Agu 13

Melahirkan Dengan BPJS

Pertanyaan ini sering ditanyakan di sini. Baiklah saya mencoba membahasnya.

Tujuan utama BPJS adalah memberikan proteksi agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses kesehatan secara merata.

Untuk calon ibu yang terdaftar sebagai peserta BPJS, maka BPJS Kesehatan menyediakan pelayanan dan jaminan untuk melindungi para calon ibu selama kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan.

Bagaimana cara menggunakan BPJS untuk biaya persalinan?

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mendaftar, karena selain bisa untuk persalinan, BPJS juga bisa untuk cek kehamilan dan lain-lain bisa gratis.

Saat anda mendaftar pilihlah klinik atau puskesmas terdekat dengan dimana anda tinggal. Ini bertujuan agar jika terjadi apa-apa cepat dalam mengambil tindakan, biasanya anda disuruh memilih faskes tingkat pertama. Pilihlah yang dekat, untuk bisa melahirkan di rumah sakit anda harus punya surat rujukan yang nantinya untuk bukti bahwa faskes tingkat pertama anda tidak bisa menangani atau tidak ada alatnya, misalnya bayi sungsang, ketuban pecah dan indikasi medis lain.

Dan jika baik-baik saja Anda tetap mau ke rumah sakit, BPJS anda tidak bisa dipakai, dalam hal ini memang BPJS menerapkan sistem berjenjang.

Datanglah ke faskes pertama, biasanya faskes tertulis dalam kartu BPJS Anda (misalnya klinik atau puskesmas), lalu silakan Anda cek kehamilan di sana dan tanyakan jika mau melahirkan pakai BPJS bagaimana. Biasanya jika faskes Anda tidak buka 24 jam, Anda dirujuk ke bidan atau klinik puskesmas yang buka 24 jam. Jika ada indikasi caesar, Anda akan dirujuk ke rumah sakit.

Apakah persalinan secara caesar bisa menggunakan BPJS?

Persalinan caesar memang ditanggung BPJS bila sesuai ketentuan medis. Tapi, peraturan ini tidak berlaku bila operasi yang dilakukan didasarkan atas permintaan sendiri dan tidak ada rekomendasi medis.

Faskes tingkat pertama tempat saya terdaftar tidak menyediakan layanan pemeriksaan kehamilan, apa saya bisa langsung periksa ke rumah sakit?

Untuk kasus ini, Anda bisa dirujuk ke faskes tingkat pertama lain yang memiliki alat pemeriksa kandungan yang memadai. Misalnya, Anda terdaftar di puskesmas/klinik/dokter keluarga yang tidak punya alat untuk memeriksa kandungan yang memadai, maka Anda dirujuk ke puskesmas induk atau fasilitas kesehatan lainnya yang punya alat pemeriksa kandungan lebih lengkap, seperti fasilitas kesehatan dengan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

Anda bisa langsung pergi ke rumah sakit hanya dalam kondisi darurat yang mengancam keselamatan Anda dan sang bayi (tidak perlu rujukan dari faskes tingkat pertama). Kriteria kondisi gawat darurat antara lain: terjadi perdarahan, kejang pada kehamilan, ketuban pecah dini, gawat janin dan kondisi lain yang mengancam jiwa ibu dan bayinya.

Rujukan ke rumah sakit juga dapat diberikan oleh faskes tingkat pertama jika terjadi komplikasi medis pada kandungan ibu hamil yang tidak dapat ditangani di faskes tingkat pertama.

Apakah USG juga ditanggung BPJS?

Jika berdasarkan indikasi medis yang jelas dari dokter perlu melakukan tindakan tersebut, maka biayanya ditanggung BPJS. Jika atas permintaan sendiri, maka biayanya tidak ditanggung BPJS.

Jika saya ingin melahirkan di rumah sakit, apakah biayanya ditanggung BPJS?

Jika persalinan di rumah sakit atas kehendak pasien peserta BPJS sendiri, alias tidak berdasarkan indikasi medis yang jelas dari dokter, maka biayanya tidak ditanggung BPJS. Persalinan di rumah sakit hanya dilakukan jika:

  • terjadi komplikasi kandungan yang membutuhkan penanganan dokter spesialis
  • dalam kondisi gawat darurat yang mengancam keselamatan nyawa ibu dan bayinya

Pada persalinan normal, dilakukan di faskes tingkat pertama beserta jejaringnya, seperti bidan desa atau bidan praktik mandiri.

Saya sudah terlanjur melahirkan di rumah sakit/bidan mandiri (yang bukan jejaring faskes tingkat pertama). Apakah saya bisa mengajukan klaim ke BPJS untuk penggantian biayanya?

BPJS tidak menerima klaim perorangan. Klaim harus diajukan oleh faskes langsung kepada BPJS, sehingga faskes tidak diperkenankan menarik biaya dari pasien peserta BPJS.

Tambahan 9 Juni 2016

Apakah surat rujukan berlaku di bulan yang sama?
Surat rujukan berlaku 30 hari, misal buat rujukan tanggal 10 April maka berlaku sampai 10 Mei.

Kata dokter di RSUD saya harus kontrol tiap bulan, apakah harus minta rujukan terus ke puskesmas?
Jika sudah ada indikasi medis, biasanya dari faskes 1 selain diberi surat rujukkan diberi pula surat rekomendasi untuk berapa lama perawatannya. Jadi pada saat kontrol bulan berikutnya hanya perlu surat rujukkan yang lama + surat rekomendasian tersebut.

Pelayanan BPJS untuk orang hamil itu bagaimana?
Pemeriksaan dan persalinan bisa dilakukan di faskes tingkat pertama (bidan). Jika ada penyulit atau faktor risiko baru boleh dirujuk ke RS (dokter spesialis kandungan).

Bagaimana jika ingin melahirkan dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan?
Sama seperti di atas, jika normal melahirkan di faskes 1 (jika ada fasilitas untuk melahirkannya) jika tidak ada dirujuk ke jejaring yang ada fasilitas untuk melahirkannya. Jika tidak bisa ditangani atau sudah diketahui akan ada persalinan dengan tindakan akan dirujuk ke faskes 2. Kalau gawat darurat bisa langsng ke RS.

Apakah pemeriksaan fetomaternal ditanggung BPJS? di RS saya berobat tidak ditanggung?
Mungkin kalau RS swasta memiliki kebijakan tersendiri kerena lumayan mahal biayanya, kalau di RSUD milik pemerintah bisa ditanggung.

Kenapa vaksin tidak ditanggung BPJS Kesehatan?
Hanya vaksin/imunisasi dasar untuk balita dan anak saja yang ditanggung, misal Hepatitis B, Polio, Campak, DPT. Kalau HIB biasanya kan dilakukan orang dewasa yang mau umroh/haji, jadi tidak ditanggung.

Di rahim saya ada kista, saya selalu nyeri haid, dokter menyarankan untuk disteril dan dikikis kistanya, apakah ditanggung BPJS Kesehatan?
Untuk steril saja tidak bisa dicover BPJS, namun untuk laparotominya bisa sekalian steril. Seperti biasanya harus ke puskesmas dulu, kemudian minta rujukan ke Dr obgyn poli di RSUD atau RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Apakah berobat dengan BPJS ada batasan biayanya?
Ada. Ada batasan / plafond dalam 1 siklus pengobatan (pulang-sembuh) baik rawat jalan / rawat inap buka permenkes 59 thn 2014 tentang tarif INA CBG’s. Setiap diagnosa berbeda batasannya.

Tanya jawab ini diambil dari:
http://www.pasiensehat.com/2015/03/tanya-jawab-bpjs-kesehatan-seputar-layanan.html

292 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. Ternyata rumit juga, tidak keseluruhan langsung ditindak lanjuti, perlu rujukan dan rujukan

    1. Semoga layanan kesehatan Indonesia ke depannya semakin baik.

    • Yosi on 19 Januari 2016 at 18:08
    • Balas

    Usia saya 40 tahun sedang hamil yang ke 3 dgn uk 17 minggu. Kehamilan anak ke 2 gugur di uk 9 minggu. Pada kehamilan ke 3 ini, pada bln pertama mengalami pendarahan sehingga langsung periksa ke RS dan akhirnya pendarahan berhenti dan saat ini hsl usg jg bagus. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah saya masih bisa melahirkan normal di usia saya skrg ini, apalagi saya jg ada miom?.
    2. Apakah saya harus periksa ke puskesmas lagi karena saya ingin menggunakan bpjs?
    3. Apakah harus minta rujukan ke puskesmas dulu apabila hrs menjalani operasi sesar lagi?
    4. Bagaimana jika bidan di puskesmas tetap menyarankan melahirkan normal, pdhal dokter di RS menyarankan sesar?
    Tambahan:
    Anak pertama saya (9,5 tahun) lahir secara sesar krn ketuban pecah selama 3 hari namun tdk ada kontraksi.
    Terimakasih.

    1. Yth Bu Yosi,
      1. Peluang melahirkan normal tetap ada, tp tergantung kondisi / perkembangan. Sbg catatan, ibu termasuk resiko tinggi dlm kehamilan, mengingat > 40th
      2. kl pakai bpjs harus ke puskesmas. kecuali dapat rujukan, bisa ke rs
      3. iya, hrs minta rujukan jika ada indikasi medis
      4. ibu bilang saja ke bidan tsb tentang hasil pemeriksaan di rs
      Semoga kehamilan dan kelahirannya lancar ya Bu

        • Yosi on 21 Januari 2016 at 16:22
        • Balas

        Saya sudah periksa ke puskesmas dan mengikuti prosedur di sana. Kemungkinan nanti akan melahirkan secara sesar.
        Terimakasih atas penjelasannya, dokter.

        1. Sama-sama Bu Yosi, saya doakan semoga persalinannya nanti lancar ya Bu, sehat Ibu dan bayinya. Aamiin.

    • Heru on 25 Januari 2016 at 10:19
    • Balas

    Yth. Dokter

    Usia kandungan istri saya sudah memasuki 36minggu,, dan sampai saat ini saya blm dapat rujukan BPJS dari RSUD setempat,, Saya blm coba periksa dan minta rujukan BPJS dari RSUD ke RS Harapan Kita.. (saya pesimis RSUD tidak memberikan rujukan).. Padahal saya berharap istri saya bisa melahirkan di RS Harapan Kita dengan alasan istri saya menderita penyakit jantung bawaan (PR Moderate), selama ini selalu periksa jantung dan kandungan di RS tersebut.

    Apa bisa saya coba siasati masuk ke RS tersebut dengan biaya BPJS melalui IGD dengan alasan Pecah ketuban dini… ??

    1. Saya kurang tahu ‘trik’ begitu pak. Secara prosedur dan PEGANGAN dari RS adalah adanya surat rujukan dari faskes tk 1. Demikian penjelasan saya

    • Inneke on 30 Januari 2016 at 05:55
    • Balas

    Terima kasih dr Harris yg sdh bantu proses kelahiran putri saya secara cesar. Tuhan memberkati

    1. Sama2 Bu Inneke. Semoga sehat selalu ibu dan bayinya.

    • dhiyah on 11 Februari 2016 at 19:23
    • Balas

    Saya mau tanya dok..saya kan mendaftarkan bpjs faskes1 ke puskesmas.jika saya ingin melahirkan dibidan samping rumah saya,juga melayani pembayaran menggunakan bpjs,apakah biaya saya bisa ditanggung pihak bpjs..

    1. Biasanya BPJS hanya bisa berlaku di tempat Ibu mendaftar, yaitu puskesmas tsb, kecuali faskes tk 1 merujuk ke tempat lain.

    • selma on 5 Maret 2016 at 02:11
    • Balas

    Dok, saya mau tanya. Saya hamil 34minggu . selama ini periksa di bidan rujukan faskes 1 (faskes 1tdk ada peralatan untuk periksa kehamilan ). Nah, saya ada ambeien. Takut tidk bisa melahirkan normal. Baiknya bagaimana ya ? Saya periksa ke spog dulu dan tanya bisa lahir normal atau tdk, atau perlu periksa ke dokter bedah ? Krn bidan rujukan faskes 1 bilang bisa lahiran normal tp saya yang sangsi krn ambeien sdh sebesar kacang dan sering nyeri buat BAB saja sering sakit dok.

