Tips Agar Cepat Hamil


Sumber gambar: liputanislam.com

Setiap pasutri tentu mengharapkan keturunan, terutama untuk pasangan yang memang belum memiliki anak. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kehamilan cepat terjadi, dipaparkan di bawah ini.

Pastikan Masa Subur Anda

Syarat terjadinya pembuahan adalah bertemunya sel telur dengan sperma. Sel telur hanya subur 3-4 hari saja dalam 1 bulan. Bila dalam masa subur sel telur bertemu sperma maka bisa terjadi kehamilan.
Cara termudah mendeteksi masa subur ialah dengan memakai alat pendeteksi yang biasanya dilakukan dengan cara mencelupkan strip ke urine.

Baca juga Tanda-Tanda Ovulasi

Kapan Harus Berintim?

Melakukannya bisa dilakukan pada H-3 masa subur hingga hari H masa subur. Suami sebaiknya tidak ‘keluar’ (puasa ml) selama beberapa hari sebelum H-3 tersebut, agar kualitas sperma bagus.

Perbaiki kualitas sperma suami.

Baca juga Analisis Sperma

Posisi

Lakukan posisi hubungan yang mendukung terjadinya kehamilan. Ganjal pantat ibu dengan bantal beberapa menit setelah ejakulasi suami, agar sperma lebih besar kemungkinannya berjalan menemui sel telur.

Lakukan hubungan dengan rileks dan menyenangkan agar hormon-hormon yang bekerja bisa mendukung terjadinya kehamilan.

Bila berencana memilih jenis kelamin bayi bisa memakai trik-trik ini: Mau Anak Laki Atau Perempuan?

Kok Belum Hamil Juga … ?

Sabar dan berdoa saja bu. Jangan buru-buru memvonis anda susah hamil. Bila sudah memenuhi syarat-syarat ini:

  • Tidak KB
  • Rutin hubungan
  • Sudah setahun menikah

dan masih belum hamil juga, barulah ibu periksa.

21 comments

Lompat ke formulir komentar

    • dewi on 10 April 2015 at 13:07
    • Balas

    Selamat siang dokter.salam kenal.
    saya sudah 1thn lebih 2bln menikah tapi belum juga hamil.dari masi gadis saya ada masalah dengan siklus haid saya dok.siklus haid saya yg sangat tidak teratur.pernah 5bln,7bln bahkan sampai 1tidak datang haid.sama sekali tidak ada keluhan dalam diri saya dok.sebelum menikah sudah 2x priksa ke spesialis kandungan dan melakukan usg, kata dokternya hanya masalah hormon saya yg tidak stabil.setelah menikah saya melakukan pemeriksaan lagi ke dokter spesialis kandungan di lain tempat.hasilnya pun sama dok.cuma masalah hormon saya yg tidak stabil.apa itu penyebab saya blm hamil sampai sekarang dok?mohon pencerahannya dok.trimaksih

    1. Sebaiknya diperiksa dulu bu Dewi

    • yusi on 18 April 2015 at 17:54
    • Balas

    Salam kenal dokter. Saya sudah menikah hampir 3 thn di bulan mei nanti, namun sampe sekarang belum hamil2 juga. Suami kerja diluar kota, kadang pulang setiap hari jika tidak keliling2 ke kota lain. Sdh kita periksakan ke Spog, katanya rahim saya sedikit menghadap ke belakang. Dan utk sprema suami cenderung malas.
    setelah haid ini nanti saya disuruh utk hsg apakah ada penyumbatan di indung telur.
    apakah ada cara lainnya agar segera mendapat keturunan?
    bagaimana dengan PLI ya dok? Utk mengetahui antisperm antibody misalnya, apakah perlu?

    • bian on 6 Juni 2015 at 21:54
    • Balas

    dok,saya sudah menikah hampir 1 tahun.saya dan istri saya sudah merencanakan kehamilan sejak kami baru menikah.siklus haid istri saya tidak teratur jadi istri saya kesulitan untuk menentukan masa subur.dan sekarang istri saya belum mendapatkan haid juga.terakhir haid tanggal 27 februari 2015 sampai skrg belum haid juga.kami mencoba tespek tapi lagi-lagi hasilnya negatif.kira-kira apa yang menyebabkan istri saya tidak haid lebih dari 3 bln.apakah ada suatu penyakit yang serius atau gimana?

