Infeksi TORCH

TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalo dan Herpes Simpleks. TORCH adalah infeksi yang dapat mengakibatkan dampak buruk untuk janin yang Ibu kandung, yaitu bisa menyebabkan kelainan bawaan dan kematian janin.

Sebenarnya pemeriksaan TORCH ini sebaiknya dilakukan sebelum terjadi pembuahan. Secara teoritis, calon bumil yang mengidap salah satu infeksi ini mengalami sulit hamil.

Pengecekan dilakukan dengan pemeriksaan serum darah ibu. Dari hasil pemeriksaan bisa diketahui kadar IgM dan IgG. IgM dan IgG adalah zat yang terbentuk untuk melindungi tubuh dari ‘benda’ asing yang masuk. Dari nilai ini bisa diketahui ada atau tidaknya infeksi.

Apakah IgM dan IgG?

IgM adalah zat yang secara cepat terbentuk oleh tubuh begitu ada ‘benda’ asing (kuman) yang masuk ke dalam tubuh. IgM muncul di minggu pertama setelah terinfeksi dan mencapai puncaknya pada satu bulan, kemudian akan mengalami penurunan.

Sedangkan IgG adalah zat kekebalan tubuh yang biasanya terbentuk setelah 1 bulan terjadi infeksi dan mencapai puncaknya setelah 6 bulan terinfeksi. Dengan adanya IgG berarti dalam tubuh telah terjadi kekebalan. IgG ini akan menetap dalam tubuh. Jadi, ibu yang pernah terinfeksi, kadar IgG-nya tidak pernah 0 maupun negatif.

IgM dan IgG positif menunjukkan adanya infeksi. Sedangkan bila IgM positif dan IgG negatif berarti sedang terjadi infeksi baru.

Kembali Ke TORCH …

Jika diketahui calon ibu hamil mengidap TORCH, maka infeksi harus disembuhkan sebelum pembuahan terjadi. Dokter akan memberikan obat anti virus untuk menurunkan kekuatan infeksi dan obat penguat daya tahan tubuh.

Cara kerja obat anti virus tersebut bekerja di level sel. Oleh karena itu tidak disarankan untuk ibu yang sudah terlanjur hamil, karena pada saat itu tentu proses pertumbuhan janin sedang terjadi.

Berikut ini disajikan tabel infeksi TORCH yang dimaksud:

Infeksi Gejala Pengaruh Keterangan
Toksoplasma (Parasit) Kadang tidak jelas. Demam, sakit kepala, nyeri otot, bengkak di leher. Prematur, keguguran, berat badan bayi rendah, mental terbelakang Kuman ada di hewan peliharaan dan daging mentah atau setengah matang
Rubela (Virus) Melepuh di seluruh tubuh dan demam Gangguan darah, pembesaran hati, limpa, kelainan jantung, gangguan pendengaran dan berbicara
Cytomegalo (Virus) Tanpa gejala maupun demam Infeksi telinga, rafang otak, radang paru, mental terbelakang Menular lewat asi, ludah dan urine
Herpes simpleks (Virus) Gelembung di sudut bibir, selaput lendir mulut, atau seluruh tubuh Keguguran maupun kematian janin Menular lewat kontak seksual

48 comments

Lompat ke formulir komentar

    • aprillia on 1 November 2015 at 21:31
    • Balas

    dok pada kehamilan 12 minggu saya terkena penyakit campak , lalu saya berobat dan ternyata saya harus diopname karena saya sedang hamil . awalnya saya kira tidak akan ada efek buruk untuk janin saya namun belakangan saya baca klo campak berbahaya untuk janin dok skrg saya sudah memasuki kehamilan 31 minggu . saya sudah test lab hasilnya igg anti rubella saya reaktif 22,82 dan igm anti rubella reaktif 4,45 . setelah itu saya sudah itu artinya apa ya dok ? mohon balasannya ya dok terimakasih .

    1. Memang campak pada ibu hamil perlu diwaspadai. IgM adalah tanda ada infeksi baru, sedangkan IgG adalah angka kekebalan setelah terinfeksi kuman.

      Tetap berpikir positif dan berdoa Bu. Tentang kondisi bayi, nanti setelah dilahirkan bisa ditanyakan pada dokter anak ya Bu.

      Semoga kelahirannya lancar, ibu dan anaknya sehat.

    • aprillia on 2 November 2015 at 11:26
    • Balas

    lalu kemungkinan buruk yg terjadi untuk janin saya apa ya dok ?
    apa saya memang benar waktu itu terkena rubella dok ? karena dokter spog yg menangani saya bilang klo saya terkena penyakit morbili berbedakah morbili dg rubella dok ?