    Oh iya, untuk lahiran normal dibidan, apakah semua (ibu dan bayi) di cover bpjs ?
    Terimakasih bantuannya dok.

    1. Coba periksa ke dokter dahulu, agar dipastikan ambeien ibu termasuk Grade berapa. Bila menurut pemeriksaan dokter saat melahirkan bisa memperberat ambeiennya, disarankan untuk sesar saja.

      Bila di-cover BPJS, semuanya gratis Bu

    • nunung on 15 Maret 2016 at 09:53
    • Balas

    Dok. Sy hamil usia 42 th . Sy punya riwayat asma. Apakah bisa.melahirkan di rumah sakit.

    1. Silakan minta rujukan dari faskes 1 bila memang secara diagnosa perlu dirujuk ke RS.

  2. Dok Terima kasih sudah membantu saya melahirkan putri kecil saya secara cesar walau menggunakan BPJS tapi pelayanan di RS Anwar Medika cukup baik sekali susternya juga sangat care kepada pasien.
    Terima kasih dokter Haris 🙂

    1. Sama-sama Bu Dita, semoga sehat ibu dan bayinya. Jangan lupa baby-nya di-imunisasi ya.

    • Maya on 29 Maret 2016 at 09:53
    • Balas

    Dokter saya mau Tanya,saya hamil 23minggu hamil k 3 tp anak ke 2.anak pertama saya usia 1 thn lahir secara sesar krn bayi sungsang.pernah kuretase di kehamilan pertama saya usia 3 bulan,saya juga mengidap hsag positif.rencana nya saya mau periksa k dokter,yg saya Tanya kan:
    1.apa nanti nya saya harus sesar lagi dok?
    2.nanti nya klu sudah lahir akn di vaksin hyper hep juga kn dok?sm seperti anak saya yg pertama
    3.klu menggunakan bpjs apa biayanya di tanggung 100% atau tidak?klu tidak biaya apa saja yg di tanggung

    1. 1. Tergantung bu. Silakan baca ini : http://www.harris-spog.com/?p=472
      2. HyperHep B adalah antibody untuk melawan infeksi virus hepatitis B. Bisa dikonsulkan ke Dok Peny Dalam Bu
      3. Asal ada rujukan diganti 100% sesuai penyakit yang diderita.

    • Lisa on 30 Maret 2016 at 16:50
    • Balas

    Dok,saya mau tanya..
    Rencana saya melahirkan di RS.Pura Raharja dengan BPJS di bulan Juli.
    Yang saya tanyakan kalau melahirkan cecar dengan BPJS hanya ibu saja yang ditanggung sedangkan anak yang dilahirkan tidak ditanggung..
    Jadi solusinya saya harus mendaftar BPJS saat bayi masih dalam kandungan usia 7/8 bulan.
    Apa kalau sudah mendaftar nanti anak saya bisa di cover BPJS di RS.Pura raharja atau tidak saat lahir nanti??
    Terima Kasih

    1. Kalau mengacu ke peraturan, anak di-cover BPJS di faskes tk 1, kecuali ada rujukan ke RS. Coba deh Ibu main ke RS Pura ngobrol dengan bagian informasi tentang hal ini. Maaf info dari saya kurang lengkap.

    • riyadi on 5 April 2016 at 16:58
    • Balas

    maaf mau tanya cara klaim bpjs kesehatan untuk ibu yg melahirkan melalui cecar ddokumennya apa saja dok,terimakasih sebelumnya

    1. Minta surat rujukan dari faskes tk 1 Bu

    • Reni on 9 April 2016 at 13:21
    • Balas

    Dokter, Apakah hari minggu praktek ya ?

    1. Tidak Bu. Kecuali ada kegawatan, pasien bisa telepon dulu untuk janjian.

    • Galuh on 10 April 2016 at 08:15
    • Balas

    Dok, saat ini saya bekerja di jayapura dan sedang hamil 20 minggu. Selama ini saya kontrol kandungan tiap bulan di dokter SPOG di jayapura tanpa menggunakan BPJS. Saya memiliki BPJS terdaftar di KPRJ dr Sobari Depok karena domisili suami di depok. Saya rencana melahirkan nanti di depok. Untuk KPRJ dr Sobari kebetulan tidak ada dokter SPOG, bidan, dan fasilitas melahirkan. Pertanyaan saya adalah, apakah ketika saya hendak melahirkan dan saya langsung menuju RS melalui IGD bisa diklaim oleh bpjs? Misalnya tidak sempat minta rujukan ke faskes 1 karena keadaan sudah kontraksi atau pecah ketuban. Apakah tidak boleh ke RS dan harus tetap ke puskesmas atau faskes 1 lainnya? Bagaimana jika terjadi tengah malam saat puskesmas tdk beroperasi? Pertanyaan selanjutnya, apakah jika selama kontrol kehamilan saya tidak menggunakan bpjs,tetapi saya memilih kontrol di dokter SPOG yg kebetulan tdk bekerja sama dg bpjs, lalu ketika melahirkan saya tdk bisa menggunakan di RS yg bekerja sama dg BPJS? Mohon infonya dok, terima kasih.

    1. – tidak bisa langsung Bu, harus minta rujukan
      – rujukan bisa diurus sebelum pecah ketuban, jika memang ada indikasi medis harus ke RS
      – tetap bisa melahirkan pakai BPJS asalkan ada rujukan dari faskes tk 1

  3. Dok sy hamil Uk 33w faskes sy di Dokter umum yg tidak ada jejaring persalinan nya, jika nanti sya melahirkan apa sya harus meminta rujukan dulu ke faskes yg terdaftar lalu k Puskesmas? faskes sy tdk melayani 24jam . bilamana sy melahirkan tengah malam apa sya lansung k Puskesmas yg bekerja sama dgn BPJS.. trmksh dok.

    1. Dirujuk ke faskes yg ada fasilitas melahirkan.

    • Dewi on 21 April 2016 at 19:06
    • Balas

    Dok maaf mau tanya saya hamil 34w dan saya mempunyai riwayat asma apa bisa melahirkan normal? Saya juga ada bpjs jika mau dirujuk ke rumah sakit dengan indikasi mempunyai riwayat asma gitu apa bisa ? Saya juga takut kenapa-kenapa dengan bayinya nanti apabila ada hal yg tidak diinginkan

    1. Tergantung asmanya Bu, kumat2an apa gak? Kalau dari pemeriksaan disimpulkan beresiko untuk normal, sebaiknya cesar saja. Jangan terlalu dikhawatirkan Bu. Kalau memang ada indikasi medis harus cesar, bisa minta rujukan ke faskes tk 1.

    • Rusminah on 29 April 2016 at 11:30
    • Balas

    Siang dokter..sy hamil 39 minggu usia 41,5thn..anak pertams usia 8,5thn lshir caesar krn bb bayi besar(4,3kg)fan sy ada miom shg miom diambil bebarengan dgn operasi caesar.Yg mau sy tanyakan selama kehamilan ke 2 ini sy periksa di rs swasts dg biays pribadi..nah krn dokter menyarankan caesar mengingat usia trs riwayat miom yg dl mk sy mau pake askes sj krn biaya caesar di rs sy sekitar 16 jtan…apakah sy bs minta rujukan ke faskes tk 1 scptnya krn operasi akan dilkk tgl 16 mei bsk..dgr2 puskesmas yg sy dirujuk agak dipersulit krn sy dr awal ga periksa di puskesmas..giliran ada maksud baru ke puskesmas..bgmn dokter spy sy ttp bs mdpt surat rujukan dr puskesmas tsb..mhn bantuannya ya dokter..jwbn dokter sgt sy hrpkan..trima ksh sblmnya dokter…

    1. Sesuai prosedur harus tetap minta rujukan ke faskes tk 1. Bilang saja faktor penyulitnya krn harus operasi caesar. Mestinya setelah diperiksa faskes tk 1 dan ada indikasi medis harus caesar, harusnya mereka membuatkan surat rujukan.

    • luki on 2 Mei 2016 at 10:03
    • Balas

    Pagi dokter, saya hamil 36 minggu. Anak pertama berusia 2,5 tahun dan lahir secara CS karena pendarahan dan ketuban pecah namun pembukaan tidak tambah juga. Saya sekarang hamil anak kedua sudah periksa di puskesmas dan sudah diberi rujukan untuk operasi lagi karena anak pertama CS dan juga saya menderita hipertensi. Setelah diberi rujukan dr faskes 1, rs rujukan (RS A) tidak memperbolehkan untuk CS karena beda usia 2,5 tahun tersebut bisa melahirkan normal.
    Saya jd bingung krn bidan puskesmas sudah menyuruh CS namun RS A tidak memperbolehkan, apalagi akhir2 ini bekas jahitan lumayan ngilu. Apakah saya bs ganti rs meskipun surat rujukan sudah di RS A?
    Terima kasih…

    1. Coba minta ke ke faskes 1 untuk ganti RS, karena RS A menolak cesar. Kalau RS A menolak cesar berarti diharuskan melahirkan di faskes tk 1 secara normal.

  4. Terima kasih sudah membantu istri saya melahirkan putra kecil saya secara cesar walau menggunakan BPJS tapi pelayanan di RS Pura raharja cukup baik susternya juga sangat care kepada pasien.
    Terima kasih dokter Harris spog

    1. Sama-sama Bu Dani. Semoga sehat ibu dan baby-nya. Jangan lupa baby-nya di-imunisasi ya.

    • sindi on 23 Mei 2016 at 13:28
    • Balas

    Dok usia kehamilan sya 32 w sya minus mata 6,5 dsarankan bidan untuk lahiran ceasar!!apakah biaya lahiran ceasar bsa dtanggung oleh bpjs?

    1. Bisa Bu, minta saja rujukan dari faskes tk 1. Banyak kok pasien BPJS saya.

        • Neni on 4 Mei 2017 at 03:32
        • Balas

        Selamat pagi…saya mau tanya kalo pke bpjs terus faskes 1 nya ada di klinik daerah jakarta… Sedangkan saya niatnya mau lahiran di kampung menggunakan bpjs… Apakah bsa surat rujukanya saya mnta di faskes 1 di daerah kampung saya. Sedangkan terdafyarnya di jakarta… Kalau saya mnta surat rujukanya di jakarta takutnya nnti kelamaan dan masa berlakunya sudah habis sampai nunggu lahiran.. Mohon penjelasanya.tks

        1. Ini saya ambil dari BPJS, Bu:

          Apabila seorang peserta BPJS sedang berada diluar domisili, dan ingin berobat di tempat lain menggunakan layanan BPJS Kesehatan maka peserta dapat meminta surat pengantar ke faskes 1 dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di luar domisili tersebut dan peserta Harap membawa surat keterangan domisili.

          Atau jika memang bertempat tinggal yang cukup lama di tempat domisili yang baru di luar kota tersebut maka lebih baik peserta memindahkan fasilitas kesehatannya di domisili tersebut, adapun untuk melakukan perubahan faskes dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan domisili

          Proses perubahan faskes BPJS Kesehatan dapat dilakukan setelah 3 bulan terdaftar difaskes 1 sebelumnya dengan membawa surat keterangan domisili.

    • sari on 6 Juni 2016 at 02:12
    • Balas

    Dok…saya hamil 38 mgg. Hamil anak ke dua usiany skrh 2,5 th, anak pertama SC krn fetal distres bb 3850 gr, khamilan yg skrg ini doktr mnyrnkan u SC lg krn sy ada riwayat asma dan hsil pmriksaan kepala anak msh tggi blm msk PAP dan CPD, yg mau saya tnykan bolehkah saya stlh dpt rujukan dri faskes tk 1 lgsung ke Rs tipe b ?

