Mual Dan Muntah Berlebihan

Faktanya adalah sekitar 75% mual dan muntah dialami bumil pada trimester 1. Bahkan beberapa masih berlanjut sepanjang masa kehamilan.

Mual dan muntah sebenarnya lazim dialami wanita hamil, terutama pada masa-masa awal. Hanya saja dalam beberapa kasus kejadiannya bisa sangat berat dan butuh penanganan lebih lanjut.

 

Penyebab Mual Dan Muntah Berlebihan

Diduga disebabkan karena pelepasan kadar hormon HCG yang tinggi oleh plasenta. Hormon HCG digunakan untuk meningkatkan produksi hormon progesteron di indung telur, dimana hormon progesteron itu digunakan untuk mempertahankan kehamilan. Hormon HCG ini semakin tinggi kadarnya jika bumil mengalami hamil anak kembar. Kemungkinan ibu hamil mengalami hal yang sama di kehamilan berikutnya.

 

Mual Dan Muntah Yang Berat Dapat Menyebabkan:

  • Dehidrasi atau gangguan cairan elektrolit tubuh
  • Denyut nadi meningkat
  • Tekanan darah menurun, pusing / mumet, bahkan hingga pingsan
  • Badan lemas
  • Gangguan aktivitas
  • Kehilangan nafsu makan sehingga mengakibatkan kekurangan nutrisi yang pada akhirnya mengganggu perkembangan janinnya. Bahkan jika parah dapat menyebabkan janin meninggal

Segera hubungi dokter. Jika diperlukan dokter bisa merujuk ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

 

Apakah Sama Dengan Morning Sickness?

Tidak sama. Pada mual dan muntah yang berlebihan dalam sehari bisa muntah hingga 10 kali atau lebih. Morning sickness umumnya hilang setelah trimester 1. Pada morning sickness gejalanya lebih ringan, tidak sampai menyebabkan dehidrasi dan mudah diatasi dengan minuman hangat.

4 comments

Lompat ke formulir komentar

    • Novi on 14 September 2018 at 11:40
    • Balas

    Selamat siang dok. Saya sedang hamil 10minggu. Pernah flek pada usia kehamilan 4 minggu & 9minggu namun janin masih baik2 saja. Perut bawah kadang agak terasa nyeri dari awal usia 4minggu hingga sekarang. Mulai usia 7minggu saya selalu mual dan muntah di pagi hari. Namun hari ini saya hanya sedikit sekali mual dan tidak muntah seperti sebelum2nya. Apakah berbahaya Dok?mohon tanggapannya?

    1. Secara umum nornal saja Bu. Tetap rajin kontrol ya, agar dikasih vitamin dan penguat jika perlu.

        • Novi on 14 September 2018 at 13:45
        • Balas

        Iya dok. Saya sudah konsumsi asam folat & penguat kandungan. Saya cukup kawatir karena punya riwayat keguguran sebelumnya. Terimakasih

        1. Oo begitu, lebih hati2 kalau begitu Bu

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.