    1. Morbili itu campak biasa, sedangkan rubella itu campak jerman. Bisa dibaca di sini bu http://artikelkesehatanwanita.com/perbedaan-campak-biasa-dan-campak-jerman-pada-orang-dewasa.html

      Tentang ibu kena campak yang mana, tentu dokter yang menangani yang tahu. Demikian Bu, harap maklum.

    • aprillia on 3 November 2015 at 13:54
    • Balas

    terimakasih dok atas penjelasannya…

    1. Sama-sama Bu

    • tita on 1 Desember 2015 at 05:27
    • Balas

    dok, untuk hari selasa apa bisa datang lgs ke klinik di klampis semolo? praktik dibuka pukul berapa? terima kasih.

    1. Selasa tutup Bu. Jadwal saya ada di halaman Jadwal

    • feby on 2 Desember 2015 at 12:56
    • Balas

    Siang dok.. mau nnya nih. Sy mlhrkn ank prtm dg operasi secar brt bdn 2.800g. Nah apa sy bs mlhrkn ank ke 2 dg cr normal.
    Yg prtm secar dkarekan ketuban sy tinggil sedikit trs kelilit tali pusar 2x tinggi bdn sy 145cm. Mohon dibantu dok .. trmksh sblmnya

    1. Tergantung Bu, harus diperiksa dulu. Bisa dibaca artikel ini Bu http://www.harris-spog.com/?p=472

    • Oliv on 2 Agustus 2016 at 20:59
    • Balas

    Malam dok…saya baru selesai ambil hasil lab torc…
    IgM toxoplasma saya 0,60 (equivocal)
    IgM rubella,cmv non reaktif
    IgG toxi,rubella,cmv reaktif semua

    Yg saya takutkan igM toxonya dok…ni saya masuk kehamilan 13 minggu….apa saya kontrol ulang besok atau tunggu waktu kontrol saya 3 minggu lg dok…trims dok

    1. Kontrol ulang saja Bu

    • ian on 4 Agustus 2016 at 00:00
    • Balas

    dok,saya mau tanya.saya sudah telat sekitar 10 hari. di tes juga ada 2 tanda tapi sangat samar sekali. menurut dokter bagaimana yaa.

    1. Kemungkinan besar hamil, tapi kepastiannya segera periksa ya Bu

    • Vivi vilani safitri on 13 Oktober 2016 at 15:04
    • Balas

    Dokter saya vivi saya terkena infeksi torch apa infeksi itu bisa diaembuhkan?? Saya Sudah cek torch igg yg positif igmnya tidak? S

    1. Bisa disembuhkan Bu

    • Velind on 27 Januari 2017 at 11:37
    • Balas

    Siang dok. Dok, berarti kalau sudah tes darah apakah masih perlu test TORCH? Terima kasih

    1. Tes darah itu macem-macem tujuannya. Tes TORCH ada juga.

    • Linda on 7 Juni 2017 at 15:19
    • Balas

    Dok, saya 39 th, sedang promil, anak pertama sudah SMA, alhamdulillah anak pertama sehat. Kehamilan ke-2 dan ke-3 keguguran (2007 & 2008 – saat keguguran saya belum piara kucing, piara kucing sejak 2010). Sekarang promil karena suami ingin punya anak lagi. Dari hasil usg ditemukan cairan bebas di tuba yang sebelah serta posisi rahim agak ke belakang, sehingga saya diberi antibiotik dan disarankan nungging setiap hbs berhubungan. Saya kemukakan bahwa saya piara kucing, dokter menyarankan tes TORCH. Skrg hasil tes TORCH belum keluar, cuma dapat bocoran kalo IGG CMV positif, IGG Tokso malah negatif, padahal yang saya takutkan justru toksonya dari kucing itu. Ohya setelah diberi antibiotik cairan bebas sudah hilang dan ada sel terlur 2 uk 1.2 & 1.3 mm. Tapi saya masih takut untuk berhubungan karena menunggu hasil TORCH dulu. Saya sangat takut dan berharap hasil tesnya bagus.