    1. Biasanya dirujuk di RS terdekat dengan faskes tk 1, biasanya RS tipe C atau D, tidak bisa langsung tipe B

    • Nanik on 15 Juni 2016 at 22:23
    • Balas

    Selamat malam Dok. Saat ini sy sedang hamil ke dua usia 14 minggu sedangkan putri pertama saya usia 8 bln. usia sy 30 thn. Pertanyaan saya:
    1. Apa sy masih bisa menyusui karena putri pertama sy tdk mau dot
    2. Kelahiran pertama dengan SC alasan posisi posterior, apa kah mungkin untuk kedua ini sy melahirkan dg normal?
    Terima kasih atas penjelasannya

    1. 1. Bisa, tp saat kehamilan 4-5 bln, ASI mulai berubah menjadi dipersiapkan untuk calon bayi. Mungkin pada saat itu anak pertama mulai tidak suka ASI ibu.
      2. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=472

    • Cindy on 20 Juni 2016 at 14:56
    • Balas

    Sy termasuk pasien yg menggunakan fasilitas BPJS utk cesar..di dokter Harris pd okt 2014..biaya yg harus di bayar sangat murah hanya 1.2juta fasilitas kelas 1 di RS Pura Raharja surabaya..
    Proses pertamanya mmg harus minta rujukan dr puskesmas faskes 1..krn sy mmg harus cesar karena anak pertama cesar dan jaraknya hanya 21 bulan dari anak ke dua..
    Mnrt saya dokter harris sabar dan telaten..yg paling penting jahitannya juga rapi..stlh lahiran anak sy pertama ada keloid di bekas sc..tp stlh anak ke dua yg dari Dr.Harris ini hasil jahitannya rapi halus dan keloid sdh hilang..ini skr lagi hamil anak ke 3 dan ttp mau kontrol di Dr. Harris lagi..
    Terimakasih dok

    1. Sama-sama Bu Cindy, semoga kehamilan ke 3 ini lancar dan sehat.

    • arum setianis on 20 Juni 2016 at 21:47
    • Balas

    Malam dok,saya mau tanya,usia khamilan sdh 37 mnggu,mata saya minus 9 dsaranin untuk Sc,
    Saya baca untuk pengguna bpjs lahiran Sc hrs ada indikasi trtentu spt pecah ketuban,dll edangkan saya mata minus,rencana saya mau pakai bpjs,nah itu harus nunggu mules/kontraksi atau tidak?

    1. Oo tidak harus nunggu ketuban pecah, asal ada indikasi medis harus SC, langsung saja minta rujukan dari faskes tk 1 secepatnya, agar nanti kalau SC bisa ke RS.

  5. sore dok,saya sedang hamil anak k3 dan usia kandungan saya 7bulan,jarak anak ke2 dan ke3 saya terlalu dekat dekat 18bulan karena itu bidan di faskes I menyarankan saya untuk sc karena dr hamil anak 1-3 sc..saya berencana melahirkan di rs pura raharja,jika menggunakan bpjs apa ada biaya lain yg harus saya tanggung misal untuk perawatan bayi..? apa bisa setelah bayi lahir,langsung dibuatkan bpjs dan langsung digunakan di rs pura raharja..mohon penjelasan nya ya dok,thx

    1. Untuk bayi yang masih dalam kandungan, jika ingin mendapatkan manfaat BPJS bisa didaftarkan sebelum lahir.

    • eny on 1 Juli 2016 at 21:11
    • Balas

    malam dok..slama ini sy kontrol hamil di faskes 1 luar kota sby (tempat suami dinas) .. apakah rujukan faskes 1 saya nanti bisa saya gunakan juga utk melahirkan di rs.pura raharja sby?

    1. Sepengetahuan saya tidak bisa dirujuk ke lain kota. Kalau pindah lain kota harus lapor dulu ke BPJS. Tapi coba ditanyakan ke faskes 1 sana Bu. Semoga berhasil.

        • eny on 27 Juli 2016 at 21:06
        • Balas

        malam dok.. sy sudah tanyakan ke faskes 1 luar kota, tempat sy slama ini kontrol.. faskes 1 bilang Bisa dirujuk ke luar kota selama masih 1 propinsi (aturan yg baru saja berlaku 1 bulanan ini)
        apakah kelahiran anak ke4 masih bisa ditanggung BPJS juga dok?

        1. Ditanggung Bu

  6. Sore dok.. saya ini baru menikah… tapi kok setelah menikah mens saya dtg nya terlalu cepat… misalnya saya dtg bulan tgl 7 juni… kok sdh db lg tgl 1 juli. …

    Dan saya jg sedang program hamil.. kira2 saya bisa konsultasi kemana ya dgn menggunakan bpks? Trimkasih

    1. Kalau siklusnya relatif teratur ya gak masalah Bu.
      Kalau BPJS ke faskes tk 1 dulu, baru kalau ada rujukan bisa ke RS.

    • Ilmy Amalia on 12 Agustus 2016 at 17:40
    • Balas

    Sore Dok..saat ini saya sedang hamil dan usia kandungan saya 31 minggu.. mata saya minus 16.. dan saya juga sedang mengandung anak kembar. Bisakah saya melahirkan CS dengan BPJS?

    1. Bisa Bu, segera minta rujukan dari faskes tk 1

    • Fitri nuraini on 13 Agustus 2016 at 22:19
    • Balas

    Dok ,sy mau tnya..sy ingin melahirkan pke kartu indonesia sehat .sy hmil 30mnggu .awal2 sy priksa dfaskes tk1. Ud 4x dbidan krn capek antriny dpuskesmas ,ap bs sy ttp mlhrkn dpus dok pke kis ?

    1. KIS itu di Jakarta kan Bu?

    • risha on 20 Agustus 2016 at 13:26
    • Balas

    dok apakah di pura raharja bs menanganii sc dengan bpjs?

    1. Iya, asal ada rujukan dari faskes 1

    • devita on 5 September 2016 at 10:43
    • Balas

    Pagi Dok, ada yg mau sy tanyakan…kelahiran dgn indikasi medis sc dicover BPJS, klo sekaligus steril bgaimana Dok?. Apa steril nya dicover jg oleh BPJS?. Tks

    1. KB steril dicover BPJS Bu

        • Ana on 5 Maret 2017 at 13:34
        • Balas

        Siang Dok, usia saya 36 tahun riwayat sc 2x tahun 2012 dan 2014..Sekarang saya hamil anak ke-3 usia kandungan 32 minggu dari faskes 1 dianjurkan SC lagi. Mengingat SC maksimal 3x apakah saya bisa SC +KB steril pakei BPJS?

        1. SC pakai BPJS bisa

    • meinar anindya on 8 September 2016 at 10:45
    • Balas

    pagi dokter.. saya sedang hamil 37 mggu terdaftar sbgai pserta bpjs tetapi faskes tingkat 1 saya dokter umum. bagaimana jika saya akan melahirkan di rumah sakit? apakah bisa dengan rujukan dari dokter umum saja atau harus di rujuk ke faskes tingkat 1 yg lain dulu (puskesmas) baru bisa melahirkan ke rumah sakit menggunakan bpjs kesehatan?terimakasih sebelumnya

    1. Ibu bisa minta rujukan sebagai pengantar melahirkan di RS. Tapi harus ada indikasi medis yang mengharuskan melahirkan di RS. Kalau memang tidak ada indikasi medis harus melahirkan di RS, ya ibu tidak bisa mendapatkan surat rujukan, jadi ibu tetap melahirkan di faskes tk 1. Memang begitu prosedurnya.

    • tiany on 21 September 2016 at 11:31
    • Balas

    pagi dokter,

    saya Tian, kebetulan saya hamil 20 minggu anak pertama.
    saya sudah 3 tahun mengidap hepatitis B, apakah caesar bisa mengurangi tertularnya bayi dari ibu nya?
    saya juga peserta BPJS.. bisa kah minta rujukan caesar dengan penyakit saya ini?
    kalau memang bisa normal,apakah biaya di tanggu BPJS dok?

    trim’s, untuk jawabannya 🙂

    1. Tidak Bu. Bayi bisa dihindarkan dari tertular Hepatitis B jika setelah lahir diberi vaksin aktif.

    • setiarinu on 17 Oktober 2016 at 23:14
    • Balas

    dok, kenapa sekarang bpjs berubah jd kis ya padahal setahu saya kis dulu itu untuk yg (maaf)krg mampu, skrg peserta kartu bpjs berubah jd kis, padahal kita kan bayar iuran tiap bulan, sampai bidannya ada yg tanya “bu, ini pakai yg bayar atau yggratis? “soalnya skrgd samain kartu yg “nebeng”sama yg bayar iuran..
    haduh gemanaa ya dok, kok bisa gituu

    • Tania Putri on 19 Oktober 2016 at 09:53
    • Balas

    Dok, kalau saya mau kontrol ke dr Harris menggunakan BPJS apakah saya harus dpt rujukan dari faskes 1 dlu? dan kalau tiap bulan apakah terus2 menerus meminta rujukan setiap bulannya ya? Saya bingung dok, soalny saya dapat asuransi dr kantor (bisa reimburse) tapi ada limitnya, juga punya BPJS yang belum pernah saya gunakan. Saya berencana untuk kontrol di dokter praktek, kemudian melahirkan di RSIA Putri menggunakan asuransi kantor apabila normal, dan BPJS apabila Cesar, prosedurya kira2 saya harus bagaimana ya dok? terima kasih sebelumnya

    1. Rujukan bisa digunakan ke RS, Bu, bukan ke dokter praktek. Kalau kehamilannya normal2 saja, kontrolnya / melahirkannya tetap ke faskes tk 1.

        • Tania Putri on 19 Oktober 2016 at 10:41
        • Balas

        berarti kalau kontrol ke dokter saya sistem reimburse aja ya bisanya? untuk melahirkan baru nanti berurusan dengan rumah sakit dipilih untuk menggunakan BPJS atau asuransinya.

        1. Bisa Bu, silakan saja. Saya tunggu ya Bu

    • Rosie on 26 Oktober 2016 at 09:49
    • Balas

    Dok..istri saya sedang hamil anak kedua usia 19/20 minggu dan estimasi lahir sekitar tengah bulan maret, anak pertama saya lahir denang secio (cesar) dan menurut dokter karena jarak dengan anak pertama kurang dari 2 tahun anak kedua harus cesar, apakah alasan tersebut dapat diterima ketika kita meminta rujukan ke RS untuk operasi cesar menggunakanBPJS?

    terimaksih dok
    Salam

    1. Kalau memang dokternya bilang gitu, harusnya bisa minta rujukan

    • wulan on 29 Oktober 2016 at 03:54
    • Balas

    batas mata minus berapa dok yg diperbolehkan utk persalinan normal?

    1. -5 msh bisa, tp lihat kondisinya dulu jg

    • christina denys on 8 November 2016 at 12:56
    • Balas

    dokter kbetulan sy blm daftar bpjs..jdi slama hamil anak ke 3 ini sy dtg ke klinik dokter biasa untuk periksa kandungan sya…
    kmarin sy periksa dan hasil usg menunjukkan kandungan sy sdh masuk usia 25minggu dan posisinya placenta previa…
    mohon saran dokter,apa bs placenta previa melahirkan dg cara normal saja… karena sy blm ad pengalaman caesar… jujur takut operasi…
    adakah terapi agar ari2 bs pada posisi normal?
    rencana bln depan sy akn ikut bpjs apakah akan tercover biaya persalinan jk caesar n rencana sy akan steril jg…
    mohon pencerahannya dok… trmksh

    1. Tergantung plasenta previanya menutup jalan lahir atau tidak. Jangan takut operasi Bu, aman kok

    • Nadia on 24 November 2016 at 15:55
    • Balas

    Sekedar mau sharing.. dan ada pertanyaan juga si.. hehee..

    saat ini saya hamil 32 minggu, bulan lalu posisi bayi sungsang, dokter saya sudah mempersiapkan kalau semisal saya hrus melahirkan secara sesar. apalagi kantor saya jauh dan masih aktif bekerja,
    saya sudah minta rujukan ke faskes 1 dan saat ini sudah kontrol di rs stempat menggunakan bpjs. eh ternyata bberapa hari lalu saya usg, dan posisi bayi sudah normal.
    faskes 1 saya jauh letaknya dari rumah, lokasinya berada di area perbatasan kabupaten yang perjalanan kesana pun cukup melelahkan untuk saya. Akhirnya saya minta faskes 1 saya memberikan rekomendasi bidan rekanan dekat rumah, ada si bidannya memang.. tapi ko ternyata tidak 24 jam. jadinya sampai saat ini saya masih dag dig dug dimana akan melahirkan.
    akhirnya saya ke rs tempat rujukan saya, mencoba untuk bisa melahirkan normal dsana dengan bpjs, bisa,.. namun dengan persyaratan saya harus naik kelas. wah. ternyata selisihnya yang harus saya bayar lumayan besar..

    yang mau saya tanyakan dok.. kalaupun saya membayar menggunakan selisih pembayaran tadi, dan tetiba ada sesuatu yang membahayakan yg membuat saya harus sesar nantinya.. apakah nanti akan tercover dengan bpjs juga? ataukah tetap dbayarkan menggunakan selisih kelas upgrade? saya seram liat harganya nanti… huhu..

