Hamil Dengan Ambeien, Bisakah Melahirkan Normal?

Ada ibu hamil yang menanyakan apakah ibu yang menderita ambeien bisa melahirkan normal?

Ambeien atau Wasir dalam istilah medisnya disebut Haemorhoid adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) pada bagian bawah dari salauran pencernaan yaitu di rectum dan anus (dubur).

Gejala penyakit ambeien yang muncul umumnya adalah :

  • Pendarahan pada anus, darah akan keluar dalam bentuk tetesan atau juga bisa mengalir agak deras. Biasanya darah yang keluar adalah darah segar, dan untuk penderitanya tidak akan merasakan sakit.
  • Rasa mengganjal setelah buang air besar akan terasa seperti ada sensasi mengganjal dan keadaan ini biasanya akan menimbulkan suatu kesan bahwa Anda belum selesai melakukan buang air besar, sehingga membuat kita akan mengejan lebih kuat lagi dan hal inilah yang kemudian akan membuat keadaan ambeien menjadi semakin parah.
  • Rasa gatal, rasa gatal yang muncul adalah akibat dari rasa nyeri ringan pada anus.

Dilihat dari tingkat keparahannya wasir dibagi menjadi 4 grade:

  • Grade 1 : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade 2 : wasir keluar dari rektum saat mengejan, tapi bisa masuk lagi
  • Grade 3 : wasir keluar saat mengejan, tapi tidak bisa masuk lagi, harus didorong dengan tangan
  • Grade 4 : wasir keluar dari rektum tapi tidak bisa dimasukkan lagi

Biasanya penderita ambeien mengalami rasa tidak nyaman saat sedang duduk dan saat sedang BAB, ini karena munculnya rasa sakit yang mereka alami. Mereka yang mengalami ambeien dengan tingkatan yang parah akan menjadi sulit untuk diobati dan jalan terakhir adalah dengan melakukan operasi.

Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan?

Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak.

Sembelit adalah masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk ambeien.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus.

Apakah Penderita Ambeien Masih Bisa Melahirkan Normal?

Bila memang ambeien Anda masih ringan, tidak apa-apa bila Anda ingin melahirkan secara normal. Proses persalinan normal itu sendiri dapat memperberat ambeien Anda. Disarankan untuk mendiskusikan ini dengan dokter kandungan untuk mendapatkan prosedur yang sesuai dan optimal untuk memilih proses kelahiran yang lebih aman baik bagi ibu maupun bayinya.

12 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Riyanti umami on 21 April 2016 at 12:59
    • Balas

    Seandainya ambeyen tersebut grade 3 apakah msh bisa lahir secara normal ?dan apabila Caesar apakah BPJS bisa dipakai?

    1. Bisa Bu

    • Diana on 28 Januari 2017 at 20:35
    • Balas

    Dok, saya ada wasir sebesar 2 biji rambutan (2 benjolan) apa masih bisa melahirkan secara normal? Dan sepertinya masuk grade 2. Tp sejauh ini msh blm saya konsultasikan ke dokter kandungan. Kira2 bolehkah kalau saya konsultasikan ke dokter Harris? Bisa tau jadwal dan biayanya? Makasih dok?

    1. Jadwal saya : http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • Yawari on 20 Oktober 2017 at 10:07
    • Balas

    Dok. Usia kehamilan saya sekarang 26minggu. 2 hari lalu wasir saya bengkak dan hari ini pecah dok sampai keluar darah segar. Apakah berbahaya,dok? Apa saya perlu berobat atau biarin aja? Karena saya sudah konsultasi sm dokter saya malah dibilang dioles salep hemocaine aja.

    1. Ngikut saran dokter saja, dioles salep hemocaine

    • Risa on 30 November 2017 at 08:30
    • Balas

    Dok, saya mau minta pendapat dokter secara independen (saya sudah konsul dengan dokter saya, tapi saya mau cari second opinion) . Kalau menurut dokter secara pribadi, apakah wasir stadium 3 masih bisa melahirkan normal? Apakah kalau terjadi pendarahan dari wasir ketika melahirkan normal itu berbahaya? Lalu, apakah wasir bisa mengecil setelah proses bersalin? Mohon infonya dok. Saya sudahh dekat dengan waktu lahiran dan saya tinggal di kota kecil yg jarang ada dokter profesional .

    1. Jika wasirnya termasuk parah, tidak disarankan melahirkan normal, apalagi anak pertama, mengejan dalam waktu lama dapat mengakibatkan pembuluh darah anus pecah. Penderita wasir bisa melahirkan normal, jika wasirnya tidak parah.

      Pembuluh darah pecah bisa berbahaya.

        • ika on 11 Agustus 2018 at 12:31
        • Balas

        dok.mohon penjelasan,yang dimaksud “parah” seperti apa.sy juga ada wasir stadium 3.setelah BAB selalu muncul benjolan.sekarang sdg hamil 37 minggu dn ini merupakan kehamilan anak pertama sy.lebih baik sy lahiran normal atau operasi caesar,dok.terima kasih

        1. Saran saya sebaiknya sesar, tapi coba dikonsulkan dengan dokternya ya Bu

    • mery istifani on 24 Juni 2018 at 10:57
    • Balas

    Assalamu’alaikum dok.
    saya mau tanya ini saya lagi hamil 30minggu, saya ada gejala wasir.
    wasir saya ini kalau habis mengejan bengkak tp nanti kalau sudah slesai iya kempes lama kelamaan trus hilang.
    apakah saya bisa lahiran normal iya dok? trima kasih

    1. Harus diperiksa dulu Bu, tapi kemungkinan bisa

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.