Bentuk Rahim Retro

Lengkapnya adalah rahim retrofleksi, yaitu bentuk / letak rahim yang menekuk ke belakang. Kebanyakan wanita memiliki rahim yang letaknya ke depan dan condong ke arah perut. Posisi rahim yang ini dinamakan poisi rahim antefleksi.

Yang Menyebabkan

Beberapa penyebab dari rahim retrofleksi ini adalah:

  • Genetika. Yaitu faktor keturunan. Faktor ini adalah bawaan sejak lahir.
  • Kehamilan. Kehamilan itu sendiri bisa menyebabkan perubahan bentuk rahim.
  • Penyakit radang panggul maupun endometriosis.

Gejalanya

Gejalanya biasanya tidak ada. Kalaupun ada diantaranya:

  • Sakit pada saat menstruasi
  • Sakit pada saat hubungan
  • Sering terkena infeksi saluran kencing
  • Susah menahan kencing

Penegakan diagnosa bisa dilakukan dengan teknik ginekologi, misal: perabaan, USG maupun HSG.

Apakah Menyebabkan Susah Hamil?

Kondisi rahim yang menekuk ke belakang mengakibatkan posisi mulut rahim ‘jauh’ dari tempat dimana sperma dikeluarkan pada saat hubungan.

Akibatnya, sperma harus menempuh jarak yang jauh untuk menempuh / menuju sel telur. Namun jika sperma kondisinya baik, maka pembuahan tetap bisa terjadi.

Agar memudahkan terjadinya kehamilan disarankan untuk berhubungan dengan posisi menungging dan penetrasi dilakukan dari belakang. Biarkan selama 15 menit setelah terjadi ejakulasi (jangan merubah posisi).

Dengan cara ini diharapkan sperma mempunyai cukup waktu untuk mencapai sel telur.

34 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. Halo Dok, saya juga memiliki sebuah artikel tentang rahim retrofleksi disini :

    http://smartpromil.com/letak-rahim-retrofleksi-dan-pengaruhnya-dalam-promil/

    Tapi saya bukan dokter, dan takut memberikan informasi yang salah karena artikel saya susun dari berbagai sumber.

    Sudikah dokter melihatnya dan mengoreksi, kalau ada yang salah pada artikel saya ?

    Terima kasih dok 🙂

    1. Telaten ya bikinnya. Bagus

      1. Terima kasih dok 😀

        Kalau dokter ada mau nambahin sesuatu, bisa nanti saya pasang di artikelnya dok, nanti sya sertakan sumbernya ke website ini dok.

        1. Oke, selamat berkarya ya

    • Linda on 4 Juli 2017 at 13:53
    • Balas

    Dok, saya sedang promil. Hasil konsul pertama Dokter blg ada cairan bebas di salah satu tuba dan posisi rahim agak ke belakang. Nah posisi rahim agak ke belakang ini kah yang disebut bentuk rahim retro?

    Untuk cairan bebasnya, alhamdulillah setelah diberi antibiotik, sudah hilang dan tuba sudah tidak kelihatan lagi. Apakah cairan bebas itu juga salah satu penyebab sulit hamil Dok?

    Oleh Dokter saya disarankan menungging setelah sprema disemprot. Berapa lama posisi nungging tersebut, karena lumayan pegel ya Dok, hehe. Padahal waktu hamil anak pertama, saya tidak pake nungging2 dan 1 bulan setelah nikah saya langsung hamil.

    1. Rahim retro pun bentuknya macam2 Bu, tergantung penampakan di USG-nya gimana. Teoritis, sperma mencapai sel telur dalam waktu 45 menit.

        • Linda on 19 Juli 2017 at 04:06
        • Balas

        Dok…rahim bisa berubah dari normal menjadi retro? Krn wkt hamil anak pertama 17 th lalu dokter tdk pernah blg kalo rahim saya retro. nah skrg promil anak ke 2 dokter blg rahim saya retro. apakah sering tahan pipis menyebabkan rahim retro? apakah akan sulit sekali utk hamil jika punya rahim retro? krn dokter blg rahim saya ke belakang banget jd harus nungging banget sehabis HB.