    1. Kalau memang perlu sesar mestinya gratis, coba dipastikan di RS nya

    • Sonia on 5 Desember 2016 at 16:40
    • Balas

    Dok mau tanya, mata saya minus 4,5, semisal ada indikasi dari dokter mata kalau akan berbahaya bagi saya untuk melahirkan normal sehingga harus sesar, apakah seluruh biaya persalinan sesar dengan indikasi adanya bahaya jika normal karena mata yang minus bisa di cover seluruhya oleh BPJS??

    terima kasih

    1. Bisa. Minta rujukan ya Bu

    • Diah on 8 Desember 2016 at 16:07
    • Balas

    Dear Dr Harris,

    saya usia 30 tahun, saya hamil dengan Miom. Awal kehamilan usia kandungan 6minggu ada miom 5cm dan cek saat 2bulan miom bertambah menjadi 6,5cm dan usia kandungan 4 bulan menjadi 8cm, akan tetapi saya pernah di rawat sampai akhirnya usia kandungan 5 bulan 3 minggu miom saya mengecil 1,5cm skrng menjadi 6,5cm ( Alhamdulillah) akan tetapi mengingat Dokter SPOG saya menyarankan operasi cesar sekaligus pengangkatan miom dan biaya cesar sangat mahal ditambah biaya operasi pengangkatan miom, apa bisa saya melahirkan cesar dengan BPJS?dan operasi pengangkatan miom sekaligus?jika iya saya harus minta rujukan, haruskan saya berikan hasil dari SPOG saya ke dokter di klinik agar bisa di rujuk di rumah sakit tempat saya melakukan pengecekkan sebelumnya?

    Sekian dan Terima kasih

    1. Kalau ada indikasi medis harus cesar, bisa Bu. Coba dikonsultasikan ke dokternya

    • ash21 on 15 Desember 2016 at 21:29
    • Balas

    Dokter saya mau tanya, sya baru daftar bpjs sebelumnya pengalihan dari perusahaan ke individual (karena sudah resign kerja). Faskes 1 sya pilih dokter keluarga di karawang. saat ini saya tinggal di tangerang, dan rencana nya untuk melahirkan anak pertama saya ingin di karawang. ada beberapa yg ingin saya tanyakan.
    1. apakah dr faskes 1 (dokter klwrga) kbtln dokter umum bkn dokter kandungan, bisa membuat rujukan untuk pemeriksaan kehamilan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.
    2. untuk kasus persalinan pun, tidak ada fasilitas di faskes 1 bisa juga kan di rujuk ke rumkit dg alasan tdk ada peralatan untuk persalinan?
    3. apakah sebaiknya untuk bayi segera didaftarkan bpjs? supaya saat melahirkan bisa di tanggung juga oleh bpjs?
    Terimakasih atas jawabannya dokter, saya galau saat ini karena baru hari ini memgaktifkan kembali bpjs untuk persiapan melahirkan.

    1. 1. kalau memang ada indikasi medis, bisa
      2. kalau tidak ada indikasi medis, dirujuk ke faskes 1 yg ada fasilitas melahirkan
      3. bisa didaftarkan

    • my on 30 Desember 2016 at 14:16
    • Balas

    Siang dok, mau tanya apakah test HSG di tanggung bpjs?

    1. Tidak Bu

  7. dok saya mau tanya. saya berasal dari semarang, saat ini saya bekerja dan menetap di jakarta. dan alhamdulillah skrg saya sdg hamil 13 minggu. orang tua saya meminta saya jika nanti lahiran, dilakukan di semarang saja. karena pertimbangan tidak ada keluarga di jakarta dan tidak ada yg bantu urus saya nanti setelah lahiran. jika saya ingin melahirkan di semarang, sedangkan faskes I saya jakarta, bisakah saya menggunakan BPJS di semarang? misalkan hasil pemeriksaan selama di jakarta normal smua tanpa kendala, bisakah saya meminta surat rujukan dari faskes I saya sekarang? terimakasih

    1. Mestinya lapor dulu ke BPJS. Kalau harus melahirkan normal ya tetap di faskes tk 1

    • Laili on 11 Januari 2017 at 21:40
    • Balas

    Dokter,
    Cara untuk mendaftarkan janin menjadi peserta BPJS bagaimana? Kan belum tercantum di KK
    Matur nuwun infonya.

    1. Ke kantor BPJS langsung Bu

    • betty on 21 Januari 2017 at 09:41
    • Balas

    saya hamil anak kedua dan minus mata saya tinggi,7,5 dan 8,5 saya minta rujukan buat k dokter mata.kata dokter mata saya bisa lahiran normal tapi resiko tinggi..saya balik k faskes pertama tapi tdk bisa minta rujukan dokter spog krna katamya ini bukan tindakan medis yg dpt d rujuk k spog..apakah saya tdk masalah untuk lahiran normal..sebaiknya apa yg saya lakukan

    1. Tergantung dari matanya Bu, boleh mengejan atau tidak

    • Tari on 30 Januari 2017 at 09:45
    • Balas

    Dok, saya berencana kontrol hmil dan nantinya melahirkn anak ke 2 di rs pura raharja dgn dr.harrise brp klo melahirkan normal dgn bpjs, kebetulan anak pertama normal.

    1. Kalau pakai BPJS gratis Bu

    • tatik rejeki on 14 Februari 2017 at 11:53
    • Balas

    Assalamu,alaikum mohon penjelesan saya saat ini sedang hamil 7 bulan anak ke 4, status saya PNS pusat. anak pertama kedua lahir sebelum PNS apakah saya bisa menggunakan BPJS untuk melahirkan anak ke 4 mengingat status saya sebagai PNS pusat mulai anak ke 3 terima kasih penjelasannya.

    1. Wa alaikum salaam, Kalau sudah didaftarkan BPJS mestinya bisa Bu

    • Diana on 15 Februari 2017 at 11:34
    • Balas

    Selamat pagi dok, saya peserta bpjs dgn faskes 1 dokter umum dan RS yg dipilih adalah RS Royal, saya hamil anak ke 2 usia kandunga 13 minggu, anak 1 SC dan sdh 9th, saya minus 5, apabila sy ingin melahirkan scr SC di RS pura raharja dgn Dr Haris apakah bs dgn bpjs dok, dan bgmn prosedurnya, mhn penjelasannya,

    1. Bisa asal ada rujukan dari faskes 1

    • Sari on 15 Februari 2017 at 17:38
    • Balas

    Sy sari dulu lahir1 dg dr.haris skg kehamilan ke2 jln 18mgu renc ingin dg bpjs. Kondisi saat ini bpjs bali tapi ktp msh sby. Kalo renc lahiran di sby dgn bpjs bisa kan dengan dokter harris armadi. Prosesnya perlu perpindahan dr bpjs bali ke bpjs sby ato langsung bisa? Apa ttp alur ke faskes1 asal tinggal?mohon pencerahan ya dokter terimakasih.

    1. Mestinya lapor ke BPJS bali untuk pindah lokasi

    • indria ningsih on 21 Februari 2017 at 18:14
    • Balas

    sore dok, skrg kehamilan sy 40 week 2 day.sdh lwt dr hpl 19 feb. dan tiap bln sy priksa ke spog pakai uang pribadi krn asuransi sy sdh limit.bpjs perusahaan tak prnh sy pakai.krn sy ga mau cek di faskes 1(puskesmas) satu jauh dr rmh udah gtu ngantri. yg sy mau tanyakan. sy pny riwayat wasir dan bbj 3,8.dokter menyarankab induksi.yg sy khawatirkan klo misalkan sy induksi tdk brhasil lalu ada tindakan secar apakah sy bisa pakai bpjs?krn klo pakai asuransi cuma di cover setengah.sdngkan sy klo normal mau pakai asuransi saja. bagaimana prosedur pralihan dr asuransi ke bpjs dok?

    1. Mestinya dari awal masuk rs sudah ditanya sama rs, mau paka1 asuransi apa. Kalau tengah jalan berubah bisa ditanyakan ke rs-nya, mau apa tidak.

    • dian on 28 Februari 2017 at 15:32
    • Balas

    dok, saya mau tanya. saya punya mata minus tinggi kiri -8 dan kanan minus -12. dokter mata menyarankan saya untuk operasi Caesar. apakah bisa melahirkan di cover bpjs? kalo di cover bpjs, berapakah biaya yang di cover oleh bpjs untuk operasi Caesar seperti saya? karena di kota saya untuk operasi Caesar di rumah sakit, bpjs hanya mengcover 6 jt. mohon infonya, terima kasih

    1. Kalau ada indikasi medis dan dapat rujukan, bisa pakai BPJS, mestinya gratis Bu, coba ditanyakan lagi ke BPJS

    • Rissa on 2 Maret 2017 at 14:32
    • Balas

    Dokter,Skrng sy lagi hamil 9week dn hamil ank kedua. Ank prtma usia 21bln. Anak prtma lahir sc,apa bisa ank kedua lhir normal dok? Mohon pencerahannya.trm kasih dok.

    1. Tergantung kondisinya Bu, silakan baca ini http://www.harris-spog.com/?p=472

  8. Siang Dok, usia saya 36 tahun riwayat SC 2x tahun 2012 dan tahun 2014. Sekarang saya hamil 32 minggu dianjurkan SC lagi dari faskes 1 rujukannya diberikan usia kandungan 36 minggu. Mengingat saya sdh berusia 36 tahun dan skrg SC yg ke-3 dari faskes 1 bilang boleh kb steril. Tapinanti rujukannya diberikan Untuk SC saja dan KB sterilnya Dokter dr rs yang bersangkutan yang akan menentukannya apakah fitanggung bpjs atau tidak.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Berapa kali maksimal SC mengingat usia saya 36 tahun?
    2. Apakah SC+ kb steril ditanggung bpjs?
    3. Seharusnya yang mentukan indikasi medis kb steril faskes 1 atau rs yg di rujuk?
    4. Jika faskes 1 yang menentukan indikasinya apakah rujukannya SC saja atau SC+KB steril?
    Terimakasih sebelumnya

    1. Steril bisa pakai BPJS

    • Sonny on 6 Maret 2017 at 19:54
    • Balas

    Dok, saat ini istri saya sedang dalam perawatan pasca SC pada 2 hari lalu dan menggunakan BPJS secara penuh, tapi BPJS anak belum ada dan diberi waktu oleh RS hanya 3 hari setelah tindakan SC tsb untuk dibuat. Namun persyaratan pembuatan BPJS Anak saya tidak lengkap, jadi BPJS Anak tidak dapat jadi dalam waktu 3 hari tab. Apakah proses yg kami lalui dengan BPJS dari awal tetap berlaku tanpa ada BPJS Anak?
    Dan apakah jika tidak ada BPJS Anak, biaya Anak dapat ditanggung secara Mandiri?
    Mohon arahannya dok, terima kasih. Salam

    1. Mestinya anak tercover kalau sudah ada BPJS-nya (sdh jadi anggota BPJS)

    • heni on 7 Maret 2017 at 09:35
    • Balas

    dokter apakah melahirkan di klinik dokter haris bisa menggunakan BPJS normal maupun cesar??