    1. Bisa karena beberapa sebab Pak: stres berat, pola makan buruk, sakit berat, gangguan psikologis, latihan yang memforsir tubuh, tidak terjadi ovulasi, sindrom pcos. Harus dilakukan pemeriksaan Pak.

    • Fidah on 28 Juni 2017 at 13:28
    • Balas

    Selamat siang dok, saya sudah menikah 1 th 8 bln tapi belum juga hamil, saya sudah konsultasi untuk promil juga, waktu itu dikasih vit E (santa E) dan antioksidan (vioxy fm) hingga bulan ini kontrol dikasih vitamin yang sama & disuruh melanjutkan diet nya, yang ingin saya tanyakan apa boleh dok kalau misalkan saya minum susu prenagen esensis dan juga minum vitamin2 tersebut? Terima kasih

    1. Boleh saja Bu

    • tiara on 23 Juli 2017 at 09:51
    • Balas

    Dokter, saya ingin periksakan kondisi saya, sudah setahun lebih menikah tapi belom hamil. Dulu sudah pernah usg abdomen katanya sih kondisi rahim baik baik saja, tapi sampai sekarang blom hamil.
    Kalo mau periksa ke dokter harris, harus daftar kemana ya dok? Langsung datang apa daftar dulu via telpon? Terimakasih

    1. Saya email ya

    • Arinda Wurni on 12 Maret 2018 at 00:12
    • Balas

    Dok saya usia 26 dan suami 22 ,kami menikah sudah 8bln tp saya belum hamil. Selama ini mens saya teratur siklus 26-28 dan tdk prnh sakit selama mens. Saya penasaran dok mau periksa saya dan suami. Kalau konsultasi k dokter bisa dtg lgsg atau gmn dok?? Terimakasih.

    1. Pendaftaran pada hari H via HP bisa ke nomor : 081233860000
      Kalau HP gak bisa atau gak diangkat, datang langsung saja ya

    • Yanti on 21 Maret 2018 at 12:03
    • Balas

    Siang dokter
    Kalo mau konsultasi untuk kehamilan berapa ya biayanya?
    Trima ksh

    1. Saya email ya

    • Yuni on 9 Mei 2018 at 14:09
    • Balas

    Siang Dok.. Saya udah nikah 5 th dgn riwayat 3 kali keguguran dan 1 kali KET. Dr terakhir KET udh jln hmpir 2th tp blm hamil lg. Saya ingin insem dok,apa di tempat dokter melayani insem? Makasih..

    1. Maaf Bu, tidak

    • Ulil Nurjanah on 13 Mei 2018 at 17:47
    • Balas

    Selamat malam dok, saya menikah maret tahun 2017 lalu.. Bbrapa hari sebelum nikah saya di suruh kb suntik 1 bulan, karena memang pas menikah bertepatan dengan masa subur saya dan berencana nggak progam hamil dulu. Bulan april-oktober saya kb kalender. Mulai november sampai sekarang saya mulai merencanakan kehamilan,. Selama nov-sekarang ini saya berhubungan rutin 2 hari sekali kecuali ketika saya mens saja. Tapi sampai saat ini belum juga dikasih momongan. Apakah dalam kurun waktu yang saya jelaskan tadi masih dikatakan normal dok (dengan kata lain “sabar dulu belum ada setahun”)
    Saya berniat untuk periksa kandungan saya dok, berapakah kira2 estimasi biayanya dok? Apakah sama dengan usg ibu2 hamil?

    1. Memang benar Bu, dikatakan susah hamil kalau dalam setahun tanpa KB dan hub rutin tidak hamil. Namun tidak ada salahnya untuk periksa promil. Semoga berhasil ya Bu

        • Ulil Nurjanah on 14 Mei 2018 at 21:24
        • Balas

        Biaya periksa promil di graha masyithoh berapa ya dok

        1. Saya email ya

    • Lisa on 22 Agustus 2018 at 05:55
    • Balas

    Dok biaya promil di graha masyithoh brp ya ?

    1. Saya email ya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.