Sindrom Ovarium Polikistik / PCOS

Ada banyak penyebab kesulitan hamil pada seorang wanita. Tetapi salah satu yang cukup sering terjadi adalah karena sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS).

5 sampai 10 % wanita usia subur menderita Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sindrom ini adalah gangguan hormonal yang memicu obesitas, jerawat, pertumbuhan rambut, dan merupakan salah satu penyebab ketidaksuburan yang paling umum terjadi. Ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh PCOS dapat menjarangkan masa ovulasi dan menghasilkan kualitas telur yang kurang baik. Dokter ahli endrokinologi reproduksi dan dokter ahli kandungan bisa memberikan saran pada Anda penderita PCOS yang ingin mengandung.

PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) = Sindroma Ovarium Polikistik adalah kumpulan gejala (sindroma) yang timbul akibat gangguan endokrin (hormonal) dan pada USG ditemukannya gambaran kista-kista kecil yang banyak (polikistik).

Normalnya ovarium (indung telur) hanya membuat sedikit androgen, pada SOPK androgen sedikit meningkat sehingga menimbulkan gangguan ovulasi (terhenti), gejala jerawat dan gejala pertumbuhan bulu yang berlebihan.

Gejala utama PCOS adalah gangguan haid. Hampir semua wanita dengan sindrom ini tidak mengalami jadwal haid yang normal ketika remaja, bahkan ada yang berhenti haid sama sekali.

Kebanyakan wanita menyadari mereka menderita PCOS di usia dewasa muda atau sekitar usia 20-an, ketika siklus haid mereka terganggu atau belum haid. PCOS juga bisa menyebabkan kesulitan hamil.

Wanita dengan PCOS pada umumnya juga menderita kegemukan dan kebotakan pada bagian puncak kepala. Sindrom ini juga bisa meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, serta Kolesterol tinggi.

Penurunan berat badan sangat disarankan untuk mengurangi kadar insulin dan hormon androgen.
Gejala yang sering timbul akibat kelainan ini adalah: jerawat, peningkatan berat badan, pertumbuhan bulu di daearah laki-laki (kumis, janggut dll), penipisan rambut kepala, gangguan haid (oligomenorea atau amenorea), infertilitas dan depresi.

Langkah pertama pengobatan adalah diet dan olah raga untuk mengurangi berat badan. Perbanyak sayuran, buah-buahan dan serat. Hindari lemak seperti daging, keju dan makanan yang digoreng. Stop merokok.

Obat-obat yang diberikan berupa : Pil Kb untuk mengatur haid, Metformin untuk menurunkan gula darah dan Obat penyubur jika ingin hamil.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebelum kehamilan:

  • Terlebih dahulu sampaikan niat Anda kepada dokter kandungan jika Anda sudah memutuskan ingin mengandung. Banyak wanita yang menderita PCOS membutuhkan bantuan untuk mengatur ovulasi serta mencegah keguguran sehingga hal ini membutuhkan pengawasan dokter ahli. Dokter Anda akan membantu untuk mengatasi hal ini serta mengawasi kondisi Anda di awal kehamilan. Obat-obatan yang Anda konsumsi untuk mengatasi PCOS mungkin tidak aman digunakan pada masa kehamilan sehingga perlu diubah atau dihentikan. Ini adalah salah satu alasan pentingnya kunjungan ke dokter dengan segera.
  • Mengetahui seberapa sering Anda mengalami menstruasi. PCOS menyebabkan banyak wanita jarang mengalami menstruasi. Menstruasi yang jarang terjadi bermakna ovulasi tidak kerap terjadi yang tentunya mengakibatkan rendahnya kesempatan sperma untuk membuahi telur. Buatlah skema periode menstruasi Anda dengan menggunakan tes ovulasi yang dijual bebas atau termometer suhu tubuh basal untuk mencatat hari-hari ketika Anda mengalami ovulasi.
    Jika Anda mengalami ovulasi secara teratur, cobalah untuk melakukan hubungan seksual pada saat periode ovulasi.
    Jika Anda tidak mengalami ovulasi, ovulasi Anda tidak teratur, suhu tubuh basal dan hasil alat perkiraan ovulasi yang tidak menentu, atau Anda belum hamil setelah 6 bulan mengalami ovulasi yang teratur, kunjungi dokter kandungan Anda.
  • Konsultasikan kepada dokter ahli endokrinologi perihal cara menghasilkan jadwal menstruasi yang teratur. Masalah terbesar yang menimpa para wanita penderita PCOS adalah ovulasi yang tidak teratur. Jika Anda ternyata tidak mengalami ovulasi padahal Anda berpikir Anda sedang mengalaminya, atau Anda tidak berovulasi sama sekali, maka memperoleh kehamilan akan menjadi hal yang sulit terjadi. Untungnya dokter dan ilmu pengetahuan dapat membantu. Kebanyakan dokter akan meresepkan obat-obatan seperti Metformin dan Clomid untuk memicu menstruasi yang teratur sekaligus mengatur ovulasi. Metformin pada dasarnya adalah obat yang digunakan untuk mengobati diabetes, namun juga diperuntukkan bagi para wanita penderita PCOS karena mereka juga sering mengalami kesulitan menyerap insulin. Tingkat insulin yang tinggi akan memproduksi tingkat androgen yang tinggi, yang akibatnya menghambat menstruasi. Clomid adalah obat infertilitas yang merangsang produksi hormon penyebab ovulasi. Jika Anda bahkan sulit mengalami menstruasi, dokter mungkin menyarankan obat seperti Provera.
  • Anda juga dapat mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai fertilisasi in-vitro jika rejimen obat non-invasif tidak berhasil menjadikan Anda mengandung. Beberapa pasien dengan PCOS menggunakan fertilisasi in-vitro untuk memperoleh kehamilan ketika metode lain tidak membuahkan keberhasilan. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, PCOS mempengaruhi kualitas telur yang diproduksi.
  • Sebuah prosedur bedah yang disebut pengeboran ovarium laparoskopi menunjukkan hasil bagus dan dapat membantu beberapa wanita yang menderita PCOS memperoleh kehamilan. Metode ini dilakukan oleh ahli bedah dengan cara memasukkan kamera melalui sayatan kecil di perut lalu menggunakannya untuk mengidentifikasi folikel pada permukaan ovarium Anda dan membakar lubang di dalamnya. Tindakan ini menyebabkan perubahan pada kadar hormon dan memungkinkan Anda hamil secara alami.

23 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. DOK SAYA MAU TNYA… SAYA TERMASUK TERKENA GEJALA “PCOS” APA YG SAYA HARUS LAKUKAN, DAN CARANYA UNTUK PENYUBURAN KANDUNGAN NYA GIMANA?

    1. Segera periksa ke dokter Bu, nanti dilihat dulu PCOS-nya sampai bagaimana, baru dilakukan tindakan yang diperlukan

      1. siap dok, segera saya periksakan, saya bilang suami saya dulu dok. terimaksih

    • Rizkita on 17 Maret 2016 at 13:20
    • Balas

    Siang Dok ,
    Saya sudah 3x Siklus haid dengan obat Dhipten . di Bulan ini sya juga masih Haid , apa boleh obat Dhiptennya di lanjutkan kembali ? Trims

    1. Ikut anjuran dokter Bu

    • dwi nurul on 18 Mei 2016 at 19:06
    • Balas

    mlem dok,
    saya jg di diagnosa PCOS usia prnikahan saya 1th slama 3bln ini saya diberi dokter cycloprogynova. saya mau tanya dok apakah pasien dg diagnosa PCOS kemungkinan hamil brapa persen ya dok,?
    trima kasih

    1. Maaf ya Bu, saya tidak bisa memberikan persentase keberhasilan, karena banyak faktor lain yang mempengaruhi

    • Rahma on 10 Januari 2017 at 21:07
    • Balas

    Selamat malam dok..
    Dokter berapa minimum dari gejala2 yg ditimbulkan akibat PCOS utk mengidentifikasi jika sedang mengalami PCOS??
    Apa tumbuhnya/banyaknya jerawat di wajah bisa dijadikan indikasi PCOS?
    Terimakasih dokter

    1. Bbrp gejalanya obesitas, jerawat, pertumbuhan bulu, kebotakan, gangguan haid, depresi

    • Andin on 8 Juni 2017 at 08:04
    • Balas

    selamat pagi dok.
    saya mau tanya, bbrp bulan lalu saya mulai program hamil dgn dokter A.
    sudah 3 x siklus haid, hingga akhirnya dokter tsb memvonis saya PCOS.
    dari ciri PCOS yg saya baca di atas. tidak satupun ciri tsb ada di saya.
    haid saya teratur dr sebelum menikah sampai skrg, tidak obesitas, tidak adanya pertumbuhan bulu, dll dsb.
    cuma memang folikel saya ukurannya kecil kecil (1,1cm).
    apa itu termasuk PCOS dok?