    1. Saya kalau menangani kelahiran di RS Bu, bisa BPJS kalau ada rujukan krn indikasi medis

    • wulan on 11 Maret 2017 at 11:40
    • Balas

    dok,, UK saya skrg hmpir 39wk..
    sya sudah pnya BPJS n sya bru sja dapan info klo janin dlm kndungan bsa d daftarkan k BPJS..
    sudah sya cari info d intrnet aktifasi BPJS 14 hari
    sya mau mndaftarkan janin saya tp HPL sya sudah sktar 1 minggu lg,
    apa bsa d daftarkan tp langsung aktif dok?
    karena sya d anjurkan mlahirhan d RS,sya mau mndaftarkan janin sya untuk jaga2 biaya nya dok…
    apa bsa sya daftar janin sya dan bsa aktif sesegera mungkin?

    1. Sesuai prosedur di BPJS-nya Bu, tidak bisa langsung

    • Hangger ayu on 15 Maret 2017 at 09:49
    • Balas

    Pagii dok, saya mau tanya untuk melahirkan di RS. Pura raharja apa harus persyaratannya BPJSnya harus faskes 1.

    kalau seumpama BPJSnya faskes 2, tandanya tidak bisa melahirkan di RS. Pura raharja.

    Terima kasih.

    1. Iya Bu, harus ada pengantar, baru bisa melahirkan pakai BPJS di RS

    • Novita R on 15 Maret 2017 at 23:00
    • Balas

    Slamat malam dok sy rencna persalinan sc dgn bpjs, Namun calon bayi blm trdaftar sbg pserta bpjs, apakah d RS puraraharja dkenakan biaya untuk perawatan bayinya?

    1. Iya. Imunisasi bayar

        • Adelia on 10 Agustus 2017 at 11:29
        • Balas

        Dok saya mau tanya kira” biaya apa saja yang dikenakan untuk perawatan bayinya, apa hanya imunisasi saja? kalau bayi blm terdaftar sbg peserta bpjs. terima kasih

        1. Tergantung RS-nya Bu. Mungkin imunisasi & dokter anak. Belum lg kl anaknya butuh perawatan tambahan (misal sinar UV)

    • vivi on 16 Maret 2017 at 23:09
    • Balas

    selamat malam dok… dok saya mau tanya…
    saya hamil uk 33mnggu , awal hamil saya periksa ke Puskesmas terdekat sdangkan bulan ke 3 saya mngalami flek2 dan rewel dok, jdi takut ada apa2 akhir ya periksa ke Dr Spog. skrg kembali lagi ke puskesmas saya hanya di cek ulang HB nya yg dr awal sampek skrg 10 terus tdk naik2 dok. dan 2minggu yg lalu sempat pingsan karena tiba2 rasanya sesak nafas dan lemes banget dok…
    apakah saya bisa mlahirkan normal dok? n knp bidan di puskesmas tdk memeriksa BB,tensi darah
    dll saya yg biasa dlakukan dokter? trimakasih dok.

    1. Tentang bisa tidaknya lahiran normal tergantung pemeriksaan Bu. Coba periksa ke dokter lebih seksama (teliti).

    • Irin Nurul Fiani on 21 Maret 2017 at 01:58
    • Balas

    Selamat malam dok…
    Saya mau nanya, sya skrg sedang hamil 29w kebetulan baru pulang opname karna asma di RS Muhammadiyah Sby. Waktu periksa di dr. Spog beliau menyarankan untuk SC. Apakah bisa sya melakukan SC di RS lain kebetulan sya punya BPJS?
    Terima kasih dok

    1. Bisa saja, coba minta / ngurus surat pengantar dari faskes 1

    • rafa on 30 Maret 2017 at 12:05
    • Balas

    selamat siang dok…
    saya punya KIS. faskes pertama saya di puskesmas kalijudan. katanya saya bisa di rujuk ke RS DKT,UNAIR,HAJI dan PURA RAHARJA. karena lebih dekat dari rumah dan dekat dengan rumah saudara saya memilih ke PURA RAHARJA. itu berarti saya ditangani bidan ya dok? saya juga pernah periksa ke dokter. apa itu juga bisa kalau di bantu dokter ya? terimakasih

    1. Bisa saya tangani Bu

    • Riri on 31 Maret 2017 at 13:20
    • Balas

    Selamat Sore dokter.
    Saya anggota bpjs dg faskes 1 di dokter umum yg tdk memiliki fasilitas persalinan. Sy hamil 24week. Selama ini periksa di puskesmas(tdk di cover bpjs)
    Pada saat sy mau periksa lagi ke puskesmas, apa sy harus meminta rujukan dari dr.umum trsbt agar di cover bpjs?
    Jika hrus dg rujukan faskes 1 trlebih dl. Apakah setiap sy priksa di puskesmas harus dg rujukan ? Smp nt di persalinan. Harus ulang2 minta rujukan at cm 1x. Mohon pencerahan

    1. Rujukan buat melahirkan di RS, jika ada indikasi medis. Kalau tidak ada indikasi medis, harus melahirkan di faskes 1 yang ada fasilitas untuk melahirkan.

    • Lia on 4 April 2017 at 13:50
    • Balas

    Selamat siang dokter..
    Kehamilan saya sudah sekitar 35 minggu, typ bln periksa di dr. spog dg biaya pribadi
    Kta dokternya bayi saya msh sungsang disarankan utk SC. Saya ingin melahirkan dg bpjs. Apakah bs melahirkan dg dr. Harris di pura raharja tnpa Pernah periksa di pura raharja sblmnya? Apakah hrs periksa dulu?
    Kalau bs saya akn mnta rujukan dr faskes 1. Terimakasih.

    1. Coba saya periksa di tempat praktek saya

    • Janet on 5 April 2017 at 14:52
    • Balas

    selamat siang Dok, usia kehamilan saya 38mgg tapi posisi kepala janin belum masuk panggul. Dokter menyarankan untuk SC karena ada lilitan tali pusat juga, sehungga dikhawatirkan kepala bayi tidak bisa masuk panggul. Apakah saya bisa SC menggunakan BPJS dgn diagnosa tsb dan saya juga ada wasir? Terimakasih Dokter..

    1. Bisa kalau memang ada indikasi medis

    • nopian on 7 April 2017 at 17:40
    • Balas

    Sore dok,, sy mw tanya,,istri sy sdh melahirkan 1 minggu yg lalu di bidan praktik mandiri,,karna waktu itu hari mlam minggu,, stelah itu,saya membayar 1,5 jt,,, yg mw saya tanya, apa bisa saya mengajukan klaim ke bpjs, mengingat istri saya PNS,, trksh dok,,

    1. Kalau bidan mandiri tidak bisa klaim. Kok tidak ke faskes tk 1 yg sudah didaftar saja ?

    • nopian on 7 April 2017 at 18:36
    • Balas

    Khan waktu itu, malam minggu dok,, jadi faskesnya, tutup maklum mash didaerah kecamatan,,,jd gak bisa ya dok mengajukan biaya persalinan ke bpjs skr, soalnya waktu anak pertama tahun 2010, jg ke bidan mandiri, tp bisa mengajukan biaya persalinan ke Askes sendiri,,

    1. Ya dicoba diurus saja Pak, barangkali masih ada ‘celah’

  9. Maaf dok…usia sya 30th…saat ini sedang hamil anak ke 3 dgn usia khmilan 36mgg…khamilan sblumnya dua2nya ceasar dgn msalah:
    Anak ke1: laki2 usia 9th: lbih bln, air ketuban keruh
    Anak ke2: laki2 usia 5th: 5hr sblum HPL air ketuban ngrembes, tp blm ada pmbukaan, tp pas HPL sya usg air ktuban mnipis, lalu ada kontraksi tp hrus ceasar
    Melihat rwayat khmilan sblumnya,
    Tuk kelahiran skrg sya ingin normal…
    Apa bisa dok???
    Sya rncana mulai senin bsok kontrol d RS.Pura Raharja…dgn BPJS

    1. Bisa tidaknya tergantung sekali dengan kondisi kehamilannya, harus diperiksa dulu Bu

    • Juniman on 9 April 2017 at 11:43
    • Balas

    Apakah kalo Caesar di RS rujukan si anak di Tahan buat Jaminan untuk menunggu dokumen BPJS Anak nya jadi,
    Mohon solusinya dan sumbernya

    1. Tidak Bu, ya kalau BPJSnya belum jadi, si anak tidak ditanggung.

    • debby dwi on 12 April 2017 at 09:06
    • Balas

    Dokter harris, untuk persalinan SC dengan BPJS apakah luka jahitan SC nya akan nyeri?
    jika ingin tidak nyeri apakah ada tambahan biaya lagi…
    mksh dok..

    1. Perlakuannya sama Bu antara BPJS dengan yang tidak

    • silvi on 12 April 2017 at 15:47
    • Balas

    dok, bpjs faskes tk 1 saya merujuk ke dokter umum, bukan bidan atau puskesmas.. apakah nanti saya bisa melahirkan di RS?? apakah harus minta rujukan dokter yg tertera di kartu bpjs tersebut terlebih dahulu??

    1. Kalau tidak ada indikasi medis harus melahirkan di RS ya tetap di faskes 1 atau rujukannya yang setara

    • wulan on 19 April 2017 at 13:15
    • Balas

    dokter, saya berencana Hamil anak ke 2.waktu hamil anak pertama dokter obgynya bilang pinggul saya sempit makanya anak pertama saya sungsang.apakah mungkin anak ke 2 lahir spontan atau harus tetap dengan sc? terimakasih dokter mohon infonya

    1. Bisa tidaknya tergantung banyak hal Bu, harus diperiksa dulu. Saya lebih pro spontan (tapi tergantung kondisi)

    • ocha on 20 April 2017 at 05:29
    • Balas

    Dok,,mau tny SC+Mow ditanggung BPJS g???

    1. SC iya asal ada indikasi medis dan ada surat rujukan. MOW ditanggung

    • Tati on 25 April 2017 at 09:53
    • Balas

    Pagi dok, saya habis sesar anak keduA, kapan bisa hamil anak ketiga dok jaraknya, dan apakah anak ketiga masih ditanggung bpjs jika sesar lagi dok, karrna anak 1-2 semua sesar tks

    1. Silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=497

    • Yuli on 25 April 2017 at 14:40
    • Balas

    Dok, mau tanya untuk kehamilan saya yang ke 2 terdeteksi plasenta previa dan harus caesar karena menutupi jalan lahir. (Saya memakai dokter kandungan biasa yang bekerjasama dgn salah satu RS dan saya ingin melahirkan di RS tsb bukan di Faskes Tingkat 1, apakah saya perlu konsultasi kehamilan terlebih dahulu ke faskes tingkat 1 tsb) Cara Claim BPJS Kesehatan untuk operasi caesar bgm yah dok.

    1. Minta surat pengantar dengan indikasi plasenta previa Bu

    • Lia on 28 April 2017 at 22:15
    • Balas

    Malam dok.. sy sedang hamil 33minggu. Dan ini kehamilan sy yg ketiga. Utk anak pertama dan kedua sy semua lahir di usia 8bln. Dan slama persalinan sy d tangani langsung oleh dokter kandungan. selama usia kandungan 33minggu ini bayi di nyatakan sungsang. Dan bidan mandiri yg tdk memakai bpjs menyarankan sy utk di tangani oleh dokter kandungan.
    Tapi utk bidan di faskes 1 sy tdk memberikan instruksi seperti itu. Malah sy tetap d sarankan utk melahirkan dgn bidan tsb. Kondisi sy mudah stres dan psikosomatis. Dan secara kejiwaan sy sendiri sy merasa tdk nyaman jika d tangani oleh bidan kecuali jika bidan tsb d bawah tanggung jawab dokter kandungan..yg ingin sy tanyakan apakah sy d rujuk jika memang benar2 sy nya sudah gawat.
    Apakah seperti itu utk alur bpjs dok?
    Sebelumnya terimakasih utk info nya dok

    1. Menurut dokternya nanti harus melahirkan sesar atau normal? Kalau harus sesar ya harus ke RS, minta rujukan agar bisa pakai BPJS.

