Dia mengatakan ini gangguan hormonal,,karena saya biasa nya teratur saya tidak terima pernytaan dokter tersebut,, dan obat untuk merangsang haid tidak saya ambil.. Karena waktu 2 buln yg lalu saya pernah TP negatife sudah 30 menit tetap 1 garis.( makanya saya tidak terima dok tersebut bilng klw TP semkin lama akan mrmunculkn 2 garis).. Apa saya harus tetp menunggu dok 2 minggu lgi..atau memang hormonal?

    1. HPHT kapan? Usia ibu brp?

    • adjeng on 2 Maret 2017 at 10:53
    • Balas

    Selamat Siang dokter, pekenalkan nama saya adjeng, saya sedang dalam dilema berat dokter karena saya hamil tetapi saya keluar darah terus menerus, saya terakhir merasakan mens tanggal 10.1.17 hingga saat ini saya masih keluar darah. kadang sedikit kadang banyak dan kadang tidak keluar, awalnya saya pada tanggal 30.1.17 saya kaget karena saat saya berhubungan dengan suami, saya keluar darah disertai nyeri perut, lalu saya coba tes ternyata hamilnya positif jelas sekali, saya takut dan saya langsung lari ke bidan dibidan saya disuruh usg ke dokter dan dikasih obat katanya vitamin dan obat biar menghentikan pendarahan. dan saya coba ke RS deket rumah katanya blm kelihatan saya suruh kembali 2 minggu lagi dengan obat penguat. setelah 2 minggu saya kembali ternyata diusg lewat perut belum kelihatan dan dokter mencoba usg lewat bawah, ternyata sudah ada kantung ketubannya. dan saya dikasih obat penguat dosisnya dinaikan 2x lipat. dua minggu saya suruh kembali, terakhir saya kembali masih belum kelihatan, saya skrg cuma dikasih vitamin aja dan suruh kembali 2 minggu lagi, karena saya komplain saya setelah minum obat penguat pusing dan pandangan saya kabur. saya binggung dokter saya tidak bisa tenang, kenapa janin belum kelihatan juga. apa dokter bisa beri saya pendapat lain?
    terima kasih dokter.

    1. Coba saya periksa Bu

        • adjeng on 4 Maret 2017 at 10:54
        • Balas

        Dear Dokter HArris,

        Dokter, tanggal 2 maret saya ke rumah sakit dekat rumah saya dan ternyata saya dites sudah negatif dokter menyatakan dari hasil USG sudah tidak ada janin ataupun kantong ketuban, pendarahan saya sudah berhenti total, saya dikasih obat Plasminex dan Bledstop 3 x 1 untuk 5 hari. saya tidak ingin hal ini berulang, apa bisa saya program hamil bersama dokter harris? saya tidak mau hal ini terulang kembali dokter.

        thank you.

        1. Bisa saja Bu

    • nurul on 14 Maret 2017 at 22:28
    • Balas

    salam kenal dok.
    dok saya hamil 7W5D kantong kehamilan normal dok.
    tp janin blm terlihat. apa saya sudah bisa dibilang BO dok.
    soalnya suami yakin janin saya sehat dok.

    1. Tunggu USG berikutnya Bu

    • Aprila on 17 Maret 2017 at 12:18
    • Balas

    Siang dokter..
    Dokter klo hamil Bo ciri2 sama seperti hamil biasa tdk??
    Kemarin saya usg abdomen sma transv uk 7w baru terlihat kantung saja..
    Tp saya mengalami gejala biasa,,mual+pusing+lemas+pd sakit dok..
    Gimana mnurut dokter??
    Tks

    1. Seperti hamil biasa, tp janin tidak berkembang

    • ade on 26 Maret 2017 at 16:06
    • Balas

    Sore dok,saya udh pernah keguguran tapi dn setelah itu saya sering telat haid,saya udh coba promil tapibhasil nya tetap ga hamil,apa doktr bisa bantu cara promil yg baik?.
    Sblum nya trimakasih maaf sdah mengganggu.

    1. Coba saya periksa dulu Bu

    • sakina on 8 April 2017 at 13:40
    • Balas

    dok.. hpht saya 16 februari ‘ 17. saya haid tidak teratur. interval 35-40hari. sebelumnya saya haid 05 january ’17. sy TP 25 maret TP lagi 1 april dan akhirnya sy priksa usg abdomen. kata dokternya belum terlihat apa2 kantung nya pun belum terlihat. kmd sya TP lagi 6 april ’17 hasilnya jelas sekali terlihat 2 garis. kira2 saya bneran hamil atau gmna dok? klo hamil umurnya bisa dipastikan brp W ya dok? sy takut BO.