    1. Saya sulit menduga Bu, karena tidak memeriksa sendiri, tapi kemungkinan bukan (maaf hanya mengira-ngira)

    • tiara on 23 Juli 2017 at 09:39
    • Balas

    Dokter saya mau tanya, dari ciri ciri PCOS diatas tidak ada satupun disaya, tapi saat prediksi saya masa subur saya cek pakek alat tes kesuburan hasilnya tidak positif, 2 bulan saya cek berturut2 hasilnya sama. Ini berarti knapa ya dok? Apa saya menderita PCOS?

    1. Penyebab susah hamil bermacam2 Bu. Harus diperiksa

    • Fardillah Miftaqurachman on 30 Oktober 2017 at 22:26
    • Balas

    Malam dok , stlh menikah siklus haid sy jadi tdk teratur sekitar 40hari padahal dulu selalu tepat tgl dg siklus 28-30hari. Memang sy bb berlebih dan ada riwayat bapak ibu diabetes , kaka sy jg pco. apa sy ada kemungkinan pcos ?
    Bisa disimpulkan pcos biasanya stlh brpa kali konsul ya dok kira2 ? Ini sy hpht 13sept sampai skrg belum haid juga , pdhal sudah 3bulan ini sudah mulai teratur haidnya.

    Oiya , untuk konsul dg dr.harris cara daftarnya ke graha masyitoh gmn dok ? Telf dulu atau langsung dtg ? Terima kasih

    1. PCO-nya biar saya periksa dulu.
      Pendaftaran pada hari H via HP bisa ke nomor : 081233860000
      Kalau HP gak bisa atau gak diangkat, datang langsung saja ya

    • Kiki on 20 November 2017 at 00:25
    • Balas

    Malam dok
    Saya wanita lajang umur 23th (1994) , dari ciri2 tersebut ada pada saya seperti rambut rontok,berat badan naik,muncul kumis, dan haid saya mulai tidak teratur dari januari 2014 kadang selama satu tahun saya hanya haid 3 kali, tapi sejak tahun 2016 hanya 2x selama setahun kalau saya itu stiap 9bulan dan keluar hanya darah sedikit , saya pernah periksa tapi tidak ada kanker serviks
    Apakah saya menderita pcos? Apakah saya bisa hamil setelah menikah nanti? Apakah saya bisa normal kembali? Kemana saya harus berkonsultasi? Dan apakah saya bisa berkonsultasi meskipun belum menikah?

    1. Sepertinya iya PCOS. Ada kemungkinan hamil (bisa). Ke dokt kandungan untuk diterapi.

    • siti maemunah on 25 Desember 2017 at 20:00
    • Balas

    Mlm dok sy mw tnya,sy sdh mnkh 3 thn dn skrg lg hml 9 bln,sblmnya sya promil d doktr dan doktr memvonis aq PCOS dan salurn uterus trblalk aq d sruh diet utk menseimbangkn hormn n hub dg gya DS,prtnyaanq dok nnti stlh lhrn kl misal g KB apa kmngkn hml lg bsr ya dok asl tdk hub dg gaya DS,,,kmrn aq dh konsul mslh itu k dr pas USG tp jwbn kurng mmuaskn sya pgnny g KB tp jgn hml dlu smpe bbrp thn.

    1. Kalau full menyusui bisa gak KB dulu, tapi gak bisa lama2. Setelah itu harus KB kalau gak ingin hamil. Silakan baca ini Bu : http://www.harris-spog.com/?p=796

        • siti maemunah on 26 Desember 2017 at 13:12
        • Balas

        Bgtu ya dok.
        Trimaksh atas infonya

        1. Sama2 Bu, semoga kehamilannya sehat dan lancar ya

    • Restu on 7 Januari 2018 at 21:55
    • Balas

    Dok…
    Saya sdh menikah 1th 4 bulan. Nah sering bgt telat haid. Dan saya itu seperti ciri2 yg dokter sebutkan.
    Gini dok, saya terakhir haid 24 nov 17 , sampai skrg 7 januari belum haid jg, saya coba 3 testpack di 2 merk testpack yang sama muncul garis 2 samar pake banget, di 1 lagi cuma garis 1. Menurut dokter sy hamil atau tdk dok? Trims

    Dan mau tanya vitamin yang bagus untuk rahim apa ya dok?

    1. Ke dokter Bu, nanti biar di-terapi, bukan vitamin.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.