    • Arif on 30 April 2017 at 21:45
    • Balas

    Mlm dok..sya Arif mau nanya apakah ditmpat dokter praktek yg djln manyar itu bsa mnggunakan BPJS…mkch

    1. Kalau di praktek saya tidak bisa pakai BPJS Pak

    • Shakila on 3 Mei 2017 at 04:27
    • Balas

    Saya hamil 40w dan KPD selama hampir 17 jam .. pada awal pecah ketuban saya langsung datang ke faskes 1 karna sampai 12 jam pembukaan hanya sampai di 3 jd saya di rujuk ke RS dan di lakukan lah induksi ,,yg mau saya tanyakan apakah induksi sudah tercover BPJS ?? alhamdulillah bayi saya sehat tidak ada tindakan medis lanjutan karna kpd yaa contohnya keracunan air ketuban .. apakah anak saya sudah tercover jg BPJS punya sayaa ?? Karna bayi saya belom saya daftarin BPJS selama di kandungan .. skg saya masih di rawat dan belum mengurus administrasi

    1. Kalau dapat rujukan bisa pakai BPJS gratis.

      Anaknya kalau belum didaftarkan bayar sendiri, contohnya buat imunisasi

    • Yustina on 8 Mei 2017 at 11:55
    • Balas

    Usia Saya 40 thn 8 bln Saya diperkirakan bulan ini melahirkan tgl 24 Mei, sudah ke Faskes 1 di Bidan. Karena dari anak ke-1 dan ke-2 operasi (pinggul sempit) untuk anak ke – 3 kata ibu Bidan saya juga harus operasi. Namun surat rujukan masih belum dikasih.Kalo saya ingin berkonsultasi dengan dokter di RS tujuan BPJS apakah bisa langsung datang ke praktek doter yang di RS itu ya Dok? Terima kasih. Oh ya kalo untuk steril khan tidak di cover BPJS kalo di RSIA Pura Raharja Steril biayanya berapa ya Dok?

    1. Bisa ke tempat praktek Bu. Steril di-cover BPJS.

    • Siswanto on 8 Mei 2017 at 18:04
    • Balas

    Istri saya mengalami keguguran calon anak ke 4 dan harus di kuret apakah bisa di cover di bpjs

    1. Kuret ditanggung BPJS

    • Yogga on 11 Mei 2017 at 14:56
    • Balas

    Selamat sore dokter,saya mw tnya apa kira2 bisa ya puskesmas kenjeran merujuk istri saya utk melahirkan di rs pura raharja menggunakan bpjs…kn setau saya datanya rs soewandi,rs airlangga,pengenx sya ke rs yg dokter pegang tmksh

    1. Setahu saya bisa

  10. Siang dok ??
    Saya mau tanya,kehamilan sya sudah msuk 36 week
    Posisi janin melintang,tidak dibawah layak nya normal
    Di faskes I sy hya ad dr.umum sja,kmrn sdh usg di faskes I,dan mereka sudah tau keadaanya.
    Yg ingin sy tanyakan,kalo keadaan sdh mggu sprti ini kmgkan besar sy hrs operasi ya dok ?? Kalo sy mnta rujukan dr faskes ke I apakah mreka memberikan utk di rujuk ke rs yg menyediakan operasi cs ?? Atau sya hanya bsa menunggu smpai terjadi kondisi gawat sprti pecah ketuban atau pendarahan br bsa sya mnta rujuk ? Mohon info ya dok.

    1. 36w posisi janin sudah menetap. Kalau ada pengantar bisa pakai BPJS gratis melahirkan di RS

    • dwi a on 26 Mei 2017 at 17:48
    • Balas

    Dokter ada yg ingin sy tanyakan,waktu uk 4bln sy dirujuk periksa di rs karna batuk yg g sembuh2 lalu dkternya menyuruh kembali saat uk 7bln dg meminta rujukan baru,sedangkan bidan di faskes1 bilang rujukan berlaku 6bln smp melahirkan.pada saat uk 7bln sy meminta rujukan lg ke faskes1,sebenernya mau dikasih dok sdh diketik tp pd saat mengisi keluhan saat itu sdh tdk ada keluhan lg jd g bs memberikan rujukan baru lg.yg ingin sy tanyakan disini bisa atau tdk periksa lg dg menggunakan rujukan lama?bukankah msh berlaku krn blm lewat 6bln.tp sayangnya surat balasan sdh sy berikan kebidan faskes1.bgmn dokter bs atau tdk periksa lg pake surat rujukan tanpa rekemondasi kontrol blk?sedang sy ingin periksa usg pake bpjs.
    Terimakasih atas jawabannya.

    1. Untuk kasus berbeda, rujukannya juga beda Bu

    • Ika on 2 Juni 2017 at 11:58
    • Balas

    Trimakasih dok,sudah membantu persalinan anak kami secara normal,sangat memuaskan,dokter haris dokter yg sangat care.trima ksih sekali lgy dok..

    1. Sama2 Bu, semoga sehat ibu dan bayinya, jangan lupa imunisasi dan KB ya

    • Isaa on 2 Juni 2017 at 15:08
    • Balas

    siang dokter harris,saya mau tanya jika saya ingin melahirkan di RS tempat dokter praktek memakai BPJS apakah bisa?dan apakah saya ditangani dokter harris langsung?mengingat sebelum saya hamil sampai sekarang saya hamil selalu ditangani dokter harris
    lalu bagaimana saya bisa mengajukan bpjs sedangkan faskes saya tidak ditempat RS dokter praktek
    terima kasih

    1. Bisa saya tangani asal ada surat rujukan dari faskes

  11. Dokter 2 minggu lagi saya di rujuk untuk melakukan persalinan di rumah sakit usia kehamiln 32 minggu…saya pukesmas simo mulyo apa bisa saya di rujuk di rumah sakit pura raharja…apabila caesar di rs puraraharja apa ada biaya lagi dok ,,kan itu rumah sakit swasta ,,,terima kasih

    1. Coba ditanyakan ke faskes 1 apa bisa ke RS Pura. Kalau cesar pakai BPJS gratis.

    • titin on 14 Juni 2017 at 09:37
    • Balas

    dok sy hamil 38 mg, usia 41 th, dari srt rujukan faskes 1 dirujuk dg diagnosa kelhrn normal. tp dokter RS rujukan menyarrankan utk sesar, apakah operasi sesar nanti bs di back up bpjs?

    1. Jika ada indikasi medis dan dapat surat rujukan, bisa pakai BPJS

    • husnul on 15 Juni 2017 at 23:55
    • Balas

    malam dok..
    saat ini saya hamil 36w dengan kista ovarium 13cm,sudah melakukan ca125,hasilnya kista tidak beresiko cancer..
    yang saya tanyakan..jika saya dirujuk faskes 1 BPJS k RS untuk bisa secar+pengangkatan kista,apakah biaya ditanggung BPJS?100%?
    terimakasih dok..

    1. Iya ditanggung Bu

  12. yth.. saya mau tanya.. berapa kali kontrol ke dokter kandungan di rs. menurut aturan bpjs?

    1. Kontrol ke faskes 1, bukan ke rs Bu

    • Ika on 16 Juni 2017 at 19:33
    • Balas

    Dok,kpan hari saya ke dokter haris dan dokter bilang kalau hrus operasi krn plasenta dibwahh..
    Lalu saya di sruh minta rujukan ke RS pura Raharja krn saya ada BPJS.
    Nah apakah saya lgsung ke RS pura raharja atau saya hrus ke faskes 1 dlu ya dok untuk minta surat rujukan ?

    1. Surat rujukannya dari faskes 1 Bu

    • Riris ardina on 18 Juni 2017 at 18:00
    • Balas

    Dok seandainya saya sudah dapat rujukan dri faskes 1 ke rs pura raharja, apa saya bisa ditangani dengan dokter haris? Apa dokternya ditentukan oleh pihak rs? Dan apa bisa request tgl lahir?
    Saya waktu usg di bidan, dokternya bilang kalau harus secar karena bayi kembar jdi harus dirujuk

    1. Bisa saya yg nangani. Tgl lahir tergantung hasil pemeriksaan sblm melahirkan.

    • Nur Eliyana on 21 Juni 2017 at 08:55
    • Balas

    Dok maaf mau menanyakan. Saya hamil anak ke 3 dan harus sc. Krn anak 1 dan ke 2 sdh sc. Apakah sc yg ke 3 ini saya harus dirujuk ke RS tipe A ya dok, krn dr faskes 1 rujukannya ke RS Dr. Soetomo sedangkan selama ini saya periksa di RS DKT yg tipe C. Sebenarnya berbahaya kah bila saya ttp ingin melahirkan di RS DKT? Tidak di RS tipe A trsb menginggat saya merasa kehamilan yang sekarang baik’ saja. Bagaimana sebaiknya ya dok, krn kata bidan di puskesmas jika saya menolak dirujuk di RS tipe A makan harus ada akta penolakan rujukan dan nanti baru dipindah ke RS tipe yang saya maksudkan. Katanya takut beresiko…

    1. Asal RS-nya memenuhi syarat untuk operasi sebenarnya gak masalah Bu

    • dewi on 29 Juni 2017 at 13:37
    • Balas

    Siang dokter, saya 2x sc pakai non bpjs.. saya mau tanya.. apakah sc pakai bpjs seperti obat bius, obat²an pereda nyeri dan vitamin sama dengan yg diberikan untuk non bpjs? Saya tanya dgn pihak RS kata mereka beda kalau mau yg bagus bayar lagi.. tp saya tanya sama Spog’nya sama.. mohon infonya dokter.. terimakasih

    1. Selama saya pegang kehamilan pakai BPJS, obat2annya sama kok Bu

    • intan on 30 Juni 2017 at 15:51
    • Balas

    dokter praktek dimana saja.

    terima kasih

    1. Saya praktek di sini Bu : http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • Ara on 5 Juli 2017 at 21:02
    • Balas

    Malam dok.. saya hamil 32minggu dok,anak pertama dulubsc krn paggul sempit (sdh pembukaan 6 setelah itu 1hr gk ad pembukaan lagi). Anak yg ke 2 ini sdh diindikasikan sm dokyernya klo hrs sc lg.. sy pgn coba pakai bpjs. Apakah di cover bpjs operasi sc dengan indikasi panggul sempit dok? Trims

    1. Di-cover Bu

  13. Pagi…
    Saya mau tanya istri posisi lg hamil 39 minggu.sya biasa ke dr kandungan tanpa ke faskes 1.di dokter kandungan di indikasi CPD.harus di cesar.apakah bisa dicover bpjs?apa harus ke faskes 1 minta rujukan?
    Terimakasih dok

    1. Minta surat rujukan dulu Pak

    • Hindy on 15 Juli 2017 at 09:01
    • Balas

    Pagi Dok..sy mau tanya,sy hamil 7bl calon anak ke3 usia 37th,riwayat SC anak ke2 7th lalu,apa bs sy melahirkan normal Utk anak ke3 ya dok?tp dari awal kehamilan sy periksa ke dr.hendrik di RS.gotong royong yg menyarankan sy Utk ttp SC Krn byk syarat kalo mau lahiran normal Utk anak ke3 ini.Dan sy sudah siap2 Utk urus BPJS Krn takut kalo diharuskan SC lg biayanya mahal,tp faskes 1 sy itu Dr umum perorangan,apa nantinya dr Dr faskes 1 sy itu sy bs minta rujukan ke RS pura Raharja,Krn sy minat Utk melahirkan di sana nantinya..mohon penjelasannya dok..trmksh

    1. Kalau mau sesar atau tidak silakan baca ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=472
      Kalau memang harus sesar bisa minta rujukan, nanti di RS Pura biar saya tangani

    • Lilis on 17 Juli 2017 at 11:20
    • Balas

    Dokter, saya lagi mengandung usia 15 W, Golongan darah say Rhesus Negatif..
    Apa saya bisa menggunakan fasilitas BPJS untuk dirujuk langsung ke Fasket tingkat II atau cukup penganganan di faskes I?