    1. Kalau hasil tes oke, gak ada masalah Bu, tinggal mengatur hubungan sekitar masa subur.

        • Linda on 8 Juni 2017 at 09:18
        • Balas

        Dok, hasil test TORCH saya sudah keluar, berikut hasilnya:
        Toxoplasma IGG -/negatif
        Toxoplasma IGM -/negatif
        Rubella IGG 200
        Rubella IGM -/negatif
        CMV IGG 47
        CMV IGM -/negatif
        Aviditas Anti CMV IGG High Avidity
        Herpes Simpleks I IGG 110,26
        Herpes Simpleks I IGM 0,29 (negatif: < 0,80)
        Herpes Simpleks II IGG 3,07
        Herpes Simpleks II IGM 0.23 (negatif: < 0.80)

        Bagaimana Dok dengan hasil itu? Apa aman untuk promil?

        1. Aman, silakan hub sekitar subur, semoga berhasil ya

    • Linda on 8 Juni 2017 at 15:34
    • Balas

    Dok, apakah aman selama hamil di rumah ada kucing? Saya punya 5 ekor kucing alhamdulillah tidak pernah keluar rumah, vaksin rutin dan makannya cat food.

    1. Yg penting jaga kebersihan kucingnya, kandangnya, untuk membersihkan kotoran kucing suruh orang lain saja. Cuci tangan yg bersih sblm makan.

  1. Dokter mau tanya. Sya terinfeksi rubella. Sya ada rencana hamil lagi. Sya mau nanya dokter kandungan yg biasa nangani hal gini ni? Dokter kandungan sub apa ya namanya?

    1. Dokter kandungan sdh biasa kok Bu nangani spt itu, gak perlu sub spesialis

    • Hanifa on 4 Juli 2017 at 15:54
    • Balas

    Haiii dok. Waktu hamil usia 17week aku mesti kuret dan setelah cek lab aku IgG rubella ku tinggi sekitar 65, dan aku terapi dari dokter kandunganku diberi obat spirasin dan isprinol, therapi selama 7 minggu. Setelah 7 minggu, aku cek lab lagi dan ternyata hasil IgG nya malah tinggi yaitu 71. Dan setelah konsul sama dokter kandunganku menyarankan untuk terapi ulang lagi dengan obat yang sama. Need advice ttg ini dok ? Thanks ya dok

    1. IgG adalah zat kekebalan tubuh yang biasanya terbentuk setelah 1 bulan terjadi infeksi dan mencapai puncaknya setelah 6 bulan terinfeksi. Dengan adanya IgG berarti dalam tubuh telah terjadi kekebalan. IgG ini akan menetap dalam tubuh. Jadi, ibu yang pernah terinfeksi, kadar IgG-nya tidak pernah 0 maupun negatif.

    • astrid on 26 Juli 2017 at 22:19
    • Balas

    Dok. Sy kmrn mau promil anak kedua. Lalu sy cek torch. Hasilnya igg tokso sy tinggi 960 igm neagtif. Skrg sy lagi pengobatan 4 bulan.trs bagaimana indikator sy aman untuk bisa hamil lagi ya dok ?terimakasih

    1. Kl igg ada, berarti sudah ada kekebalan, dulunya pernah kena.

        • astrid on 14 November 2017 at 20:22
        • Balas

        Berarti aman untuk hamil ya dok?kalo IGG 960..

        1. Aman Bu

    • Yawari on 7 Agustus 2017 at 08:35
    • Balas

    Dok. Apa bedanya ruam alergi dengan ruam rubella,dok? 2 hari lalu , di muka, dada, dan tangan saya muncul bintik2 merah kecil datar (tidak berisi air) dan kelenjar getah bening di belakang telinga saya bengkak. Saya langsung cek ke dokter. Tapi dokter bilang saya terkena alergi , bukan rubella. Saya memang tidak demam , dok. Dan bintik2 merahnya baru terlihat kalau saya terawang di bawah cahaya lampu yg terang, kalau di ruangan yg pencahayaannya biasa tidak nampak merah2nya. Saya takut kena rubella,dok. Saya lagi hamil 15 minggu. Dokter kemarin cuma kasih saya antibiotik dan bukan antivirus utk rubella

    1. Percayakan sama dokternya Bu. Beliau yg memeriksa tentu tahu kondisinya

    • Irawan on 5 September 2017 at 13:58
    • Balas

    Dok. Sy irawan. Mau bertanya. Istri sy ada riwayat cmv igg 488.7. dan sy jg ada toxo igg, rubella igg, cmv igg. Anak kedua sy meninggal di usia nya 8bulan (cmv). Kita sdh diterapi dokter sktr 7bln. Angkanya ga bgitu bnyk berubah. Menurut pengalaman mba, apakah bisa kita pny bayi yg sehat? Soalnya kita trauma jg. Terima kasih.

