Mar 10

KB

Mari kita tingkatkan kesadaran akan perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi dan seksual serta ikut serta aktif dalam berkontrasepsi.

Saat ini gaung keluarga berencana sudah tidak sekencang masa orde baru. Ledakan penduduk yang menggerogoti hasil pembangunan semakin mengancam. Sudah tidak susah lagi menemui keluarga dengan jumlah anak lebih dari 3.

Dewasa ini banyak metode KB yang ditawarkan. Mulai dari hormonal, mekanik maupun teknik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Fakta bahwa 9% dari pasangan usia subur di Indonesia tidak ber-kontrasepsi, sehingga dapat menimbulkan kehamilan yang tidak diharapkan.

Usia ideal untuk mempunyai anak adalah 20-35 tahun. Artinya … jangan hamil dulu untuk wanita kurang dari 20 tahun, dan juga stop hamil lagi untuk wanita di atas 35 tahun.

Untuk yang berusia ideal 20-35 th, punya anak 2 saja dan atur jarak kelahirannya.

Kontrasepsi berasal dari kata kontra = tidak, konsepsi = pembuahan. Jadi kontrasepsi artinya mencegah terjadinya pembuahan / kehamilan baik sementara maupun permanen.

Tujuan dari kontrasepsi adalah mencegah jangan sampai hamil. Untuk itu di bawah ini disajikan tabel efektifitas relatif beberapa metoda KB dengan skala penilaian Pearl Index.

Yang dimaksud dengan Pearl Index adalah jumlah dari total 100 peserta KB yang gagal dengan memakai 1 metoda kontrasespi dalam kurun waktu 1 tahun.

Pearl Index ini sangat relatif, diantaranya dipengaruhi oleh kondisi akseptor KB maupun “kebenaran” cara pakai alat KB-nya itu sendiri.

 

Pearl Index KB Hormonal

 

KB PI
Pil Kombinasi 0,1
Pil Progesteron 2
Suntik 1 bulan 1
Suntik 3 bulan 1,1
Susuk 1

 

Pearl Index KB Mekanik

 

KB PI
Spiral 1-5
Kondom 10
Spermatisida 20

 

Pearl Index KB Teknik

 

KB PI
Senggama Terputus 17
KB Kalender 23

 

Pearl Index tanpa Kontrasepsi: 80

20 comments

Lompat ke formulir komentar

    • putri on 3 Agustus 2015 at 20:37
    • Balas

    Dok mau tanya saya lupa menstruasi terakhir saya kapan .. klow saya pasang IUD sebaiknya kapan ya
    ? krn mens saya tidak teratur ..
    Untuk harga pemasangan IIUD berapa ya dok ..
    Saya pernah pasang IUD 6tahun lalu , yang pertama pasang sy pendarahan sampai 8 bulan , yang kedua flek sampe 1tahun .. akhirnya dua kali sy pasang dan 2x sy lepas.. saran dokter bagaimana ?
    terima kasih.

    1. Bu Putri, Suntik 3 bulan aja. Atau pil menyusui

    • Ayu Amaliyah M. on 9 Maret 2016 at 17:44
    • Balas

    Dok, saya mau tanyaaa… saya nifas 33 hari, berhenti 10 hari, dan keluar darah lagi selama 1 minggu. Setelah itu saya belum mens sampek skrg.. skrg ank saya sdh berumur 1 thn. Saya belum KB, dan hanya menggunankan pengaman ajj jika berhubungan. Saya mau KB pun juga gk tau dok mau KB apa. Cz tanya ke bidan disuruh nunggu mens.. trs kira2 saran dokter bgmn? Terima kasih dok..

    1. Pakai spiral, suntik 3 bulan, atau pil menyusui bila menyusui

    • rika on 1 Juni 2016 at 15:46
    • Balas

    Sore dok, saya mau tanya hbs melahirkan cecar saya kb iud, anak saya umur 6 bln, tpi benang iud saya kok keluar sdh 2 kali dok, keluar pertama sdh saya masukkan skrg keluar lgi. Gimana ya dok solusinya apa saya pindah kb aja atau gmna ? Terima kasih dok.

    1. Bisa ganti KB suntik menyusui kalau merasa gak nyaman Bu

    • Dianing on 6 Juni 2016 at 08:06
    • Balas

    Selamat siang dok…mau tanya klo mau KB IUD di rs pura apa bs?trs biayany skitar brp dok?trima kasih sblmny

    1. Sekitar 700rb Bu

    • fitrianingtyas on 13 Juni 2016 at 11:59
    • Balas

    dr.harris mau nanyk setelah sy melahirkan bln okt.2014 saya KB suntik 3 bln mulai jan 2015 smpk skr dan sy tdk mens sm skali, kira kira apa tdk mslh dok apa sy hrs ganti KB? apkh ada obt hormon yg bs membuat sy mens lg?

    1. Pada umumnya KB suntik 3 bulan tidak haid Bu

    • Anita on 31 Mei 2017 at 06:04
    • Balas

    Selamat pagi dok, saya.mau tanya, saya pasang iud 3bln lalu tepat 40hr masa nifas, skrg benang iud menghilang dan posisinya sedikit ke atas, apakah bisa.diambil scramanual?

    1. Harus pakai alat steril Bu, jangan diambil sendiri

    • Yani on 31 Oktober 2017 at 00:24
    • Balas

    Dok, maaf symau tanya, adik saya kb suntik 1bln sekali, tapi bulan inj wakrunya suntik, tapi adek sy tidak dapat mens jadi dia takut kl mau suntik, jadi apakah kb suntik masih bisa jebol hamil dok? Padahal sebelumnya memang rutin suntik, atau sebaiknya untuk tp kapan ya dok?
    Ini sdh terlambat 2 minggu, atau harus nunggu bln depan pas tgl dia biasa mens dok?
    Trima kasih

    1. Kemungkinan jebol kecil. Coba periksa ke dokter untuk kepastiannya.

    • vellanie anggra on 18 November 2017 at 16:56
    • Balas

    Dokter, sekarang anak saya sudah 2 tahun dan saya sedang hamil 5 bulan. Saya sedikit trauma dengan kb pil. Karena kehamilan saya yg sekarang bisa dibilang karena kecelakaan (lupa minum pil kb). Saya sedang merencanakan kb yg tepat buat saya nantinya supaya tidak lagi hamil tanpa perencanaan sebelumnya.
    Menurut dokter apakah saya tepat bila nantinya saya menggunakan kb implan? Apa saja kelebihan dan kekurangan lb implan? Apa benar bila memakai kb implan tidak boleh mengangkat beban berat karena bisa bergeser? Dan berapa biaya yg harus dikeluarkan untuk kb implan ini?
    Terima kasih dokter.

    1. Tepat tidaknya tergantung kontra indikasi, tiap orang bisa beda. Memang benar ada kemungkinan bergeser.

    • bunda ainun on 28 November 2017 at 13:28
    • Balas

    dokter, brp biaya kb implan? di graha masyitoh bisa?

    1. Maaf Bu saya tidak melayani KB implan

    • herliena liena on 6 Desember 2017 at 23:56
    • Balas

    mf dok saya mau tanya saya kan baru kb tgl 7 bln 11 kmren.. knp skrang saya mens ya tp mens nya gk banyak sdikit2 trus darah nya gk bersih, sjnis plek gt kok gk brsenti2 ya apa mngkin bkal hamil kasih solusi nya aku khawatir

    1. KB apa?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.