    1. Kalau masih kecil di-USG transvaginal Bu, tapi ya tergantung kondisinya juga, manut dokternya saja Bu, beliau yang memeriksa tentu lebih tahu permasalahannya.

    • Katherin on 12 April 2017 at 14:46
    • Balas

    Siang Pak Dokter,saya mau nanya Dok,haid terakhir saya 26 Februari 2017,tanggal 12 April 2017 saya usg,kata dokternya di kantong kehamilan saya belum menunjukkan tanda kehamilan,terus periksa lagi 2 minggu lagi Dok. Saya ingin bertanya berapa usia kehamilan baru terdeteksi kehamilan Dok?saya tes urin pake tes pack positif hasilnya.

    1. Tiap orang berbeda Bu. Testpack hanya mendeteksi perubahan hormon, tapi perubahan hormon kan belum tentu terjadi kehamilan. Tunggu 2 mg lagi sesuai saran dokter

    • Utami on 17 Mei 2017 at 14:20
    • Balas

    Selamat siang dokter, saya utami. Usia kandungan sya sudah 9 minggu 6 hari. Saya tespek 2 kali dan hasil positif. Saya periksa ke dokter dan di usg klau hasil positif, usia kandungan sudah 5 minggu. Tadi pagi saya periksa usg & transvaginal di rs kata dr klau rahim sya berkembang, tp janin tdk terlihat di hasil usg& hasil transfaginal. Dokter mrncurigai klau sya BO. Dokter menyarankan saya 2 minggu lagi utk pemeriksaan usg. Bagaimana solusi yg terbaiak untuk saya dokter?

    1. Diikuti saja saran dokternya, tidak ada upaya lain yang hrs Ibu lakukan

  1. Selmat malam dok, saya rara .. kemaren trkhir haid tnggl 10 april dok kemaren udh rsain beda d badan jadi saya coba TP hasilnya positif, tpi pas d USG kta dokter nya blom kelihatan apa” masih kosong tapi rahim udah membesar. Tdi smpat khwtir dan coba lagi TP masih positif .. atau emng blom kelihtan ya dok? Trimakasih dok.

    1. Masih belum kelihatan aja Bu. Ditunggu kontrol berikutnya ya

    • Frida on 18 Mei 2017 at 10:36
    • Balas

    Saya mau konsul di dr harris + usg 4d brp biayanya?

    1. Saya email ya

  2. selamat siang dok, saya mau menanyakan perihal kehamilan istri sy, dia testpack 2 dan hasilnya postif (selang 1 minggu) , HPHT nya 28 Maret 2017, kemaren periksa kehamilan dengan usg melalui perut dan hasilnya usia kandungan sudah 7w , dokternya pun memberikan keterangan kalau kantungnya belum terlihat dan bisa juga tidak berkembang. dan masa kehamilannya sampai sekarang, dia tidak muntah-muntah, mual masih. tanggapan dokter bagaimana?

    #istri saya pernah kuretase di bulan februari karena janin tidak berkembang.

    1. Kepastiannya lihat hasil USG Pak. Kalau tidak berkembang sesuai umur kehamilan yang semestinya, kemungkinan BO

    • yola novita on 22 Mei 2017 at 21:30
    • Balas

    Malam dok mau nnya,hpht saya tgl 3sd10 april,bln ini saya telat 1 minngu,udah d tp hasilnya +,tetapi besoknya saya keluar darah sprt haid,itu cm 2 hari.dan sampe sekarang saya flek coklat.saya merasakan gejala hamil,setelh usg td dokter bilng blm ad tanda ap2.apakah ini hamil bo y dok?