    Terimakasih

    1. Kalau faskes 1 tidak bisa menangani harus dirujuk ke RS Bu

    • upik on 21 Juli 2017 at 15:20
    • Balas

    dokter, saat ini saya hamil 24 minggu. ada beberapa keluhan antara lain nilai ige saya tinggi (kadang 450 kadang 500an ) ada miom di adneksa dextra dan punya ambeien. pernah kontrol ke dokter haris cuma waktu itu saya lupa ga bilang. yang mau saya tanyakan apakah bisa saya lahiran normal? atau misalnya saya harus sc apa miom nya bisa sekalian diangkat juga ? misalnya saya mau minta rujukan dari faskes 1 saya harus bawa surat dari dokter haris atau cukup bawa hasil lab sama usg aja y dok? mksh

    1. Sebaiknya periksa ulang agar tahu kondisi terkini. Lahiran normal atau sc harus diperiksa dulu. Miomnya juga nanti sekalian diperiksa. Saya tunggu ya Bu

    • Maya on 26 Juli 2017 at 20:58
    • Balas

    Malem dok mau nanya, saya hamil 6bln. BPJS saya Faskes nya di Klinik, bisa utk bersalin juga. Tpi tdk 24 jam yg saya takutkan saya melahirkan malam hari. Apakah dgn begitu bisa meminta surat rujukan utk bisa melahirkan di RS dok terimakasih

    1. Kalau tidak harus operasi, mestinya dirujuk ke klinik melahirkan yg setara faskes 1 (klinik 24 jam).

    • Putri on 30 Juli 2017 at 20:54
    • Balas

    Selamat malam dok..
    Saya sedang hamil usia 24/25 week berat bayi hanya 500gr. Kmrn tgl 25 juli saya USG dan posisi bayi sungsang. Memang kata bidan yg menangani masih bisa berputar bayinya. Namun yg saya takutkan bayinya tidak berubah posisi sedangkan saya jg ada minus -4,50. Apakah kalo minta rujukan ke puskesmas supaya di rujuk ke rs untuk spesialis kandungan bisa? Krn terakhir tanya ke puskesmas saya di suruh ke spesialis kandungan kalo mau periksa lbh lanjut dikarenakan puskesmas tdk ada dokter spesialisnya..

    1. Kalau memang ada indikasi bisa minta pengantar. Nanti pakai BPJS gratis

  14. Selamat malam dok
    Saya hamil udah 41 minggu, saya disaranin dokter kandungan di rs klo blm kontraksi besok, kamis pagi saya disuruh lngsung ke igd rumah sakit untk induksi. Saya uda tanya ke resepsionis rs katanya klo lngsung instruksi dr dokternya bisa lngsng pake bpjs. Itu bener ga dok, apa ttp hrs mnta surat rujukan dr faskes 1?

    1. Dikonfirmasi dg RS-nya saja Bu, kebijakannya bisa beda2

  15. Dok saya mau melahirkan secara normal di rs.pura.apa bisa menggunakan bpjs….

    1. Kalau tdk ada indikasi medis tdk bisa Bu

    • Dhani Kusuma on 3 Agustus 2017 at 15:49
    • Balas

    saya ingin menanyakan, persalinan normal di RS pura raharja tidak bisa menggunakan BPJS apabila tidak ada rujukan dari faskes 1, apabila saya masuk sebagai pasien umum, dan ternyata pada persalinan ada kendala dan harus dilakukan tindakan sc. apakah tindakan sc itu bisa ditanggung bpjs atau tidak?terima kasih

    1. Kalau dirujuk krn indikasi medis ditanggung Bu

    • Vera on 6 Agustus 2017 at 15:56
    • Balas

    Selamat sore dok,saya hamil anak ke 3 dan usia kandungan saya sudah 36w.saya ada wasir sebesar biji rambutan,tidak keluar darah cuma nyeri terus tapi BAB saya lancar. Minggu lalu waktu saya periksa ke bidan,beliau bilang resiko pendarahan cukup tinggi dan saat periksa ke spog rujukan bidan,dokternya bilang harus kb steril juga. Yang ingin saya tanyakan apakah saya masih bisa melahirkan normal mengingat posisi kepala janin sudah masuk panggul atau harus operasi sc seperti yang bidan dan dokter katakan? Terimakasih

    1. Kalau beresiko pendarahan sebaiknya sesar Bu. Coba periksa ke dokter

    • Desy on 9 Agustus 2017 at 14:17
    • Balas

    Dokter mohon infonya…untuk tindakan lahiran (sc) yg bisa dilakukan dengan dokter harris namun menggunakn fasilitas bpjs kira2 dokter bisa dirumah sakit mana saja ya dok? Trima kasih

    1. Saya email ya

        • Desy on 10 Agustus 2017 at 11:55
        • Balas

        Siap dokter terima kasih…jika berkenan bisa email ke 5110090.desy@gmail.com. mksih dok

        1. Sdh sy email kok

    • kiki on 10 Agustus 2017 at 21:29
    • Balas

    dok, faskes 1 saya d dokter umum. UK saya 34 minggu kalo melahirkan normal dg bpjs apa hrus d rujuk ke bidan? kalo melahirkan d rs bisa gk dok? soalny kmrn cek hb cm 8,6 tkutnya klo knp2. trmksh dok

    1. Kl tdk ada indikasi medis hrs di RS, ibu dirujuk di faskes 1 yg ada fasilitas melahirkan.

    • theresiaintan on 14 Agustus 2017 at 12:20
    • Balas

    apakah boleh tahu dokter praktek dimana saja?? terimakasih

    1. Saya praktek di sini Bu : http://www.harris-spog.com/?page_id=448

    • silvi on 15 Agustus 2017 at 14:33
    • Balas

    dokter mau tanya, bolehkah ibu hamil menjenguk adek yg sedang sakit typus di rumah sakit?? apakah nanti ada resiko tertular??

    1. Sebaiknya jangan, bisa menular lewat kakus (BAB BAK), muntahan, atau salaman kalau penderita habis bab kurang bersih cuci tangan.

    • Ririe on 21 Agustus 2017 at 17:21
    • Balas

    Dokter mau nanya ,, klo melahirkan di rs. Pura Raharja menggunakan bpjs persyaratannya apa saja ?
    Terima kasih

    1. Harus ada indikasi medis bahwa persalinannya harus di RS. Dan dikuatkan dengan adanya surat pengantar dari faskes 1.

        • Ririe on 21 Agustus 2017 at 17:43
        • Balas

        Saya kan kontrol di dokter harris ,, klo melahirkan normal atau sc di RS. Pura Raharja apa harus minta surat pengantar dari faskes 1 ? Apa tidak bisa minta surat pengantar dari dokter harris ?

        1. Kapan hpl-nya? Coba kalau pas kontrol dibicarakan ya Bu

            • Ririe on 21 Agustus 2017 at 18:09

            12 Oktober 2017 .
            Ok dokter terima kasih . Pertengahan september kontrol lagi .

    • Solihin on 25 Agustus 2017 at 13:45
    • Balas

    Assalamualaikum dok…dok saya mo tanya nih..istri saya kan udah d kasih jadwal melahirkan cecar..d rumah sakit Al-Irsyad dg dokter Arifandi,pd tgl 22 Agustus hri Selasa,tp pas hari H saya d telfon katanya g bisa karena kamar utk kelas 2 Kosong,yg ada kelas 3,aq mengiyakan,tros d kasi jadwal lgi hari Kamis pagi.tgl 24 Agustus,tp pas d sana d tunda lagi karena kartu BPJS saya g bisa d pake,SC-nya g bisa d cetak katanya,dg alasan saya belum bayar denda tunggakan,sya d suruh menyelesaikan tunggakan itu dlu,tgl 25 aq k kantor BPJS dg niatan mo bayar denda tunggakan tsbt.tp pas d sana ternyata aq ga punya tunggakan tsbt.aq balik lagi k rumah sakit Al-Irsyad.tp pas d sana istriku harus opname dlu.baru nanti d kasih surat pengantar k kantor BPJS.. pertanyaan saya apa kartu BPJS saya masih bisa d gunakan pa gak untuk bersalin cecar…

    1. Wa ‘alaikum salaam. Tolong dikoordinasikan antara pihak RS dg BPJS Pak. Saya tidak ada kewenangan dlm hal ini.

    • Defwi on 27 Agustus 2017 at 17:23
    • Balas

    Dok,,,usia kandungan saya sdh Hpl tgl 27/8/17 hr ini. Tp koq blm ada tanda2 apapun y dok??Klo lbh dr HPL gpp kah dok???

    1. Sudah bilang ke dokternya?

    • Heni on 28 Agustus 2017 at 08:41
    • Balas

    Dok saya mau tanya saya mengalami keputihan gatal dan bau dignosa saya terinfeksi jamur udah 3 kali ke rumah sakit tapi gada hasilnya apakah saya bisa melahirkan di rumah sakit di tanggung bpjs biyayanya

    1. Sepertinya tidak Bu, tidak berhubungan dengan proses melahirkannya

    • Heni on 28 Agustus 2017 at 08:51
    • Balas

    Dok saya mau tanya kondisi gawat darurat kehamilan seperti apa yang bisa menggunakan bpjs di rumah sakit tanpa menggunakan surat rujukan

    1. Contoh gampangnya misal harus sesar. Kehabisan air ketuban. Persalinan macet.

    • sasti on 29 Agustus 2017 at 09:43
    • Balas

    dok saya hamil 9 minggu ingin periksa ke dr. harris di graha masyitoh bgmn caranya?
    apakah hrs dtng lgns k klinik dokter atau bisa via tlp untuk daftar?
    terima kasih byk atas informasinya

    1. Saya email ya

      1. baik dok terima kasih…

    • Mida on 3 September 2017 at 23:41
    • Balas

    Slamt malam dok…uk 34week… Gda tnggi+hipertensi yg sya mw tnyakan…sma bubid hrus priksa k.spes.kandungan…tp syadtolak dok.. Akhirnx dpndah k.spes.pnyakit dlm..(tdinya ikut umum)nah faskes1 ngasih rjukan k.rs.utk k.poli pnyakit dalm apa biaya smua smpe lairan akn dtnggung bpjs dok.. Mngetahui rwyat sya spt itu.. Klopun hrs sc.. Trimaksih

    1. Kalau ada indikasi harus SC ke RS diganti BPJS

    • Rahma on 7 September 2017 at 16:24
    • Balas

    Assalamualaikum dok, sya pasiennya rutin priksa setiap bulan, skrg usia kandungan 38minggu HPL 27 September. Selain priksa ke dokter saya juga priksa menggunakan fasilitas BPJS. Hari ini sya priksa ke Puskesmas A faskes I yg tertera pada BPJS saya, menurut bidan bayinya belum turun ke panggul dan dari hasil lab kadar HB saya 10, itu tergolong rendah dan ada resiko untuk transfusi darah saat melahirkan. Dikarenakan di Puskesmas A tidak ada kamar bersalinnya jadi saya dirujuk ke faskes lain. Tadi ditawarkan utk ke RS A (RS terdekat dari rumah dan pernah kuret di RS tsb) mengingat kadar HB hanya 10. Tapi karena tadi sya bilang kalo menurut dokter bisa normal jadi saya diberikan rujukan ke Puskesmas B (saya memilih Puskesmas B yg buka 24 jam dan ada rawat inap bersalinnya).
    Kalau menurut dokter bagaimana, saya lgsg meminta rubah tempat rujukan atau bagaimana dok (mengingat kadar HB rendah)?? Bidan juga menginformasikan kalau priksa di Puskesmas B, bayi masih belum masuk panggul diminta kembali untuk minta rujukan ke RS yg dituju.
    Saya pun dari rumah ke Puskesmas B lumayan jauh.
    Mohon solusinya dok.
    Terimakasih.

