Jarak Kehamilan Yang Aman Setelah Caesar

Inilah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh para ibu hamil maupun suaminya khususnya bagi mereka yang ingin memiliki banyak anak.


http://blog.affinityhealth.org/wpcontent/uploads/2013/08/shutterstock_58142125.jpg

Umumnya mereka tidak sabar untuk segera memiliki anak lagi selepas kelahiran anak pertamanya yang ditempuh melalui operasi caesar. Mengingat operasi caesar merupakan operasi besar, maka seorang ibu yang telah menempuh operasi tersebut dan kembali mengidamkan sebuah kehamilan, maka ia haruslah menunggu beberapa waktu agar tubuhnya siap kembali mengandung dan hal yang paling penting adalah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang terbaik bagi Anda adalah menunggu setidaknya enam bulan setelah operasi caesar sebelum hamil lagi. Mungkin satu setengah tahun akan lebih baik. Semakin lama semakin bagus karena bekas luka operasi sudah sembuh. Anda akan ingat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi caesar. Anda mungkin merasa lelah dan sakit pada awalnya. Dan Anda mungkin tidak bisa melakukan semua kegiatan sehari-hari dalam beberapa bulan. Jadi, pastikan Anda memberikan tubuh Anda kesempatan untuk memulihkan luka operasi sebelum kehamilan berikutnya.

Dalam kebanyakan operasi caesar, operasi dilakukan hanya sepanjang bagian atas rambut kemaluan Anda. Ini disebut potongan bikini. Biasanya ini akan sembuh tiga bulan setelah kelahiran bayi Anda. Akan tetapi, menunggu setidaknya enam bulan mungkin lebih baik jika Anda ingin melahirkan secara normal kehamilan berikutnya berikutnya. Hal ini disebut VBAC (vaginal birth after caesarean), atau merupakan kelahiran normal setelah caesar.

Sebenarnya, ada risiko meskipun sangat rendah dari bekas luka operasi caesar Anda. Ini disebut ruptur uteri atau robeknya rahim.  Meskipun risikonya rendah, risiko itu dapat meningkat jika jarak kehamilan Anda terlalu pendek.

Tidak ada penelitian yang cukup pada kasus ini, tapi satu analisis menunjukkan bahwa perempuan yang menunggu lebih dari 18 bulan setelah operasi caesar sebelum hamil memiliki kesempatan sukses lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengandung lebih awal dari 18 bulan.

Para ahli berpikir bahwa Anda dan tubuh Anda perlu waktu untuk pulih dari stres kehamilan terakhir, dan mengisi kembali nutrisi tubuh Anda untuk bayi berikutnya.

Kesimpulannya, semakin lama proses penyembuhan pasca caesar maka semakin kuat penyembuhan jaringan yang disayat. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk melakukan persalinan normal pada kehamilan berikutnya.

4 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Zafirah on 10 Maret 2019 at 07:23
    • Balas

    sy melahirkan sc anak kedua bulan des 2018 trus haid normal bln januari tapi selama bln januari haid 2x diawal Dn akhir, tp cuma 3hari aja dr masing” awal dn akhir.
    Yg saya mau tanyakan, bln februari sy smpt kluar cairan coklat, sprti mens tp cuma pagi hari saja dok, stlh itu gak kluar lg, apa sy hamil? Sempet sy TP garis 1 cuma kok satunya samar tp hampir gk kliatan sm skali.

    1. Kemungkinan gangguan haid. Tapi kepastiannya harus di-USG Bu

    • Nyay on 7 Oktober 2019 at 13:43
    • Balas

    Dok, slmt siang sya ingin bertanya dok, saya lahiran sc sudah 1 bulan , trkhir kontrol dokter ktx jahitan bekas sc sudah kering dan d usg jg bagus rahimx, stlh 1 minggu dri kntrol bekas sc pinggirx jahitanx ada bentol bentol 3 bentol agk perih knpa ya dok? Apa krn trkhir d usg ada bekas gel dri usg yg gak sempet saya bersihkan baru tau dbersihkan wktu mandi… Apa saya alergi dok? Trus gmn y dok bentol bentol itu krn apa y dok? Trims dok jwbanx… semoga dokter slu dberi kesehatan AAMIIN

    1. Kemungkinan ada infeksi atau alergi bekas luka. Coba ke dokternya lagi Bu biar dikasih obat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.