    1. Belum bisa dipastikan Bu. Tunggu USG berikutnya

    • Yuli on 30 Mei 2017 at 22:26
    • Balas

    Malam dok, saya HPHT tgl 25 April 2017, saya telat 5 hari dan test pack nya positif, saya keluar flek coklat sedikit dok hari ini, apakah langkah selamjutnya bagi saya dok? Kapan saya seharisnya periksakan ke dokter? Apa perlu cek darah dokter? Terima kasih

    1. Segera saja Bu, kalau perlu nanti dikasih penguat dan vitamin

    • Janna on 31 Mei 2017 at 20:36
    • Balas

    Malem dok..
    Dok saya mau tanya. Sudah 2 minggu saya mens dok tp gak tau knp darahnya itu hanya keluar dipagi hari dg jumlah darah yg sedikit. Padahal biasanya saya mens hanya 4-7 hari. Saya khawatir dok takut ada penyakit. Terimakasih

    1. Periksa ya. Info saya email

  3. Dok saya mau tanya ne saya sdh hamil 13 minggu tp knp ya perut nya blm terlihat buncit n keras dok ,, solusi donk dok

    1. Apa sudah pernah periksa USG?

    • Bima on 11 Juni 2017 at 23:39
    • Balas

    Dokter HPHT istri saya tgl 20 april sdh 2x usg ke dokter pada tanggal 27 april dan dinyatakan positif, dan sdh terlihat kantong saja blm ada janin, berdasarkan usg UK baru 2 minggu dan dokter menyarankan 2minggu lg ke dokter, tp blm 2 minggu kita uda k dokter lg krn istri saya morning sickness nya parah bgt sekalian usg lg namun blm kliatan janin, apakah itu normal dok? Trs knp UK perkiraan dokter dr usg dg HPHT kok beda ya dok? Terimakasih

    1. Normal. Beda antara hpht dan usg itu biasa. Percayakan pada dokternya, jangan khawatir

    • Lia on 1 Agustus 2017 at 20:16
    • Balas

    Hai dok, mau tanya hpht saya 8 juni 2017, tgl 28 juli kmrn usg transvaginal, kalau menurut hpht harusnya 7 minggu ya dok usia kandungan, tp di usg usia nya 3 minggu, apa normal dok? Kmrn mau tanya dokter tp ragu2, sy disuruh kontrol lg 1 bulan lagi. Thx

    1. NOrmal saja, dokternya ngitung berdasar ukuran GS

  4. Dok, HPHT 09 Juni 2017 saya check testpack 16 Juni 2017 positif. Saya baru cek kebidan dan sekaligus usg 04 Agustus 2017 hasil usg menyatakan bahwa masih berupa gumpalan darah (belun ada kantung maupun janin)dan kehamilan saya di bawah 8 minggu.. Apakah kehamilan saya wajar dok? Ada kemungkinan hamil BO? Terima kasih

    1. Coba USG ke dokter kandungan Bu

    • weyla on 9 Agustus 2017 at 10:02
    • Balas

    dok uk saya skr 7mgg 3 hr kmren saya ad flek priksa ke doktet di usg abdoment katanya saya BO dan katanya jarus dikuret max jgn lbh dr sminggu tkutnya terkado pngentalan darah sm ibunya..trs saya nyoba cek ke dokter lain dan di usg abdoment jga tdk terlihat janin tp di usg transvaginal hasilnya sdah ada detak jantungnya dan janinnya jga ada dan katanya khamilan saya normal dokter..pertanyaan saya..knpa sya tdk spt bumil normal lainnya dok yg pke usg abdoment aj uda klihtan sdangkan saya hrus pk transvagina dlu bru kliatan?trs gmna klo sbulan lg saya cek transvaginal lg dan bayi saya blm berkembang tpi detak jantungnya msh ada..tindakan ap slanjutnya yg hrus saya lkukan dokter?trmkash sblumnya

    1. Mungkin ibu termasuk gemuk, dan kantong kencing saat itu sedang kosong, jadi USG perus tdk jelas.
      Kalau memang tidak berkembang nanti dokter akan ambil tindakan, mungkin kuretase

    • denok juwita sari on 22 Agustus 2017 at 12:25
    • Balas

    Siang dong 2 minggu yang lalu. Saya usg dan uk 4w5d dengan gs 0,91cm dan disuruh dateng lagi 2 minggu lagi kira” dok gs 0,91cm sesuai gak uk 4w5d makasih dok

    1. Silakan dicek di sini Bu http://www.harris-spog.com/?p=883

    • dewikurnializa on 9 September 2017 at 10:39
    • Balas

    dokter saya mau tanya
    kemarin saya k spesialis kandungan yg memang sudah langganan saya dan sy jg promil dg beliau
    sy ad riwayat BO 1x dan 1x detak jantung janin berhenti
    yg ingin saya tanyakan
    usia kehamilan sy kemarin menurut HPHT 8w4d tetapi hasil usg 6w6d +- 4d detak janin +
    apakah it normal? dokternya bilang normal saja mungkin pembuahannya terlambat dan itu biasa terjadi
    lalu bagaimana menurut dokter?