    1. Wa ‘alaikum salaam, Langsung minta rujukan ke RS saja Bu

        • Rahma on 8 September 2017 at 09:57
        • Balas

        Saya tetap harus ke Puskesmas B dulu dok, alasannya dgan HB 10 masih bisa lahir spontan, kalau lgsg rujuk di RS akan lgsg tindakan SC.. apa benar begitu dok? Jika dirujuk ke RS lgsg diambil tindakan SC tidak memberikan kesempatan untuk lahir normal dulu?
        RS yg saya tuju untuk rujukan kebetulan tempat dokter Harris praktek dan dulu kuret juga dengan dokter.

        1. Coba kita diskusikan saat kontrol, tolong saya diingatkan ya Bu

            • Rahma on 12 September 2017 at 12:08

            Saya mengikuti prosedur yang disarankan dok. Hasil dari Puskesmas B kepala masih belum masuk panggul, jadi hari ini sya diberikan rujukan ke RS yg saya tuju
            Yg saya takutkan skrg adalah apakah saat sya kontrol di RS akan lgsg diputuskan melahirkan dgan SC..?
            Untuk kontrol selanjutnya sya ke klinik tempat dokter praktek atau lgsg ke RS tempat dokter biasa membantu proses melahirkan?
            Terimakasih dok

          1. SC atau tidak tergantung kontrol terakhir di RS.

    • Lena Noviantriana on 7 September 2017 at 20:59
    • Balas

    Met malam dok

    Saya mau tanya, saya skr hamil 30 minggu anak pertama saya lahir dengan operasi cesar karena plasenta previa dan saat in umur anak pertama saya sudah 6tahun, yang ingin saya tanyakan apakah klo saya ingin melahirkan dengan cesar lagi biaya nya bisa di cover oleh bpjs dengan jarak operasi cesar saya sudah 6 tahun yg lalu. terima kasih

    1. Kalau ada indikasi medis harus operasi, ditanggung BPJS

    • Atiek rasmiati on 11 September 2017 at 22:12
    • Balas

    Slmt mlm, dok..anak sy domisili manado krn menikah. Tp baru sebulan ini sy ikutkan bpjs dg alamat faskes 1 di manado. Tp kemudian berubah ingin melahirkan di Sby dg bpjs. Apakah bisa, dok? Dan bgm caranya?

    1. Coba lapor ke BPJS setempat Bu

    • tri widayanti on 11 September 2017 at 23:49
    • Balas

    selamat malam dok,

    Begini dok, saat ini usia kandungan saya 30 minggu. selama ini saya periksa di dr.umum dan juga periksa bidan menggunakan bpjs. Saat periksa dan usg di dr.umum letak janin saya letaknya sungsang sedangkan menurut bidan bpjs letak kepala sdh dibawah…yang ingin saya tanyanya apakah janin saya masih bisa berputar?saya ingin melahirkan menggunakan bpjs, tp bagaimana dengan perbedaan info letak janin tsb dok, apakah nanti tidak membahayakan?

    1. Umur segitu masih bisa muter. Sungsang atau tidak kalau ditangani dokter kandungan gak ada masalah kok Bu

  16. selamat siang dok.
    Dok, saya mau tanya. Selama ini saya periksa ke Pura Raharja menggunakan rujukan dari faskes 1. Sebelumnya saya periksa ke faskes 1 saya dan setelah usg bidan bilang kalau placenta saya di bawah ( pada saat itu usia kandngan saya 4 bulan). akhirnya faskes 1 saya memberika rujukan ke Pura Raharja.
    Saat kontrol terakhir ke dokter Harris ( usia kandungan 36 bulan) dokter merencanakan untuk lahiran normal karena posisi plasenta saya sdh diatas.
    pertanyaan saya Apakah lahiran normal di Pura Raharja juga di cover BPJS krn selama ini saya mempunyai rujukan dari faskes 1 untuk periksa tiap bulannya?
    atau saya harus melahirkan di faskes 1 saya ?
    terima kasih

    1. Kalau normal gak bisa pakai BPJS Bu

      1. terima kasih atas jawabannya ,,,,,boleh saya minta rincian harga persalinan di pura raharja untuk kelas 2 ?

        1. Saya email ya

    • Ikrimah on 24 September 2017 at 05:36
    • Balas

    Dok, mau tanya, klo melahirkan pake bpjs itu obat nya jga gratis ya?

    1. Gratis, sudah paket

    • Ria Anggraini on 29 September 2017 at 12:37
    • Balas

    Dok saya mau tanya apakah persalinan sc di rs pura raharjaa dengan bpjs biayanya gratis atau masih bayar setengah . Karena saya dirujuk secar di rs pura dengan indikasi mata minus. Thanks

    1. Gratis

    • Ning Farida on 2 Oktober 2017 at 23:58
    • Balas

    Selamat malam dr… saat ini saya sedang hamil usia 27 minggu…dari awal kehamilan sampai saat ini posisi placenta saya berada dibawah…. mohon bantuan infonya apakah masih ada kemungkinan placenta saya berputar ke atas? Terimakasih….

    1. Letak placenta menetap pada umur kehamilan 27 mg, jadi sudah tidak bisa geser lagi

    • arnis wismaningtyas on 5 Oktober 2017 at 20:59
    • Balas

    Selamat malam dok.. kmrn tgl 4/10/2017 sy usg di bidan langganan saya,dan saat di usg kandungan saya sdh masuk 28w 6d dgn berat janin 1300,tp saat saya tanyakan ke bidan apakah berat janin sy normal,beliau mengatakan normal. Tp saat saya cek di internet janin saya kelebihan berat,seharusnya beratnya sekitar 1150. Dan hpl menurut usg skitar tgl 27 desember 2017. Sdgkn persalinan pertama saya secara caesar,di caesar pun krn pinggul saya sempit. Yang saya ingin tanyakan,brp minggu perbedaan hpl menurut hpht dgn usg???
    Tanggal terakhir saya haid tgl 16/3/2017.

    1. Gak usah terlalu mempermasalahkan beda umur Bu. Yang penting kehamilannya sehat dan gak ada masalah

    • Ny.LaLa on 10 Oktober 2017 at 12:27
    • Balas

    Dok, apakah saya bisa lahiran di surabaya sedangkan ktp dan bpjs saya di sidoarjo?? Karna rencana saya masuk bulan 8 udh stay d rmh ortu smpai lahiran cz di rmh sidoarjo tidak ada keluarga…

    1. Coba lapor ke BPJS setempat bilang kalau melahirkan di luar domisili.

    • Irma on 12 Oktober 2017 at 01:14
    • Balas

    Dok saat saya usg di UK 37 minggu tanpa pakai BPJS,hasilnya ada lilitan tali pusat sekali masih longgar,dan plasenta saya melebar dr fundus ke samping,kata dokter kandungannya saya bisa lahir normal tapi saat saya ke dokter keluarga faskes 1 saya diberi rujukan untuk petsalinan di RS karena ada lilitan,apakah ketika saya akan bersalin bisa bersalin di rs dgn BPJS membawa rujukan faskes 1?ealaupun dokter kandungan di rs tersebut bilang saya bisa bersalin normal,mungkinkah ada penolakan dari RS tentang surat rujukan dari dokter umum faskes 1 saya itu dok?terimakasih

    1. Tolong ditanyakan ke RS, daripada nanti pas lahiran terus ditolak. Harusnya dengan pengantar sudah bisa.

    • Ria on 12 Oktober 2017 at 14:47
    • Balas

    Dok sy usia masuk 40 thn, hamil anak ke-3 kehamilan masuk 39 Minggu. Anak 1&2 normal dgn induksi. Sy PNS dan memiliki askes/BPJS. Kebetulan sy berdinas di Puskesmas yg juga tempat FKTP sy. Tetapi rekan2 PONED menyarankan sy untuk partus di RS Tipe C karena dr segi usia sy termasuk resti,mengingat usia dan riwayat induksi 2 kali. Pertanyaannya..apakah persalinan sy (jika spontan,beresiko dan unspecified) masih ditanggung BPJS? Terimakasih

    1. Kalau beresiko dan mengharuskan di RS ya minta pengantar saja Bu. Coba dikonsulkan dengan dokternya

    • Putri on 16 Oktober 2017 at 00:47
    • Balas

    Slmt malam dok, yang akan saya tanyakan apabila sudah dapat rujukan dari faskes 1 ke RS Pura Raharja,,dikarenakan HB rendah,darah rendah dan kehamilan sebelumnya mengalami pendarahan pasca melahirkan masih bisa melahirkan normal ? Dan apabila bisa normal apakah biayanya gratis atau ditanggung sebagian ? Terima kasih

    1. Kalau dapat surat rujukan gratis Bu

    • Ibu Herlina Nora on 30 Oktober 2017 at 03:18
    • Balas

    Ternyata bpjs acaranya rumit dan panjang….. alamat tidak bisa dipakai fasilitas bpjs…. apalagi dari luar propinsi… mau urus ini itunya sdh nggak kuat nih…. kenapa nggak dipermudah mau berobat dimana saja dari mana saja asal rumah sakit penerima bpjs yg tidak jauh dr rumah… perlu pembahasan panjang kalau mau dimudahkan

    1. Itu policy pemerintah Bu. Bukan cuma pasien, dokternya juga pusing.

    • putri on 15 November 2017 at 04:26
    • Balas

    Pg dokter,,sy mo tny,sy hamil uda 38 mgg,wktu itu sy mnt usg d faskes 1,karna d faskes 1 kurang memadai,sy langsung d buat surat usg/srt rujukan,stelah itu sy langsung k rmh skt tujuan sy yang sdh d buat rujukan,dan aktif sbulan,tp bila kt melahirkan lwat dr masa aktif gmn,trus gmn cr perpanjangan nya,,

    1. Minta pengantar lagi aja Bu

    • Winda on 16 November 2017 at 21:10
    • Balas

    Malam dok, saya kapan hari udh periksa dgn dokter haris
    Mau tanyak RS Rekanan selain pura raharja mana aja ya dok

    1. Saya email ya

    • suci on 17 November 2017 at 14:54
    • Balas

    Saya hamil 31week dengan kista 3cm , wasir, dan tensi darah selalu rendah dok 90/60. Saya pengguna BPJS. Dari awal hamil saya selalu dirujuk ke SPOG karena harus memantau perkembangan kistanya melalui USG.
    kira2 apa say abisa melahirkan normal dok? jika melahirkan Normal apa saya bisa tetap di rujuk ke RS? krna dari awal hamil saya selalu dirujuk.

    mohon info untuk Jadwal praktek Dokter Harris di RS Pura Raharja, dan biayanya kalau pake umum.

    1. Saya email ya

    • Rita on 22 November 2017 at 17:39
    • Balas

    Dokter, apakah bisa melayani persalinan normal?
    Kalau bisa dimana tempat persalinannya dan berapa biaya utk Umum dok??
    Terimakasih

    1. Bisa, bahkan kalau tidak ada kontra indikasi, saya selalu menganjurkan lahiran normal. Biaya di salah satu RS yang saya pegang ada di sini Bu : http://www.harris-spog.com/?p=379

    • Rhirie on 9 Desember 2017 at 07:45
    • Balas

    Selamat pagi dokter.

    Saya ingin tanya, saya punya riwayat KET di kehamilan pertama, dan saya telah menjalani operasi laparotomi, dimana salah satu saluran tuba saya telah diangkat. Dan info dari dokter kandungan sebelumnya, Setelah 4 bulan, sebelum program kehamilan saya harus melakukan cek HSG dahulu untuk menghindari terjadinya KET kembali, apakah cek HSG tersebut bisa di cover oleh BPJS?
    Terima kasih.

    1. HSG tersebut tidak di cover oleh BPJS

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.