        1. Bentuknya gak berubah, mungkin dulu dokternya tidak bilang. Menahan bak tidak merubah bentuk rahim. Teoritis memang jadi lebih sulit hamil drpd yang normal.

    • Linna on 8 Agustus 2017 at 21:07
    • Balas

    Dok saya mau tnya, saya sedang promil, dokter bilang rahim saya retro dan sel telur kecil2, mohon solusinya dok, oh ya kalau HB dengan posisi wanita di atas apa masih ada peluang hamil dok dengan kasus sperti di atas yg saya jelaskan

    1. Solusinya ya minta terapi ke dokternya. Nanti jenis terapinya disesuaikan dg hasil pemeriksaan. Hub-pun harus disesuaikan dg hasil pemeriksaan, waktu dan posisinya. Jangan sungkan2 bertanya ke dokter yg memeriksa ya Bu

    • ani siti on 18 Agustus 2017 at 13:55
    • Balas

    dok, mau tanya memang kalo rahim ini sulit melahirkan juga…. asetelah di sesar anak pertama karna gagal induksi saya baru tau kalo mulut rahim saia terlalu jauh. hamil kedua saia kembar identik dan kembali disesar, skrng hamil lagi jarak lima tahun. apa kemungkinan untuk lahir normal lagi akan sulit.terima kasih.

    1. Bisa tidaknya lahiran normal tergantung hasil pemeriksaan Bu, tidak bisa diperbandingkan dengan kehamilan sebelumnya

    • Lita on 13 September 2017 at 12:30
    • Balas

    Dok apakah rahim retro mengakibatkan janin sulit menemukan posisi yg tepat? Saya sdg hamil 8 bulan.. Dan posisi janin masih melintang..sbelumnya di usia 7 bulan sungsang.. Apakah masih ada kemungkinan janin berada di posisi yg tepat kepala di bwah dn saya bisa melahirkan normal?
    Makasih yaa

    1. Belum tentu, bisa kok lahiran normal

    • Nadia on 11 Oktober 2017 at 17:29
    • Balas

    Dok saya mau tanya… Saya melakukan tes HSG… dan hasilnyaaa seperti inii…. “telah dilakukan pemeriksaan HSG dgn hasil lab ”
    > Dimasukkan kobtran 4cc, tampak kontras mengisi cavum uteri dan kedua tuba.
    Uterus retrofleksi, tak tampak filling defek atau additional shadow.
    Kedua tuba spill (+)
    DitambahkN kontras 4cc, kedua tuba spill semakin jelas.
    Post evakuasi tampak sisa kontras tersebar pada pelvis minor

    Kesan : Uterus retrofleksi, kedua tuba patent

    Yg jd pertanyaan saya dok… Mksd uterus retrofleksi dan kedua tuba patent itu apa ya??

    Mohon infonya ya dok.. Terimakasih…

    1. Masak tidak diterangkan sama dokternya? Uterus retro: bentuk ke belakang. Tuba paten : normal (tidak buntu)

    • Rahma on 5 Desember 2017 at 08:27
    • Balas

    Dok bokeh saia minta saran untuk program hamil donk sedangkan kondisi rahim saya retro ,, gmna cara nya donk agar cepat hamil ..

    Mohon info nya dono

    1. Pas hub sering2 pake gaya doggy style, stlh suami ejakuasi ibu jangan ubah posisi 15 mnt. Smg berhasil

    • Dessy on 27 Desember 2017 at 20:00
    • Balas

    Malam Dok,

    Usia pernikahan sy 1th 3bln.
    Hari ini sy habis HSG, efeknya memang rasa nyeri perut yah?
    Hasil uterus retro, apakah itu baik? Tuba kanan kiri paten.
    Mohon info yah Dok atau kiat agar segera hamil… Krn kami sdh ingin sekali memiliki anak…