    1. Normal saja kok Bu

  5. Dok sy hamil usia 5w apakah memang usia segitu belum kelihatan janin ya ? Dok mohon info alamat email atau wa nya dok makasih

    1. Biasanya kl umur segitu GS-nya yg kelihatan

    • Ririn sri wardani on 14 September 2017 at 15:38
    • Balas

    Dokter untuk jasa usg brp ya plus biaya pendaftarannya? Mhn info by email ya dokter.

    1. Saya email ya

  6. Asslm..
    Dok, saya pas bulan okt 2016 BO dan dikuretase, dari dlu sampe skrng haid saya tidak teratur (selalu beda tanggal tiap bulanx kadang maju kadang mundur), bulan sep 2017 saya tidak haid, kemarin bgt saya periksa tgl 6 okt 2017 di usg, ternyata Gsx berukuran 5,8mm blm nyampe 1 ml pun, alhasil kata dokter diperkirakan ini umurx baru 2 minggu, padahal klo dihitung kalender udah mau 5 minggu,,
    Menurut dokter kasus seperti saya itu bagaimana ?
    Saya disuruh datang lagi 1 bulan kemudian buat liat perkembanganx,,

    1. Wa alaikum salaam. Nampaknya belum begitu jelas Bu, tunggu periksa berikutnya.

  7. dokter saya maii mau menanyakan umur berapa minggu pastinya bisa kelihatan bayi itu dinyatakan BO atau tidak? karna skrg usia kandungan sudah masuk 8w5h, tpi kontrol teakhir belum keliatan janinnya, tapi kantung janin dan air ketuban sudah ada.. apa saya harus nunggu sampai pemeriksaan selanjutnya?
    lalu apakah asupan nutrisi tetap harus terjaga selama janin belum terlihat?
    lalu apakah kemungkinan besar janin yang sudah berumur 12w sudah harus keliatan janinnya? mohon penjelasannya dok, terimakasih

    1. 12w itu hanya patokan maksimal. Dokter sudah bisa menentukan kehamilannya BO atau normal. Dokter bilang gmn Bu?

    • Juline on 19 November 2017 at 22:44
    • Balas

    Dokter saya mau tanya.. tahun 2016 saya pernah dikuret karena hamil BO,kemudian januari 2017 saya hamil lagi tapi tiba2 keguguran sehingga harus dikuret lagi.. nah beberapa hari ini bdn saya ngga enak jadi saya TP hasilnya awal cuma keluar 1 garis tidak sampai 5 menit kemudian keluar garis kedua rapi kabur banget.apa itu berarti positif dok? HPHT saya 26 oktober 2017 dan saya selalu teratur siklus 26 hari.. yang saya tanyakan kapan seharusnya saya melakukan pemeriksaan ke dr kandungan dengan riwayat 2x keguguran seperti saya ini?terima kasih dok

    1. Sepertinya TP-nya kurang meyakinkan Bu

    • Tuty on 18 Desember 2017 at 10:16
    • Balas

    HPHT saya tgl 15 oktober dok, haid sy mmg tdk teratur sejak gadis, kadang sebulan sekali kadang 2bln 1 dan pernah jg 3bln sekali. Sejak nikah haid sy jd siklus 40hr kdg lbh. Tanggal 15 november sy iseng test pack dan hasilnya negatif. Setelah itu sy tdk test lg krn sy rasa sdh biasa spt itu haid sy mau 2bln sekali. Tapi tanggal 12 desember sy iseng TP dan hasilnya 2 garis tp yg satu samar. Tanggal 15 desember sy TP lagi pagi hari bangun tidur hasilnya 2 garis sama terang. Siangnya sy penasaran sy TP lg dan hasilnya sama. Mlmnya sy kedokter dan pas USG blm terlihat apa2 tapi sdh ada penebalan dinding rahim dan dokter minta lihat TP sy trs dokternya bilang “ahh sdh hamil ini, selamat yaa” sy dikasi vitamin dan 2 minggu lagi sy disuruh datang lagi. Tapi sy jd kepikiran dok, mikir negatif trs takut BO dan lain2 krn blm keliatan kantung janin dan janinnya.