    1. IGG berarti sudah terbentuk kekebalan, dulunya pernah kena.
      Itu bisa kambuh kalau daya tahan turun, capek, stress, kurang nutrisi dll.
      Bisa kok hamil normal.

    • nisa on 13 September 2017 at 11:59
    • Balas

    dok, saya sudah keguguran 2x yg pertama usia 7w dan yg kedua 8w, 22nya keguguran spontan complete dok, berapa besar kemungkinansaya bisa hamil lagi dok?

    1. Nampaknya kalau hamil bisa, tapi kok keguguran berulang? Sudah diperiksakan kenapa?

        • Fiola on 12 November 2017 at 14:53
        • Balas

        Sore dokter, Saya mau Tanya pada usia kehamilan 16 minggu saya melakukan tea darah TORCh dengan hasil :
        1. Igg tokso : reaktif 485.4
        2. Igm tokso : non reaktif 0.268
        3. Igg cmv : reaktif 450.1
        4. Igm cmv : negatif 0.03
        5. Rubella : negatif
        Yang ingin saya tanyakan dengan igg tokso Dan cmv Dan tinggi apa berdampak buruk Buat janin Saya dok? Apa mungkin aviditas Saya rendah?makasih Buat jawabanny

        1. IGG tinggi berarti dulunya ibu pernah terinfeksi dan sekarang sudah timbul kekebalan.

    • Nona Fiona on 18 Januari 2018 at 13:21
    • Balas

    Dok, minggu lalu saya ke graha masyitoh. Dan saya ternyata hamil 11 mingguan. Usia saya 42. Ini kehamilan ke 4, dan 2 diantaranya BO. Dulu sekali saya pernah tes TORCH, igg positif, igm negatif. Apakah mungkin terinfeksi lagi, krn bbrp bln terakhir anak saya pelihara kucing. Dan apakah saya perlu tes diabetes, krn keluarga ada riwayat diabetes. Terimakasih.

    1. Igg + berarti sudah ada kekebalan. Coba kita diskusikan saat kontrol ya Bu, tolong saya diingatkan

    • sutini on 13 Juli 2018 at 16:49
    • Balas

    Sore dok, saya umur 37 tahun. Memiliki anak laki-laki umur 10 tahun lahir sehat dengan operasi sc. sekitar 3 tahun yg lalu saya mengalami keguguran 3 x berturut turut dengan hsia kehamilan 7-8 minggu. Hasil test TORCH dengan hasil sbb: Anti-toxoplasma IGG :positif 9. Anti-rubella IgG positif:55. Anti-CMV IgG positif 29. Dan belum pernah berobat TORCHSemenjak itu saya tidak menggunakan alat kontrasepsi karena rencana hamil namun sampai saat ini belum hamil. Mohon masukkanya dok..1. Apakah tidak hamil ini berhubungan dengan TORCH tersebut? 2. Apakah saya butuh ke dr untuk pengobatan. Terimakasih

    1. IgG itu antibodi yang timbul setelah dulunya terserang. Coba konsul ke dokter kandungan agar diperiksa penyebab keguguran berulangnya Bu.

    • Yuni on 18 September 2018 at 20:09
    • Balas

    malam dok, tahun lalu sy keguguran, screening igg rubella 64 Dan iggcmv 916.
    Diterapi obat selama sebulan ,tapi saat ini sh belum screening kg. Nah kabarnya CMV itu virus bandel ya, bisa bangun sewaktu2. kira2 ketika dia bangun, igg sy bisa Naik lagi kah.? Ada cara khusus tidak kakau sewaktu2 dia bangun,kadang sy tiba2 meriang plus ngilu, APA be around dia sedang bangun?
    terima kasih tanggapannya dok

    1. Kalau IGG ada berarti sudah ada kekebalan.

  2. Malam dok.. Saya umur 27 thn sedang hamil ank pertama dgn usia kandungan 8 minggu..
    Sejak usia kandungan 6 minggu saya mengalami flek sampai saat ini.. Selama 1 mnggu berturut2 saya flek namun blakangan ini sudah berkurang.. Kemudian saya priksa hb dan virus toxo.. Hasilnya hb saya 13,5 dan iGg toxo reaktif :186,4 dan IGm nya non reaktif 0,10..
    Apakah hasil tersebut dapat membahayakn kandungan sy dokter??
    Apa yg harus saya lakukan? Karena saya sgt khawatr dengan kandungan saya saat ini dokter..

    1. Gpp itu Bu, itu artinya di tubuh Ibu sudah ada kekebalan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.