    Terima kasih sebelumnya…

    1. Kadang terasa nyeri
      Retro itu salah satu bentuk janin yg tidak biasa.
      Agar cepat hamil pakai gaya doggy style ya Bu

    • dewi on 23 Januari 2018 at 16:23
    • Balas

    selamat sore doc,
    mohon dibantu informasinya, saya keluhan nya banyak sekali salah 1 dokter bilang miom ada bilang endometriosis ( kista coklat ) dan hasil HSG terakhir tuba kanan non paten kiri bagus , setiap hari di luar masa mentruasi saya kesakitan perut bagian kanan sampai ke pinggul , saat berhubungan tidak sakit tetapi besok/ 2 hari nya langsung sakit perut bawah nyeri serasa nusuk2 dan keluar cairan semacam sperma yg 2 hari lalu itu, ini terjadi setiap habis berhubungan,, mohon dibantu penjelasannya doc, kenapa bisa seperti itu , saya sudah menikah 4 th belum hamil, promil beberapa kali gagal. thanks atas penjelasannya.

    1. Harus saya periksa Bu untuk memastikan diagnosanya. Dokter yg dulu selain bilang miom / endometriosis, bilang apa lagi?

        • dewi on 24 Januari 2018 at 08:39
        • Balas

        itu saja untuk hasil usg bawah/atas , kira2 pengalaman Dr. ada yg pernah seperti itu tidak doc ? apa kira2 obat nya selain operasi ? besar kistanya dulu 2,5 mm tidak membesar terakhir juga ukurannya segitu. terima kasih

        1. Kista segitu kecil kok, kadang2 malah hilang sendiri, tp harus diobservasi dulu ya Bu. Kistanya bisa diobati, kalau memang sudah mengganggu … baru diambil tindakan

    • Rahmasari on 9 Mei 2018 at 16:49
    • Balas

    Dok, saya mau tanya.. Benarkah untuk rahim retro jika lahiran pertama SC maka lahiran berikutnya mau berapapun jarak tahunnya kemungkinan SC juga? Kata beberapa sumber soalnya seperti itu dok. Apakah itu benar?

    1. Bisa normal kok, tp tergantung kondisi

        • Rahmasari on 9 Mei 2018 at 17:06
        • Balas

        Kondisi seperti apa dok yg bisa membuat jd SC lagi? Apakah kondisi2 std seperti plasenta previa dll?

        1. Banyak sih Bu penyebabnya, diantaranya pacenta previa itu.

  2. Malam dok,,
    Saya mau bertanya apa ya penyebab saya sulit hamil,
    Awal pernikahn menatruasi tidak teratur dan sakit,tetapi beberapa bula belakangan ini sudah normal,san ad ya dok penyebabnya,saya sudah menikah 3 tahun,mohon penjelasan nya

    1. Apakah sudah periksa ke dokter kandungan? Penyebab susah hamil banyak Bu

    • Dwi on 20 Juli 2018 at 14:24
    • Balas

    Dok… baru saja sya hsg dan hsilnya rahim retro…..
    Saya promil anak ke dua, pdhl yg pertma itu 1 bln nikah bln berikutnya isi…
    Saya bngng dok..

    1. Rahim retro bisa hamil kok, teknik hub-nya aja yg agak beda, biar lbh mudah hamil

    • Ainun on 15 September 2018 at 11:51
    • Balas

    Dok …
    Saya mau bertanya saya hamil 11 minggu dan saya baru tahu setelah melakukan usg pada umur kehamilan 9 minggu bahwa saya mempunyai rahim retro benarkah kalau kehamilan retro itu waktu usg tidak kelihatan janinnya sebelum umur kehamilan 4 bulan dan apakah kehamilan saya bisa terganggu dengan kemahilan retro

    1. Tidak Bu, retro itu cuma bentuk rahimnya yang tidak biasa, lainnya sama saja dengan kehamilan biasanya. Tidak usah risau, tetap rajin kontrol ya Bu

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.