    1. Dilihat perkembangannya 2 mg lagi ya Bu

    • Deb on 31 Desember 2017 at 01:21
    • Balas

    Dok. Saya terakhir haid 12 nov-17 nov. Bln desember ini saya telat 3 hari dan langsung test pack. Hasil nya terlihat 2 garis, yg satu samar. Karna penasaran lsg usg, kata dokternya belum keliatan dan disuruh balik lg setelah 10 hari. Kemudian tgl 28 desember ini test pack lg dan hasil nya masih positif dg kedua garis terlihat jelas. Malamnya usg lagi tp hasil nya masih belum terlihat jelas. Itu gimana ya dok? Trus sampe skr belum ada flek yg menandakan zigot nya menempel di dinding rahim, walau terkadang perut terasa kram dan mual. Apa saya sudah positif hamil dok? Apa flek itu harus terjadi di setiap kehamilan?

    1. USG ulang 10 hari lagi Bu

    • Doby on 31 Desember 2017 at 23:27
    • Balas

    Dok, istri saya diinstruksikan oleh dokter untuk kuretase setelah semalam divonis BO. Usia kandungan harusnya 8W, tp di USG transvaginal masih 5W 6 D. Apa saya boleh tunggu 1 Minggu lalu dan cari 2nd opinion . Terima kasih

    1. Kalau memang tidak nampak janin kemungkinan besar BO, Pak

    • Citra on 2 Januari 2018 at 15:43
    • Balas

    Dok apakah normal apabila saat kehamilan usia 4-5mgg mual hanya dirasakan sesekali saja dok?

    1. Normal saja, tiap kehamilan bisa berbeda-beda Bu, bahkan antara hamil ke 1 dan seterusnya bisa berbeda juga

    • Nn on 2 Januari 2018 at 20:00
    • Balas

    Dok hpht saya 16 okt, tggl 6 des saya usg tranv nampak janin dan detak jantung (6w4d) tp kata dokter terancam keguguran krn ada pendarahan retro placenta dlm rahim,10hri kemudian saya kembali usg uk 7w2d dan dinyatakan bo krn tdk ditemukan janin,krn blm yakin saya mnunggu 10hri untk usg lg ditempat berbeda usg uk msh 7w2d saya tdk ada flek sama sekali..yg membuat saya heran usg pertama terlihat adanya jnin dn detak jantung tp usg ke2 ke 3 tdk ada janin..kok bs sprt itu ya dok pdhl saya tdk ada flek?

    1. Beda alat bisa beda hasil / ketelitiannya Bu

    • Dea Deonida on 13 Januari 2018 at 12:23
    • Balas

    Assalaamu’alaikum… Dok maaf saya mau tanya, istri saya sedang hamil usia 4w 2d namun punya riwayat BO. 2 hari kemarin ada flek karena kecapean trus saya langsung usg hasilnya sudah terbentuk kantung janin dengan GS 11,0 mm. Apakah itu normal dok? Karena dokter kandungan yg kmaren saya periksa menyarankan meminum obat penguat janin, trus untuk melakukan hubungan suami-istri aman ga ya dok? Terima kasih banyak dok…

    1. Wa alaikum salaam
      Tabel GS silakan baca ini Pak : http://www.harris-spog.com/?p=883
      Kalau flek jangan hub dulu

    • Julia marlina on 6 Februari 2018 at 13:30
    • Balas

    Sore dok.. Dok saya pernah mengalami keguguran karena bayi tidak berkembang.. Tapi kata dokter yang memeriksa saya katanya kemungkinan karena virus atau beberapa faktor lain.. Apa itu sama dengan BO juga dok? Setelah sebulan kuret saya melakukan papsmer ke dokter yg lain dan oleh dokter katanya bersih tidak ada virus Kalo saya ingin hamil lagi apa harus periksa ke dokter lagi dok? Dan apakah kasus saya ini bisa berulang saya alami lg dok?

    1. Boleh langsung hamil lagi, tidak saling berhubungan dengan kasus sebelumnya

    • Erna on 6 Februari 2018 at 13:57
    • Balas

    Ass..
    Dok saya mau tanya apakah normal 5w masih gumpalan darah dan posisi di bawah.. Tespek (+) dok belm menemukan kantong janin.. Apakah BO dok

    1. Wa ‘alaikum salaam. 5W harusnya sudah nampak ada kantong.

    • Ayoe pricillya on 15 Februari 2018 at 13:13
    • Balas

    Siang dok,HPHT syg tgl 16 oktober 2017, tgl 22 januari 2018 saya USG dan saya di vonis BO di sarankan kuret,tpi sya tdak mw krna saya tdak pernah mengalami flek,pertanyaan saya uk saya pda saat ne brapa dok..? Biasa’y law kita BO apakah akan keluar tanda seperti flek ataw apa, dgan uk sya skrg apakah sya BO sementara saya tdak mengalami gejala apapun

    1. Kalau berdasarkan USG hasilnya BO memang harus dikuret Bu, tidak harus pendarahan. Uk bs dicek di sini : http://www.harris-spog.com/kalkulatorkehamilan.php

    • Erik on 15 Februari 2018 at 23:14
    • Balas

    Ass. Bapak dokter. Ijin menanyakan dokter apakah di usia kehamilan 5 minggu 2 hari sdh terbentuk janin. Dan usia kehamilan brp kehamilan dinyatakan BO. Trimakasih mohon bantuan n jawaban nya.

    1. Wa ‘alaikum salaam. Sudah kelihatan kantung kehamilan. Bo silakan baca ini Bu : http://www.harris-spog.com/?p=684

    • Hani on 4 Maret 2018 at 08:10
    • Balas

    Selamat pagi dok
    Sy menstruasi tgl 17 januari, dan kemudian menstruasi lg tgl 8 februari tp kluarnya tdk teratur, awalnya bercak coklat, dua hari kmudian kluar darah tapi sdkit, bgitu strusnya hingga 10 hari pak dokter.
    Sy priksa ke bidan dnyatakan + hamil dan usia kandungan dhitung dari tgl 17 januari.
    Kemarin saya cek USG dan yg klihatan hanya kantong janin saja. Saya dminta kmbali USG 2 mggu lagi utk memastikan prkembangan, dan akan dilakukan pembersihan jika tetap tidak trlihat adanya janin, yang membuat saya bingung sbenarnya usia kehamilan saya sudah brapa minggu dok?

    1. Usia janin tergantung ukuran GS saat USG. Kontrol lagi 2mg lagi Bu

    • Shita on 6 Maret 2018 at 12:27
    • Balas

    Siang dok…
    Sy sdh 6 minggu gk haid dok, tp sy sdh TP 4 kali dgn merk yg sama hasilnya negatif trus, sy blum USG sih takut priksa malah kecewa dok klo gk positif… Itu kira2 gimana dok, apa iya ada kemungkinan sy positif hamil dok.

    1. Lho ya harus periksa Bu, jangan takut, dokternya gak galak kok

    • mimi on 14 April 2018 at 10:12
    • Balas

    dok, sy sebelumnya hamil tapi keguguran usia 6 1/2 minggu, setelah 3bulan kemudian sy Alhamdulillah hamil kembali saat 5 minggu sy usg perut dan kata belum kelihatan apa2 lalu disuruh kembali 2 minggu lg,, saat sy kembali pd usia 7minggu kantung juga masih belum terlihat juga dan sy disuruh cek 2 minggu lg.. Sy ini kenapa dokter apakah sy akan mengalami kegagalan kembali untk bisa hamil dok.. mohon bantuannya dok krn setiap hamil sy tidak pernah mual n muntah kenapakah itu dok..

    1. Ada kemungkinan hamil kosong. Coba dilihat hasil kontrol 2mg lagi.

        • mimi on 16 April 2018 at 10:55
        • Balas

        kehamilan sebelumnya waktu di usg jg tidak terlihat lalu tiba2 keguguran dan kata dokterny ada janinnya.. apakah ada kemungkinan saat di usg perut terlihatnya lama dok saat usia kehamilan sdh agak besar??
        dokter apakah kehamilan kosong dan keguguran lagi, dokter ada apakah dengan setiap kehamilan sy selalu mengalami masalah dok.. apakah ada solusinya
        mohon sekali bantuannya dok

        1. Kalau memang ada janinnya pasti kelihatan Bu. Hamil kosong itu mekanisme alami dari tubuh untuk mengeluarkan janin yg dianggap “kurang memenuhi syarat”. Dia tidak selalu berulang untuk setiap kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.